Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Globalisasi Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contoh

    Globalisasi adalah sebuah keniscayaan bagi masyarakat dunia dengan segala perubahan di setiap waktunya. Kamu tahu apa saja manfaat globalisasi?

    "Udah zamannya globalisasi, nih! Masa, sih, kamu masih kayak katak dalam tempurung?"

    Pernah mendengar kata globalisasi, majoopreneurs? Atau bahkan terlalu sering hingga kamu menjumpai kata tersebut hampir di setiap perbincangan masa kini? 

    Secara sederhana, globalisasi adalah proses mendunianya suatu hal sehingga batas antara negara menjadi hilang. Globalisasi didukung oleh berbagai faktor, seperti perkembangan teknologi, transportasi, ilmu pengetahuan, telekomunikasi, dan lainnya lalu berpengaruh pada perubahan berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat. 

    Apa saja ciri-ciri globalisasi? Adakah manfaat globalisasi yang bisa kita rasakan setiap hari? Apakah majoo bisa memberikan contoh globalisasi?

    Yuk! Kita bahas pada artikel tentang globalisasi kali ini.

    Baca juga: Bisnis F&B Adalah Bisnis yang Menguntungkan. Ini Alasannya!

    Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

    Di bawah ini adalah pengertian globalisasi menurut para ahli:

    • Heywood

    Globalisasi adalah kemunculan sebuah jaringan saling-ketergantungan yang kompleks yang berarti bahwa kehidupan seseorang semakin dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi dan keputusan-keputusan yang dibuat di sebuah tempat yang jauh dari orang tersebut.

    • Selo Soemardjan

    Pengertian globalisasi adalah terbentuknya komunikasi dan organisasi di antara masyarakat yang berbeda di seluruh dunia, dengan tujuan yang sama.

    • Winarno

    Globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia bisa menjangkau satu dengan yang lain atau saling berhubungan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam budaya, ekonomi, politik, teknologi maupun lingkungan.

    • Anthony Giddens

    Globalisasi adalah hubungan sosial antar penduduk di dunia, menghubungkan rentetan peristiwa hingga berdampak timbal balik antara satu wilayah dengan lainnya, akhirnya berkembang luas sampai aspek-aspek kehidupan antara keduanya. Dengan kata lain, batas dan jarak menjadi bias sekarang ini.

    • Jan Aart Scholte

    Globalisasi adalah proses meningkatnya interdependensi antara pelaku berupa negara dan non-negara pada skala global, sehingga hubungan sosial dalam suatu masyarakat secara signifikan dibentuk dan dipengaruhi dimensi hubungan sosial yang lebih luas pada skala dunia.

    Ciri-Ciri Globalisasi 

    Sekarang kita bahas tentang ciri-ciri globalisasi yang dikutip dari berbagai sumber: 

    • Meningkatnya Perdagangan Global 

    Kerja sama antarnegara membuat terjalinnya perdagangan yang memungkinkan barang-barang diimpor dari luar negeri. Contohnya saja ketika kamu mencari barang elektronik, bisa pergi ke toko fisik atau online dan menemukan berbagai macam barang yang dibutuhkan. 

    Selain barang-barang, globalisasi mengakibatkan terjadinya pertukaran budaya di dunia. Contohnya, kamu bisa menikmati makanan ramyeon tanpa harus pergi ke Korea karena produknya sudah diimpor ke Indonesia.

    • Meningkatnya Aliran Modal Internasional dan Investasi 

    Ciri globalisasi selanjutnya adalah sumber daya alam Indonesia bisa dikirim ke luar negeri. Contohnya ekspor kerajinan keramik, industri semen, dan masih banyak lagi. Sumber daya alam ini bisa menambah modal investasi dari luar negeri. Selain itu, bisa meningkatkan perdagangan dalam negeri. 

    • Ketergantungan Antarnegara di Bidang Ekonomi 

    Adanya ketergantungan ekonomi ini mengakibatkan perdagangan internasional, peningkatan perusahaan multinasional, dan organisasi dunia. 

    • Meluasnya Kegiatan Perdagangan 

    Globalisasi di bidang ekonomi berpengaruh terhadap perkembangan kegiatan perdagangan. Kegiatan ekonomi dan perdagangan di dunia menjadi semakin terbuka melintasi batas-batas wilayah sebuah negara. 

    Di samping itu, kegiatan ekonomi juga menyangkut perihal perpindahan tenaga kerja. Di era globalisasi, tenaga kerja bisa lebih leluasa memilih bekerja di negara mana saja yang mereka inginkan sesuai dengan kemampuan dan kualifikasi yang dimiliki dan dibutuhkan oleh pihak pencari tenaga kerja.

    • Masalah Suatu Negara Menjadi Perhatian Internasional 

    Masalah dalam suatu negara bisa menarik perhatian dunia internasional. Contohnya inflasi, perubahan iklim, dan krisis multinasional. 

    • Batas Antarnegara Semakin Menipis 

    Setiap negara memiliki batas wilayah masing-masing. Namun, globalisasi mampu mengaburkan hal tersebut. Artinya, setiap orang dari berbagai negara bisa menerima atau saling bertukar informasi dengan negara lainnya, mulai dari hal resmi hingga ilegal. 

    • Globalisasi dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 

    Ciri-ciri kemajuan teknologi pada era globalisasi adalah semakin banyaknya variasi gawai yang digunakan oleh masyarakat saat ini atau penemuan terbaru tentang suatu ilmu pengetahuan yang membawa manfaat baik bagi kehidupan manusia merupakan salah satu contoh globalisasi. 

    Tentunya senada dengan pengertian globalisasi yang menjelaskan bahwa fenomena tersebut merupakan sebuah gejala yang menyebarkan suatu nilai kebudayaan tertentu. Termasuk di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Apa Ciri-Ciri Globalisasi Bidang Komunikasi?

    Khusus bidang Informasi dan Komunikasi, globalisasi memiliki beberapa ciri-ciri berikut:

    • Adanya Media Cetak

    Informasi saat ini dapat diketahui secara mudah melalui media cetak seperti tabloid, majalah, dan koran. Namun sekarang, media cetak bukan lagi hanya dalam bentuk koran kertas. Kini kamu dapat berlangganan atau membaca secara gratis terbatas berupa koran online agar memudahkan masyarakat membaca berita dengan cepat melalui perangkat.

    • Adanya Media Visual (Internet, Televisi)

    Internet sudah menjadi kebutuhan pokok oleh masyarakat. Televisi yang sudah dilengkapi dan tersambung dengan internet juga membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi dari kanal dunia.

    • Adanya Perangkat Komputer, Laptop, Handphone

    Ponsel merupakan perangkat wajib yang telah digunakan oleh masyarakat era global. Dengan harga lebih mudah dijangkau oleh masyarakat, ponsel telah menjadi benda primer yang dimiliki masyarakat modern.

    • Privasi yang Semakin Sulit untuk Dijaga

    Semakin banyak orang untuk mengunggah setiap kegiatan ke dalam media sosial. Hal inilah yang membuat pengguna internet mengetahui privasi yang dilakukan oleh setiap individu dan membuat privasi semakin sulit dijaga dikarenakan kemampuan dalam menyebarkan informasi yang sangat cepat.

    Dampak Positif dan Negatif Globalisasi 

    Adanya globalisasi di semua segmen kehidupan menjadikannya memiliki dampak positif dan negatif. Di bawah ini adalah akibat dari globalisasi.

    • Dampak Positif: 

    Dampak positif dari globalisasi adalah membuat masyarakat memiliki sifat kreatif, inovatif, dan terbuka terhadap perubahan serta bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan dengan dibantu teknologi informasi.

    Peralatan teknologi yang semakin beragam dan canggih. Contoh, ponsel pintar semakin canggih, kan? Nggak ada lagi jarak bagi orang-orang yang ingin berkomunikasi. 

    Munculnya perdagangan bebas membuat sistem perdagangan semakin luas dan menihilkan hambatan yang ada. Biasanya hal ini ditandai dengan adanya organisasi tingkat internasional. Misalnya kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC). 

    Bagaimana di bidang budaya seperti bahasa? Lihat saja sekarang semakin banyak orang menggunakan bahasa global yang digunakan seperti Inggris dan Mandarin, menjadi ciri-ciri masyarakat global. 

    Kebijakan nasional yang memengaruhi keberadaan negara lain. Misalnya, dengan pengurangan pajak atau penyederhanaan peraturan agar investor asing bisa masuk. Orang bisa dengan mudah berbagi ide, pengalaman dan gaya hidup, serta budaya. Contohnya, bisa menikmati makanan dan produk negara lain tanpa harus berkunjung ke sana. 

    • Dampak Negatif: 

    Penyelundupan barang-barang ilegal ke Indonesia sudah semakin sulit dibendung. Sudah menjadi rahasia umum bahwa akibat perdagangan bebas, beberapa penjual memalsukan dokumen barang masuk dan mengeruk keuntungan dengan barang ilegal. 

    Industri besar-besaran, termasuk banyaknya pabrik yang sibuk memproduksi, membuat lingkungan hidup mengalami kerusakan parah. Selain itu, polusi udara juga makin parah. Industri baru membuat beberapa sektor industri jadi kalah saing. 

    Sikap individualis yang tinggi. Apakah Majoopreneurs merasakan bahwa di kota-kota besar Indonesia, masyarakatnya mulai banyak yang bersikap individualis? Biasanya masyarakat Indonesia dikenal dengan sifat gotong royong dan saling tolong menolong. Itulah akibat buruk dari globalisasi.

    Baca juga: Pangsa Pasar adalah: Definisi, Fungsi, dan Contoh Rumusnya

    Manfaat Globalisasi

    Kamu yang hidup di zaman modern sekarang ini pasti merasakan banyak manfaat globalisasi, kan? Nah, di bawah ini ada beberapa poin yang bisa kamu simak. Manfaat globalisasi adalah hal-hal positif dari perubahan global yang mengubah hidup kamu, Majoopreneurs.

    • Meningkatkan Perdagangan Bebas

    Manfaat globalisasi yang pertama adalah bisa meningkatkan perdagangan bebas. Terjadinya pertukaran barang maupun jasa antara negara dapat berlangsung dengan mudah. Setiap negara bisa memproduksi barang dan memasarkannya di tingkat dunia.

    Barang inilah yang tidak dimiliki oleh negara lain, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Dengan spesialisasi produk, bisa membuat biaya produksi menjadi lebih rendah dan mampu meningkatkan keuntungan.

    • Harga Barang Impor Lebih Murah

    Manfaat globalisasi berikutnya adalah harga barang impor menjadi lebih murah. Asyik, kan? Kabar baik bagi Majoopreneurs yang suka berburu produk-produk impor, tetapi dengan harga lebih terjangkau karena tidak perlu datang langsung ke negara produsen. Karena globalisasi inilah, pasar bebas semakin terbuka lebar dan membuat produk-produk impor menjadi lebih murah. 

    • Variasi Produk yang Ditawarkan

    Dengan adanya globalisasi, bisa membuat barang yang disediakan menjadi lebih bervariasi. Pasar menjadi semakin berkompetisi untuk menunjukkan barang-barangnya yang beragam dengan keunikannya masing-masing. Bervariasinya produk yang ditawarkan bisa berdampak pada harga-harga barang yang menjadi lebih murah karena persaingan harga.

     

    Dampak positif dan negatif globalisasi dirasakan setiap harinya oleh masyarakat dunia.

    Contoh Globalisasi

    Berikut adalah beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang yang dikutip dari buku Informasi dalam Konteks Sosial Budaya karya Rhoni Rodin (2021).

    1. Produk Asing Banyak Beredar

    Tentunya kamu sekarang lebih mudah menemukan produk-produk asing di pasar Indonesia. Berbagai produk, mulai dari alat elektronik, fesyen, hingga makanan bisa ditemukan dengan mudah. Bahkan tidak jarang produsen dari negara lain membangun perusahaan di Indonesia.

    2. Pergantian Tenaga Manusia dengan Mesin

    Dunia kerja di Indonesia sejak memasuki era globalisasi sudah mulai berubah. Tenaga kerja buruh-buruh di pabrik sudah mulai tergantikan oleh mesin-mesin yang lebih efisien. Bahkan saat ini pekerjaan petani juga semakin berkurang karena tergantikan oleh mesin-mesin.

    3. Meningkatkan Penggunaan Gawai

    Meningkatnya penggunaan gawai merupakan salah satu contoh globalisasi yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi sekarang ini gawai menawarkan berbagai fitur yang membuat pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Informasi dunia pun lebih cepat diketahui oleh para pengguna gawai.

    Kesimpulan

    Globalisasi bisa terjadi hampir di segala bidang kehidupan. Oleh karenanya, selama proses globalisasi berjalan, setiap bangsa atau masyarakat di dunia akan saling bergantung yang kemudian menciptakan tatanan hidup baru.

    Contoh globalisasi adalah semua hal yang memengaruhi kehidupan masyarakat di era modern dan tidak akan berhenti mengubah hidup karena cepatnya perubahan teknologi dan budaya dunia.

    Karena sudah semakin tipisnya pembatas, budaya asing bisa masuk dengan mudah ke sebuah negara, terkadang membuat budaya lokal jadi makin luntur atau mulai hilang. Inilah salah satu dampak negatif globalisasi.

    Setelah kamu membaca artikel globalisasi ini, majoo berharap kamu bisa leibh siap menghadapi segala tantangan dunia, ya! Semangat bertumbuh bersama majoo!

     



    Pertanyaan Terkait

    • Dampak positif dari globalisasi adalah membuat masyarakat memiliki sifat kreatif, inovatif, dan terbuka terhadap perubahan serta bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan dengan dibantu teknologi informasi.
    • Globalisasi adalah proses meningkatnya interdependensi antara pelaku berupa negara dan non-negara pada skala global, sehingga hubungan sosial dalam suatu masyarakat secara signifikan dibentuk dan dipengaruhi dimensi hubungan sosial yang lebih luas pada skala dunia.
    • Ciri-ciri kemajuan teknologi pada era globalisasi adalah semakin banyaknya variasi gawai yang digunakan oleh masyarakat saat ini atau penemuan terbaru tentang suatu ilmu pengetahuan yang membawa manfaat baik bagi kehidupan manusia merupakan salah satu contoh globalisasi.
    • Ciri-ciri globalisasi bidang komunikasi antara lain: (1) adanya media cetak, (2) adanya media visual (internet, televisi), (3) adanya perangkat komputer, laptop, handphone, (4) privasi yang semakin sulit untuk dijaga.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.