Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • eNofa adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

    eNofa adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

    eNofa dapat mencegah timbulnya faktur pajak ilegal.

    Sebagai seorang pengusaha, kamu tentu terdaftar sebagai wajib pajak dan membutuhkan faktur pajak. Akan tetapi, dulu, faktur pajak berupa nomor seri yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak tidak mudah didapatkan. Seorang Pengusaha Kena Pajak (PKP) perlu mengajukan permohonan pada kantor pelayanan pajak untuk mendapatkan nomor tersebut dan menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Akan tetapi, proses tersebut menjadi lebih cepat dengan adanya aplikasi eNofa (e-Nofa).

    Bagi sebagian orang, eNofa tentu menjadi kata yang cukup asing di telinga. Singkat kata, aplikasi eNofa hadir untuk mempermudah pengawasan sekaligus meminimalisir adanya faktur pajak ilegal. Akan tetapi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan eNofa? Apa saja fungsi dan manfaat eNofa? Lalu, bagaimana cara mendapatkannya? Langsung saja, temukan jawabannya pada pembahasan berikut ini.

    Pengertian eNofa

    Apa yang dimaksud dengan eNofa? Nah, sebelum membahas lebih jauh, tidak ada salahnya lebih dulu memahami definisi Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP). NSFP adalah nomor seri dari DJP yang digunakan PKP sebagai syarat untuk membuat faktur pajak atau bukti pungutan pajak pertambahan nilai. Umumnya, nomor ini berisi kombinasi angka atau huruf yang berjumlah enam belas digit dengan susunan kode transaksi pada dua digit pertama, satu digit kode status, dan tiga belas digit nomor seri faktur.

    Sementara itu, eNofa adalah situs atau web yang menyediakan layanan untuk mengajukan permohonan NSFP secara daring (online). Perlu diketahui, aplikasi eNofa juga disebut dengan elektronik penomoran faktur pajak yang digunakan PKP untuk mempermudah proses penerbitan NSFP yang sebelumnya dilakukan secara manual.

    Ketentuan permohonan penerbitan NSFP secara elektronik melalui eNofa diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-17/PJ/2014 tentang Perubahan Kedua atas Perdirjen Pajak Nomor PER-24/PJ/2012. Dalam peraturan tersebut terdapat beberapa hal yang dibahas, seperti bentuk, ukuran, tata cara pengisian keterangan prosedur pemberitahuan dalam rangka pembuatan, tata cara pembetulan atau penggantian, dan tata cara pembatalan faktur pajak.

    Baca juga: Pemasaran Langsung adalah: Pengertian, Manfaat, & Contohnya

    Fungsi dan Manfaat eNofa

    eNofa berperan penting dalam pembuatan faktur pajak elektronik. Dengan demikian, eNofa memiliki beberapa fungsi dan manfaat sebagai berikut:

    Fungsi eNofa

    1. Membantu pengawasan dan pengendalian melalui hasil pantauan permohonan NSFP yang diajukan oleh setiap PKP
    2. Meminimalisir terjadinya penyalahgunaan faktur pajak
    3. Mencegah munculnya faktur pajak ilegal
    4. Menelusuri jejak faktur pajak jika terjadi penyalahgunaan, sebab penerbitan NSFP hanya melalui persetujuan DJP
    5. Meningkatkan ketertiban aktivitas perpajakan PKP yang secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan negara melalui sektor pajak

    eNofa menjadi dasar DJP untuk menyiasati kasus faktur pajak ilegal yang mengakibatkan negara mengalami kerugian. Selain itu, eNofa juga menjadi wadah yang memudahkan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

    Manfaat eNofa bagi PKP

    Tidak sedikit manfaat yang dapat dirasakan oleh PKP dengan hadirnya sistem permohonan NSFP daring alias eNofa pajak, di antaranya sebagai berikut:

    1. Praktis

    Tidak perlu repot mendatangi KPP, cukup bermodalkan laptop dan internet, kamu sudah bisa mengajukan penerbitan NSFP kapan dan di mana saja. Tentu lebih hemat waktu dan tenaga, kan?

    2. Fleksibel

    Sejalan dengan proses pengajuan penerbitan NSFP, dengan sistem online milik eNofa, PKP dapat mengaksesnya kapan dan di mana saja selama terhubung dengan internet.

    3. User friendly

    Dirancang dengan tampilan ramah pengguna, wajib pajak tidak perlu khawatir akan kesulitan saat mengakses eNofa.

    4. Meminimalisir tindakan ilegal

    Setiap NSFP yang diterbitkan lebih dulu disetujui oleh DJP. Dengan demikian, secara tidak langsung eNofa membantu meminimalisir terjadinya penyalahgunaan faktur pajak dan munculnya faktur pajak ilegal.

    Baca juga: Neraca Perdagangan: Definisi, Komponen, dan Cara Menghitung

     

     eNofa dapat meminimalisir terjadinya penyalahgunaan faktur pajak.

    Cara Mendapatkan eNofa

    Tidak sulit, cara mendapatkan eNofa alias mendapatkan NFSP melalui eNofa dapat dilakukan selama kamu memiliki sertifikat digital atau elektronik. Akses eNofa melalui laman http://efaktur.pajak.go.id dan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan permintaan NFSP:

    • Buka laman eNofa
    • Di bagian kiri, klik “Permintaan NSFP”
    • Pilih sertifikat digital yang kamu miliki
    • Lakukan permintaan rentang NSFP

    Belum memiliki sertifikat digital? Langsung saja, ikuti cara berikut ini:

    Melalui Google Chrome

    1. Buka menu “Pengaturan/Settings” pada titik tiga yang berada di kanan atas
    2. Klik “Pengaturan Lanjutan/Advanced Settings” di bagian paling bawah daftar pengaturan
    3. Klik “Kelola Sertifikat/Manage Certificates”
    4. Klik “Impor/Import”

    Melalui Mozilla Firefox

    1. Klik “Pilihan/Options” yang terletak di menu kanan atas
    2. Klik “Lanjutan/Advanced”
    3. Klik “Sertifikat/Certificates”
    4. Pada tab “Sertifikat Anda/Your Certificates”, tekan “Impor/Import”

    Baca juga: Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Contoh Neraca Pembayaran

    Penutup

    eNofa adalah situs atau web yang menyediakan layanan untuk mengajukan permohonan NSFP secara daring (online). NSFP adalah nomor seri dari DJP yang digunakan PKP sebagai syarat untuk membuat faktur pajak atau bukti pungutan pajak pertambahan nilai. eNofa hadir untuk mempermudah proses penerbitan NSFP yang sebelumnya dilakukan secara manual. eNofa memiliki beberapa fungsi dan manfaat yang menguntungkan bagi penggunanya. Tidak sulit, mendapatkan NFSP melalui eNofa dapat dilakukan selama kamu memiliki sertifikat digital atau elektronik.

    Setelah memahami pengertian eNofa, fungsi dan manfaat eNofa, serta cara mendapatkannya, sebagai pemilik bisnis atau perusahaan, kamu juga bisa menemukan berbagai informasi seputar pajak dan bisnis di sini. Saat membangun dan menjalankan bisnis, pilih aplikasi yang dapat mendukung kelancaran prosesnya, seperti majoo. Dengan berlangganan majoo, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ditawarkan untuk mendukung kemajuan bisnismu. Tidak perlu khawatir, majoo selalu setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis, terutama untuk urusan partner pembayaran. Tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan sekarang!

    Referensi:

    • https://klikpajak.id/blog/enofa-pajak-pengertian-fungsi-dan-cara-ajukan-permintaan/
    • https://koinworks.com/blog/cara-menggunakan-aplikasi-e-nofa/

    Gambar:

    • Freepik.com

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Bank Garansi adalah: Contoh, Tujuan, Fungsi
    Berbeda dari banyak bank lain yang kita kenal, bank garansi adalah bentuk jaminan dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk kembangkan bisnis. Apa maksudnya?
    5 Contoh Surat Pengalaman Kerja
    Bermaksud pindah kerja? Siapkan satu jenis surat penting sebagai penunjangnya. Surat pengalaman kerja biasanya tidak perlu dilampirkan bersama CV.
    Laporan Keuangan Perusahaan Jasa: Kenali Jenis & Contohnya!
    Tak hanya perusahaan dagang, bisnis yang bergerak di sektor jasa pun perlu membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Yuk, kenali jenis dan contohnya!