10 Cara Mengelola Bisnis Restoran, Sukses dan Menguntungkan

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Salah satu cara mengelola bisnis restoran dengan memberikan pelayanan yang baik.

Melihat pertumbuhan pesat dunia bisnis restoran di sekitar kita, tak dapat dipungkiri bahwa makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Oleh karena itu, kehadiran restoran sebagai solusi penting untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan layak bisnis ini layak dipertimbangkan.

Persaingan bisnis restoran di Indonesia begitu ketat, sehingga diperlukan konsep bisnis restoran unik dan berbeda dari yang lain. Selain itu pengelolaan yang tepat juga membuat bisnismu sustainable di dunia Food and Beverage (F&B).

Jika kamu saat ini sedang menjalani bisnis restoran, tak ada salahnya untuk membaca artikel ini untuk mengetahui cara mengola bisnis restoran beserta cara pengembangannya. Yuk, simak! 

Cara Mengelola Bisnis Restoran

Bisnis kuliner bukan hanya tentang menu, koki andal, dan konsep restoran. Terdapat banyak hal lain yang perlu diperhatikan, lho! Jika kamu berminat membuka usaha restoran, kamu harus tahu sepuluh cara mengelola bisnis restoran agar lancar dan sukses. 

1.    `Lakukan riset pasar secara teliti

Riset pasar penting dilakukan untuk memahami cara pasar merespons produk yang kamu tawarkan. Selain itu kamu juga perlu mengetahui seberapa kuat pesaingmu dan cara menghadapinya. Jika kamu kurang teliti dalam melakukan riset pasar, nantinya akan menyulitkanmu saat menjalankan bisnis restoran ini karena strategimu tidak akan berjalan dengan baik dan optimal. 

2.    Buat perencanaan dan strategi yang baik

Setelah melakukan riset pasar, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan yang baik, rinci, dan matang. Hindarilah memilih jenis kuliner yang sudah banyak dijual di sekitar lokasi usahamu. Jika harus memilih jenis makanan serupa, ciptakan konsep yang berbeda dan buat keunikan atau ciri khas pada makananmu. 

3.    Pilih lokasi usaha yang strategis

Pemilihan lokasi sangat penting dalam membuka bisnis restoran. Kekurangan pengunjung seringkali bukan karena makanan yang kurang enak, melainkan karena lokasi yang kurang strategis sehingga tidak banyak orang yang mengetahui adanya usaha kuliner di tempat tersebut.

Pilihlah lokasi yang sering dikunjungi orang, meskipun harganya sedikit lebih mahal. Misalnya, di mal, dekat pusat perkantoran, di pemukiman, dekat sekolah, perguruan tinggi, tempat wisata, atau tempat lain yang dianggap banyak dikunjungi orang. 

4.    Menggunakan Strategi Promosi

Salah satu cara mengembangkan bisnis restoranmu yaitu dengan menggunakan strategi promosi. Promosi merupakan metode efektif untuk memperkenalkan produkmu kepada masyarakat.

Kamu dapat melakukan promosi ini baik secara offline maupun online. Akan tetapi saat ini promosi online lebih efisien karena dapat mencapai target audiens yang lebih luas. Penting bagi kamu untuk menyusun strategi promosi yang menarik dan mampu memikat minat konsumen agar mereka tertarik untuk datang ke restoranmu, ya. 

5.    Manfaatkan Social Media

Salah satu cara mengelola bisnis restoran selanjutnya yaitu memanfaatkan kekuatan media sosial. Media sosial merupakan platform yang sangat membantu kamu dalam melakukan promosi. Namun, kamu juga perlu meningkatkan kualitas media sosialmu agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Terdapat beragam saluran pemasaran yang dapat kamu gunakan dalam promosi dan media sosial merupakan salah satunya yang harus kamu manfaatkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kualitas media sosialmu, antara lain: 

  • Bentuklah sebuah tim kecil khusus yang bertugas mengelola konten promosi di media sosial.

  • Tetapkan tujuan yang ingin dicapai melalui promosi melalui media sosial.

  • Buatlah perencanaan untuk pembuatan konten beserta jadwalnya agar aktivitas media sosialmu lebih teratur dan terdokumentasi dengan baik.

  • Berikan respons terhadap komentar dari pengguna media sosial pada postingan yang kamu publikasikan.

  • Pasang iklan untuk usaha kulinermu di media sosial, bisa dengan menggunakan Facebook Ads atau Instagram Ads.

  • Lakukan pemantauan terhadap usaha pemasaran yang terlibat di media sosial, minimal dengan melihat jumlah like, konten yang populer, dan interaksi yang terjadi. 

6.    Beri pelayanan yang baik

Berikan pelayanan optimal (excelent service), tapi bukan berarti kamu harus berlebihan atau berbasa-basi kepada pelanggan, lho! Pelayanan optimal berarti memberikan layanan yang baik seperti menyapa dengan ramah, tersenyum, memberikan sambutan yang baik, mencatat pesanan dengan benar, menyajikan menu dengan cepat, menghindari kesalahan pengiriman pesanan, menjaga stok agar terkontrol dan terupdate, dan masih banyak lagi.

Untuk menghindari beberapa masalah seperti itu, sebaiknya gunakan perangkat lunak restoran untuk meningkatkan pelayanan bisnismu agar lebih baik dan teratur. Jangan lupa melatih karyawanmu agar memiliki sikap dan mental yang baik dalam melayani pelanggan, ya. 

7.    Jaga kualitas makanan atau minuman

Jika berbicara bisnis restoran, fokusnya adalah pada kualitas makanan atau minuman. Makanan yang kamu sajikan kurang enak dan tidak bersih, terutama dengan harga yanga relatif mahal, kemungkinan pelanggan akan enggan kembali lagi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga rasa dan kebersihan makanan, mulai dari memilih bahan yang baik dan segar hingga proses pengolahan dan penyajian yang memenuhi standar yang baik dan pantas.

Sebaiknya, ciptakan makanan dengan rasa yang khas dan unik, jangan hanya mengikuti tren saat ini. Dengan begitu, kamu dapat memberikan pilihan makanan yang berbeda dan akan diingat oleh pelangganmu. 

8.    Mendaftarkan bisnis di aplikasi pesan antar online

Untuk mengembangkan usaha kulinermu, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mendaftarkan bisnismu di aplikasi pesan antar online. Dengan perkembangan teknologi, banyak orang yang lebih suka memesan makanan dan minuman melalui aplikasi pesan antar online.

Kamu dapat memanfaatkan kebiasaan masyarakat ini dengan mendaftarkan bisnis restoranmu di berbagai aplikasi pesan antar makanan online sehingga jangkauan bisnismu menjadi lebih luas. Dengan cara ini, bisnis restoranmu pun akan semakin dikenal dan tentunya dapat meningkatkan omzet bisnis. 

9.    Buatlah manajemen keuangan jelas dan transparan

Setiap bisnis perlu memiliki manajemen keuangan yang baik, jelas, dan transparan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Jika manajemen keuanganmu buruk atau berantakan serta tidak transparan, tentunya akan berdampak negatif pada bisnismu.

Selain itu, kamu juga harus bisa mengendalikan diri dari pengeluaran yang tidak penting. Jika kamu memiliki pinjaman modal saat membuka bisnis kuliner, sebaiknya selesaikan pinjaman tersebut sebelum jatuh tempo agar tidak menjadi beban di masa depan, ya.

Ada baiknya kamu juga mulai menggunakan perangkat lunak atau tools pembantu dalam membuat laporan keuangan sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan penjualan. 


Aplikasi kasir online

10. Jagalah hubungan baik dengan rekan bisnis dan supplier

Ketika kamu ingin membuka bisnis, terkadang kita membutuhkan rekan untuk memaksimalkan bisnis tersebut. Namun, jika kamu salah memilih rekan bisnis, bisnismu bisa terancam tidak berjalan dengan lancar. Selain itu, menjaga hubungan baik dengan supplier juga penting agar pasokan barang dari mereka dapat optimal.

Jadi, pilihlah rekan bisnis dan supplier yang baik, menyenangkan, saling support, dan komunikatif agar bisa membangun bisnis restoran bersama. Jika terjalin hubungan yang baik, hubungan bisnis akan semakin kuat dan peluang bisnis baru akan muncul dengan sendirinya. 

Baca Juga: Serba-Serbi Konsep Bisnis Cloud Kitchen

Cara Pengembangan Bisnis Restoran

Secara prinsip, cara bisnis restoran dapat berkembang bisa dilakukan dengan cara horizontal atau vertikal. Horizontal berarti memperluas jangkauan dengan membuka cabang baru, sedangkan vertikal lebih menekankan pada pengembangan produk. Berikut ini cara pengembangan bisnis restoran yang bisa kamu lakukan. 

Ekspansi Cabang

Ekspansi cabang ini termasuk dalam pengembangan bisnis secara horizontal, yaitu meluaskan pasar yang ditargetkan secara continue. Pengembangan ini dapat dilakukan dengan menggunakan modal dari keuntungan cabang pertama atau melalui kerja sama dengan investor dalam membuka cabang-cabang berikutnya.

Terkadang, banyak orang mengalami kesulitan dalam membuka cabang baru meskipun bisnis mereka sudah lama berjalan, karena mereka tidak memiliki dana yang cukup untuk modal cabang kedua. Ada keahlian khusus untuk membuka cabang dengan cepat, yaitu dengan membuat strategi khusus dan perhitungan yang tepat. 

Jual Kemitraan

Seringkali istilah kemitraan disebut dengan franchise. Meskipun memiliki model yang serupa, istilahnya berbeda tergantung pada kesesuaian dengan hukum dan peraturan.

Kemitraan ini masih termasuk dalam pengembangan horizontal karena tujuannya adalah memperluas pasar. Terdapat godaan besar dalam menjual kemitraan, karena banyak calon mitra yang bersedia membayar 'license fee atau biaya izin untuk menggunakan merek atau model bisnismu, terlebih lagi jika lokasi pertama sudah sukses, jumlahnya bisa mencapai belasan hingga ratusan juta.

Jangan gegabah untuk menjual kemitraan karena tanpa persiapan yang memadai justru bisa merusak brand bisnismu atau menimbulkan masalah di masa depan. 

Membuat Central Kitchen

Cara satu ini adalah contoh pengembangan bisnis secara vertikal. Misalnya, kamu memiliki 4 cabang bisnis restoran. Karena permintaan di beberapa menu mengalami peningkatan, kamu memutuskan untuk memiliki kebun sayur sendiri. Dengan demikian, keuntunganmu akan meningkat 20%.

Ini merupakan contoh pengembangan bisnis vertikal, yang mana terjadi peningkatan keuntungan atau omzet bukan berasal dari perluasan pasar, melainkan dari peningkatan margin. 

Kesimpulan

Meskipun menantang, memiliki bisnis restoran bisa menjadi pilihan yang sangat menguntungkan, karena setiap orang membutuhkan makanan.

Pada kenyataannya, memiliki bisnis restoran adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Pasalnya banyak cara mengelola bisnis restoran yang harus dilakukan, antara lain dengan melakukan perencanaan bisnis restoran yang baik, mengelola keuangan, menjaga kualitas makanan, hingga memasarkan restoranmu.

Selain mengikuti perkembangan pasar, berbisnis secara digital juga memudahkan mobilitas bisnismu. Kamu dapat menjangkau segmen pasar yang lebih luas dengan modal yang terjangkau. Selain itu, menghadapi persaingan di platform digital akan terasa lebih ringan jika kamu menguasai bidang ini.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah melengkapi bisnismu dengan aplikasi Point of Sales (POS) dari majoo. Fitur-fitur yang disediakan majoo dapat kamu manfaatkan untuk melakukan pencatatan online dari setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis restoranmu. Jadi, tunggu apalagi? Ayo digitalisasi bisnis restoranmu sekarang juga!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo