Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Dampak Positif Globalisasi bagi Iklim Bisnis?

    Dampak positif globalisasi dapat membantu terciptanya iklim bisnis yang sehat di sebuah negara.

    Apa, sih, dampak positif globalisasi bagi iklim bisnis? Lebih tepatnya, apakah globalisasi memiliki dampak yang positif?

    Pernah terpikir pertanyaan-pertanyaan di atas? Sebenarnya tidak aneh, kok, karena globalisasi sendiri memang kerap disandingkan dengan westernisasi yang sering diasosiasikan dengan sesuatu yang negatif. Namun, jangan salah, globalisasi sendiri sebenarnya berbeda dengan westernisasi, lho!

    Jadi, apa dampak positif yang dibawa oleh globalisasi, khususnya bagi iklim bisnis? Penasaran? Yuk, mari kita bahas bersama-sama!

    Baca juga: Pengertian dan Contoh Pasar Bebas sebagai Bentuk Globalisasi

    Dampak Positif Globalisasi adalah …

    Sebenarnya, dampak positif globalisasi adalah sesuatu yang datangnya berbarengan dengan dampak negatifnya. Tak ubahnya dua sisi koin yang selalu beriringan, globalisasi tak bisa dipandang secara negatif saja atau secara positif saja.

    Akan tetapi, tak ada salahnya kita memandang dengan penuh optimisme fenomena globalisasi dengan melihat dampak-dampak positif yang dibawanya. Nah, pertanyaannya, dari mana dampak positif ini muncul dan bagaimana dampak tersebut dapat dirasakan, sih?

    Secara sederhana, dampak positif globalisasi adalah suatu kondisi atau situasi yang dirasa menguntungkan karena memberi manfaat akibat adanya globalisasi. Jika diminta menjelaskan, globalisasi sendiri adalah sebuah proses memudarnya batas kenegaraan, misalnya ketika sesuatu yang tadinya hanya bisa ditemukan di suatu negara akhirnya mulai dapat ditemukan pula dalam lingkup global.

    Agar lebih memahami, kita dapat menengok dunia fashion. Tadinya, gaya berbusana yang cukup spesifik seperti haute couture mungkin hanya bisa ditemukan di Perancis saja, akan tetapi sekarang peragaan busana haute couture dapat dinikmati di hampir seluruh tempat di dunia ini.

    Dari contoh tersebut, kita dapat menyebut bahwa gaya busana haute couture telah mengalami globalisasi karena ruang lingkupnya sudah tak terbatas lagi pada satu negara tertentu saja, tetapi masuk ke lingkup dunia. Contoh lainnya adalah penggunaan beragam produk teknologi di berbagai bidang.

    Nah, sudah jelas, kan? Lalu, apa dampak positif yang disebabkan oleh kondisi tersebut?

    Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi

    Ada sejumlah dampak positif globalisasi di bidang ekonomi yang sebenarnya bisa dengan mudah kita rasakan. Salah satu yang paling utama adalah semakin mudahnya akses untuk memenuhi permintaan dan persediaan.

    Seperti yang kita ketahui, permintaan dan persediaan merupakan dua hal yang menjadi prinsip utama ekonomi. Di mana ada permintaan, di situ persediaan pun akan selalu diupayakan. Sebaliknya, di mana ada persediaan, permintaan pun akan terus diciptakan.

    Dengan adanya globalisasi, kegiatan ekonomi pun semakin mudah dilakukan karena pemenuhan kebutuhan untuk permintaan dan persediaan dapat dilakukan dari mana pun. Tentunya, dengan adanya globalisasi, perdagangan antarnegara, baik yang dilakukan orang-perorangan maupun oleh pemerintah negara itu sendiri, juga dapat semakin lancar.

    Salah satu dampak positif globalisasi di bidang ekonomi adalah mudahnya sebuah merek membuka pabrik di negara lain dengan upah tenaga kerja yang lebih rendah dibanding negara asal merek itu berada. Tak hanya memperbesar margin keuntungan, cara ini juga akan menyejahterakan masyarakat negara yang ditunjuk sebagai pabrik cabang tersebut.

    Nah, kurang menguntungkan bagaimana, tuh?

    Baca juga: Apa itu Globalisasi? Memahami Arti Hingga Dampak Globalisasi

    Dampak Positif Globalisasi terhadap Lingkungan

    Selain di bidang ekonomi, sebenarnya ada juga dampak positif globalisasi terhadap lingkungan. Memang, sih, kalau kita pakai contoh yang sebelumnya, yaitu dibukanya pabrik di luar negeri, ada dampak negatif bagi lingkungan yang disebabkan oleh limbah produksi pabrik.

    Meski demikian, tak semuanya negatif, kok. Salah satu dampak positif yang bisa dirasakan bagi kelestarian lingkungan adalah mudahnya seseorang atau suatu pihak untuk ambil bagian dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan maupun penanggulangan bencana secara global.

    Dalam bencana tsunami di Aceh pada tahun 2004 lalu, misalnya saja, bantuan yang datang tidak hanya berasal dari pemerintah Indonesia saja, negara-negara lain pun banyak mengirimkan relawan untuk membantu pemulihan lingkungan, mulai dari pembangunan kembali infrastruktur, reboisasi, bahkan trauma relief.

    Munculnya organisasi-organisasi seperti Greenpeace juga menjadi dampak positif globalisasi terhadap lingkungan karena organisasi-organisasi ini dapat mengumpulkan dana dari seluruh dunia untuk pelestarian lingkungan yang menjadi fokus perhatiannya.

    Selain iklim bisnis, dampak positif globalisasi juga dapat dimanfaatkan untuk kelestarian lingkungan.

    Dampak Positif Globalisasi di Bidang Pendidikan

    Dibandingkan dengan bidang-bidang lainnya, dampak positif globalisasi di bidang pendidikan mungkin lebih mudah lagi dirasakan manfaatnya, mulai dari penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer maupun digitalisasi lingkungan sekolah yang mempermudah terselenggaranya kegiatan belajar mengajar.

    Manfaat ini semakin mudah dilihat khususnya ketika ada anjuran pembelajaran jarak jauh guna mengurangi risiko penyebaran pandemi Covid-19 yang sempat merebak pada medio 2020 - 2021 lalu. Berkat globalisasi, anak-anak bangsa tidak harus mengalami ketertinggalan di bidang pendidikan akibat tidak bisa diselenggarakannya pembelajaran secara tatap muka.

    Menjamurnya perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor teknologi pendidikan juga menjadi salah satu dampak positif globalisasi di bidang pendidikan. Dengan pemanfaatan produk-produk teknologi semacam ini, tidak hanya pendidikan secara formal saja yang berkembang, pendidikan informal pun dapat ditingkatkan lagi kualitasnya.

    Bagaimanapun juga, belajar dan mencari pengetahuan, kan, semestinya memang bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, kan? Berkat adanya globalisasi, tujuan ini pun dapat dicapai dengan mudah, bahkan tak jarang dengan biaya yang juga lebih murah, lho!

    Dampak Positif Globalisasi di Bidang Transportasi

    Dampak positif globalisasi di bidang transportasi jelas sesuatu yang paling mudah kita rasakan. Secara personal, sebagian besar kendaraan pribadi yang kita miliki merupakan produk yang mengusung merek luar negeri.

    Dalam lingkup yang lebih luas, mudahnya seseorang berpindah dari satu tempat ke tempat lain juga merupakan manfaat yang dapat dirasakan dari globalisasi. Tanpa adanya globalisasi, tentunya kita tidak dapat menikmati moda transportasi modern yang selama ini kita kenal.

    Tak hanya tentang orang secara personal saja, pemanfaatan teknologi yang digunakan secara global di bidang transportasi juga memungkinkan kita untuk memindahkan barang dengan lebih mudah, cepat, dan tentunya efisien secara biaya. Coba dibayangkan apabila pengembangan teknologi transportasi tidak dilakukan secara global?!

    Menariknya, dampak positif globalisasi di bidang transportasi ini dapat dinikmati manfaatnya oleh semua orang tanpa memandang kelas sosial. Disadari atau tidak, mobilitas memang menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting di era yang sudah serba modern seperti sekarang.

    Baca juga: Globalisasi Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contoh

    Dampak Positif Globalisasi di Bidang Politik

    Jika bicara tentang politik, apa sebenarnya dampak positif globalisasi di bidang politik? Bagi banyak orang, pertanyaan ini mungkin menjadi sesuatu yang sulit untuk dijawab, terlebih jika sebelumnya memang sama sekali tidak pernah menyentuh dunia perpolitikan.

    Namun, sebenarnya dampak positif ini diam-diam kita rasakan, lho, karena dengan adanya globalisasi, pemerintah kita sebenarnya semakin mudah untuk menjalin hubungan dengan pemerintah negara lain yang manfaatnya tentu akan kembali pula ke kita sebagai masyarakatnya.

    Salah satu contohnya adalah tersedianya moda transportasi publik yang biasa kita temukan karena beberapa di antaranya sebenarnya hasil dari kerja sama dengan negara lain. Selain itu, masih banyak lagi dampak positif globalisasi di bidang politik yang bisa kita nikmati manfaatnya.

    Misalnya saja, mudahnya kita menemukan produk-produk yang sebenarnya tidak berasal dari negara kita sendiri juga merupakan manfaat dari adanya globalisasi. Karena, perjanjian kerja sama antarnegara merupakan sesuatu yang hanya bisa dicapai dengan bantuan globalisasi.

    Adanya kompetisi tingkat dunia seperti Piala Dunia Sepak Bola, Asia Games, maupun SEA Games, juga termasuk dari manfaat kerja sama antarnegara, lho! Demikian pula dengan keberadaan ASEAN atau Uni Eropa itu sendiri yang juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di negara tersebut.

    Memahami Dampak Positif Globalisasi bagi Iklim Bisnis

    Nah, penasaran tidak, kenapa saat membahas dampak positif globalisasi bagi iklim bisnis, kita justru membahas dampak positif yang dirasakan di banyak bidang lainnya? Jawabannya cukup sederhana, kok, yaitu karena iklim bisnis sebenarnya dibangun dan dipengaruhi pula oleh bidang-bidang lain tersebut.

    Tanpa adanya hubungan kerja sama antarnegara yang baik, misalnya saja, tentu saja investor dari negara lain pun akan lebih enggan untuk menanamkan modalnya di suatu negara. Sebagai akibatnya, iklim bisnis di negara tersebut pun akan sulit untuk berkembang.

    Hal yang sama pun juga berlaku untuk bidang-bidang lain. Tanpa adanya globalisasi di bidang transportasi, kegiatan ekonomi antarnegara pun akan sulit untuk dilakukan karena sulit untuk memindahkan komoditas bisnis yang diperjualbelikan dari negara asal ke negara tujuan. Sebagai akibatnya, jelas iklim bisnis pun akan semakin keruh karena kegiatan ekonomi hanya dilakukan oleh pemilik usaha di negara itu sendiri saja.

    Sudah jelas, kan, seberapa penting dampak positif globalisasi dalam menciptakan iklim bisnis yang sehat dan dapat menguntungkan setiap pelaku ekonomi yang terlibat di dalamnya. Iklim bisnis yang sudah terbentuk dengan baik juga bisa dijaga agar tetap efektif, efisien, serta menguntungkan dengan memanfaatkan aplikasi majoo, lho!

    Dengan berlangganan layanan aplikasi majoo, pemilik usaha dapat mengelola setiap bisnis yang dimilikinya dengan lebih mudah. Selain itu, fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi majoo juga sudah saling terintegrasi untuk meningkatkan keuntungan dari berbagai aspek bisnis.

    Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.