Karakter Wirausaha: Wajib Kamu Ketahui

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Untuk mencapai sebuah kesuksesan kamu harus memahami bagaimana karakter wirausaha yang baik. Hal ini penting karena untuk menuju kesuksesan tidak hanya sekedar mengandalkan modal yang telah dikeluarkan, namun cara kepemimpinan dalam menjalankan bisnis juga penting untuk diperhatikan. Cara kepemimpinan yang baik akan membawa dampak baik bagi perusahaan sehingga kesuksesan akan mudah untuk dicapai.

Apa Itu Karakter Wirausaha?

Karakter wirausaha merupakan hal yang berkaitan dengan ciri khas, tabiat, watak, perilaku, serta tindakan seseorang dalam mewujudkan gagasan yang inovatif guna diterapkan dalam dunia usaha.

Sikap dan tindakan ini umumnya mencakup sebagian besar sikap serta tindakan seorang wirausaha dalam kehidupan sehari-harinya. Karakteristik wirausaha akan dikatakan berhasil jika sikap kesehariannya, seperti komitmen untuk melakukan sesuatu dilakukan dengan sepenuh hati. 

Karakteristik Wirausaha

Karakter wirausaha sangat menentukan kinerja usaha yang dilakukannya. Bisa dikatakan jika seorang wirausaha mempunyai karakter wirausaha yang baik maka akan berdampak positif pula bagi usaha yang dijalaninya, begitupun sebaliknya. 

Para pelaku usaha tidak bisa meremehkan karakter wirausaha karena memiliki faktor penting bagi kesuksesan usaha. Berikut beberapa karakteristik wirausaha yang wajib untuk kamu ketahui:

  1. Mempunyai Jiwa Kepemimpinan


Seorang wirausaha harus mempunyai jiwa kepemimpinan supaya dapat memimpin bawahannya dengan baik

Salah satu karakter yang harus dimiliki oleh wirausaha adalah mempunyai jiwa kepemimpinan. Ini merupakan salah satu karakter yang akan membawa wirausaha menuju kesuksesan. Seorang wirausaha harus bertanggung jawab untuk memimpin karyawan dan seluruh orang yang terlibat dalam perusahaan.


Seseorang bisa dikatakan sukses dalam memimpin jika ia mampu untuk menggerakkan orang untuk mencapai tujuan serta dianggap sebagai panutan oleh bawahan atau pengikutnya. Untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang baik dan teladan, kamu harus mempunyai sikap yang bijaksana, tanggung jawab, keberanian, serta kecerdasan yang dapat diandalkan oleh semua orang.

  1. Berani Mengambil Resiko

Berani mengambil resiko bagi wirausaha bertujuan supaya dapat menghadapi berbagai kemungkinan resiko yang mungkin terjadi dalam bisnis

Karakter wirausaha yang sukses juga harus berani dalam mengambil resiko dalam menjalankan bisnisnya. Hal dikarenakan dalam menjalankan bisnis tentu akan banyak resiko yang mungkin akan muncul, seperti penipuan, kegagalan, kerugian, atau hal-hal buruk yang lainnya. Karena itulah, seorang wirausaha harus mempunyai jiwa yang kuat serta menghadapi semua risiko tersebut dengan tenang. 


Meskipun begitu, seorang wirausaha juga harus mengambil keputusan mengenai risiko tersebut dengan berhati-hati dan tidak gegabah. Biasanya, semakin besar potensi keuntungan yang akan diperoleh, maka akan semakin besar pula risiko yang harus dihadapi. 


Baca Juga: Mengapa PB UMKU adalah Izin yang Penting bagi Bisnis?



  1. Bersikap Optimis

Seorang wirausaha juga harus mempunyai sikap yang selalu optimis supaya dapat menjalankan bisnis dengan baik

Karakter seorang wirausaha yang sukses dan berhasil pasti harus memiliki sikap yang selalu optimis. Seorang wirausaha yang mengelola, mengorganisir, dan menjalankan bisnis kemungkinan dapat mengalami banyak kemunduran seiring berjalannya waktu. Untuk itulah, karakter wirausaha harus selalu memiliki sikap yang optimis supaya dapat melewati masa-masa sulit.


Memiliki sikap yang optimis akan membantu kamu dalam mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi atau yang akan dihadapi saat menjalankan sebuah bisnis. Memiliki sikap yang optimis juga dapat mencegah menurunnya motivasi saat bisnis tengah mengalami penurunan.


  1. Berkeyakinan Tinggi

Wirausaha harus mempunyai karakter yang berkeyakinan tinggi atau rasa percaya diri yang tinggi

Seorang wirausaha juga harus memiliki karakter berkeyakinan tinggi atau mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka kamu akan mudah untuk mewujudkan visi misi bisnis dengan motivasi yang tinggi pula sehingga saat sedang jatuh kamu dapat bangkit kembali dengan mudah.


Rasa percaya diri yang dimiliki harus dibarengi dengan kemampuan dan wawasan yang baik. Jangan sampai kamu hanya mempunya rasa percaya diri yang tinggi tanpa diimbali dengan adanya kemampuan serta wawasan dibaliknya. Jika demikian, maka dipastikan kamu akan menemui kegagalan.

  1. Semangat belajar

Semangat belajar merupakan salah satu ciri-ciri dari wirausaha yang sukses

Karakter wirausaha berikutnya yang harus kamu tahu yaitu mempunyai semangat untuk terus belajar. Dalam memulai bisnis baru pasti harus banyak belajar karena tidak mempunyai orang yang bertugas di setiap departemen karena kurangnya dana. 


Karena alasan itulah, kamu sebagai wirausaha harus mempelajari semua hal yang berkaitan dengan bisnis, mulai dari akuntansi sampai dengan pemasaran dari awal.


untuk itulah seorang wirausaha harus dituntut untuk memiliki karakter yang semangat untuk belajar segala hal-hal baru. Ini merupakan salah satu dari ciri-ciri wirausaha yang maju. 


Dengan mempunyai semangat belajar yang tinggi maka seorang wirausaha akan mempunyai banyak pengetahuan dan ilmu sehingga dapat menjalankan bisnis dengan baik. Kamu harus menjadi orang yang selalu dapat diandalkan orang lain.


Baca Juga: 11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!

  1. Mempunyai Pikiran Yang Positif

Seorang wirausaha harus selalu mempunyai pikiran yang positif sehingga dapat memberikan tindakan dan keputusan yang baik bagi perusahaan

Seorang wirausaha juga harus mempunyai pikiran yang positif. Hal ini karena seorang wirausaha akan dituntut untuk mengambil tindakan serta keputusan yang bersangkutan dengan banyak orang. 


Saat seorang wirausaha mempunyai pikiran yang positif makan dapat menumbuhkan rasa keberanian serta sikap optimis dalam berwirausaha. Hal ini akan membuat kamu terbebas dari rasa takut saat menjalankan bisnis.


Selain itu, karakter wirausaha yang mempunyai pikiran positif juga akan mempengaruhi para pegawai atau pekerja supaya dapat lebih positif dalam pekerjaannya.

  1. Selalu Bersemangat

Dalam menjalan bisnis seorang wirausaha harus mempunyai karakter yang selalu bersemangat

Selalu bersemangat juga merupakan salah satu karakteristik wirausaha. Dalam menjalankan apapun dalam bisnis kamu harus selalu mempunyai sikap yang penuh dengan semangat. Dengan bersemangat, maka kamu akan mudah untuk membangung serta menjalankan bisnis agar dapat mencapai tujuan dan kesuksesan.


Supaya dapat selalu menjalankan bisnis dengan semangat, kamu harus menyukai jenis bisnis yang kamu jalani, jangan hanya fokus pada keuntungan saja. 


Kamu juga dapat memikirkan apa saja hal-hal positif yang menjadi alasan kamu dalam mendirikan usaha tersebut. Dengan demikian, kamu akan selalu memiliki sikap semangat dalam menjalankan bisnis serta melewati semua rintangan yang menghadang.


Selain harus memiliki karakteristik wirausaha, kamu juga wajib untuk menggunakan aplikasi pendukung dalam bisnis untuk dapat memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis. Salah satu aplikasi pendukung bisnis terbaik yang dapat kamu gunakan yaitu aplikasi Owner Majoo. 


Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat dengan mudah untuk mengelola bisnis karena dilengkapi dengan berbagai fitur yang berguna untuk memudahkan kamu untuk mengatur setiap segmen bisnis.


Beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu dashboard penjualan dan dashboard karyawan. Dengan begitu, kamu dapat mengontrol penjualan dan karyawan dari satu aplikasi saja. Selain itu, kamu juga dapat mengirim pengumuman lewat aplikasi ke semua cabang bisnis yang kamu miliki.


Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Owner Majoo. Mudahkan dalam mengelola bisnis dengan hanya menggunakan satu aplikasi saja serta bantu tingkatkan perkembangan bisnis. 

  1. Terbuka Untuk Apa Saja

Salah satu karakter wirausaha adalah terbuka untuk apa saja sehingga dapat mempelajari banyak hal

Karakter wirausaha juga harus terbuka untuk apa saja yang dinilai positif atau baik bagi dirinya dan bisnis. Dunia akan terus berjalan sehingga akan ditemukan banyak perubahan yang dapat mempengaruhi perjalanan bisnis.


Untuk itu, kamu dituntut terbuka untuk apa saja sehingga dapat menghadapi segala prediksi yang mungkin saja terjadi. kamu harus menyiapkan diri untuk semua sesuatu yang akan datang.


Suka atau tidak kamu harus dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi saat menjalani bisnis. Misalnya, zaman sekarang telah banyak yang beralih dari bisnis konvensional ke bisnis online. Karena itulah, jangan sampai kamu ketinggalan zaman yang dapat berdampak pada bisnis kamu.

  1. Mempunyai Kreativitas Tinggi

Mempunyai kreativitas yang tinggi adalah salah satu karakteristik dari wirausaha

Mempunyai kreativitas yang tinggi adalah salah satu ciri-ciri pengusaha yang sukses. Seorang wirausaha harus mempunyai banyak ide dan kreativitas. Dari kreativitas inilah bisa menggiring seorang wirausaha dalam membangun bisnis yang berbeda dari para pesaingnya.


Karakter wirausaha yang mempunyai kreativitas tinggi dapat menemukan ide-ide orisinal yang dapat membedakannya dengan bisnis yang lain. Peluang sukses juga akan menjadi lebih besar karena kreativitas dapat memungkinkan kamu untuk unggul dibandingkan dengan pesaing.


Selain itu, kreativitas juga dapat menuntunmu untuk menemukan cara dalam memecahkan masalah dari berbagai sisi.

  1. Ketahanan dan Keuletan

Wirausaha harus mempunyai sikap ulet dan tahan terhadap berbagai masalah dan rintangan yang dihadapi

Seorang wirausaha juga harus memiliki karakteristik dalam ketahanan dan keuletan. Hal ini dikarenakan bisnis atau usaha yang dijalani belum tentu akan berjalan dengan mulus dan lancar. 


Bisa saja kamu akan mengalami banyak tantangan, rintangan, atau hambatan dalam menjalani bisnis hingga sukses. Untuk itulah, dibutuhkan sebuah ketangguhan disini serta keuletan dalam menghadapi berbagai kesulitan.

  1. Memiliki Rasa Ingin Tahu Yang Besar

Seorang wirausaha yang mempunyai rasa keingintahuan yang besar dapat dengan mudah untuk menemukan solusi dari berbagai masalah

Karakter wirausaha yang baik juga harus memiliki rasa ingin tahu yang besar. Kamu harus dapat menyelidiki bagaimana semua sesuatu bekerja serta bagaimana melihat sesuatu tersebut dari perspektif yang berbeda, kamu akan cenderung menjadi penasaran sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu.


Rasa keingintahuan yang besar akan memungkinkan kamu untuk menemukan berbagai solusi sebagai cara pemecahan masalah dalam bisnis yang kamu jalani, bahkan sebelum hal itu terjadi.

  1. Disiplin dan Jujur

Memiliki sikap yang disiplin dan jujur adalah karakteristik yang wajib untuk dimiliki oleh wirausaha

Ini merupakan salah satu karakter wirausaha yang penting untuk dimiliki karena memiliki dampak bagi bisnis. Seorang wirausaha harus dapat disiplin disetiap waktu sehingga dapat menjadi panutan bagi bawahannya.


Selain itu, seorang wirausaha juga harus selalu jujur dalam setiap tindakan ataupun perbuatan. Kejujuran harus diutamakan jika ingin bisnis yang dijalani dapat berkembang, karena bisnis yang diawali dengan ketidakjujuran maka akan berakhir buruk. 

  1. Mampu Bekerja Sama Dengan Orang Lain

Seorang wirausaha dituntut untuk mampu bekerja sama dengan orang lain, baik itu pihak internal ataupun eksternal

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pasti kamu akan berhubungan dengan banyak orang, baik dari pihak internal maupun dari pihak eksternal. Untuk itu, salah satu karakter wirausaha yang harus dimiliki adalah dapat melakukan kerja sama dengan siapapun.


Kamu harus dapat membangun hubungan yang baik dan sehat sehingga hubungan kerja sama dapat terus bertahan. Saat bekerja sama dengan orang lain hindari sikap yang egois dan keras kepala karena dapat berdampak pada buruk bagi diri sendiri dan orang lain. 

Seorang wirausaha haruslah mempunyai karakter wirausaha yang baik sehingga dapat menjadi panutan bagi banyak orang, terutama bawahannya. Seorang wirausaha dituntut untuk mempunyai semua karakter wirausaha yang baik guna mendukung mencapai visi misi dalam bisnis. Dengan begitu, seorang wirausaha dapat menjadi pemimpin, pemecah masalah, hingga dapat mencapai kesuksesan seperti yang diinginkan. 

Sumber: 

  • https://jubelio.com/2021/pengertian-dan-karakteristik-wirausaha-sukses/

  • https://www.julo.co.id/blog/ciri-ciri-wirausaha

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo