Bagi kamu yang pusing memikirkan marketing atau pemasaran untuk bisnismu, contoh iklan produk simple sebenarnya bisa menjadi sumber inspirasi yang menarik, lho! Bukan sekadar asal-asalan membuat iklan produk, kok, karena ternyata banyak pula yang menggunakan model iklan ini untuk membesarkan nama mereknya, terus merek-merek yang sudah besar dan dikenal!
Iklan produk yang simpel atau sederhana, kerap disebut pula sebagai tagline, memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat produkmu diingat serta menjadi top of mind di kepala pelanggan. Namun, sebenarnya bagaimana, sih, cara kerja iklan produk yang sederhana ini hingga bisa menjadi modal pemasaran yang tepat sasaran?
Daripada bertanya-tanya, langsung saja kita bahas bersama-sama, yuk! Mulai dari insporasi contoh iklan produk simple itu sendiri, ciri-ciri yang biasanya melekat, contoh-contoh iklan produk besar yang dibuat sederhana, dan bagaimana model iklan sederhana tersebut disenangi.
Yuk, langsung saja kita bahas dengan lebih mendalam bersama-sama!
Mencari Inspirasi Contoh Iklan Produk Simple
Penggunaan tagline atau iklan produk yang tergolong sederhana, biasanya tak lebih dari satu kalimat berisi tiga hingga enam kata, sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru di dunia bisnis.
Mulai dari bisnis berskala kecil hingga bisnis-bisnis besar yang sudah memiliki nama dan mendapat tempat di hati pelanggan umumnya memiliki tagline yang membuat produk-produk komoditas bisnisnya menjadi lebih diingat.
Awalnya, tagline yang singkat ini digunakan karena keterbatasan tempat untuk beriklan. Seperti yang kita tahu, beriklan di media-media konvensional seperti koran, radio, atau televisi bukanlah sesuatu yang murah dan bisa dengan mudah dilakukan. Durasi atau tempat yang disediakan umumnya akan sangat terbatas. Semakin panjang durasi atau semakin besar tempat beriklan yang digunakan, biayanya pun akan semakin besar.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tagline atau iklan produk yang singkat dan sederhana pun digunakan. Cara ini tentunya bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi kamu yang ingin memasarkan bisnismu secara tepat. Sekalipun zaman telah berkembang dan sudah banyak platform digital yang bisa digunakan untuk beriklan dengan harga yang terjangkau, tagline atau iklan produk simpel masih dirasa cukup tepat untuk kegiatan pemasaran, lho!
Apa Saja Ciri-Ciri Iklan Produk Simpel?
Sebelum terburu-buru mencari inspirasi, ada baiknya kamu mencoba mengenali terlebih dahulu ciri-ciri iklan produk simpel. Tentu saja, kalimat singkat merupakan ciri utama dari jenis iklan produk yang satu ini. Umumnya, tagline tak lebih dari satu kalimat, dengan panjang kalimat hanya sekitar tiga hingga enam kata saja.
Beberapa iklan produk simple mungkin memiliki jumlah kata yang lebih banyak atau lebih sedikit di dalamnya. Bahkan, ada pula produk yang hanya memiliki satu atau dua kata saja sebagai tagline. Namun, tagline semacam ini cukup sulit untuk dioptimalkan, terlebih bagi bisnis yang memang masih belum begitu besar dan dikenal.
Ciri-ciri iklan produk simpel yang mudah dikenali juga bisa dilihat dari kualitas produk yang ingin dipasarkan itu sendiri dan umumnya berupa kata sifat. Tak jarang, kualitas utama dari produk yang dipasarkan tersebut diberi penekanan-penekanan tertentu, sehingga membuatnya lebih mudah diingat oleh pelanggan.
Apabila produk tersebut bermain di bidang dengan banyak kompetitor, misalnya makanan, tagline akan dibubuhi dengan kualitas lebih yang bisa menjadi nilai tambah. Sebagai contoh, Mie Sedap, salah satu merek mie instan favorit yang banyak disukai, tak hanya menggunakan kata ‘enak’ dalam tagline yang dimilikinya, tetapi juga menambahkan kata ‘murah’ sebagai nilai tambah jika dibandingkan dengan kompetitornya yang lain.
Kenapa Iklan Produk Simple Disenangi?
Menyadari banyaknya produk yang menggunakan tagline atau iklan produk yang ringkas dan sederhana, tentu kamu bertanya-tanya, kan, kenapa iklan produk simple disenangi?
Jawabannya sebenarnya cukup sederhana, lho! Selain tidak membutuhkan banyak ruang ketika iklan tersebut ingin ditayangkan di media-media konvensional, kesederhanaan tagline atau iklan produk ini juga membuatnya mudah diingat oleh pelanggan.
Semakin menarik serta ringkas suatu iklan produk, pelanggan pun akan semakin mudah untuk mengingatnya sebagai top of mind. Artinya, ketika suatu kualitas atau karakter disebutkan, nama produk tersebut akan lebih mudah melintas di kepala pelanggan. Tentunya cara beriklan semacam ini cukup efektif sebagai sebuah kegiatan pemasaran, kan?
Selain itu, iklan produk yang simple ini juga disukai karena mampu secara jelas dan cepat menggambarkan kualitas produk yang akan dipasarkan. Apabila kamu berhasil mengasosiasikan produk yang kamu miliki dengan kualitas tertentu, produk tersebut pun akan lebih mudah menjadi unggulan serta pilihan pelanggan.
Sebagai contoh, kita bisa meniru iklan produk shampo Rejoice yang secara jelas menyatakan ‘Rambut sehat, bebas ketombe!’, sehingga ketika ada pelanggan yang ingin memiliki rambut sehat serta bebas dari ketombe, tentu merek shampo ini yang akan pertama kali melintas di kepala untuk dibeli, kan?
Perlukah Kita Membuat Iklan Produk yang Simple?
Setelah mengetahui kenapa iklan produk simple disenangi, mungkin kamu langsung terpikir untuk membuatkan produkmu sebuah tagline atau iklan produk yang simple pula, kan? Namun, apakah sebenarnya kita perlu membuat iklan produk yang sederhana ini?
Jawabannya tentu saja tidak harus, terlebih jika iklan produk tersebut dibuat asal-asalan atau asal ada saja. Pasalnya, untuk dapat menarik perhatian pelanggan dengan kalimat-kalimat yang ringkas dan sederhana sebenarnya bukan sesuatu yang mudah, lho!
Iklan produk yang simple atau tagline ini tidak bisa dibuat secara asal, tetapi harus benar-benar menunjukkan kualitas produk yang ingin dipasarkan, serta harus bisa menarik perhatian pelanggan pula. Dalam praktiknya, tujuan ini cukup sulit untuk dicapai, sehingga tak semua pelaku usaha lantas membuatkan tagline untuk produk yang menjadi komoditas bisnisnya.
Pun demikian, apabila kamu memang merasa mampu untuk mengemas kualitas serta nilai-nilai unggulan produkmu secara singkat, tagline atau iklan produk yang simpel ini bisa menjadi pilihan yang tepat dalam memasarkan bisnismu. Buatlah iklan produk yang tak hanya unik dalam menggambarkan kualitas produkmu, tetapi juga menggelitik minat pelanggan untuk mencari tahu bisnismu lebih lanjut.
Cobalah untuk bermain rima dalam memadumadankan setiap kata untuk menemukan iklan produk yang tepat bagi bisnismu. Jika masih bingung, coba perhatikan 15 contoh produk iklan simpel berikut!
15 Contoh Produk Iklan Simpel
Sampo Cap Lang. Rambut sehat, wangi selalu!
Laksa Betawi. Makanan khas Betawi yang Lezat!
Susu Bendera. Kuatkan tulang, sehatkan badan!
Gula Pasir Gulaku. Manisnya hidup Anda!
Minyak Goreng Fortune. Masak lebih nikmat!
Kopi Kapal Api. Kopi Asli Indonesia!
Roti Sari Roti. Roti enak, roti sehat!
Shampo Pantene. Rambut indah, percaya diri!
Teh Botol Sosro. Teh asli Indonesia!
Mie Sedap. Mie enak, mie murah!
Sampho Rejoice. Rambut sehat, bebas ketombe!
Kecap Manis ABC. Manisnya makanan Anda!
Susu Indomilk. Susu sehat anak pintar!
Sabun Bayi Gentle Care. Sabun bayi yang lembut!
Pasta Gigi FreshCare. Pasta gigi yang menyegarkan!
Jika diperhatikan, 15 contoh produk iklan simpel di atas tidak mencantumkan klaim yang terlalu muluk, tetapi tetap menjelaskan apa manfaat yang akan diperoleh oleh pelanggan saat menggunakan produk-produk di atas.
Menggunakan jargon yang ringkas dan jelas semacam ini akan sangat membantu untuk memperkenalkan produkmu kepada pelanggan. Nah, selain mencari inspirasi marketing dari contoh iklan produk simple di atas, kamu juga bisa memaksimalkan pengelolaan operasional bisnis harianmu dengan aplikasi majoo.
Yuk, langsung saja berlangganan seluruh manfaat dan layanan dari aplikasi majoo!
Sumber: -