Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Pengertian, Cara dan Contoh Barang Bebas

    Barang bebas yang tidak terbatas bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

    Manusia merupakan makhluk ekonomi yang akan memenuhi kebutuhannya agar dapat mempertahankan hidup. Salah satu media yang bisa menjadi alat pemuas kebutuhan adalah dengan menggunakan barang.

    Apabila dilihat dari cara memperolehnya, barang terbagi menjadi dua jenis, yakni barang bebas, barang illith, dan barang ekonomi. Lalu, apa sih pengertian barang bebas itu? Bagaimana cara memperoleh barang bebas dan apa contoh-contohnya?

    Barang atau jasa bisa dikategorikan sebagai alat pemuas kebutuhan apabila dapat memberikan nilai dan manfaat bagi para penggunanya. Oleh karena itu, penting untuk dapat memahami apa saja yang termasuk ke dalam barang bebas dan bagaimana cara mendapatkan beserta contoh-contohnya.

    Agar lebih mudah mengerti apa yang dimaksud dengan barang bebas, berikut penjelasan yang sudah kami siapkan untuk kamu mengenai pengertian barang bebas, contoh, dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan barang bebas tersebut.

    Definisi Barang Bebas

    Dapat diartikan bahwa pengertian barang bebas adalah barang pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya tidak terbatas serta untuk bisa mendapatkannya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya atau pengorbanan dalam bentuk lain. 

    Barang bebas bisa kamu gunakan sebanyak mungkin tanpa mengurangi persediaannya untuk orang lain. Alam akan selalu memproduksi barang bebas ini tanpa membutuhkan bantuan dari siapapun.

    Selain itu, barang bebas juga tidak membutuhkan sumber daya lain untuk memproduksinya. Dengan kata lain, barang bebas merupakan sebuah pemberian dari alam yang tidak ternilai harganya dan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan setiap umat manusia.

    Baca juga: Apa yang dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi?

    Karakteristik Barang Bebas

    Sebelum kamu mengetahui apa saja contoh dari barang bebas ini, kamu perlu mengerti apa karakteristik dari barang bebas itu sendiri. Adapun ciri dan karakteristik dari barang bebas dapat berupa:

    • Penawaran lebih banyak daripada permintaan.
    • Disediakan oleh alam.
    • Memiliki banyak manfaat.
    • Tidak memiliki nilai ekonomis.
    • Mudah ditemukan.
    • Tidak membutuhkan banyak pengorbanan untuk bisa mendapatkannya.

    Perbedaan Barang Bebas dan Barang Ekonomi

    Ada beberapa perbedaan mencolok antara barang bebas dan barang ekonomi, yaitu:

    Barang Bebas

    Barang Ekonomi

    Bisa didapatkan secara bebas

    Tidak bisa didapatkan secara bebas

    Tidak membutuhkan alat atau sumber daya lain untuk melakukan produksi.

    Membutuhkan sumber daya untuk memproduksinya, misalnya sumber daya manusia, modal, dan juga alat atau mesin.

    Jumlahnya melimpah dan tidak terbatas.

    Jumlahnya terbatas dan bisa habis.

    Tidak membutuhkan pengorbanan dalam proses untuk mendapatkannya.

    Membutuhkan pengorbanan untuk bisa mendapatkan barangnya.


    Baca juga: Mengetahui Tentang Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

    Pasir yang berada di gurun pasir juga termasuk dalam kategori barang bebas.

    Contoh Barang Bebas 

    Setelah kamu memahami apa saja karakteristik dari barang bebas. Kini saatnya kamu mengetahui apa saja contoh barang bebas yang bisa kamu temui dengan mudah, di antaranya:

    • Air

    Contoh barang bebas yang pertama adalah air. Air merupakan barang bebas yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk memenuhi kebutuhan semua orang.

    Misalnya saja air hujan atau air pegunungan yang dapat kamu temukan serta kamu konsumsi dalam jumlah yang tidak terbatas. Selain itu, ada pula air laut yang bisa digunakan secara bebas untuk memenuhi kebutuhan hidup semua orang. 

    Berbeda halnya dengan air yang dialirkan oleh perusahaan PDAM atau air kemasan yang sering kali kita temui di toko terdekat. Kedua jenis air ini tidak termasuk ke dalam barang bebas karena keduanya baru bisa kamu dapatkan setelah kamu mengeluarkan sejumlah uang.

    • Udara

    Kelompok barang bebas selanjutnya adalah udara. Udara termasuk salah satu golongan barang bebas yang bisa digunakan oleh seluruh umat manusia. 

    Umumnya, seorang manusia membutuhkan 11.000-12.000 liter udara untuk mereka hirup dalam sehari. Meskipun kebutuhan oksigen dirasa cukup banyak, kamu tidak perlu khawatir persediaannya akan habis, sebab persediaan oksigen yang ada pada udara memiliki jumlahnya sangat melimpah. 

    Udara adalah campuran berbagai macam gas yang tidak berbau dan tidak berwarna, seperti nitrogen dan oksigen yang memenuhi seluruh permukaan bumi. 

    Ketika bernapas, kamu akan menghirup oksigen yang bersumber dari udara bebas, tanpa harus mengeluarkan biaya untuk bisa mendapatkannya. Hal ini dikarenakan alam telah menyediakan secara cuma-cuma agar bisa dimanfaatkan oleh seluruh umat manusia di muka bumi. 

    Namun, udara yang dimaksud berbeda dengan oksigen medis yang banyak diproduksi. Jenis oksigen yang satu ini telah melalui proses ekonomi berupa pemisahan oksigen dengan zat lain di udara seperti nitrogen dan argon. Oksigen medis ini baru akan kamu dapatkan setelah mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu,

    • Pasir

    Pasir juga termasuk ke dalam golongan barang bebas. Pasir yang dimaksud adalah jenis pasir gurun yang bisa digunakan secara bebas. Pasir yang berada di gurun dapat tersedia dalam jumlah yang tidak terbatas dan tidak memiliki nilai ekonomis.

    Lain halnya dengan pasir yang perlu kamu beli dari toko bangunan yang bisa menjadi sebuah barang langka karena persediaannya menipis. Pasir gurun tidak akan habis dan tidak membutuhkan biaya atau sumber daya ekonomi lain untuk memproduksinya. 

    • Sinar Matahari

    Barang bebas selanjutnya yang bisa kamu nikmati cuma-cuma dan tidak terbatas ketersediaannya adalah sinar matahari. Sinar matahari menjadi barang bebas yang tidak membutuhkan bantuan campur tangan manusia untuk memproduksinya.

    Setiap orang bisa memanfaatkannya secara langsung tanpa harus membayar atau melakukan pengorbanan yang besar untuk menikmatinya secara langsung.

    Kamu bisa memanfaatkan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya dengan mengubahnya menjadi sumber energi listrik tenaga surya. Perubahan energi seperti ini bisa membuat kamu bisa berkontribusi secara langsung untuk mengurangi pemanasan global.

    • Angin

    Terakhir, yang termasuk ke dalam contoh barang bebas adalah angin. Berbeda dengan udara, angin merupakan udara yang bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah dengan tekanan yang lebih rendah. 

    Angin pun termasuk barang bebas dengan jumlah yang tidak terbatas. Kamu bisa memanfaatkan angin secara langsung untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan manfaat bagi umat manusia, seperti:

    • Menggerakkan kincir angin yang dapat diolah untuk menghasilkan sumber energi listrik yang dapat memenuhi kebutuhan listrik di rumah.
    • Menggerakkan kincir yang bisa membantu mendistribusikan air ke saluran irigasi.
    • Menggerakkan layar pada kapal.
    • Sebagai media untuk berolahraga, misalnya paragliding, paralayang, gantole, hingga terjun payung.

    Kegiatan-kegiatan ini sangat bergantung pada keberadaan angin yang ada di sekitar mereka. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik, seluruh kebutuhan umat manusia bisa dipenuhi dengan mudah berkat adanya barang-barang bebas ini.

    Baca juga: Contoh Barang Setengah Jadi dalam Kehidupan Sehari-hari

    Cara Memperoleh Barang Bebas 

    Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa barang bebas merupakan barang yang disediakan oleh alam. Maka dari itu, setiap orang yang akan memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan mereka bisa mendapatkannya secara langsung dan tanpa usaha sedikitpun.

    Barang bebas tidak membutuhkan bantuan sumber daya apapun dalam proses produksinya, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan barang bebas ini. 

    Barang-barang yang tergolong ke dalam kategori barang bebas ini sangat mudah ditemukan. Setiap orang yang ada di muka bumi juga mempunyai hak yang sama untuk dapat memanfaatkan barang bebas ini secara gratis.

    Kesimpulan

    Itu tadi pengertian, karakter, contoh, serta cara memperoleh barang bebas yang bisa digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan seluruh umat manusia. Siapapun memiliki hak yang sama untuk dapat memanfaatkan barang bebas ini menjadi sumber daya yang mereka butuhkan.

    Dengan mudahnya akses serta penggunaan dari barang-barang ini, membuat sebagian besar orang menganggap barang bebas merupakan anugerah dari alam yang tidak ternilai harganya.

    Bahkan, keberadaannya pun tidak perlu dikhawatirkan seperti halnya barang ekonomi yang bisa saja akan mengalami kesulitan dalam proses pengadaannya.

    Namun, dalam menjalankan kehidupan, kamu tidak hanya membutuhkan barang bebas saja, tapi juga barang-barang ekonomi lainnya. Oleh karena itu, muncul uang sebagai alat pembayaran yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupmu.

    Sebagai salah satu media yang bisa memenuhi kebutuhan umat manusia, kamu harus bisa mengelola uang dengan baik agar segala kebutuhan dapat kamu penuhi dangan baik.

    Tidak hanya bagi individu, sebuah organisasi atau perusahaan juga perlu mengelola keuangannya dengan baik. Sebab, jika tidak diatur dengan seksama, organisasi atau perusahaan tersebut berpotensi untuk tidak bisa memenuhi segala kebutuhannya.

    Nah, untung sekarang ada aplikasi POS majoo yang bisa membantu kamu mengatur semua kebutuhan kamu secara online. Majoo merupakan satu aplikasi dengan banyak fungsi yang akan memudahkan kamu mengelola bisnis dengan baik.

    Ada banyak fitur yang bisa kamu andalkan agar bisnis bisa semakin maju, misalnya fitur kasir online, aplikasi CRM, inventori, karyawan, hingga analisa bisnis yang bisa digunakan untuk mengontrol perjalanan bisnismu.

    Bahkan, majoo juga memiliki layanan majoo capital yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pendanaan dengan mudah. Adanya bantuan pendanaan yang baik, semua pemilik bisnis bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah.

    Jadi, tunggu apa lagi? Pakai majoo sekarang, dan nikmati kemudahan dalam pengelolaan keuangan bersama kami!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.