Contoh Faktur Pajak: Panduan Praktis dan Penjelasan Lengkap

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Faktur pajak adalah dokumen yang berisi detail transaksi dan informasi pajak yang harus dibayarkan oleh pembeli

Faktur pajak adalah dokumen yang berisi detail transaksi dan informasi pajak yang harus dibayarkan oleh pembeli. Faktur pajak biasanya diterbitkan oleh penjual atau pemberi jasa setelah transaksi selesai. Dokumen ini berfungsi sebagai bukti pajak yang sah di mata hukum.

Mengapa Faktur Pajak Itu Penting?

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa faktur pajak itu penting? Apakah faktur pajak hanya sekadar dokumen biasa yang mengikat antara penjual dan pembeli? Jawabannya tentu lebih dari itu. Berikut ini alasan-alasan yang menjelaskan pentingnya faktur pajak:

Bukti Transaksi yang Sah

Pertama, faktur pajak berfungsi sebagai bukti transaksi yang sah di mata hukum. Dokumen ini memuat detail transaksi yang telah terjadi antara penjual dan pembeli, termasuk barang atau jasa yang dibeli, jumlah yang harus dibayarkan, dan jumlah pajak yang ditagih. Dengan adanya faktur pajak, kamu memiliki bukti hitam di atas putih bahwa sebuah transaksi telah terjadi dan hal ini bisa melindungi kamu jika ada perselisihan di kemudian hari.

Dokumen Penting dalam Perhitungan Pajak

Kedua, faktur pajak berperan penting dalam perhitungan pajak. Bagi penjual, faktur pajak membantu dalam melacak penjualan dan menghitung pendapatan, yang nantinya akan digunakan dalam perhitungan pajak. Bagi pembeli, faktur pajak berfungsi sebagai bukti pembayaran pajak atas barang atau jasa yang dibeli. Jadi, faktur pajak membantu kamu untuk memenuhi kewajiban pajakmu.

Membantu dalam Audit dan Pengawasan

Ketiga, faktur pajak penting dalam proses audit dan pengawasan. Organisasi perpajakan sering melakukan audit untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi peraturan pajak. Dalam proses ini, faktur pajak akan digunakan sebagai bukti transaksi dan pembayaran pajak. Jadi, jika kamu memiliki faktur pajak, kamu akan lebih mudah dalam menjalani proses audit dan pengawasan.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Keempat, faktur pajak dapat meningkatkan kredibilitas bisnis. Dengan menerbitkan faktur pajak, bisnis menunjukkan bahwa mereka menjalankan operasionalnya dengan cara yang legal dan transparan. Hal ini tentu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis, yang pada akhirnya dapat membantu bisnis untuk tumbuh dan berkembang.


Jadi, itulah beberapa alasan mengapa faktur pajak itu penting. Semoga penjelasan ini bisa membuat kamu lebih paham tentang pentingnya faktur pajak dalam dunia bisnis dan perpajakan.

Langkah-langkah Membuat Faktur Pajak?

Membuat faktur pajak mungkin terdengar menakutkan, tetapi sebenarnya cukup mudah jika kamu tahu langkah-langkahnya. Berikut ini panduan lengkap yang bisa membantu kamu untuk membuat faktur pajak dengan benar:

Menyiapkan Informasi yang Dibutuhkan

Sebelum kamu mulai membuat faktur pajak, ada beberapa informasi penting yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Informasi ini termasuk nama dan alamat penjual dan pembeli, deskripsi barang atau jasa yang dijual, jumlah total pembayaran, dan jumlah pajak yang ditagihkan. Informasi ini penting untuk memastikan bahwa faktur pajak yang kamu buat akurat dan sesuai dengan transaksi yang telah terjadi.

Membuat Format Faktur Pajak

Setelah kamu memiliki semua informasi yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah membuat format faktur pajak. Kamu bisa membuat format ini menggunakan program komputer seperti Microsoft Word atau Excel. Format faktur pajak biasanya meliputi ruang untuk menulis informasi penjual dan pembeli, deskripsi barang atau jasa, jumlah pembayaran, dan jumlah pajak.

Mengisi Faktur Pajak

Dengan format faktur pajak yang sudah dibuat, sekarang kamu bisa mulai mengisi faktur pajak. Mulai dengan menulis informasi penjual dan pembeli, lalu tuliskan deskripsi barang atau jasa yang dijual. Setelah itu, tuliskan jumlah pembayaran dan jumlah pajak.

Mencetak dan Mengirimkan Faktur Pajak

Setelah faktur pajak selesai diisi, langkah terakhir adalah mencetak dan mengirimkannya ke pembeli. Kamu bisa mencetak faktur pajak menggunakan printer, lalu mengirimkannya melalui pos atau secara elektronik melalui email. Jangan lupa untuk menyimpan salinan faktur pajak untuk catatan pribadi kamu dan sebagai bukti transaksi.


Sekarang kamu sudah tahu langkah-langkah dalam membuat faktur pajak. Dengan praktik dan konsistensi, kamu akan menjadi lebih mahir dan efisien dalam membuat faktur pajak.

Contoh-contoh Faktur Pajak

Pemahaman tentang faktur pajak akan semakin lengkap jika kamu juga mengetahui contoh-contoh faktur pajak

Pemahaman tentang faktur pajak akan semakin lengkap jika kamu juga mengetahui contoh-contoh faktur pajak. Masing-masing tipe faktur pajak memiliki karakteristiknya sendiri. Berikut ini adalah beberapa contoh faktur pajak yang umum dijumpai:

Faktur Pajak Standar

Faktur pajak standar adalah contoh faktur pajak yang paling umum. Biasanya, faktur pajak standar ini berisi informasi detail tentang penjual dan pembeli, deskripsi produk atau jasa yang dijual, jumlah total pembayaran, dan jumlah pajak yang harus dibayar. Faktur pajak standar biasanya digunakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah.

Faktur Pajak Elektronik

Di era digital ini, faktur pajak elektronik menjadi semakin populer. Seperti namanya, faktur pajak elektronik adalah faktur pajak yang diterbitkan dan dikirimkan secara elektronik. Faktur pajak elektronik memiliki format yang sama dengan faktur pajak standar, namun pengiriman dan penyimpanannya lebih praktis karena dilakukan secara digital.

Faktur Pajak Gabungan

Faktur pajak gabungan adalah faktur pajak yang mencakup beberapa transaksi sekaligus dalam satu periode waktu. Faktur pajak ini biasanya digunakan oleh bisnis yang memiliki volume transaksi yang tinggi. Dengan menggunakan faktur pajak gabungan, penjual bisa menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu menerbitkan faktur pajak untuk setiap transaksi yang terjadi.

Faktur Pajak Kredit

Faktur pajak kredit biasanya digunakan saat pembeli melakukan pembayaran dengan cara kredit atau cicilan. Faktur pajak ini akan mencantumkan jumlah yang harus dibayar oleh pembeli dalam jangka waktu tertentu.


Masing-masing contoh faktur pajak di atas memiliki kegunaan dan fungsi sendiri. Pemahaman tentang berbagai tipe faktur pajak akan membantu kamu dalam memilih jenis faktur pajak yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu

Jenis Faktur Pajak Berdasarkan Mekanisme Pembuatan

Faktur Pajak Pengeluaran

Jenis faktur pajak ini dikeluarkan oleh Penjual Kena Pajak (PKP) saat bertransaksi penjualan Barang Kena Pajak/Jasa Kena Pajak.

Faktur Pajak Masukan

Faktur ini diterima oleh PKP saat bertransaksi pembelian Barang Kena Pajak/Jasa Kena Pajak dari PKP lain.

Faktur Pajak Pengganti

Faktur jenis ini digunakan sebagai pengganti faktur pajak sebelumnya yang memiliki data yang salah.

Faktur Pajak Gabungan

Faktur jenis ini diterbitkan oleh PKP yang mencakup semua penjualan dalam satu bulan kepada pembeli Barang Kena Pajak/Jasa Kena Pajak.

Faktur Pajak Digunggung

Faktur ini diterbitkan tanpa identitas penjual dan pembeli, biasanya oleh pengusaha ritel.

Faktur Pajak Cacat

Faktur jenis ini mengandung kesalahan dalam proses pembuatan, termasuk kesalahan data atau kesalahan pengisian kode dan nomor seri.

Faktur Pajak Batal

Faktur ini dikeluarkan saat terjadi pembatalan transaksi yang melibatkan penjual dan pembeli.


Itulah beberapa jenis faktur pajak yang harus kamu ketahui. Semua faktur pajak tersebut memiliki kegunaan dan peran masing-masing dalam proses transaksi bisnis.

Faktur Pajak Perusahaan

Bisnis atau perusahaan memiliki kewajiban untuk menerbitkan faktur pajak setiap melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Faktur pajak perusahaan ini memiliki peran penting dalam pelaporan pajak dan administrasi bisnis. Yuk, kita pelajari lebih lanjut tentang faktur pajak perusahaan.

Apa Itu Faktur Pajak Perusahaan?

Faktur pajak perusahaan adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh perusahaan atau bisnis sebagai bukti penjualan barang atau jasa. Faktur pajak ini mencakup detail transaksi, seperti informasi penjual dan pembeli, deskripsi barang atau jasa yang dijual, jumlah total pembayaran, dan jumlah pajak yang dibebankan. Selain itu, faktur pajak juga mencakup informasi penting lainnya, seperti tanggal transaksi dan syarat pembayaran.

Mengapa Faktur Pajak Perusahaan Penting?

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa faktur pajak perusahaan itu penting? Faktur pajak bukan sekadar kertas biasa, melainkan merupakan instrumen vital dalam operasional sebuah perusahaan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa faktur pajak perusahaan begitu penting:

Bukti Transaksi yang Sah

Faktur pajak perusahaan berfungsi sebagai bukti transaksi yang sah antara dua pihak, yakni penjual dan pembeli. Faktur pajak memuat informasi penting seperti nama dan alamat penjual dan pembeli, detail produk atau jasa yang dijual, dan jumlah pembayaran. Dengan adanya faktur pajak, kamu dapat membuktikan bahwa transaksi telah terjadi dan dilakukan secara sah.

Alat untuk Pelaporan Pajak

Faktur pajak perusahaan merupakan salah satu dokumen penting dalam pelaporan pajak. Faktur pajak berisi informasi tentang jumlah pendapatan dan jumlah pajak yang telah dikenakan. Dengan menggunakan faktur pajak, perusahaan dapat melaporkan pendapatan dan pajak dengan akurat kepada otoritas pajak.

Kontrol Keuangan

Faktur pajak juga bisa digunakan sebagai alat untuk mengontrol dan mengawasi keuangan perusahaan. Dengan meninjau faktur pajak, kamu dapat melacak pendapatan dan pengeluaran, menentukan profit dan loss, dan membuat proyeksi keuangan yang akurat untuk masa depan.

Kamu bingung mengatur keuangan bisnis? Cobalah Aplikasi Akuntansi dari Majoo! Aplikasi ini akan membantu kamu mengatur aliran kas, mencatat pendapatan dan pengeluaran, hingga membuat laporan keuangan dengan mudah dan cepat. Tinggalkan cara lama dan beralihlah ke Aplikasi Akuntansi Majoo, solusi cerdas untuk kelola keuangan bisnismu!

Memenuhi Kewajiban Hukum

Di banyak negara, termasuk Indonesia, perusahaan diwajibkan oleh hukum untuk menerbitkan dan menyimpan faktur pajak untuk setiap transaksi penjualan barang atau jasa. Oleh karena itu, faktur pajak perusahaan penting untuk memenuhi kewajiban hukum dan menghindari sanksi atau denda.


Sekarang kamu sudah tahu mengapa faktur pajak perusahaan itu penting. Dengan memahami dan menghargai pentingnya faktur pajak, kamu dapat menjalankan bisnis dengan lebih efisien dan efektif. Selalu pastikan untuk menerbitkan dan menyimpan faktur pajak untuk setiap transaksi yang kamu lakukan!

Bagaimana Cara Membuat Faktur Pajak Perusahaan?

Membuat faktur pajak perusahaan sama seperti membuat faktur pajak pada umumnya. Kamu akan membutuhkan beberapa informasi penting, seperti detail penjual dan pembeli, deskripsi barang atau jasa, dan jumlah pembayaran dan pajak. Setelah informasi ini tersedia, kamu bisa membuat format faktur pajak dan mulai mengisinya. Setelah selesai, faktur pajak siap untuk dicetak dan dikirimkan ke pembeli.

 Contoh Faktur Pajak Perusahaan

Sebagai contoh, perusahaan XYZ menerbitkan faktur pajak untuk penjualan 100 unit barang A ke perusahaan ABC. Faktur pajak mencakup nama dan alamat XYZ dan ABC, deskripsi barang A, jumlah total pembayaran, dan jumlah pajak yang dibebankan. Faktur pajak ini kemudian dikirimkan ke ABC sebagai bukti transaksi dan untuk tujuan pembayaran.


Faktur pajak perusahaan memang penting dan tidak bisa diabaikan. Dengan pemahaman yang baik tentang faktur pajak perusahaan, kamu bisa menjalankan administrasi bisnis dengan lebih baik dan memenuhi kewajiban pajak dengan benar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu!


Sumber Data:

https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-6247523/faktur-pajak-pengertian-fungsi-jenis-dan-cara-membuat

https://www.online-pajak.com/tentang-ppn-efaktur/contoh-faktur-pajak

https://klikpajak.id/blog/contoh-faktur-pajak/


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo