Membuka Toko Sembako: Tips dan Strategi Yang Perlu Diketahui Supaya Toko Laris Manis

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah penghasilan adalah dengan membuka toko sembako. Toko sembako cocok bagi pemula yang ingin mulai berbisnis karena minim resiko. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui beberapa tips dan strategi dalam mengelola toko sembako agar laris manis dan banyak untung.

Tips dan Strategi Sukses Membuka Toko Sembako

Untuk memulai berbisnis toko sembako, ada beberapa tips dan strategi yang harus kamu ketahui. Nantinya, tips dan strategi ini akan membantu kamu untuk berjualan sembako dengan sukses. Beberapa tips dan strategi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah rencana usaha yang matang

Sebelum memulai usaha toko sembako, kamu perlu untuk membuat rencana yang matang terlebih dahulu


Tips dan strategi pertama yang harus kamu ketahui untuk memulai bisnis toko sembako adalah membuat rencana usaha yang matang. Hal ini penting supaya bisnis yang kamu jalani dapat berjalan dengan baik dan lancar. 


Kamu harus menentukan berapa modal awal yang harus dipersiapkan dan darimana modal tersebut berasal. Bisnis toko sembako dapat dilakukan dengan skala besar maupun kecil, sehingga kamu dapat menentukan yang mana cocok dengan keadaan kamu.


Kamu juga harus merencanakan sembako dan barang lain apa yang akan kamu jual nantinya, siapa supplier dari barang tersebut, dimana lokasi tepat untuk membuka usahanya, berapa margin yang akan diambil, serta bagaimana perkembangan bisnis sembako yang kamu inginkan untuk kedepannya.


Kamu juga harus ingat bahwa setiap bisnis memiliki resikonya masing-masing, termasuk toko sembako. Untuk itu, kamu perlu untuk membuat perencanaan usaha yang baik dan tepat supaya kamu dapat menyiapkan diri untuk menghadapi resiko yang mungkin saja terjadi ditengah jalan.

Baca Juga: Cari Strategi Pemasaran di Ramadan? Kampanye Sedekah Saja!

  1. Lakukan riset pasar

Kamu perlu untuk melakukan riset pasar guna mengetahui pesaing dan target pasar


Tips dan strategi berikutnya yang perlu kamu ketahui dalam bisnis toko sembako adalah melakukan riset pasar. Riset pasar sangat berguna supaya kamu mengetahui keadaan serta bagaimana cara agar usaha dapat bersaing dan lancar. Riset pasar yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Riset tingkat persaingan

Kamu harus melakukan riset persaingan saat akan memulai bisnis toko sembako. Jika di lingkungan kamu terdapat toko sembako yang lain, tentu saja ini akan menjadi pesaing bagi bisnis kamu. Untuk itu, kamu perlu melakukan riset agar dapat mengetahui bagaimana tingkat persaingannya.


Beberapa hal yang harus kamu perhatikan diantaranya kelengkapan produk,  persaingan harga, dan hal yang lainnya. Dengan mengetahui keadaan pada toko lain kamu jadi dapat memperkirakan apa yang harus dilakukan pada toko sembako kamu.

  • Riset perilaku konsumen

Selain tingkat persaingan, kamu juga dapat mereset perilaku konsumen. Dengan meriset pasar, kamu dapat melihat produk apa yang paling laris dibeli oleh pembeli. Dengan begitu, kamu dapat memenuhi barang tersebut supaya toko sembako kamu menjadi ramai.

  1. Melakukan perhitungan modal

Penting bagi kamu untuk menghitung modal secara tepat supaya operasional bisnis toko sembako dapat berjalan dengan lancar


Bisnis toko sembako dapat dijalankan dengan modal kecil ataupun besar. Akan tetapi, jangan sampai perhitungan modal bisnis sembako kamu meleset. 


Perlu diketahui jika modal yang kamu punya tidak hanya digunakan untuk membeli stok barang saja. Akan tetapi, kamu juga harus menyisihkan modal untuk biaya operasional, membayar sewa tempat, gaji karyawan, dan alat pendukung lainnya.


Pada awal membangun bisnis toko sembako jangan langsung berharap untuk segera balik modal. Karena itulah, kamu harus memperhitungkan modal secara tepat supaya bisnis toko sembako dapat bertahan kedepannya.

  1. Cari supplier termurah dan terpercaya

Carilah supplier atau pemasok tangan pertama guna menghemat biaya dan memaksimalkan keuntungan


mencari supplier termurah dan terpercaya dapat membantu kamu untuk menghemat modal. Kamu bisa mencari supplier tangan pertama sehingga dapat memangkas  biaya beli bahan baku produk. 


Umumnya jika produk sudah berada di tangan kedua ataupun ketiga, maka harganya akan menjadi naik. Sekecil apapun selisih harga dapat mempengaruhi daya beli pelanggan.


Selain itu, kamu juga dapat melakukan negosiasi kepada pemasok mengenai sistem dan waktu pembayarannya. Kamu dapat membuat sistem pembayaran yang sesuai dan disepakati oleh kedua pihak. 

  1. Gunakan strategi penjualan

Penting bagi kamu untuk menerapkan strategi penjualan guna menarik banyak pembeli


Kamu juga dapat menerapkan strategi penjualan atau promosi guna menarik perhatian banyak pelanggan. Misalnya, pada awal pembukaan toko sembako kamu dapat menetapkan harga terjangkau supaya mendapatkan pelanggan tetap. 


Setelah itu, baru kamu dapat menerapkan harga langganan bagi mereka yang selalu datang kembali untuk belanja di toko sembako. Tidak masalah jika kamu di awal mendapatkan untung kecil dengan mengutamakan kepuasan para pelanggan terlebih dahulu. 


Untuk kedepannya seiring berjalannya waktu pembeli akan terus berdatangan sehingga keuntungan yang akan kamu peroleh juga akan semakin besar. Bahkan, keuntungan tersebut dapat menjadi lebih stabil dari pada kamu harus memasang harga tinggi demi mendapatkan keuntungan besar, namun pembeli akan datang hanya sesekali. 

  1. Mengelola pembukuan yang baik

Kelola pembukuan yang baik supaya kamu dapat mengetahui arus kas yang masuk dan keluar


Dalam menjalankan bisnis toko sembako, kamu akan menghadapi arus keuangan, baik yang masuk atau yang keluar. Untuk itulah, kamu memerlukan pembukuan yang baik supaya keuangan bisnis sembako dapat selalu terkontrol dengan baik.


Kamu harus mencatat semua pengeluaran serta pemasukan yang kamu lakukan pada toko sembako baik itu saat membeli barang ataupun biaya operasional. Kamu dapat menggunakan aplikasi atau software pendukung guna memudahkan kamu untuk mengelola pembukuan.


Salah satu software pendukung yang dapat membantu kamu untuk mengelola bisnis menjadi lebih baik yaitu aplikasi Akuntansi Majoo. Dengan aplikasi ini kamu dapat dengan mudah untuk melihat semua laporan kas masuk atau keluar hingga laporan keuangan secara lengkap dan efisien.


Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti faktur pembelian, kas dan bank, hingga laporan keuangan. Upgrade bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan software pendukung yang tepat. Rasakan manfaat dan keuntungannya sekarang juga. 

  1. Pilih lokasi strategis

Pilih lokasi yang strategis supaya toko sembakomu dapat mudah dikenali dan dijangkau banyak pembeli


Bagi kamu yang akan memulai bisnis toko sembako, maka perlu untuk mencari lokasi yang tepat dan strategis. Hal ini dilakukan jika kamu mempunyai modal untuk menyewa atau membeli ruko.


Alasan kamu perlu lokasi yang strategis adalah karena dapat mempengaruhi jumlah pembeli. Lokasi yang strategis dan ramai serta mudah untuk dijangkau akan membuat banyak orang untuk berdatangan.


Beberapa rekomendasi tempat strategis untuk membuka bisnis toko sembako yang dapat kamu pertimbangkan adalah:

  • Pasar tradisional

Kamu dapat membuka usaha toko sembako di area toko tradisional. Hal ini karena pasar merupakan pusat pembeli berkumpul untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga kamu akan mudah untuk menemukan banyak pembeli

  • Kawasan pemukiman

Kawasan permukiman dapat menjadi salah satu lokasi strategis untuk membuka bisnis toko sembako karena banyak orang yang membutuhkan barang sehari-hari secara instan tanpa harus pergi ke pasar.

  • Area banyak warung makan

Hal ini dapat menjadi peluang kamu karena saat warung-warung makan kekurangan bahan makanan maka mereka akan mudah untuk berbelanja di toko kamu.

  • Dekat jalan raya

Membuka toko sembako di dekat jalan raya juga menjadi peluang yang baik karena mudah dijangkau dan dilihat oleh pembeli

  • Kawasan kos-kosan dan kontrakan

Kamu juga dapat membangun toko sembako di area yang banyak terdapat kos-kosan dan kontrakan. Biasanya anak kos-kosan dan orang yang tinggal di kontrakan lebih menyukai belanja di tempat yang dekat dan mudah dijangkau. 

  1. Manfaatkan kesempatan jualan online

Kamu juga dapat memanfaatkan internet untuk menjual sembako secara online


Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini membuat semua orang tak luput dari yang namanya internet, baik itu social media, streaming video, hingga belanja. 


Untuk itulah, kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin guna meningkatkan penjualan toko sembako. Kamu dapat mendaftarkan toko sembako mu di marketplace atau ojek online. Kamu juga dapat menyuplai berbagai pesanan secara online. Dengan demikian, toko sembako mu akan menjadi laris manis dan keuntungan pun akan meningkat.

  1. Disiplin usaha

Kamu harus memiliki sikap disiplin dan jujur dalam melakukan bisnis


Sikap disiplin harus kamu terapkan jika ingin sukses dalam berbisnis toko sembako. Selain disiplin, kamu juga harus berlaku jujur. Kedua hal ini tidak hanya berlaku pada usaha toko sembako saja, melainkan juga berlaku pada usaha yang lainnya.


Kamu harus disiplin dalam menentukan jam operasional dan tutup toko sembako supaya pembeli menjadi lebih mudah untuk mengetahui kapan toko sembako buka dan tutup. 

  1. Pelayanan yang baik

Pelayanan yang baik adalah salah satu cara untuk mendapatkan banyak pelanggan


Bisnis apapun yang kamu jalani, pasti mengharuskan melakukan pelayanan yang baik dan maksimal guna memuaskan pelanggan. Dengan melayani pelanggan dengan baik akan membuat pelanggan merasa senang sehingga akan datang sesering mungkin untuk berbelanja di toko sembako kamu. 

Beberapa tips dan strategi di atas perlu kamu ketahui saat akan memulai bisnis toko sembako. Meskipun memiliki resiko yang minim, tetap saja kamu perlu mengetahui faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan. Semua ini supaya bisnis toko sembako yang kamu kelola dapat berjalan dengan baik serta dapat memberikan keuntungan yang tinggi. 

Sumber:

  • https://www.bfi.co.id/id/blog/ini-dia-tips-sukses-buka-warung-sembako-modal-5-juta

  • https://www.jurnal.id/id/blog/usaha-sembako/

  • https://www.fastpay.co.id/blog/tips-sukses-membuka-bisnis-warung-sembako-dengan-modal-kecil.html

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo