Cara Menjadi Supplier yang Menguntungkan, Ternyata Mudah!

article thumbnail

Banyak orang ingin tahu cara menjadi supplier karena peran sebagai supplier dinilai memiliki peluang bisnis yang menarik. Menjadi supplier membuka peluang bagi seseorang atau perusahaan untuk memegang peran penting dalam rantai pasokan industri. 

Peluang ini tentunya dapat membuka pintu bagi pendapatan yang stabil dan berkelanjutan. Termasuk dapat meningkatkan potensi keuntungan serta memberikan fleksibilitas dalam mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan permintaan pasar. 

Dengan memahami langkah-langkah cara menjadi supplier, akan memudahkan kamu untuk membangun jaringan bisnis yang luas. Bisa juga dimanfaatkan untuk mulai berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk produsen, distributor, dan reseller

Cara Menjadi Supplier Barang yang Menguntungkan 

Tujuan utama banyak orang ingin tahu cara menjadi supplier adalah untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang didapatkan supplier memang bisa jadi lebih besar dibandingkan dengan keuntungan pihak penjual atau reseller.

Menerapkan berbagai cara menjadi supplier barang bisa kamu lakukan dengan strategi yang tepat dan komitmen yang kuat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu kamu menjadi supplier yang sukses dan menguntungkan.

Mengidentifikasi Calon Pelanggan atau Calon Klien 

Mengetahui beberapa perusahaan yang mungkin membutuhkan produk atau layanan kamu sebagai supplier adalah langkah penting. Ini akan memberikan kamu basis data calon pelanggan. 

Kamu bisa bergabung dengan situs web, forum bisnis, dan platform online yang menghubungkan supplier dengan para pembeli potensial. Jadi, kamu dapat memperoleh informasi tentang perusahaan yang membutuhkan produk atau layanan. 

Baca Juga: Supplier Management: Tips Untuk Memperoleh Untung Optimal

Memberikan Penawaran yang Menarik

Kamu bisa mengirimkan surat penawaran barang untuk para calon klien. Jadi, sangat penting untuk dapat memahami kebutuhan mereka dengan baik. Pastikan surat penawaran yang kamu kirimkan mencakup berbagai informasi rinci. Mulai dari penjelasan tentang produk yang kamu tawarkan, harga produk, syarat pembelian dan pengiriman, sampai dengan metode transportasi yang bisa dipilih untuk mendapatkan produk atau barang yang dipesan. 

Memastikan Kualitas Produk atau Layanan

Pastikan produk atau layanan yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang sangat baik. Jika produk yang kamu tawarkan adalah barang, pastikan kualitasnya sudah memenuhi atau bahkan melebihi standar industri.

Menetapkan Harga yang Bersaing

Tetapkan harga yang bersaing, tetapi masih memungkinkan kamu untuk mendapatkan margin keuntungan yang layak. Pertimbangkan juga untuk menawarkan diskon atau harga khusus kepada pelanggan potensial yang setia.

Manajemen Persediaan yang Baik

Inti dari cara jadi supplier adalah adanya ketersediaan barang. Jadi, sebaiknya kelola persediaan barang yang kamu tawarkan dengan bijak untuk menghindari overstock atau malah out-of-stock. Perhatikan metode manajemen persediaan yang efektif. Bila perlu gunakan analisis data untuk memprediksi permintaan.

Memberikan Pelayanan Pelanggan yang Luar Biasa

Layanilah pelanggan dengan baik, tanggap, dan dengan sopan. Tanggapi pertanyaan atau keluhan dari para pelanggan secepat mungkin.

Membangun Jaringan dan Kemitraan

Bangunlah jaringan bisnis yang kuat dengan para supplier lainnya. Termasuk para mitra bisnis dan pelanggan potensial. Kemitraan yang baik dapat membantu kamu mendapatkan peluang bisnis yang lebih baik.

Mengelola Keuangan yang Sehat

Kelola keuangan bisnis kamu dengan baik. Pastikan bisnis supplier yang kamu jalankan memiliki arus kas yang cukup untuk mengatasi berbagai tantangan bisnis yang tak terduga.

Legalitas dan Perizinan

Satu hal penting terkait cara menjadi supplier yang harus kamu pastikan juga adalah mengenai legalitas atau perizinan bisnis. Pastikan kamu sudah memenuhi semua peraturan dan perizinan yang diperlukan untuk menjalankan usaha tersebut. Dengan begitu, akan membantu kamu menghindari masalah hukum yang dapat merugikan bisnis di kemudian hari.

Baca Juga: Supplier atau Pemasok: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Bagaimana cara menjadi supplier baru?

Cara Menjadi Supplier Baru bagi Pemula

Memulai usaha sebagai supplier bagi pemula adalah tantangan yang menarik namun memerlukan persiapan yang matang. Meskipun cara menjadi supplier baru bagi pemula merupakan tantangan, dengan dedikasi, komitmen, dan kemauan untuk terus belajar, ini dapat menjadi langkah awal yang dapat membawa kesuksesan jangka panjang.

Inilah langkah-langkah bagaimana cara menjadi supplier baru yang bisa kamu coba sebagai pemula dalam usaha ini.

Riset Pasar dan Industri

Lakukan riset pasar dan industri untuk memahami tren, permintaan, dan persaingan dalam industri tertentu. Identifikasi produk atau layanan yang ingin kamu tawarkan, serta target pasar yang ingin kamu sasar.

Identifikasi Calon Pelanggan

Tentukan perusahaan atau calon pelanggan potensial yang mungkin membutuhkan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Perusahaan besar atau kecil mana yang kira-kira sesuai dengan penawaran kamu?

Daftarkan Bisnis secara Legal

Pastikan bisnis supplier kamu terdaftar dan memiliki semua izin dan yang diperlukan sesuai dengan hukum dan peraturan setempat.

Buat Profil Bisnis yang Baik

Buat profil bisnis yang mencakup informasi tentang produk atau layanan, pengalaman, dan keahlian yang kamu tawarkan. Sertakan portofolio jika memang kamu sudah pernah memiliki pengalaman bekerja dengan pelanggan sebelumnya.

Tentukan Harga yang Bersaing

Tentukan harga yang bersaing untuk produk yang kamu tawarkan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya produksi, keuntungan yang diinginkan, dan harga yang berlaku di pasar saat ini.

Membangun Koneksi

Jalin hubungan dengan orang-orang dalam industri bisnis, termasuk pemasok, pemasaran, dan perusahaan terkait. Jika perlu hadiri berbagai acara industri dan konferensi untuk dapat membangun jaringan.

Mengembangkan Proposal Penawaran

Ketika kamu sudah tahu siapa calon pelanggan potensial, kamu bisa langsung membuat proposal penawaran yang mencakup semua informasi yang relevan tentang produk yang ditawarkan. Perlu kamu ingat, cara menjadi supplier yang bisa mendapatkan banyak klien adalah yang memiliki proposal penawaran yang menarik.

Memberikan Kualitas Produk dan Pelayanan yang Unggul

Pastikan produk atau layanan kamu memiliki kualitas yang sangat baik. Berikan pelayanan pelanggan dengan baik dan tanggap terhadap kebutuhan mereka.

Menerapkan bagaimana cara menjadi supplier baru memang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan secara instan. Namun, tidak terlalu sulit jika kamu bisa memahami seperti apa langkah-langkahnya dan menerapkan semuanya dengan baik. 

Cara Beralih dari Reseller menjadi Supplier

Tidak sedikit pebisnis yang awalnya adalah seorang reseller lalu beralih peran menjadi supplier. Beralih dari peran reseller menjadi supplier memang dinilai sebagai langkah yang signifikan dalam mengembangkan bisnis. Artinya kamu tidak lagi hanya menjual produk dari supplier lain, tetapi juga mulai menyediakan produk milikmu sendiri kepada reseller atau pelanggan. 

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan sebagai cara beralih dari reseller menjadi supplier dengan mudah dan mulus. 

Lakukan Riset dan Persiapan

Lakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan pelanggan dan permintaan produk yang sesuai dengan bisnis kamu. Tinjau portofolio produk dan identifikasi produk yang paling cocok untuk dijual sebagai supplier.

Menentukan Sumber Produk atau Produksi Sendiri

Pertimbangkan apakah kamu akan memproduksi sendiri produk tersebut atau membeli dari supplier lain. Jika kamu memutuskan untuk memproduksi sendiri, persiapkan semua peralatan, biaya, dan proses produksi yang diperlukan dengan sebaik-baiknya.

Kualitas Produk dan Harganya

Pastikan produk yang kamu sediakan memiliki kualitas yang sangat baik. Ini merupakan hal penting untuk membangun reputasi sebagai supplier yang dapat diandalkan. Selain itu, tentukan harga yang bersaing untuk produk tersebut dengan mempertimbangkan biaya produksi, markup, dan harga pasar saat menetapkan harga.

Legalitas dan Perizinan

Seperti pada cara menjadi supplier lainnya, pastikan kamu sudah mendapatkan semua izin dan legalitas yang diperlukan untuk melakukan proses produksi atau distribusi produk yang kamu tawarkan. Termasuk juga sertifikasi produk tertentu atau izin usaha.

Diversifikasi Portofolio

Pertimbangkan untuk memiliki berbagai produk dalam portofolio kamu untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan pelanggan.

Menjalin dan Menjaga Hubungan dengan Reseller

Jalin hubungan yang baik dengan reseller yang akan kamu layani. Berikan insentif atau diskon khusus kepada mereka untuk mendorong kerja sama.

Stok dan Persediaan

Lakukan pengelolaan persediaan barang dengan baik. Tujuannya adalah untuk menghindari adanya kelebihan stok di gudang atau bahkan kehabisan stok yang akan menyusahkan. Manfaatkan perangkat lunak atau aplikasi manajemen persediaan jika diperlukan.

Proses Pengiriman dan Logistik

Cara beralih dari reseller menjadi supplier berkaitan erat dengan proses pengiriman. Tentukan proses pengiriman yang efisien dan andal. Jika perlu terapkan kerja sama dengan perusahaan logistik. .

Peralihan dari reseller menjadi supplier adalah proses yang berkelanjutan dan memerlukan komitmen untuk membangun dan memelihara bisnis. Dengan persiapan yang baik, pelayanan pelanggan yang unggul, dan produk berkualitas, kamu dapat berhasil dalam peran sebagai supplier dan mengembangkan bisnis lebih lanjut.

Baca Juga: Tips Mencari Sumber Supplier Bisnis Terpercaya Untuk Kelancaran Bisnis

Aplikasi Wirausaha majoo

Kesimpulan 

Pada dasarnya, menerapkan berbagai cara menjadi supplier bukanlah hal yang amat sulit. Intinya, kamu hanya perlu memahami setiap langkahnya dengan baik. Kemudian melaksanakan setiap langkah dengan benar dan tepat, tanpa ada yang terlewat.

Dengan begitu, cara menjadi supplier barang yang kamu terapkan bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Jika ingin lebih memaksimalkan setiap fungsi dari langkah bisnis supplier, kamu bisa menambahkan aplikasi wirausaha majoo pada bisnis tersebut. 

Aplikasi majoo dilengkapi dengan berbagai fitur yang bermanfaat bagi pengelolaan bisnis. Mulai dari aplikasi inventory yang sangat penting untuk mengatur stok dan persediaan supplier, sampai dengan aplikasi keuangan yang akan membantu kamu mencatat setiap order dan transaksi barang. Semuanya mudah dengan majoo, coba sekarang, let’s go!


Sumber Data: 

https://ajaib.co.id/ingin-menjadi-supplier-hebat-berikut-langkah-mudahnya/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo