Cara Menghilangkan Biaya Penanganan Shopee dengan Mudah

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Artikel ini akan memberikanmu cara menghilangkan biaya penanganan Shopee dan tips strategi lainnya.


Bisnis online kini menjadi tren dan peluang bisnis yang menguntungkan, terutama di masa pandemi seperti ini. Platform berbelanja digital yang paling banyak digunakan salah satunya adalah Shopee. Namun, seringkali biaya penanganan yang dikenakan Shopee membuat keuntungan menjadi berkurang. Artikel ini akan memberikanmu cara menghilangkan biaya penanganan Shopee dan tips strategi lainnya.


Biaya penanganan Shopee adalah biaya tambahan yang dikenakan oleh Shopee untuk setiap transaksi yang terjadi di platform mereka. Biaya ini biasanya digunakan untuk pemeliharaan platform dan layanan lainnya yang disediakan oleh Shopee untuk mempermudah proses transaksi.

Cara Menghilangkan Biaya Penanganan Shopee

Menyiasati biaya penanganan Shopee bukanlah hal yang mustahil. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

Menjadi Penjual Star

Menjadi penjual star di Shopee bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi biaya penanganan. Penjual star adalah penjual yang memiliki performa penjualan yang baik dan telah memenuhi beberapa kriteria dari Shopee.

Menggunakan Voucher Shopee

Menggunakan voucher Shopee juga bisa menjadi cara untuk mengurangi biaya penanganan. Shopee seringkali memberikan voucher diskon kepada penjual dan pembeli.

Strategi Mengurangi Biaya Penanganan Shopee

Selain cara di atas, ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi biaya penanganan Shopee.

Mengoptimalkan Harga Produk

Mengoptimalkan harga produk bisa menjadi salah satu strategi untuk mengurangi biaya penanganan. Kamu bisa melakukan penyesuaian harga produk sesuai dengan biaya penanganan yang dikenakan.

Meningkatkan Volume Penjualan

Meningkatkan volume penjualan juga bisa menjadi strategi untuk mengurangi biaya penanganan. Semakin banyak produk yang terjual, biaya penanganan per produk akan menjadi lebih kecil.

Memanfaatkan Fitur Shopee Untuk Mengurangi Biaya Penanganan

Program Shopee Seller Centre

Untuk membantu penjual mengurangi biaya penanganan, Shopee menawarkan berbagai program melalui Shopee Seller Centre. Salah satunya adalah program penjual berbintang. Dengan menjadi penjual berbintang, kamu bisa mendapatkan potongan biaya penanganan. Kamu perlu mempertahankan performa penjualan yang baik untuk tetap berada dalam program ini.

Fitur Shopee Gratis Ongkir

Shopee memiliki fitur gratis ongkir yang bisa membantumu mengurangi biaya penanganan. Dengan fitur ini, biaya pengiriman ditanggung oleh Shopee, sehingga kamu bisa fokus pada penjualan dan pelayanan pelanggan.

Mengambil Keuntungan Dari Event Shopee

Event Penjual

Shopee secara rutin mengadakan event khusus untuk penjual, seperti kompetisi penjualan, diskon besar-besaran, dan banyak lagi. Dengan mengikuti event-event ini, kamu bisa meningkatkan penjualan dan mengurangi dampak biaya penanganan.

Event Spesial

Event spesial, seperti Harbolnas atau 9.9, juga bisa menjadi kesempatan untuk mengurangi biaya penanganan. Shopee biasanya menawarkan berbagai keuntungan, seperti voucher dan gratis ongkir, yang bisa membantumu mengurangi biaya penanganan.

Tips Tambahan Untuk Mengoptimalkan Bisnis di Shopee

Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Menjaga kualitas produk dan layananmu adalah kunci untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Pelanggan yang puas akan kembali dan berbelanja lagi, sehingga volume penjualanmu bisa meningkat dan biaya penanganan per produk bisa berkurang.

Meningkatkan Visibilitas Toko Online 

Meningkatkan visibilitas toko onlinemu di Shopee bisa membantumu menarik lebih banyak pelanggan. Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan kata kunci yang tepat, mengoptimalkan deskripsi produk, dan memanfaatkan fitur promosi Shopee.

Mau meningkatkan penjualan bisnismu melalui platform online? Gunakanlah aplikasi Toko Online dari Majoo! Dapatkan solusi yang lengkap untuk membangun dan mengelola toko online dengan mudah. Tawarkan produk, kelola inventori, serta terima pesanan dan pembayaran secara praktis. Dapatkan pelanggan baru dan keuntungan lebih dengan toko online sekarang!

Pelatihan dan Pembelajaran Untuk Menekan Biaya Penanganan Shopee

Memanfaatkan Akademi Shopee

Akademi Shopee adalah platform pelatihan online yang disediakan oleh Shopee bagi para penjualnya. Di sini, kamu bisa mendapatkan berbagai tips dan trik seputar berjualan di Shopee, termasuk cara mengurangi biaya penanganan. Pelatihan ini tersedia secara gratis dan bisa diakses kapan saja.

Webinar dan Workshop dari Shopee

Shopee juga sering mengadakan webinar dan workshop bagi para penjualnya. Di acara-acara tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi terbaru tentang fitur dan kebijakan Shopee, serta belajar langsung dari praktisi bisnis online yang sukses.

Layanan Pelanggan yang Responsif

Layanan pelanggan yang responsif dapat membantumu mempertahankan pelanggan dan menambah volume penjualan. Semakin baik layanan yang kamu berikan, semakin besar kemungkinan pelanggan akan kembali berbelanja di tokomu. Hal ini pada akhirnya bisa membantu mengurangi biaya penanganan per produk.

Manfaatkan Fitur Ulasan dan Rating

Ulasan dan rating positif dari pelanggan dapat meningkatkan reputasi tokomu di Shopee dan menarik lebih banyak pelanggan. Jadi, jangan lupa untuk selalu meminta ulasan dan rating dari pelanggan setelah mereka menerima produk yang dibeli.

Strategi Jangka Panjang untuk Menekan Biaya Penanganan

Strategi Jangka Panjang untuk Menekan Biaya Penanganan Shopee

Analisis Performa tokomu

Selalu analisis performa tokomu secara berkala. Kamu perlu tahu produk apa yang paling laris, waktu apa yang paling banyak transaksi, dan lain sebagainya. Dengan data ini, kamu bisa membuat strategi jualan yang lebih efektif dan efisien.

Lakukan Evaluasi dan Penyesuaian Secara Berkala

Bisnis online adalah dunia yang dinamis. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan evaluasi dan penyesuaian secara berkala. Jika suatu strategi tidak berhasil menekan biaya penanganan, jangan takut untuk mencoba strategi lain.


Menekan biaya penanganan di Shopee memang membutuhkan usaha dan strategi yang tepat. Namun, jika kamu berhasil, keuntungan yang bisa kamu peroleh pun akan semakin besar. Teruslah belajar dan mencoba untuk optimalisasi bisnis di Shopee. Selalu ingat, di dunia bisnis online, kesuksesan bukan hanya soal berapa banyak produk yang kamu jual, tapi juga seberapa baik kamu mengelola bisnismu. 

Tantangan dan Solusi dalam Mengurangi Biaya Penanganan Shopee

Mengurangi biaya penanganan di Shopee bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada berbagai tantangan yang mungkin kamu hadapi, seperti fluktuasi biaya penanganan, perubahan kebijakan Shopee, dan persaingan dengan penjual lain.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, kamu perlu selalu update informasi terbaru dari Shopee dan terus berinovasi dalam menjalankan bisnismu. Jika perlu, carilah mentor atau bergabung dengan komunitas penjual Shopee untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman.

Menggali Lebih Dalam: Pemahaman Komprehensif Mengenai Biaya Penanganan

Mengapa Biaya Penanganan Penting?

Biaya penanganan merupakan salah satu komponen yang menentukan margin keuntungan penjual di Shopee. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang biaya penanganan sangat penting agar kamu bisa mengatur strategi penjualan yang tepat.

Bagaimana Shopee Menghitung Biaya Penanganan?

Shopee menghitung biaya penanganan berdasarkan persentase tertentu dari harga jual produk. Persentase ini bisa berubah-ubah tergantung pada kategori produk dan level penjual.


Dalam berbisnis di Shopee, mengurangi biaya penanganan hanya salah satu aspek yang perlu kamu perhatikan. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan aspek lain seperti kualitas produk, layanan pelanggan, strategi pemasaran, dan lainnya. Dengan upaya maksimal dan strategi yang tepat, kamu bisa meraih sukses dan meningkatkan keuntungan bisnismu di Shopee.

Menghadapi Perubahan: Adaptasi dengan Kebijakan Biaya Penanganan Shopee

Perubahan Kebijakan Shopee

Shopee seringkali melakukan perubahan kebijakan, termasuk kebijakan mengenai biaya penanganan. Oleh karena itu, kamu harus selalu up-to-date dengan kebijakan terbaru Shopee untuk memastikan bisnismu tetap berjalan optimal.

Cara Menghadapi Perubahan Kebijakan

Untuk menghadapi perubahan kebijakan, kamu perlu fleksibel dan siap melakukan penyesuaian. Misalnya, jika Shopee menaikkan persentase biaya penanganan, kamu mungkin perlu menaikkan harga jual produk atau mencari cara lain untuk mengurangi biaya operasional.

Manfaatkan Berbagai Fitur Shopee Untuk bisnismu

Fitur Shopee Ads

Shopee Ads adalah fitur yang memungkinkamu untuk mempromosikan produkmu kepada lebih banyak pembeli potensial. Meskipun fitur ini memerlukan biaya tambahan, peningkatan penjualan yang dihasilkan bisa membantu mengurangi biaya penanganan per produk.

Fitur Shopee Mall dan Shopee Supermarket

Fitur Shopee Mall dan Shopee Supermarket memberikan eksposur lebih bagi produkmu dan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Sebagai penjual, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari fitur ini, seperti pengurangan atau bahkan penghapusan biaya penanganan.



Biaya penanganan di Shopee bisa menjadi beban bagi penjual, tetapi dengan strategi yang tepat, kamu bisa mengurangi biaya ini dan mengoptimalkan keuntungan. Penting untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dari Shopee dan beradaptasi dengan perubahan yang ada. 


Selain itu, jangan lupa untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas produk dan layananmu. Sukses berbisnis di Shopee bukan hanya soal menjual produk, tetapi juga tentang bagaimana kamu mengelola bisnis dan menjaga kepuasan pelanggan.

Melibatkan Diri dalam Komunitas Penjual Shopee

Manfaat Komunitas Penjual Shopee

Bergabung dalam komunitas penjual Shopee dapat memberikan banyak manfaat, seperti bertukar informasi terbaru, berbagi tips dan trik, serta saling memberi dukungan dalam menghadapi tantangan. Komunitas ini bisa menjadi sumber informasi dan motivasi yang sangat berharga bagi para penjual, termasuk dalam hal mengurangi biaya penanganan.

Cara Membangun Jaringan dalam Komunitas Penjual Shopee

Bangunlah jaringan dengan penjual lain melalui komunitas ini. Kamu bisa berdiskusi, berbagi pengalaman, dan bahkan berkolaborasi dalam promosi atau penjualan bersama. Dengan demikian, kamu tidak hanya bisa mengurangi biaya penanganan, tetapi juga membuka peluang bisnis baru.

Optimalisasi Penggunaan Platform Shopee

Menggunakan Semua Fitur yang Tersedia

Shopee menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu penjual meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya penanganan. Pastikan kamu memanfaatkan semua fitur ini secara maksimal, seperti Shopee Ads, fitur gratis ongkir, dan lainnya.

Membangun Reputasi Positif di Shopee

Reputasi positif sangat penting dalam bisnis online. Cobalah untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, sehingga mereka memberikan ulasan dan rating positif untuk tokomu. Reputasi positif ini pada akhirnya akan menarik lebih banyak pelanggan dan membantumu mengurangi biaya penanganan.

Kesuksesan dalam berbisnis di Shopee tidak datang dengan mudah. 


Diperlukan strategi yang tepat, kerja keras, dan ketekunan. Tetapi dengan pengetahuan yang tepat dan sikap yang proaktif, kamu bisa mengurangi biaya penanganan dan mengoptimalkan keuntungan. Semoga panduan ini bisa membantumu mewujudkan kesuksesan bisnismu di Shopee. 


Biaya penanganan Shopee mungkin terasa memberatkan, tetapi dengan strategi dan upaya yang tepat, kamu bisa mengurangi biaya ini dan meningkatkan keuntungan bisnismu. Selalu ingat, kunci utama sukses dalam bisnis online adalah kualitas produk dan layanan, serta kepuasan pelanggan. Semoga panduan ini dapat membantumu mengoptimalkan bisnismu di Shopee dan mencapai kesuksesan yang kamu inginkan. Selamat berbisnis!


Sumber Data:

  • https://www.hitoko.co.id/blog/3-cara-menghilangkan-biaya-penanganan-shopee/
  • https://riniisparwati.com/cara-menghilangkan-biaya-penanganan-shopee/
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Shopee.svg
  • https://unsplash.com/s/photos/e-commerce

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo