Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!

    Memiliki tekad dan strategi pemasaran adalah dua poin faktor keberhasilan wirausaha di samping kreativitas dan inovasi.

    Kamu berencana ingin menjadi pengusaha atau berwirausaha mulai dari nol? Perlu kamu ingat, dalam menjalankan usaha sendiri, terdapat beberapa faktor keberhasilan wirausaha yang harus kamu miliki. Faktor-faktor inilah yang mendukung usaha kamu menjadi sukses besar. Sebab, usaha tidak hanya soal uang, melainkan juga sikap, attitude, sifat dan lain sebagainya.

    Ada banyak faktor keberhasilan wirausaha yang wajib diketahui para entrepreneur. Tanpa mengetahui faktor-faktor tersebut, kemungkinan terburuk adalah usaha bisa berpotensi bangkrut. 

    Seperti yang sudah kamu ketahui, wirausaha adalah dunia yang dinamis, kamu gak bakal bisa sukses hanya dengan modal uang, loh. Adaptasi, inovasi, dan tentunya sikap pengusaha itu sendiri perlu dipikirkan untuk meningkatkan daya jual usahamu. 

    Banyak pengusaha yang gagal karena terlalu percaya diri bermodalkan uang saja. Mereka pikir, dengan banyak uang, bisa membuat usaha bakalan sukses. Padahal di dunia nyata tidak semudah itu.

    Dengan berwirausaha, berarti kamu mendirikan usaha hingga mengelolanya sendirian. Kamu tidak bekerja di bawah perintah orang lain, tetapi menjadi bos dari usaha sendiri. Tentu saja faktor keberhasilan usaha terpusat pada kamu. 

    Pada artikel di bawah ini, majoo akan jabarkan faktor keberhasilan wirausaha khusus untuk kamu yang ingin maju dalam berwirausaha.

    Baca juga: Apa itu Wirausaha dan Pengertian Kewirausahaan dalam Bisnis

    Pengetahuan dan Pengertian tentang Kewirausahaan

    Sebelum membahas faktor keberhasilan usaha lebih lanjut, kamu perlu mengetahui pengertian tentang kewirausahaan.

    Aspek pertama dalam faktor keberhasilan wirausaha tentunya pengetahuan atau wawasan di pengusaha tentang wirausaha. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha atau wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi atau pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

    Merujuk pada pengertian di atas, wirausaha artinya harus memiliki pengetahuan aktivitas bisnis seperti menghitung kas, alokasi modal, hingga strategi pemasaran. Akan lebih baik jika pengusaha secara spesifik mengetahui pengetahuan ini di bidang bisnis yang sedang dijalani.

    Menurut Drs. Joko Untoro, kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara memanfaatkan segala potensi yang sudah dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan juga bagi orang lain.

    Menurut Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, Rektor dan Pendiri Universitas Komputer Indonesia, bahwa kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, dan menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna untuk orang lain.

    Sementara menurut Zimmerer: 1996, kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha. 

    Pengertian tentang kewirausahaan menurut Ahmad Sanusi: 1994, kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tujuan, tenaga penggerak, siasat, proses, kiat, dan hasil bisnis

    Terakhir, menurut Soeharto Prawiro: 1997, kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

    Sekarang majoo uraikan faktor-faktor keberhasilan usaha sejalan dengan pengertian kewirausahaan di atas. 

    Baca Juga: 10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis

    Apa Saja Faktor yang Dapat Dilihat untuk Menilai Keberhasilan Wirausaha?

    Tentu saja banyak, tetapi perlu diingat bahwa semua faktor tersebut tidak dapat diraih atau terjadi begitu saja. Semuanya perlu dipelajari dan kamu harus konsisten hingga berhasil. 

    Faktor-faktor keberhasilan usaha adalah semua hal yang bisa membantumu mengembangkan usaha ke level yang kamu impikan.

    1. Memiliki Tekad dan Kemauan yang Kuat

    Faktor pendukung keberhasilan wirausaha tentunya berasal dari diri wirausahawan itu sendiri. Salah satunya memiliki tekad yang kuat serta kemauan yang keras. Tak hanya keinginan untuk membangun usaha, melainkan juga tekad untuk terus mengembangkan usaha menjadi lebih baik. 

    Kamu akan merasa kurang puas bila kondisi usaha kamu begitu-begitu saja tanpa adanya perubahan yang berarti. Tentunya ini membuat kamu terdorong untuk mencari ide agar usaha kamu dapat berkembang hingga mendatangkan imbal hasil yang lebih besar lagi.

    2. Melakukan Perencanaan dengan Matang

    Dalam wirausaha, segala sesuatu harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Perencanaan sebenarnya dimulai sejak kamu berniat merintis usaha. Dari situlah perencanaan usaha dapat menjadi pedoman serta pengingat kamu ketika menjalankan usaha.

    Saat menjalankan usaha, kamu tidak akan luput dari tantangan serta rintangan. Namun semuanya akan dapat diatasi dengan baik jika sebelumnya kamu sudah merencanakan usaha dengan matang dan menyeluruh. Perencanaan usaha bisa kembali mengingatkan kamu pada tujuan awal membangun usaha tersebut.

    3. Memanfaatkan Peluang dengan Baik

    Bagian paling nggak enak adalah saat menghadapi tantangan dan rintangan, kan? Namun ingatlah bahwa kamu juga akan dihadapkan pada peluang-peluang. Kamu tetap harus mempertimbangkan dengan matang supaya tidak menjadi senjata makan tuan bagi diri sendiri.

    Dalam memanfaatkan peluang, pastikan hal tersebut memang selaras dengan usaha dan diri kamu sendiri. Terutama potensi yang kamu miliki, Majoopreneurs.

    4. Strategi Pemasaran yang Efektif

    Agar usaha kamu berjalan dengan lancar, sudah pasti kamu membutuhkan strategi pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran inilah yang akan membantu dalam memperkenalkan usaha serta produk kamu kepada masyarakat. Itu sebabnya kamu harus sudah memiliki target pasar sendiri, sehingga mudah menentukan cara supaya produk dan jasa kamu berhasil menarik perhatian target tersebut.

    Terdapat banyak jenis promosi yang bisa dilakukan. Namun hal ini mungkin membutuhkan biaya tambahan yang cukup besar khusus untuk promosi. Jika kamu membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, tenang saja. Kamu hanya perlu menghubungi majoo, loh!

    5. Kreatif dan Inovatif

    Faktor yang tak kalah pentingnya dalam berwirausaha adalah kreativitas dan inovasi. Wajar bila antarpengusaha membuat produk sejenis. Namun, kamu bisa membuatnya lebih unggul dengan kreativitas yang dimiliki.

    Inovasi pun dibutuhkan ketika kamu akan melakukan ekspansi usaha lebih luas. Tidak dapat dipungkiri, inovasi ini akan membuat pelanggan tetap setia memilih produk kamu karena kualitas produk menjadi lebih baik.

    6. Memiliki Jaringan Luas

    Jadilah pribadi yang penuh semangat untuk terus bergerak maju. Perbanyak relasi seperti dengan sesama wirausahawan, konsumen, hingga penanam modal. Jaringan yang luas akan memberikan manfaat bagi diri sendiri bisnismu, Majoopreneurs. Terutama saat kamu ingin mengembangkan usaha atau sedang menghadapi masalah.

    Baca juga: Socialpreneur, Pendekatan Baru dalam Dunia Wirausaha

    6 Faktor Keberhasilan Peluang Usaha

    Setidaknya ada enam faktor keberhasilan peluang usaha agar bisnis yang kamu jalankan bisa berkembang dengan baik. Berikut ini majoo jabarkan untuk kamu.

    • Faktor Manusia

    Faktor utama keberhasilan peluang usaha tentu saja manusia. Dengan modal dasar akal dan pikiran manusia, sebuah usaha dapat berhasil dan maju sesuai dengan tujuannya. Manusia menjadi faktor utama dari keberhasilan suatu usaha. Wirausaha yang cerdik dan lihai dalam menjalankan usahannya pasti memiliki berbagai cara untuk meraih kesuksesannya,.

    • Faktor Organisasi

    Organisasi perusahaan yaitu sekelompok orang yang bekerja pada usaha tersebut. Setiap orang yang terlibat di dalam perusahaan harus bekerja sama sehingga dapat mewujudkan visi dan misi serta tujuan perusahaan tersebut.

    Apabila sebuah perusahaan memiliki struktur organisasi yang jelas, setiap orang memiliki tugasnya masing-masing dan mampu bekerja sama dengan baik. Meskipun kegiatan setiap orang berbeda-beda, tetapi pekerjaan yang dilakukan saling berhubungan.

    • Faktor Perencanaan

    Tanpa rencana, semua impianmu akan berantakan, Majoopreneurs. Perencanaan pada suatu usaha harus matang agar dapat berjalan sesuai dengan tujuannya. Perencanaan yang bagus membantu meraih keberhasilan dan mampu mendorong cara pikir wirausaha untuk jauh ke depan. Perencanaan juga berguna untuk mengkoordinasi, mengawasi, dan merumuskan usaha.

    • Faktor Keuangan

    Keuangan yang tidak stabil atau tidak sebanding dengan usaha yang dirintis akan membuat usaha mengalami kesulitan dalam mencapai keberhasilan. Oleh karena itu, keuangan menjadi salah satu faktor keberhasilan dari sebuah usaha. Wirausaha harus mampu memperkirakan jumlah dana yang dibutuhkan, perhitungan biaya, struktur pembelanjaan, harga yang diinginkan, dan sebagainya.

    • Faktor Pemasaran

    Apa jadinya jika semua faktor di atas sudah diterapkan dengan baik, tetapi tidak memiliki faktor pemasaran yang mendukung? Rasanya percuma jika produk baik barang atau jasa yang kamu tawarkan bagus, berkualitas dan harga terjangkau tetapi kurang dalam pemasarannya. Pasti penjualan tidak bagus atau bahkan akan mengalami penurunan.

    Oleh karena itu, menjadi wirausaha juga harus memikirkan mengenai faktor pemasaran dari usaha yang ditekuni. Sebagai pebisnis, kamu harus belajar mengenai daya serap pasar dan prospeknya, kondisi pemasaran, dan program pemasarannya.

    • Faktor Fasilitas Pemerintah

    Faktor terakhir yang menentukan dalam proses keberhasilan suatu usaha yaitu fasilitas dari pemerintah. Pemerintah berusaha memberikan bantuan terhadap wirausaha agar dapat berhasil dalam menjalankan usahanya. Fasilitas-fasilitas yang diberikan seperti keringanan membayar pajak, kemudahan pendanaan usaha, dan kemudahaan memberi izin usaha.

    Apa Saja Faktor Keberhasilan Usaha?

    Masih lanjut, nih, Majoopreneurs. Di bawah ini majoo akan memberikan beberapa poin faktor penyebab keberhasilan usaha untuk kamu. 

    1. Pengetahuan tentang Kewirausahaan

    Tanpa pengetahuan tentang kewirausahaan, mustahil kamu akan menggapai mimpi membangun usaha yang berkembang, bukan? Kewirausahaan adalah aktivitas dalam mendirikan usaha dan mengkalkulasikan kebutuhan finansial untuk mendapatkan keuntungan. 

    Artinya, kamu harus punya pengetahuan tentang aktivitas-aktivitas bisnis, misalnya menghitung kas, alokasi modal, strategi pemasaran, dan lain-lainnya. Khususnya yang berkaitan dengan bidang bisnis yang sedang dijalani. 

    2. Keterampilan Berwirausaha 

    Setelah ada pengetahuan, faktor keberhasilan wirausaha yang perlu kamu miliki selanjutnya adalah bukti menerapkan pengetahuan tersebut.

    Itulah yang disebut dengan keterampilan berwirausaha. Tanpa keterampilan, mungkin usahamu bakal terasa datar dan bisa berpotensi bangkrut dalam waktu yang singkat. 

    3. Berani Mengambil Tindakan dan Risiko

    Keinginan untuk berwirausaha pasti banyak dimiliki orang, sayangnya hanya sedikit dari mereka yang berani bergerak. Siapa, sih, yang nggak ingin punya bisnis sendiri? Namun jika hanya sebatas konsep tanpa ada tindakan, bisnismu tidak akan pernah ada. 

    Ada tindakan, berarti ada risiko. Selain tindakan, keberanian dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk juga menjadi kunci untuk sukses menjadi pengusaha.

    4. Kreativitas 

    Persaingan di dunia usaha sangatlah berat. Seorang pengusaha harus berhadapan dengan pengusaha lainnya dengan bidang usaha yang sama, bahkan terkadang dengan kualitas produk yang serupa pula. 

    Menjadi beda dan unik sangat berpotensi untuk membuat bisnis tetap berkembang di tengah ketatnya persaingan. Inilah faktor penting yang akan menentukan tingkat keberhasilan sebuah bisnis.

    5. Kemampuan Bekerja Sama dengan Tim 

    Faktor keberhasilan wirausaha tidak bisa ditentukan dari sang pemilik saja, tetapi juga dari seluruh pihak yang terlibat, termasuk karyawan. Sebagai pemimpin, kamu harus memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni dan tentu saja mementingkan kerja sama tim, ya. Sekecil apa pun bisnismu, penting untuk melakukan kerja sama tim. 

    6. Sabar dan Gigih

    Kamu harus sabar menghadapi berbagai masalah yang terjadi. Sabar menghadapi konsumen, sabar menghadapi klien, bahkan sabar menghadapi pemasukan yang terus menurun. 

    Dagangan tidak laku, belum atau bahkan tidak balik modal, diprotes klien, kualitas menurun, pendapatan menurun, dan lain-lain adalah contoh sederet masalah yang akan kamu hadapi sebagai pengusaha. 

    Kamu harus gigih menghadapi masalah tersebut karena semua pengusaha sukses juga pasti pernah memiliki masalah, bahkan lebih parah dari pada itu.

    7. Faktor Koneksi 

    Dalam dunia profesional, koneksi menjadi hal yang penting, bahkan bisa disebut sebagai penentu keberhasilan usaha. Koneksi dengan sesama pengusaha, klien, bahkan sahabat sendiri sangat bermanfaat untuk bisnis. Kamu bisa berpotensi membangun bisnis lebih besar lagi. 

    Kemampuan bekerja sama dalam tim membuatmu berani mengambil tindakan menjadi faktor keberhasilan usaha yang perlu kamu kuasai.

    Kesimpulan

    Patut diingat sekali lagi, bisnis bukanlah sesuatu yang bisa kamu lakukan sendiri. Kamu membutuhkan orang lain untuk bisa maju. Baik itu mitra, karyawan, bahkan kompetitor.

    Menjalankan usaha tidak selalu soal modal uang, karena ada peran penting mental dan sikap dalam menghadapi sesuatu. Oleh karena itu, kalau kamu ingin menjalani usaha sendiri perlu memahami faktor keberhasilan wirausaha yang sudah majoo sebutkan di atas.

    Sudah mulai paham dan tahu apa saja yang kamu butuhkan agar usahamu berhasil? Sekarang mari beralih ke artikel lain di dalam blog majoo agar bisnismu semakin berkilau.

     

    Pertanyaan Terkait

    • Faktor keberhasilan wirausaha antara lain: (1) Pengetahuan tentang Kewirausahaan, (20 Keterampilan Berwirausaha, (3) Berani Mengambil Tindakan dan Risiko, (4) Kreativitas, (5) Kemampuan Bekerja Sama dengan Tim, (6) Sabar dan Gigih, (7) Faktor Koneksi
    • Setidaknya ada enam faktor yang dapat dilihat untuk menilai keberhasilan wirausaha: (1) Faktor Manusia, (2) Faktor Organisasi, (3) Faktor Perencanaan, (4) Faktor Keuangan, (5) Faktor Pemasaran, (6) Faktor Fasilitas Pemerintah.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.