Cara Menata Warung Sembako Agar Terlihat Menarik

article thumbnail

Tips Menata Warung Sembako agar Lebih Menarik


Warung sembako merupakan bisnis yang umum di Indonesia. Meskipun demikian, bukan berarti kita bisa mengabaikan penampilan warung. Pengunjung cenderung tertarik pada warung yang terlihat rapi, bersih, dan menarik. Oleh karena itu, penataan warung sembako yang menarik menjadi salah satu faktor penting dalam memenangkan persaingan dan menarik pelanggan.

Tips Menata Warung Sembako agar Lebih Menarik

Warung sembako memang sudah menjadi bisnis yang sangat umum di Indonesia. Namun, keberadaan yang begitu banyak ini bukan berarti persaingan dalam bisnis ini mudah. Dalam banyak kasus, penampilan luar warung sembako sering kali menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih tempat berbelanja. Jadi, bagaimana cara menata warung sembako agar terlihat menarik?

Membuat Penataan Letak yang Efisien

Sebelum kita membahas lebih jauh, perlu diketahui bahwa dalam menata warung sembako, penataan letak sangat penting. Pelanggan biasanya akan mencari barang yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah. Penataan letak yang baik adalah  yang memudahkan pelanggan menemukan barang yang mereka cari.


Mulailah dengan membuat sketsa layout warungmu. Kamu bisa memulainya dengan mengelompokkan barang-barang dengan jenis yang sama dan memberikan label pada tiap rak. Ini akan membuat pelanggan lebih mudah dalam mencari barang yang mereka butuhkan. Selain itu, pastikan juga area kasir berada di tempat yang mudah terlihat dan mudah dijangkau oleh pelanggan.

Memilih Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan menjadi faktor penting lainnya dalam menata warung sembako agar terlihat menarik. Pencahayaan yang baik tidak hanya membuat warung terlihat lebih cerah dan bersih, tapi juga membantu memperjelas produk yang kamu jual.


Pilihlah lampu dengan pencahayaan yang cukup, tidak terlalu terang maupun terlalu redup. Lampu LED bisa menjadi pilihan yang tepat karena memberikan pencahayaan yang cukup dan hemat energi. Jangan lupa untuk memperhatikan pencahayaan pada area-area tertentu seperti rak-rak barang dan area kasir.

Menampilkan Produk dengan Cara yang Menarik

Selanjutnya, cara kamu menampilkan produk juga berperan penting dalam membuat warung sembako terlihat menarik. Barang yang ditata dengan rapi dan menarik akan memberikan kesan positif pada pelanggan.


Cobalah untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan barang. Hindari penumpukan barang yang berlebihan karena bisa membuat warung terlihat semrawut. Kamu juga bisa mencoba menampilkan produk dengan cara kreatif, seperti menggunakan wadah atau rak yang unik.

Coba Tiru Konsep Minimarket

Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih berbelanja di minimarket daripada warung sembako adalah karena kenyamanan dan kemudahan yang mereka dapatkan. Meskipun harga di minimarket biasanya lebih tinggi dibandingkan warung sembako, konsumen tetap memilih untuk berbelanja di minimarket. 


Oleh karena itu, kamu bisa mencoba menerapkan penataan warung sembako yang mirip dengan minimarket. Kamu bisa belajar dari penataan barang di supermarket atau minimarket terdekat yang sering dikunjungi banyak orang.

Siapkan Tempat untuk Menyimpan Stok

Jika warung sembako kamu ramai pengunjung, tentunya akan semakin banyak barang yang terjual. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki stok barang yang cukup agar kamu tidak kehabisan barang saat pelanggan membutuhkannya, atau sebagai langkah antisipasi jika suatu saat kamu tidak sempat untuk belanja stok barang. 


Untuk itu, sebaiknya kamu memiliki gudang atau tempat khusus untuk menyimpan stok barang yang belum dijual. Hindari menumpuk semua barang di area jualan warung sembako, karena bisa membuat ruangan terlihat sempit dan berantakan. Jika kamu belum memiliki tempat khusus untuk stok barang, kamu bisa menyimpannya di ruangan yang jarang digunakan sementara waktu.


Menata warung sembako memang bukan hal yang mudah. Namun, dengan sedikit usaha dan kreativitas, kamu bisa membuat warung sembako menjadi lebih menarik dan menarik lebih banyak pelanggan. Ingatlah bahwa kunci utama dalam menata warung sembako adalah kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan pelanggan. 

Strategi Menarik Pelanggan ke Warung Sembako

Kamu bisa membuat warung sembako menjadi lebih menarik dan menarik lebih banyak pelanggan

Mempunyai warung sembako yang rapi dan menarik memang penting, tapi itu saja tidak cukup untuk memenangkan persaingan dan menarik pelanggan. Strategi pemasaran yang tepat juga diperlukan. Jadi, apa saja strategi yang bisa diterapkan dalam menarik pelanggan ke warung sembakomu?

Menyediakan Barang yang Lengkap dan Segar

Salah satu cara untuk menarik pelanggan adalah dengan menyediakan berbagai barang kebutuhan sehari-hari yang lengkap dan segar. Pelanggan akan merasa puas dan berpotensi kembali jika mereka dapat menemukan semua barang yang mereka butuhkan di warungmu.

Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas pelanggan adalah salah satu cara efektif untuk menarik pelanggan dan mempertahankan mereka. Program ini biasanya berupa poin yang bisa ditukarkan dengan barang atau diskon untuk pembelian selanjutnya. Program loyalitas ini akan membuat pelanggan merasa dihargai dan berpotensi untuk kembali berbelanja di warungmu.

Ingin membuat program loyalitas pelanggan dengan praktis dan efisien? Aplikasi CRM Majoo adalah jawabannya! Dapatkan solusi terbaik untuk mengelola dan memantau interaksi dengan pelanggan, mengatur jadwal tindak lanjut, serta menganalisis data pelanggan dengan mudah.

Membuat Tampilan Warung yang Menarik

Selain menyediakan barang yang lengkap dan membuat program loyalitas, cara lain untuk menarik pelanggan adalah dengan membuat tampilan warung yang menarik. Penataan yang rapi, pencahayaan yang baik, dan dekorasi yang menarik bisa membuat pelanggan merasa nyaman dan betah berlama-lama di warungmu.

Promosi Melalui Media Sosial

Di era digital ini, media sosial menjadi salah satu media promosi yang efektif. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan warung sembako. Mulailah dengan membuat akun media sosial untuk warungmu, lalu unggah foto produk dan informasi promo yang kamu miliki.


Menarik pelanggan ke warung sembako bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan strategi yang tepat, kamu bisa meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan. Mulailah dengan menata warung Anda agar terlihat menarik, lalu lanjutkan dengan menyediakan barang yang lengkap, membuat program loyalitas, dan mempromosikan warungmu melalui media sosial. 

Langkah-langkah Membuka Warung Sembako

Selain fokus terhadap cara menata warung sembako agar terlihat menarik, tidak lupa juga untuk mempelajari langkah-langkah dalam membuka warungnya. Membuka warung sembako bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Namun, seperti memulai bisnis lainnya, membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Berikut ini beberapa langkah yang harus kamu ketahui dalam membuka warung sembako.

Membuat Rencana Bisnis

Membuat rencana bisnis adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menjadi panduan bagi kamu dalam menjalankan bisnis. Dalam rencana bisnis, kamu harus mencakup hal-hal seperti modal yang dibutuhkan, strategi pemasaran, target pasar, dan proyeksi keuangan.

Menyiapkan Modal

Setelah memiliki rencana bisnis, langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal. Kamu bisa mendapatkan modal dari tabungan pribadi, pinjaman bank, atau mencari investor. Pastikan bahwa modal yang kamu siapkan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan awal, seperti biaya sewa tempat, pembelian barang dagangan, dan biaya operasional lainnya.

Mencari Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah salah satu faktor yang dapat menentukan sukses tidaknya warung sembako kamu. Carilah lokasi yang strategis, mudah dijangkau, dan memiliki cukup banyak penduduk sekitar. Selain itu, perhatikan juga kompetisi di lokasi tersebut. Jika sudah terlalu banyak warung sembako, mungkin kamu perlu mencari lokasi lain yang masih memiliki peluang pasar.

Membeli Barang Dagangan

Setelah menemukan lokasi yang tepat, langkah selanjutnya adalah membeli barang dagangan. Sebagai warung sembako, kamu harus menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari, seperti beras, gula, minyak goreng, dan lain-lain. Usahakan untuk selalu menyediakan barang yang segar dan berkualitas.

Menata Warung

Langkah selanjutnya adalah menata warung. Tata barang dagangan kamu dengan rapi dan menarik. Kamu bisa mengelompokkan barang-barang dengan jenis yang sama dan memberikan label untuk memudahkan pelanggan. Selain itu, pastikan warung kamu selalu bersih dan nyaman untuk pelanggan.

Mempromosikan Warung

Setelah semua siap, langkah terakhir adalah mempromosikan warung. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, membuat spanduk atau brosur, atau melakukan promosi langsung ke komunitas sekitar. Usahakan untuk selalu menawarkan pelayanan yang baik agar pelanggan puas dan mau kembali lagi ke warung kamu.


Membuka warung sembako memang membutuhkan usaha dan kerja keras. Namun, dengan perencanaan yang baik dan eksekusi yang tepat, warung sembako kamu bisa sukses dan memberikan keuntungan yang baik. 

Daftar Sembako Penting yang Harus Dijual di Warung Sembako

Membuka warung sembako tentunya memerlukan pemilihan barang dagangan yang tepat. Ada beberapa item sembako yang menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat dan pastinya laris manis dijual di warung sembako. Selain itu, cara menata warung sembako agar terlihat menarik juga penting untuk diperhatikan. Berikut ini daftar sembako penting dan tips penataannya.

Beras

Beras merupakan salah satu kebutuhan pokok yang pasti ada di setiap rumah tangga. Pastikan kamu menyediakan berbagai jenis beras, dari yang biasa hingga premium. Kamu bisa menatanya di tempat yang mudah terlihat dan dijangkau oleh pelanggan.

Gula

Gula juga menjadi salah satu barang yang penting di warung sembako. Gula pasir, gula kelapa, dan gula merah harus tersedia di warungmu. Tata gula ini berdampingan dengan beras atau bisa juga ditempatkan di dekat produk lain yang membutuhkan gula dalam penggunaannya.

Minyak Goreng

Minyak goreng adalah kebutuhan pokok lainnya yang wajib ada di warung sembako. Kamu bisa menatanya di dekat beras dan gula, atau di rak khusus bahan masak. Pastikan kamu menyediakan beberapa pilihan merk.

Tepung dan Bahan Kue

Kebutuhan lain yang sering dicari adalah tepung dan bahan kue. Karena produk ini tidak terlalu besar, kamu bisa menatanya di rak tengah. Jangan lupa untuk mengelompokkannya berdasarkan jenisnya.

Mie Instan dan Bahan Makanan Olahan

Mie instan dan bahan makanan olahan seperti nugget, sosis, dan lainnya juga sangat disukai. Kamu bisa menatanya di rak yang mudah terlihat. Jangan lupa juga untuk menyediakan berbagai rasa dan merk.

Produk Susu dan Minuman Kemasan

Produk susu dan minuman kemasan juga bisa kamu jual di warung sembako. Kamu bisa menatanya di rak khusus minuman atau di dekat kasir untuk strategi cross-selling.

Bumbu Dapur dan Saus

Jangan lupa juga untuk menyediakan berbagai macam bumbu dapur dan saus. Kamu bisa menatanya di rak khusus bahan masak. Sesuaikan tinggi rak dengan kenyamanan pengambilan oleh pelanggan.


Menyediakan barang dagangan yang lengkap dan menatanya dengan baik adalah kunci sukses warung sembako. Dengan cara menata warung sembako agar terlihat menarik, pelanggan akan merasa nyaman dan senang berbelanja di warungmu. Selamat mencoba dan semoga sukses!


Sumber Data:

  • https://www.fastpay.co.id/blog/6-tips-menata-warung-sembako-kecil-agar-lebih-menarik-pembeli.html
  • https://kumparan.com/berita-bisnis/6-cara-menata-warung-sembako-agar-terlihat-menarik-1zsRMDgVoLM/full
  • https://mitra.tokopedia.com/blog/menata-warung-sembako-kecil-tnt-77
  • https://unsplash.com/s/photos/market

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo