18+ Ciri-ciri Wirausaha yang Berhasil dan Sukses

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Wirausaha mungkin menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin memiliki kebebasan dalam bekerja dan mengelola bisnis secara mandiri. Terutama bagi mereka yang merasa terbatas dengan rutinitas kerja monoton yang berlangsung dari jam sembilan pagi hingga jam lima sore dan menginginkan fleksibilitas lebih dalam menghasilkan pendapatan.

Meskipun demikian, sebagian orang juga memulai perjalanan wirausaha mereka sambil tetap bekerja secara penuh waktu, sebagai persiapan untuk masa pensiun di masa depan. Dengan cara ini, bisnis yang dibangun menjadi salah satu bentuk investasi usaha yang dapat diteruskan setelah tidak lagi aktif bekerja secara profesional. 

Namun, menjadi seorang wirausaha sukses tentu saja tidaklah mudah. Untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis, diperlukan upaya dan komitmen yang besar. Untuk itu, jika kamu berkeinginan untuk menjadi pebisnis yang sukses, kamu perlu menerapkan beberapa ciri-ciri wirausaha yang mendukung pencapaian tujuan tersebut. 

Pengertian Wirausaha

Dalam bahasa Inggris, wirausaha disebut sebagai "entrepreneurship". Secara sederhana, entrepreneurship dapat diartikan sebagai proses mengenali, mengembangkan, dan mewujudkan visi dan misi ke dalam kehidupan dengan mendirikan sebuah usaha.

Menurut Richard Cantillon (1755), wirausaha dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk menemukan metode baru, berinovasi, dan mengembangkan ide-ide yang unik dan baru.

Sinaga (2016:25) mengatakan, bahwa ciri-ciri dan watak kewirausahaan yaitu hars percaya diri dan optimis, mampu berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil risiko dan tantangan, memiliki jiwa kepemimpinan, mudah beradaptasi dengan orang lain serat terbuka terhadap saran dan kritik.

Pendapat Vernon A. Musselman dan John H. Jackson menyatakan bahwa ciri-ciri wirausaha adalah seseorang yang melibatkan investasinya dan mampu mengambil risiko berupa waktu, uang, dan usaha untuk memulai sebuah perusahaan serta menjadikannya berhasil dan sukses. Oleh karena itu, seorang wirausaha adalah individu yang memiliki keberanian untuk mengambil risiko dan memulai usaha. 

Baca Juga: Karakter Wirausaha: Wajib Kamu Ketahui

Ciri-ciri Wirausaha yang Berhasil

Wirausaha merupakan peran yang penting dalam menggerakkan roda ekonomi dan keberhasilan seorang wirausahawan ditentukan oleh sejumlah faktor. Proses bisnis masing-masing individu dapat berbeda, tapi beberapa elemen dasar ini umumnya menjadi faktor penentu keberhasilan. Berikut ini ciri-ciri wirausaha yang berhasil. 

1. Berjiwa Pemimpin

Seorang wirausahawan dianggap sebagai pemimpin karena mereka membangun dan mendirikan bisnis mereka sendiri. Kemampuan kepemimpinan menjadi kunci untuk memotivasi karyawan dalam menjalani bisnis.

Penting bagi seorang pemimpin memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan efektif, serta mempercayai kemampuan anggota timnya. Sikap ini akan membuat wirausaha dihargai dan dihormati melalui komitmen dan pekerjaan para karyawannya. 

2. Berintegritas Tinggi

Kesinambungan bisnis seringkali terkait dengan kepatuhan pada etika dan aturan yang berlaku. Ciri-ciri wirausaha yang berhasil yaitu memiliki integritas dalam berwirausaha, khususnya menjunjung tinggi kejujuran dalam berhubungan dengan klien atau mitra.

Seorang wirausahawan yang memiliki integritas tinggi akan mencari solusi daripada menyalahkan keadaan saat menghadapi masalah. Tingginya integritas membantu membangun kepercayaan tinggi dari pelanggan dan lingkungan sekitar. 

3. Berjiwa Kompetitif

Lingkungan bisnis selalu diwarnai oleh kehadiran kompetitor yang dapat mengancam kesuksesan suatu bisnis. Wirausahawan perlu memiliki jiwa kompetitif, yang artinya mereka senang menghadapi tantangan dan berusaha untuk mengatasinya. 

Persaingan bukanlah suatu hal negatif; sebaliknya, persaingan bisnis dapat menjadi pendorong pertumbuhan bisnis untuk menjadi lebih maju dan berkembang. Tetap fokus dan berinovasi adalah kunci agar perusahaan terus unggul di target market

4. Memiliki Daya Inovatif yang Tinggi

Wirausahawan sukses memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif dan menciptakan ide-ide inovatif. Kemampuan ini bisa mengatasi masalah terkait produk atau layanan guna memenuhi kebutuhan pasar. 

5. Mampu Berorientasi pada Tujuan yang Jelas

Visi, misi, dan tujuan yang spesifik akan membantu wirausahawan lebih fokus dan memiliki pandangan jelas terkait arah bisnis yang ingin dicapai. 

6. Mampu Mengukur dan Mengambil Risiko

Keberanian untuk mengambil risiko yang terukur merupakan ciri khas wirausahawan yang berhasil dan sukses. 

7. Kemampuan Beradaptasi dengan Cepat

Wirausahawan sukses dapat dengan cepat beradaptasi terhadap perubahan kondisi pasar, teknologi, dan lingkungan bisnis. 

8. Memiliki Komitmen yang Tinggi

Tingkat komitmen yang tinggi terhadap bisnis, termasuk kesiapan untuk bekerja keras serta mengorbankan waktunya merupakan karakteristik karakteristik ciri dan kualitas sebuah wirausaha.

Baca Juga: Apa itu Wirausaha dan Pengertian Kewirausahaan dalam Bisnis

Apa saja ciri-ciri wirausaha?

9. Mampu Berorientasi dengan Pelanggan

 Pemahaman yang baik terhadap kebutuhan pelanggan serta memiliki kemampuan untuk memenuhi ekspektasi mereka merupakan hal yang penting. 

10. Memiliki Keterampilan Manajerial yang Baik

Wirausahawan perlu memiliki keterampilan manajerial untuk mengelola sumber daya lebih efisien, seperti waktu, uang, dan tenaga kerja. 

11.  Mampu Membuat Keputusan dengan Cepat dan Tepat

Memang mempertimbangkan suatu keputusan perlu dilakukan agar tidak terjebak dalam analisis berkepanjangan, sehingga wirausaha perlu membuat suatu keputusan yang cepat dan tepat dalam situasi mendesak sekalipun. 

12. Dinamika Belajar yang Terus-Menerus

Wirausahawan yang berhasil menikmati proses belajar sesuatu hal secara terus-menerus dan melihat setiap tantangan sebagai peluang untuk meningkatkan kualitas dirinya. 

13. Memiliki Networking yang Kuat

Menjadi seorang wirausaha akan memahami pentingnya membangun hubungan dengan orang lain untuk membangun bisnisnya. Oleh karena itu, sebagai wirausaha perlu membangun networking  yang luas demi mendapatkan dukungan, saran, dan peluang baru pada bisnisnya. 

14. Menerima Kegagalan sebagai Pembelajaran

Sikap yang positif terhadap kegagalan membantu wirausahawan dalam berkembang dan memperbaiki strategi bisnisnya di masa depan. 

15. Memprioritaskan Kualitas Produk

Menjaga kualitas produk atau layanan adalah kunci untuk mempertahankan dan memperluas pangsa pasar. 

16. Bisa Melihat Peluang dengan Jelas

Kejelian dalam membaca peluang selama perjalanan bisnis, tentu akan membantu wirausaha dalam mengambil keputusan yang jelas. 

17. Bisa Melihat Nilai Positif dalam Setiap Situasi

Umur suatu bisnis kerap ditentukan dari cara pandang pemiliknya, sehingga kemampuan melihat nilai positif dari setiap dinamika bisnis membantu wirausaha menjaga pandangan yang optimis. 

18. Mampu Mengontrol Ambisi Pribadi

Menghindari ambisi pribadi yang berlebihan, akan membantu wirausahawan tetap fokus pada keberhasilan bisnis secara keseluruhan. 

Dengan memahami dan menerapkan faktor-faktor ini, seorang wirausahawan dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam membangun dan mengelola bisnisnya. 

Baca Juga: 11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!

Kelebihan dan Kekurangan menjadi Wirausaha

Kelebihan dan kekurangan yang biasanya dimiliki atau dialami seseorang ketika memulai berwirausaha adalah sebagai berikut.

Kelebihan menjadi Wirausahawan

  • Kesempatan mewujudkan cita-cita: Berwirausaha memberikan kesempatan bagi seseorang untuk mewujudkan impian dan cita-citanya dalam mengelola bisnisnya sendiri.

  • Banyak kesempatan mengembangkan ide-ide: Seorang wirausahawan memiliki banyak peluang untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnisnya.

  • Kesempatan menunjukkan potensi diri: Berwirausaha memberikan kesempatan bagi seseorang untuk menunjukkan potensi dan kemampuannya dalam mengelola bisnis serta memecahkan berbagai tantangan.

  • Mendapat pengakuan atas usaha yang dimiliki: Sukses dalam berwirausaha memberikan pengakuan dan apresiasi atas usaha yang telah dilakukan; baik dari masyarakat maupun dari berbagai pihak lainnya.

  • Bisa mendapatkan keuntungan yang fantastis: Wirausahawan memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan fantastis jika bisnisnya berhasil dan sukses.

  • Berkontribusi pada masyarakat: Melalui bisnisnya, seorang wirausahawan memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat; baik melalui penciptaan lapangan kerja maupun penyediaan produk atau layanan yang bermanfaat.

  • Bebas melakukan apa yang diinginkan, tapi tidak melupakan aturan: Berwirausaha memberikan kebebasan bagi seseorang untuk mengembangkan ide dan visinya, namun tetap harus mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku.

Kekurangan menjadi Wirausahawan

  • Ketidakpastian pendapatan: Wirausahawan seringkali menghadapi ketidakpastian dalam pendapatan mereka, terutama pada tahap mengawali bisnis.

  • Tidak ada jaminan dalam bertahan hidup: Tidak ada jaminan bahwa bisnis yang didirikan akan bertahan hidup dalam jangka waktu tertentu.

  • Risiko kegagalan dalam berwirausaha: Risiko kegagalan selalu ada dalam dunia wirausaha dan hal ini dapat memengaruhi kondisi finansial dan emosional seorang wirausaha .

  • Jam kerja yang tidak produktif: Wirausahawan sering kali harus bekerja dalam jam yang tidak teratur dan tidak produktif untuk menghadapi berbagai tantangan bisnis.

  • Kualitas hidup yang tidak pasti hingga mencapai keberhasilan: Hidup seorang wirausahawan seringkali tidak pasti dan penuh tantangan hingga bisnis yang didirikan mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan.

  • Merasa sendiri ketika ingin mengembangkan ide-ide: Terkadang, seorang wirausahawan merasa sendiri dalam mengembangkan ide-ide bisnisnya tanpa adanya dukungan yang memadai.

  • Tanggung jawab yang lebih berat: Wirausahawan bertanggung jawab atas keberhasilan dan kegagalan bisnisnya sendiri, sehingga beban tanggung jawabnya lebih berat dibandingkan dengan bekerja sebagai karyawan.

Aplikasi wirausaha

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi terkait ciri-ciri wirausaha yang perlu kamu ketahui ketika kamu ingin memulai bisnis. Dalam menciptakan peluang usaha baru, seorang wirausahawan seringkali menjalankan usahanya secara mandiri dengan memanfaatkan segala kemampuan yang dimilikinya guna mencapai hasil terbaik. 

Setelah berhasil meraih penghasilan dari berwirausaha, disarankan untuk memanfaatkan pendapatan tersebut dengan berinvestasi. Dengan demikian, wirausaha dapat menyiapkan dana darurat yang mungkin diperlukan di masa depan untuk pengembangan usaha yang telah dibangunnya.

  

Sumber Data:

  • https://dailysocial.id/post/wirausaha-adalah-pengertian-ciri-ciri-manfaat-contoh-hingga-penyebab-gagalnya

  • https://www.merdeka.com/jabar/ciri-ciri-seorang-wirausahawan-berikut-pengertiannya-menurut-para-ahli-kln.html

  • https://kumparan.com/berita-hari-ini/6-ciri-ciri-wirausaha-yang-perlu-dipahami-setiap-bisnis-1xN0Lx6Pxdj/1

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo