Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Contoh Surat Cuti dan Pengajuannya

    Kebijakan cuti diatur di dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

    Apabila kamu seorang karyawan di suatu perusahaan atau instansi pastinya kamu memiliki jatah cuti kerja. Di Indonesia, perihal cuti kerja ini sudah ada di dalam Undang-Undang, lho! Cuti kerja ini diatur di dalam UU No.13 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan.

    So, kamu sebagai karyawan tak perlu khawatir lagi! Setiap karyawan tentu memiliki hak untuk mengajukan cuti jika berhalangan hadir ke tempat kerja. Meskipun, dalam praktiknya mengajukan cuti bukanlah hal yang mudah. Terdapat beberapa ketentuan dan prosedur yang harus diikuti jika kamu ingin mengajukan cuti kerja.

    Untuk mengajukan cuti, di beberapa perusahaan mengharuskan karyawannya untuk membuat surat cuti. Untuk setiap alasan cuti kerja, kamu perlu menyiapkan surat izin cuti yang berbeda pula. Namun, secara keseluruhan, format dan struktur suratnya sama. Hanya saja, isi surat izin cuti perlu kamu sesuaikan.

    Berikut ini terdapat contoh surat cuti serta cara mengajukannya. Contoh surat cuti ini bisa dijadikan referensi ketika kamu mengajukan cuti.

    Apa Itu Surat Izin Cuti?

    Surat cuti adalah surat yang dibuat seorang karyawan sebagai bentuk permohonan izin ke atasan agar dapat diberikan izin tidak masuk kerja, sehingga memberikan kesan baik bagi seorang karyawan terhadap perusahaan.

    Format penulisan surat cuti ini tentunya harus kamu perhatikan agar lebih mudah dimengerti maksud dan tujuan surat tersebut oleh atasan atau tim HR (Human Resources).

     Pengajuan cuti kerja perlu mematuhi prosedur yang berlaku.

    Jenis Cuti Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan

    Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan, cuti terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

    1. Cuti Bersama

    Setiap karyawan berhak mendapatkan cuti kerja karena perihal cuti ini sudah diatur oleh pemerintah di dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan. Merujuk pada Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi nomor SE.302/MEN/SJ-HK/XII/2010 Tahun 2010 yang membahas pelaksanaan cuti bersama di sektor swasta. Cuti bersama diadakan untuk merayakan hari-hari besar seperti Lebaran dan Natal. Cuti ini diperuntukan khusus untuk karyawan swasta tanpa dilakukan pemotongan dan pengurangan gaji.

    2. Cuti Tahunan

    Seorang karyawan pada suatu perusahaan atau instansi yang sudah bekerja selama satu tahun berhak mendapat hari libur paling sedikit selama 12 hari. Hal ini seperti yang tertuang dalam pasal 79 ayat 2 dalam UU No.13 Tahun 2013 tentang ketenagakerjaan. Dalam pasal ini terdapat beberapa ketentuan yang dapat dibicarakan kembali dengan karyawan yang bersangkutan.

    3. Cuti Melahirkan

    Di Indonesia, cuti melahirkan diatur dalam pasal 82. Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa  karyawan perempuan yang sedang hamil memiliki hak cuti selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan setelah melahirkan. Dalam pasal ini diterangkan bahwa cuti ini tidak ada pemotongan atau pengurangan gaji karyawan yang bersangkutan.

    4. Cuti Penting

    Cuti dengan alasan penting dapat dimanfaatkan ketika terjadi hal penting, seperti menikah, keluarga meninggal, menikahkan anak, dan lain sebagainya. Cuti penting ini dijelaskan pada pasal 93 ayat 4 dan 2.

    5. Cuti Sakit

    Karyawan yang sakit tentunya juga memiliki cuti sakit dengan melampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Bagi karyawan perempuan pun bisa mendapatkan cuti sakit saat masa menstruasi pada hari pertama dan kedua. Perihal ini seperti tertuang dalam pasal 81 dan 93 ayat 2 , walaupun masih ada beberapa perusahaan yang belum menerapkan ini.

    Baca Juga: Pekerja Wajib Tahu: Panduan Hak Cuti Karyawan

    Hal-Hal yang Perlu Ditulis dalam Surat Cuti Kerja

    Setiap surat cuti kerja yang ingin karyawan ajukan bisa saja memiliki isi dan penjelasan yang berbeda. Namun, terdapat beberapa poin penting yang perlu ditulis dalam surat cuti kerja. Beberapa poin tersebut, antara lain:

    • Ungkapan permohonan cuti kerja.
    • Tanggal rencana cuti kerja.
    • Tanggal akan kembali bekerja.
    • Tawaran untuk memberikan bantuan sebelum mulai cuti.
    • Ungkapan terima kasih karena telah mempertimbangkan permintaan cuti yang sudah diajukan.

    Baca Juga: Apa itu CV? Inilah Contoh CV yang Menarik HRD

    Cara Mengajukan Surat Cuti Kerja

    Ketika kamu akan mengajukan cuti kerja, kamu harus mengikuti prosedur yang berlaku dalam perusahaan tempatmu bekerja. Hal ini karena setiap perusahaan atau instansi memiliki prosedur pengajuan cuti yang berbeda-beda. Berikut ini cara mengajukan surat cuti kerja, antara lain:

    1. Mengikuti Aturan Perusahaan

    Sebelum kamu mengambil cuti, sebaiknya pelajarilah terlebih dahulu prosedur pengambilan cuti yang berlaku di perusahaan tempatmu bekerja. Apabila kamu seorang karyawan baru, tanyakan kepada tim HR atau atasanmu tentang ketersediaan cuti  berbayar di dalam perusahaan. Jika     perusahaan memiliki cuti berbayar untuk karyawan baru, ketahuilah prosedurnya dan cara mengajukan cutinya.

    2. Ketahui Hakmu Sebelum Mengambil Cuti

    Sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu tentang hak yang kamu dapat ketika kamu mengambil cuti kerja. Cara ini dilakukan agar kamu tahu batasan di saat kamu cuti kerja dan tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan perusahaan.

    3. Beritahu Alasan Cuti kepada Atasan di Awal

    Sebelum kamu mengajukan cuti, sebaiknya beritahu alasan kamu cuti kepada atasanmu  sebelum tanggal cuti tiba. Cara ini dilakukan agar surat cuti yang kamu ajukan dapat dinilai dengan baik oleh atasan.

    Untuk cuti kerja yang memerlukan waktu lama seperti cuti melahirkan, sebaiknya kamu memberitahu atasanmu lebih awal. Cuti melahirkan di Indonesia selama 3 bulan, sehingga atasanmu perlu mempersiapkan orang lain untuk delegasi pekerjaan yang kamu kerjakan ke orang lain.

    4. Jelaskan Alasan Cuti dengan Jujur

    Ceritakan alasan cutimu dengan juru, bukan berarti kamu harus menjelaskan secara rinci. Jelaskan alasan cutimu secara jujur dan terbuka, hal ini untuk mengurangi kemungkinan kamu bermasalah dengan perusahaan. Misalnya, kamu mengambil cuti sakit, tentunya perusahaan tidak akan memaksamu untuk bekerja.

    5. Tentukan Tanggal Cuti Secara Spesifik

    Ketika kamu ingin mengajukan cuti, tentukan tanggal cuti secara rinci dalam surat cuti yang kamu ajukan.

    6. Menyelesaikan Pekerjaan Terlebih Dahulu Sebelum Cuti Dimulai

    Menyelesaikan semua pekerjaan yang sudah menjadi tugasmu adalah suatu keharusan. Hal penting dilakukan karena akan berkaitan dengan reputasimu di mata rekan kerjamu.

    7. Mengatur Jadwal Bertemu Atasan

    Sebelum mengajukan surat izin cuti lebih baik aturlah jadwal untuk bertemu dengan atasan. Sebaiknya kamu bertemu dengan atasan ketika atasan tidak sedang banyak pekerjaan dan stress. Memang sepele, tapi berdampak besar pada pengajuan surat cutimu, lho! Jadi, pastikan kamu memilih waktu yang tepat, ya.

    Baca Juga: 18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru

    Contoh Surat Cuti

    Membuat surat cuti kerja menjadi hal penting sebelum kamu mendapatkan izin dari atasanmu. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara membuat surat cuti yang baik dan benar. Berikut ini contoh surat cuti yang bisa kamu jadikan referensi.

    1. Contoh Surat Cuti Melahirkan

     

     

    Jakarta, 19 Mei 2022

     

    Hal : Surat Permohonan Cuti Kerja

    Lampiran : 1

     

    Kepada

    Bapak/Ibu Pimpinan PT Maju Bareng

    di Tempat

     

    Dengan hormat,

    Yang bertandatangan di bawah ini:

     

    Nama : Dian

    Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta/17 Juni 1990

    Jabatan : Manager Finance

     

    Dengan surat ini saya mengajukan cuti melahirkan, selama 3 bulan, terhitung mulai dari tanggal 10 Juni sampai 10 September 2020.

     

    Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, untuk menjadi pertimbangan bagi Bapak/Ibu pimpinan.

     

    Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

     

    Hormat Saya,

     

    Dian



    2. Contoh Surat Cuti Menikah

     

     

    Jakarta, 19 Mei 2022

     

    Kepada

    Kepala HRD PT Maju Bareng

    di Tempat

     

    Dengan hormat,

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

     

    Nama: Pramudya Pragiswara

    NIK: 132435460001

    Jabatan: Staff Keuangan

    Divisi:  Finance

     

    Dengan surat ini saya ingin mengajukan cuti untuk mempersiapkan pernikahan saya terhitung tanggal 6 Juni 2022 hingga 8 Juni 2022.

     

    Saya telah mendiskusikan situasi saya dengan Dian selaku Manager Finance dan akan mengalihkan tugas saya selama berhalangan hadir kepada Pradipta untuk memastikan keberlangsungan program kerja.

     

    Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, untuk menjadi pertimbangan bagi Bapak/Ibu HRD.

     

    Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

     

    Dengan hormat,

     

    Pramudya Pragiswara


    3. Contoh Surat Cuti Tahunan

     

     

    Jakarta, 19 Mei 2022

     

    Hal : Surat Izin Cuti Kerja

    Lampiran : 1 halaman

     

    Kepada

    Direktur PT Maju Bareng

    di Tempat

     

    Dengan hormat,

    Saya yang bertandatangan di bawah ini:

     

    Nama : Ruth Frisalia Ernanda

    Alamat : Jalan Rajawali No.47, Jakarta

    No. Hp : 088775953171

    Jabatan : Admin

     

    Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengambil cuti tahunan saya selama 7 hari dengan alasan cuti berlibur bersama keluarga di Bali. Saya mengajukan permohonan cuti ini terhitung mulai dari tanggal 6 Juni 2022 sampai tanggal 14 Juni 2022 (Sabtu dan Minggu tidak masuk dalam hitungan cuti).

     

    Demikian surat permohonan cuti tahunan ini saya ajukan. Atas perhatian dan izinnya, saya ucapkan banyak terima kasih.

     

    Hormat saya,

     

    Ruth Frisalia Ernanda

    4. Contoh Surat Cuti Sakit

     

     

    Jakarta, 19 Mei 2022

     

    Kepada

    Pimpinan PT Maju Bareng

    di Tempat

     

    Dengan hormat,

    Yang bertandatangan dibawah ini :

     

    Nama :  Devan Firman Alamsyah

    Alamat : Jalan Kelapa Sawit No.21, Jakarta

    Jabatan : Akuntan

     

    Dengan ini, saya ingin mengajukan permohonan cuti sakit selama 4 hari karena saya menderita sakit lambung sesuai dengan keterangan dokter yang terlampir. Selama saya cuti sakit, pekerjaan saya akan diserahkan kepada rekan kerja saya, Berlina.

     

    Demikian surat permohonan ini saya buat sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan.

     

    Hormat saya,

     

    Devan Firmansyah

    Kesimpulan

    Apabila kamu sudah berencana untuk berlibur atau memiliki acara, hendaklah melakukan pengajuan surat cuti lebih awal.

    Apa pun jenis cuti yang hendak kamu ajukan, kamu bisa menggunakan contoh surat cuti kerja di atas sebagai referensimu.

    Pada umumnya, struktur dari semua jenis surat cuti memiliki kesamaan. Oleh karena itu, kamu hanya perlu menyesuaikan isinya saja.

    Ketika kamu memiliki bisnis dan terdapat karyawanmu yang berhalangan hadir atau mengambil jatah cutinya, kamu tak perlu risau lagi untuk menghitung kehadiran kerjanya. Kamu dapat menggunakan aplikasi majoo untuk membantu operasional bisnismu. Di dalam aplikasi majoo terdapat fitur karyawan yang akan membantumu dalam menghitung jumlah jam kerja karyawanmu secara real time, lho!

    Fitur lain yang bisa kamu gunakan untuk membantu operasional bisnismu, seperti fitur toko online, akuntansi, kasir online, analisis bisnis, dan lain sebagainya.

    Jadi, tunggu apalagi? Langsung saja nikmati kemudahan dalam mengatur segala operasional bisnismu dengan menggunakan aplikasi majoo. Tinggalkan cara lama dan mulai #langkahmajoo mu.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.