Panduan Lengkap Cara Berjualan di Shopee Bagi Pemula

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Ada banyak tempat yang dapat digunakan untuk berjualan online, salah satunya Shopee. Namun, masih banyak orang mengalami kebingungan saat ingin berjualan di sini. Ada beberapa cara berjualan di Shopee yang harus kamu tahu, mulai dari pembuatan akun hingga bagaimana cara agar toko banyak pembeli. Semua panduan lengkapnya akan dibahas di sini.  

Panduan Lengkap Cara Berjualan di Shopee

Jika kamu mengalami kesulitan untuk memulai berjualan di Shopee, kamu dapat mengikuti panduan berikut ini. Ada beberapa langkah yang harus kamu lalui jika ingin mulai berjualan di Shopee. Untuk lebih jelasnya, ikuti cara berjualan di Shopee berikut ini:

  1. Buat akun

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun Shopee terlebih dahulu. Tanpa adanya akun maka kamu tidak dapat melakukan aktivitas jual beli di Shopee. Setelah mempunyai akun, kamu dapat langsung bisa menuju pada langkah yang kedua.


Untuk dapat memiliki akun Shopee, kamu harus mempunyai email dan nomor hp yang masih aktif. Kemudian, isi semua formulir pendaftaran akun secara lengkap. Setelah itu, kamu akan menerima email atau SMS yang berisi kode OPT. Gunakan email atau kode OTP tersebut untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

  1. Membuka toko

Cara berjualan di Shopee berikutnya adalah membuka toko. Setelah kamu memiliki akun Shopee, kini kamu bisa mulai untuk membuka toko. Panduan lengkapnya adalah sebagai berikut:


  • Kunjungi situs Shopee di browser.

  • Klik fitur “Jual” yang berada di bagian sudut kiri atas.

  • Isilah semua profil toko, seperti nama, foto profil, deskripsi, dan banner.

Pada langkah ini kamu sudah berhasil memiliki toko di Shopee. Berikutnya, kamu dapat mengatur alamat toko serta jasa pengiriman yang akan digunakan. Atur juga rekening bank supaya kamu dapat mencairkan penghasilan dari toko kamu.

  1. Mengunggah foto produk

Setelah kamu membuka toko, langkah berikutnya adalah mengunggah foto produk yang akan kamu jual. Kamu harus menyiapkan foto produk dengan kualitas yang baik untuk di unggah. Pastikan foto produk memiliki gambar produk yang jelas dan bersih supaya dapat menarik banyak pembeli.

Isi semua detail produk yang akan dijual, seperti nama produk, deskripsi, jenis, merk, ukuran, dan lain-lain. Pihak Shopee akan melakukan pemeriksaan produk kamu selama 1 hari kerja. 

  1. Promosikan produk

Cara berjualan di Shopee berikutnya adalah mempromosikan produk. Hal ini dapat kamu lakukan jika proses verifikasi produk di Shopee telah selesai dan muncul pada etalase toko. Lakukan promosi guna menarik banyak pembeli.


Langkah promosi ini bertujuan supaya produk yang kamu jual dapat dilirik oleh calon pembeli. Setiap 4 jam, Shopee akan memberikan kamu kesempatan untuk ‘menaikkan’ produk. Kamu juga dapat membagikan tautan toko kamu dan produk melalui media sosial guna meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Review 5 Toko Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

Tips Jualan di Shopee Supaya Barang Cepat Laku

Saat berjualan di Shopee kamu juga harus menerapkan beberapa tips dan strategi supaya barang kamu dapat laku dan laris manis. beberapa tips dan strategi yang dapat kamu terapkan adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan fitur gratis ongkir

Salah satu cara berjualan di Shopee supaya barang dapat laku dan laris manis adalah dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir. Mengapa? Karena banyak orang yang tentunya menyukai promo gratis ongkir. Banyak masyarakat yang tertarik dengan promo ini dan kamu dapat menggunakannya sebagai strategi supaya jualan kamu cepat laku dan untung.


Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir ongkir yang terdapat pada Shopee. Cara mengaktifkan fitur gratis ongkir ini adalah sebagai berikut:


  • Login ke akun Shopee kamu

  • Klik fitur “Gratis Ongkir”, lalu klik “Daftar Sekarang” yang terdapat pada bagian bawah

  • Isi semua kolom, seperti no KTP dan unggah foto diri beserta KTP:. Pastikan kamu melakukan swafoto wajah dan KTP terlihat dengan jelas.

  • Beri centang pada syarat dan ketentuan yang tertera, lalu klik “Kirimkan”

  • Selesai, sekarang kamu hanya perlu menunggu notifikasi dari Program Gratis Ongkir dari Shopee

  1. Perbanyak produk

Cara berjualan di Shopee berikutnya supaya untung adalah dengan mengunggah banyak produk di tokomu. Semakin banyak produk atau barang yang kamu jual di toko, maka kemungkinan semakin besar kamu akan mendapatkan pembeli. Jika produk pada toko Shopee kamu kurang dari 5 buah, maka akan sulit untuk memperoleh pembeli.


Kamu tidak memerlukan banyak waktu untuk mengunggah semua produk yang akan kamu jual, karena Shopee menawarkan fitur untuk mengupload produk secara massal.

  1. Perbanyak followers toko

Followers di Shopee memiliki peranan yang cukup penting dalam membuat dagangan cepat laku. Hal ini karena followers di Shopee dapat meningkatkan penjualan hingga 50%. Untuk itulah, kamu harus menerapkan strategi ini supaya toko online kamu dapat memiliki banyak keuntungan. 


Selain itu, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memiliki banyak pengikut di toko online kamu, seperti meningkatkan kredibilitas toko dan menaikkan traffic. Langkah-langkah cara berjualan di Shopee supaya dapat meningkatkan jumlah followers adalah sebagai berikut:


  • Gunakan foto profil toko yang menarik dan sesuai dengan produk yang kamu jual. Tambahkan juga informasi mengenai toko kamu secara lengkap.

  • Rajin memposting produk di Shopee Feed, paling sedikit 3 kali dalam satu minggu.

  • Gunakan paling sedikit 3 hastag yang paling sesuai pada setiap postingan di Shopee Feed kamu.

  • Terapkan Giveaway dengan syarat harus wajib mem-follow toko kamu.

  • Buat lah sesi Live Streaming, minimal 1 kali dalam satu minggu guna menaikkan traffic.

  1. Ikuti program khusus Shopee

Shopee menawarkan banyak program khusus bagi penjual, contoh salah satunya adalah flash sale. Flash sale ini adalah penjualan produk yang dilakukan dalam waktu yang singkat dengan harga yang sudah didiskon.


Program flash sale ini dapat dilihat oleh seluruh pengguna Shopee sehingga kamu dapat mengikuti program ini sebagai salah satu strategi dalam menaikkan penjualan di tokomu.


Baca Juga: Cara Daftar Shopee Food Untuk Merchant 2023!


  1. Jual produk yang banyak dicari

Tips cara berjualan di Shopee supaya untung salah satunya adalah dengan menjual produk yang banyak dicari orang-orang. kamu harus dapat membaca trend yang sedang terjadi. Penjualan pada toko kamu akan mengalami peningkatan jika menjual produk yang banyak dicari orang.


Untuk dapat memenangkan persaingan, kamu dapat mencoba untuk memberikan harga yang lebih rendah sehingga para konsumen akan beralih ke produk yang ada di toko kamu.

  1. Rekap penjualan

Meskipun berjualan secara online, kamu juga tetap harus untuk melakukan rekap data penjualan. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah untuk melakukan analisa terhadap hasil penjualan yang kamu peroleh.


Dengan melakukan analisa, kamu dapat dengan mudah untuk menerapkan strategi marketing kedepannya supaya produk dapat terjual dan memberikan banyak keuntungan.


Untuk meningkatkan keuntungan kamu, maka manfaatkan penggunaan layanan Omnichannel Majoo. Penggunaan layanan ini dapat kamu jadikan salah satu strategi untuk menaikkan penjualan dan keuntungan bisnis.


Kamu dapat mengintegrasikan marketplace kamu dengan fitur omnichannel Majoo. Dengan mengintegrasikan online seller dalam satu aplikasi, maka dapat membantu kamu supaya dapat mengelola stok inventori, pencatatan penjualan, website usaha, dan laporan keuangan secara efektif.


Keuntungan lainnya yang akan kamu peroleh dari layanan ini yaitu menghemat biaya operasional bulanan hingga 30%, pantau dan kontrol penjualan dari manapun, meningkatkan penjualan toko online dan ecommerce omnichannel, serta laporan penjualan yang lengkap dan akunting otomatis.


Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan layanan omnichannel Majoo. Tingkatkan penjualan online dan raih keuntungan maksimal.

Kelebihan Berjualan di Shopee

Setelah mengetahui bagaimana cara berjualan di Shopee, kini saatnya kamu mengetahui apa saja kelebihan saat berjualan di marketplace Shopee. Beberapa kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Cukup menggunakan ponsel

Kamu dapat berjualan di Shopee hanya dengan bermodalkan ponsel


Di shopee, kamu bisa berjualan hanya dengan bermodalkan ponsel saja. Dengan begitu, kamu dapat menghemat biaya serta praktis karena tidak perlu lagi untuk repot merawat toko offline. Selain itu, kamu juga mudah untuk melakukan berbagai promosi lewat internet guna menaikkan penjualan.

  1. Jangkauan konsumen luas

Berjualan di Shopee juga dapat menjangkau lebih banyak konsumen


Dengan mengikuti cara berjualan di Shopee, kamu dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Tidak ada halangan atau batas bagi para penjual dan pembeli untuk dapat saling berinteraksi. Dengan begitu, kamu dapat menjual produk hingga ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri.

  1. Tidak memerlukan biaya besar

Untuk mulai jualan di Shopee tidak membutuhkan biaya yang besar


Berjualan di Shopee tidak memerlukan biaya yang besar sehingga siapa saja dapat melakukannya. Jika tidak memiliki banyak modal, kamu dapat berjualan dengan sistem dropship atau menjadi reseller.


  1. Waktu lebih fleksibel

Jualan di Shopee memiliki waktu yang fleksibel sehingga kamu dapat sambil mengerjakan pekerjaan lain


Berjualan dengan toko online memiliki waktu yang fleksibel. Kamu dapat membuka toko hingga 24 jam. Selain itu, kamu juga dapat melakukan aktivitas lainnya sambil terus berjualan.

  1. Terhubung dengan jasa pengiriman paket

Shopee akan memudahkan kamu dalam pengiriman barang karena sudah terhubung dengan banyak jasa pengiriman

Shopee akan memudahkan kamu dalam pengiriman barang karena sudah 

Saat ini platform Shopee sudah memiliki banyak mitra dengan jasa pengiriman paket yang sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih mudah untuk menggunakan jasa pengiriman paket yang berada di dekat daerahmu.

Cara berjualan di Shopee ini dapat dicoba bagi pemula yang ingin memulai toko online di Shopee. Saat ini Shopee menjadi salah satu toko online yang populer dan memiliki banyak pengguna. Shopee juga sering mengadakan program dan event untuk menarik banyak pembeli. Dengan menggunakan strategi yang tepat, dijamin toko online kamu di Shopee akan kebanjiran pembeli dan keuntungan akan terus mengalir. 

Sumber : 

https://bukuwarung.com/cara-jualan-di-shopee/

https://www.kuncie.com/posts/cara-berjualan-di-shopee

Freepik.com


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo