Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Mudah dan Praktis, Ketahui Cara Cek Nama PT Berikut Ini

    Mudah dan Praktis, Ketahui Cara Cek Nama PT Berikut Ini

    Cek nama PT menjadi hal yang penting dilakukan.

    Nama adalah salah satu syarat utama untuk mendirikan Perseroan Terbatas atau PT. Walau terkesan mudah, nyatanya memilih nama PT menjadi hal yang sulit bagi banyak orang. Berbeda dengan CV, memilih nama PT wajib dilakukan dengan mengikuti ketentuan yang berlaku alias tidak bisa asal-asalan. Sebelum bekerja atau bekerja sama dengan sebuah PT, tidak ada salahnya, lho, melakukan cek nama PT. Sebab, ada saja kemungkinan bahwa sebuah PT menggunakan izin palsu untuk beroperasi alias ilegal. 

    Lantas, bagaimana cek legalitas PT yang tepat? Mengapa legalitas PT menjadi hal yang penting? Lalu, kira-kira kenapa PT harus 3 suku kata? Langsung saja, temukan jawabannya melalui pembahasan di bawah ini!

    Bagaimana Cek Legalitas PT?

    Sebuah Perseroan Terbatas atau PT yang legal seharusnya terdaftar secara resmi di web instansi pemerintah berdasarkan jenis perusahaannya. Berikut tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengecek legalitas PT.

    Web Kemenkumham

    Tidak hanya menyediakan informasi seputar kementerian, web Kemenkumham juga bisa menjadi salah satu cara untuk cek nama PT atau cek legalitas PT. Jika perusahaan yang kamu cari tidak ditemukan bukan berarti ilegal, tetapi bisa saja perusahaan tersebut tidak termasuk dalam lingkup Kemenkumham. Cara cek nama PT atau cek nama PT yang terdaftar dapat dilakukan melalui https://ahu.go.id/pencarian/profil-pt dan masukkan nama PT yang kamu cari.

    Web OJK

    Selain Kemenkumham, kamu juga bisa cek nama PT melalui web OJK. Tidak perlu khawatir kedaluwarsa, data yang terdapat di web ini selalu di-update dan diurutkan sesuai bulan dan tahun. Cara cek nama PT atau cek nama PT yang terdaftar dapat dilakukan melalui https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/data-dan-statistik/data-perusahaan-efek/default.aspx.

    Web Kominfo

    Selain mendapatkan informasi seputar penyiaran, kamu juga cek nama PT melalui web Kominfo. Cuku mudah, langsung buka https://pse.kominfo.go.id/ dan kamu bisa melihat data yang tersedia. Selanjutnya, pilih kolom SE terdaftar (perusahaan yang terdaftar legal), kolom SE lama (perusahaan yang sudah lama menjadi legal), atau kolom SE dicabut (perusahaan yang sudah dicabut izinnya).

    Baca juga: NPP Perusahaan: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

    Kenapa Legalitas Penting?

    Berikut lima alasan mengapa legalitas PT adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

    Sebagai Landasan Operasional Berbadan Hukum

    Legalitas digunakan sebagai salah satu landasan operasional berbadan hukum. Sebuah perusahaan hanya bisa berjalan secara legal bila memiliki izin usaha atau surat legal. Secara hukum perusahaan juga mendapatkan perlindungan oleh instansi negara. Karenanya surat jenis ini bukanlah tulisan tinta di atas kertas biasa. Pihak perusahaan juga bisa mendapat keuntungan beragam salah satunya keuntungan perlindungan hukum atas segala bentuk aktivitas yang dijalankan perusahaan.

    Segala Bentuk Transaksi Bisa Dikatakan Legal

    Tahukah kamu dengan adanya surat legal dari pemerintah artinya hampir segala bentuk transaksi dalam perusahaan bisa dikatakan legal. Ini juga jadi salah satu keuntungan memiliki surat legal bagi perusahaan. Bagaimanapun bentuknya, berapa saja jumlahnya bila sudah dilatarbelakangi oleh sebuah surat izin maka akan dikatakan legal. Karenanya tidak jarang ada perusahaan yang seharusnya ilegal diberi label legal oleh pemerintah dengan kriteria tertentu.

    Sebagai Landasan Hukum bagi para Konsumen

    Tidak melulu terkait perusahaan, surat legal atau bukti legalitas juga bisa dimanfaatkan oleh para konsumen perusahaan. Legalitas bisa dipegang sebagai landasan hukum bertransaksi dengan pihak perusahaan. Sekecil apapun transaksi yang dilakukan kamu tidak perlu khawatir karena telah dilindungi oleh hukum secara tak kasat. Bila terjadi sesuatu yang sekiranya tidak mengenakkan kamu bisa memanfaatkan surat legal sebagai salah satu pembelaan.

    Jaminan Bukan Perusahaan Berkedok Penipuan

    Penipuan bisa saja terjadi pada jenis bisnis apa pun. Karenanya kamu harus berhati-hati agar tidak menelan kerugian yang cukup besar. Salah satunya dengan cek legalitas perusahaan sebelum melakukan kerja sama atau transaksi pada suatu perusahaan. Bila suatu perusahaan terindikasi memiliki status legal setelah dilakukan pengecekan maka bisa dikatakan perusahaan aman untuk digunakan. Legalitas juga bisa jadi salah satu jaminan bahwa perusahaan tidak punya kedok penipuan.

    Membangun Citra yang Baik di Mata Masyarakat

    Legalitas juga ternyata berfungsi untuk membangun citra yang baik di mata masyarakat. Bagaimanapun juga sebuah perusahaan perlu selalu mempertahankan citra baik khususnya di mata para konsumennya. Salah satu dokumen ini bisa digunakan juga sebagai salah satu upaya untuk iklan. Strategi pemasaran satu ini biasanya digunakan pada jenis perusahaan dengan citra kredibel dan dapat dipercaya seperti halnya perusahaan berbasis keuangan.

    Baca juga: Apa Itu Annual Report? Tujuan, Fungsi, dan Cara Membuatnya

    Memilih nama PT wajib mengikuti aturan yang berlaku.

    Kenapa PT Harus 3 Suku Kata?

    Sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia, nama perusahaan harus terdiri dari minimal tiga (3) suku kata berbahasa Indonesia. Hal ini dilakukan untuk membedakan nama perusahaan lokal dan perusahaan dengan modal asing. Agar lebih jelas, simak Pasal 11 PP 43/2011 berikut ini:

    “Perseroan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia wajib menggunakan Nama Perseroan dalam Bahasa Indonesia.”

    Selain itu, nama PT juga harus menggunakan huruf latin dan tidak menggunakan angka, huruf, atau gabungan huruf yang membentuk kata.

    Baca juga: Apa Sih SPT Tahunan dan Kenapa Harus Melaporkannya?

    Penutup

    Demikian ulasan mengenai bagaimana cek legalitas PT, alasan legalitas PT menjadi hal yang penting, dan jawaban dari pertanyaan kenapa PT harus 3 suku kata. Selain pengetahuan mengenai perusahaan, kamu juga bisa menemukan berbagai informasi menarik mengenai bisnis, pasar, dan ekonomi secara umum di sini. Untuk mendukung bisnismu, jangan ragu untuk gunakan majoo yang siap menjadi pilihan yang tepat. Dengan berlangganan majoo, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ditawarkan untuk mendukung kemajuan bisnismu. Tidak perlu khawatir, majoo selalu setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis, terutama untuk urusan partner pembayaran. Tunggu apa lagi? Saatnya berlangganan sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Sebuah Perseroan Terbatas atau PT yang legal seharusnya terdaftar secara resmi di web instansi pemerintah berdasarkan jenis perusahaannya. Berikut tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengecek legalitas PT: (1) Web Kemenkumham, (2) Web OJK, (3) Web Kominfo
    • Sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia, nama perusahaan harus terdiri dari minimal tiga (3) suku kata berbahasa Indonesia. Hal ini dilakukan untuk membedakan nama perusahaan lokal dan perusahaan dengan modal asing.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mudah dan Praktis, Ketahui Cara Cek Nama PT Berikut Ini
    Penting untuk mengecek nama dan legalitas PT, sebab tidak sedikit PT yang menggunakan izin palsu untuk beroperasi.
    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Ketahui Definisi Spanduk, Contoh serta Manfaatnya
    Spanduk adalah salah satu metode promosi yang efektif dan terjangkau untuk menyampaikan informasi produk atau jasa yang kamu miliki.
    Pemasaran Internasional: Manajemen, Strategi, dan Fungsinya
    Pemasaran internasional mampu menciptakan banyak kesempatan dan tantangan bagi perusahaan untuk mengembangkan diri baik skala domestik atau internasional.