Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Apa itu Globalisasi? Memahami Arti Hingga Dampak Globalisasi

    Apa itu Globalisasi? Memahami Arti Hingga Dampak Globalisasi

    Globalisasi adalah proses masuknya pemikiran, lifestyle, informasi, dan teknologi ke ruang lingkup dunia.

    Terjadinya percepatan pergerakan di berbagai hal, baik dari manusia, barang, jasa, atau budaya merupakan dampak dari globalisasi. Dampak ini mendorong peningkatan interaksi antarpopulasi di berbagai wilayah dunia.

    Globalisasi adalah salah satu bentuk untuk saling bertukar pengetahuan, informasi dan teknologi. Maka dari itu, globalisasi bisa dikatakan sebagai pemicu perubahan besar di dunia.

    Dunia ini seperti menyempit seperti kamu mau pergi ke mana saja bisa dalam hitungan menit. Dan hal ini merupakan dampak dari globalisasi.

    Sebenarnya, apa itu globalisasi? Adakah ciri-ciri, contoh hingga dampak dari globalisasi tersebut? Mari simak lebih dalam penjelasan mengenai globalisasi di bawah ini!

    Apa Itu Globalisasi?

    Globalisasi adalah terjadinya suatu proses integrasi global karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan sosial budaya.

    Salah satu faktor utama yang memicu globalisasi dan menyebabkan interdependensi adalah ekonomi dan budaya, kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan internet.

    Apa itu globalisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah proses masuknya pemikiran, lifestyle, informasi, dan teknologi ke ruang lingkup dunia. Berkat keberadaan teknologi informasi yang dioptimalkan, membuat suatu kemungkinan  terjadinya integrasi internasional.

    Apa itu globalisasi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah suatu proses dari transaksi keuangan dalam pasar keuangan dengan para pelaku pasarnya berkembang ke arah hilangnya batas geografis suatu negara dan adanya integrasi dari pasar keuangan dunia ke dalam satu kesatuan. Di dalam proses globalisasi sering terjadi ketergantungan antara penjual dan pembeli terhadap sarana atau alat keuangan di pusat keuangan seluruh dunia.

    Baca Juga: Pengertian dan Contoh Pasar Bebas sebagai Bentuk Globalisasi

    Ciri-ciri dari globalisasi adalah adanya interaksi antar manusia di dunia melalui media sosial.

    Pengertian Globalisasi Berdasarkan Para Ahli

    Selain dari pengertian umum, arti globalisasi menurut para ahli, sebagai berikut:

    1. Globalisasi Menurut Malcom Waters

    Malcom Waters mengatakan bahwa globalisasi adalah suatu proses sosial yang mengakibatkan hilangnya kepentingan batas geografis dan keadaan sosial budaya yang ada di seluruh dunia.

    2. Globalisasi Menurut Cochrane dan Pain

    Pengertian globalisasi menurut Cochrane dan Pain adalah munculnya suatu sistem ekonomi dan budaya global yang membuat manusia di dunia menjadi sebuah masyarakat tunggal yang global.

    3. Globalisasi Menurut Prof. Dr. Mubyarto

    Menurut Prof. Dr. Mubyarto arti globalisasi adalah terjadinya suatu proses pasar dunia yang menjadi satu pasar tunggal. Adanya globalisasi ini membuat ekonomi dunia jauh lebih efisien dan sehat, sehingga dapat menuju kemajuan masyarakat dunia.

    4. Globalisasi Menurut Selo Soemardjan

    Menurut Selo Soemardjan, pengertian globalisasi adalah proses terbentuknya organisasi antara masyarakat dan sistem komunikasi yang ada di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan hukum yang sama.

    5. Globalisasi Menurut Anthony Giddens

    Anthony Giddens mengartikan globalisasi adalah penggalakan hubungan sosial di seluruh dunia terkait kejadian di suatu lokasi tertentu dan menyebabkan timbulnya perubahan atas keduanya.

    6. Globalisasi Menurut Scholte

    Definisi globalisasi menurut Scholte adalah perkembangan hubungan internasional antarnegara dengan masing-masingnya akan tetap mempertahankan identitas masing-masing dan saling ketergantungan satu sama lain.

    7. Globalisasi Menurut Achmad Suparman

    Menurut Achmad Suparman pengertian dari globalisasi adalah proses suatu benda atau perilaku manusia sebagai ciri dari setiap individu yang ada di dunia dan tidak dibatasi oleh wilayah.

    Baca Juga: Pasar Internasional: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya

    Ciri-ciri Globalisasi

    Globalisasi tentu memiliki ciri-ciri khusus dan tidak bisa terjadi begitu saja. Berikut ini ciri-ciri globalisasi.

    1. Adanya Perubahan Konsep

    Konsep antara ruang dan waktu di era globalisasi berubah, sehingga setiap orang di dunia ini akan lebih mudah mengakses apa pun yang mereka inginkan dan butuhkan hanya menggunakan teknologi.

    2. Produksi dan Market

    Adanya globalisasi ini membuat satu negara dengan negara lain akan mengalami saling ketergantungan, sebab terjadi pertumbuhan perdagangan internasional. Organisasi seperti WTO juga mempengaruhi perilaku produksi dan market.

    3. Peningkatan Korelasi

    Korelasi antarmasyarakat di seluruh dunia semakin terjalin dengan mudah. Terjadinya korelasi antarmanusia yang terjalin dengan mudah ini karena penggunaan berbagai media sosial yang ada.

    4. Pertukaran Kebudayaan

    Ciri-ciri globalisasi selanjutnya adalah kemudahan dalam pertukaran kebudayaan. Adanya informasi yang mudah didapat, menyebabkan kemudahan dalam pertukaran kebudayaan antarnegara melalui film, musik, atau fashion.

    5. Muncul Masalah Bersama

    Akibat dari terlalu kompleksnya jalan perdagangan dan perekonomian akan memicu timbulnya masalah dari berbagai negara, seperti inflasi regional, lingkungan hidup, dan lain sebagainya.

    Baca Juga: Memaksimalkan Digital Marketing dengan Engagement Rate

    Contoh Globalisasi

    Sebelum kamu mengetahui tentang dampak dari globalisasi, berikut ini beberapa contoh globalisasi yang perlu kamu ketahui, yaitu:

    1. Globalisasi Ekonomi

    Sistem perdagangan yang berkembang di antara pelaku perdagangan transnasional seperti korporasi atau LSM.

    2. Globalisasi Keuangan

    Kebangkitan sistem keuangan global dengan pertukaran moneter dan pertukaran keuangan internasional, misalnya pasar saham. Pasar saham ini dari dunia global yang merupakan pasar yang terhubung secara finansial. Bila satu pasar saham mengalami penurunan, akan mempengaruhi pasar lain secara negatif dan juga ekonomi secara keseluruhan.

    3. Globalisasi Budaya

    Mengacu pada definisi budaya pada suatu negara yang mengadopsi prinsip, kepercayaan, dan pakaian dari negara lain.

    4. Globalisasi Politik

    Globalisasi politik merupakan proses masuknya suatu nilai yang bisa diterima secara menyeluruh, yang membawa pembaharuan dan menguntungkan di bidang politik, seperti kerja sama politik antarnegara dengan membentuk suatu organisasi internasional yang multilateral.

    5. Globalisasi Sosiologis

    Informasi yang bergerak dan diterima hampir secara real time. Hal ini terkait pada kesalingtergantungan antara peristiwa dengan konsekuensinya.

    6. Globalisasi Teknologi

    Gejala yang muncul ketika jutaan orang saling bisa menghubungi satu sama lain berkat kekuatan dunia digital melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Skype atau Youtube.

    7. Globalisasi Geografis

    Adanya transportasi penerbangan yang dibuat untuk memudahkan kegiatan bepergian hingga ke luar negeri sehingga membuat perjalanan ke seluruh penjuru dunia seakan tanpa batasan.

    8. Globalisasi Ekologis

    Menjelaskan suatu gagasan yang menganggap bahwa planet Bumi merupakan satu kesatuan global, yang harus dilindungi oleh semua masyarakat di dunia.

    Dampak Globalisasi

    Apakah globalisasi akan memberikan dampak negatif atau positif? Globalisasi tentunya memberikan dua dampak bagi kehidupan sosial dan budaya di masyarakat. Bisa dikatakan globalisasi banyak mengubah pola pikir masyarakat yang tadinya tradisional menjadi modern dan terbuka.

    Adanya globalisasi juga mengubah pola kehidupan masyarakat, seperti menjadi mengenal banyak budaya dari negara di luar.

    1. Dampak Positif Globalisasi

    Berikut ini beberapa dampak positif globalisasi yang dapat kamu ketahui.

    • Memicu sikap kreatif dan inovatif yang luas agar masyarakat dapat bersaing di ranah global.
    • Barang dari luar negeri yang harganya murah memungkinkan para produsen lokal membuat suatu inovasi agar bisa menyaingi produk luar negeri tersebut. Tentunya, dengan hal ini, kreativitas dan inovasi bisnis di masyarakat pun terpacu.
    • Mudahnya dalam mendapatkan barang dari luar negeri dengan harga terjangkau.
    • Akibat adanya investasi asing dari luar negeri membuat jenis lapangan pekerjaan bertambah.
    • Mengurangi pengangguran karena meningkatnya investasi luar negeri yang membuat lapangan kerja terbuka di mana-mana.
    • Kesempatan bekerja di luar negeri semakin terbuka.
    • Bekerja di luar negeri prosesnya sudah tidak berbelit-belit. Hal ini karena terdapat banyak agen yang menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri.
    • Pola pikir masyarakat berubah.
    • Masyarakat jadi mengenal keberagaman budaya atau multikulturalisme di dunia.
    • Sikap toleran di dalam masyarakat semakin tumbuh akibat adanya saling ketergantungan dalam pekerjaan maupun pendidikan.

    2. Dampak Negatif Globalisasi

    Setelah melihat dampak positif globalisasi, tentunya globalisasi juga memiliki dampak negatif, seperti:

    • Kemudahan dalam mendapatkan barang impor membuat pasar dikuasai oleh barang-barang yang akan menjatuhkan pedagang lokal.
    • Memicu sifat konsumerisme atau gaya hidup tidak hemat di masyarakat.
    • Banyaknya tenaga asing yang masuk, sehingga mendominasi tenaga kerja lokal. Kemudahan ini membuat banyak tenaga kerja asing menyerbu Indonesia sebagai target mereka dalam mencari lapangan pekerjaan.
    • Matinya bisnis lokal akibat dari penjualan barang dari luar negeri
    • Semakin banyaknya kejahatan di dunia maya terkait kemunculan e-commerce, kontrak elektronik, dan lain sebagainya.
    • Remaja yang meniru tayangan di dunia maya karena kurang memahami modernisasi.
    • Begitu mudah terpengaruh budaya luar negeri, sehingga melupakan budaya lokal.
    • Melupakan budaya lokal karena dianggap kuno.

    Kesimpulan

    Apa itu globalisasi? Globalisasi adalah suatu keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, sosial budaya, dan bentuk interaksi yang lain, sehingga batas-batas pada suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi ini mencakup bisnis yang dijalankan saat ini dengan menggunakan internet. Bisnis online ini membuat batas-batas menjadi sangat sempit sebab banyaknya kemudahan dalam transaksi jual beli yang berlangsung di dalam hingga luar negeri.

    Menjalankan bisnis tentu akan sangat merepotkan jika harus mencatat semua inventory, penjualan, kas masuk, hingga kas keluar dengan cara manual. Dalam globalisasi ini, proses pencatatan semua itu menjadi jauh lebih mudah dengan aplikasi online wirausaha, seperti aplikasi majoo.

    Aplikasi majoo adalah aplikasi wirausaha lengkap untuk mengelola bisnis yang kamu jalankan menjadi lebih maju. Aplikasi majoo memiliki banyak fungsi dengan satu harga untuk semua kebutuhan wirausahamu. Bisa dikatakan, aplikasi majoo adalah satu aplikasi untuk segala solusi.  

    Aplikasi majoo terdiri dari aplikasi kasir online, aplikasi inventori, aplikasi keuangan dan akunting, absensi dan karyawan, CRM, dan aplikasi analisis bisnis.

    Di era globalisasi seperti saat ini penggunaan aplikasi majoo untuk membuat suatu inovasi bisnis baru agar dapat bekembang dengan produk luar negeri. Maka dari itu, dengan menggunakan aplikasi majoo, kamu dapat menggunakan fitur analisis bisnis.

    Jadi tunggu apalagi, nih! Segera gunakan aplikasi majoo, sehingga kamu bisa menjadi majoopreneurs yang akan merasakan keuntungan dalam mengatur operasional bisnismu.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    9 Cara Memulai Bisnis dari Nol, Perhatikan Di Sini!
    Diperlukan langkah dan strategi yang matang untuk memulai sebuah bisnis. Pertimbangan ini dapat membantumu melewati setiap hambatan yang mungkin terjadi.
    Tokopedia Paylater adalah Bentuk Kenikmatan Belanja Online
    Tokopedia Paylater membantu lebih dari 100 juta pelanggan aktif Tokopedia untuk beli sekarang bayar nanti. Mau mencoba? Baca dulu tipsnya!
    RAB adalah Rencana Anggaran Biaya, Bagaimana Cara Buatnya?
    RAB adalah singkatan dari rencana anggaran dan biaya, lalu mengapa dokumen yang satu ini sangat dibutuhkan oleh pemilik usaha dalam operasional bisnis?
    Stakeholder adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis
    Operasional sebuah bisnis mustahil dijalankan tanpa adanya peran stakeholder. Namun, seberapa penting sebenarnya keberadaan peran ini dalam bisnis?