Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Berapa Gaji Admin Online Shop di Setiap Daerah?

    Gaji admin online shop setiap daerah berbeda karena bergantung pada Upah Minimum Regional (UMR)yang sudah ditetapkan di daerah tersebut.

    Admin online shop merupakan salah satu posisi yang krusial dalam operasional online shop. Admin merupakan perwakilan dari online shop-mu yang terjun langsung dan berkomunikasi dengan customer. Tidak hanya itu saja, tugas admin membantu kegiatan operasional usaha online shop. Pada beberapa online shop, admin bahkan bertugas menjadi marketing di media sosial.

    Berkembangnya pasar digital yang pesat menjadikan posisi admin paling dicari. Saat ini, mencari admin yang bisa bekerja sesuai harapan bukanlah hal yang mudah. Tidak sedikit online shop mengalami kesulitan dalam menemukan admin online shop berkualitas.

    Setiap admin online shop pun memiliki gaji berbeda di setiap daerah. Lalu apa saja yang memengaruhi gaji admin online shop tersebut? Berikut ini penjelasan lengkap tentang pengertian, skill, tanggung jawab, dan gaji admin online shop.

    Pengertian Admin Online Shop

    Admin online shop adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengoperasikan segala hal yang berhubungan dengan platform jual beli online.

    Admin online shop membantu owner toko untuk menjalankan operasional jual beli yang ada di platform online.

    Seorang admin online shop dituntut untuk up to date terhadap tren marketing yang saat ini hype di platform jual beli online (marketplace dan media sosial) sehingga target penjualan terpenuhi secara maksimal.

    Baca Juga: Menerapkan Format dan Contoh Slip Gaji Karyawan Secara Tepat

     Skill, tugas, dan tanggung jawab yang diberikan kepada setiap admin pun memengaruhi gaji admin online shop.

    Tugas Admin Online Shop

    Tugas admin online shop tidak hanya sebatas menjawab semua komentar atau memproses pesanan yang masuk, tetapi juga dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan market yang ada agar dapat mengerjakan tugas-tugas berikut ini.

    1. Memberikan Informasi Produk

    Salah satu tugas admin online shop adalah memberikan informasi produk secara detail. Penjelasan yang diberikan menentukan ketertarikan calon customer untuk membeli produk tersebut.

    Maka dari itu, admin online shop harus memiliki product knowledge yang baik.

    2. Memperbarui Informasi Produk Terkini

    Sebagai seorang admin online shop, seseorang harus memiliki kemampuan dalam menyampaikan dan menerangkan informasi terbaru mengenai produk kepada calon customer. Hal ini dilakukan agar calon customer dapat menemukan value lebih dari produk tersebut yang tidak bisa mereka temukan pada produk kompetitor.

    3. Menjaga Performa Bisnis Perusahaan

    Performa penjualan online dinilai dari rating yang diberikan oleh konsumen. Ketika rating toko buruk, calon pelanggan pun akan ragu untuk membeli produk yang dijual. Oleh sebab itu, tugas admin online shop adalah menjaga performa tersebut dengan berinteraksi secara responsif dan solutif dengan pelanggan.

    4. Mengedukasi Pelanggan Secara Continue

    Mengedukasi para pelanggan juga merupakan tugas seorang admin online shop. Hal ini dilakukan supaya customer paham, meminimalisasi kekeliruan, dan komplain. Menjadi admin sebaiknya dapat memberikan solusi ketika pelanggan mengalami masalah dengan produk yang dibelinya.

    5. Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

    Kunci kesuksesan suatu bisnis adalah komunikasi yang baik dengan pelanggannya. Tidak jarang loyalitas para pelanggan terbentuk sebagai akibat dari komunikasi yang baik yang terjalin antara kedua belah pihak. Dari sinilah akan terbentuk suatu relasi yang berkesinambungan.

    6. Memantau Persediaan Barang

    Memantau persediaan barang yang masuk dan keluar juga menjadi tugas admin online shop. Tugas ini dilakukan untuk menyesuaikan jumlah barang yang tersedia dengan jumlah orderan yang masuk. Dengan memantau persediaan barang, admin dapat memberikan informasi kepada calon konsumen tentang ketersediaan produk yang ingin mereka beli.

    7. Merekap Pesanan Masuk

    Tugas admin online shop yang tak kalah penting adalah merekap pesanan masuk. Manfaatnya agar dapat mengetahui stok barang yang keluar, omzet online shop dalam satu bulan, dan memastikan pesanan yang dibeli konsumen sudah benar atau belum.

    8. Membuat Promosi di Platform Jual Beli Online (Marketplace)

    Agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang dijual, sebaiknya seorang admin membuat promosi di platform jual beli online (marketplace). Contoh promosi yang bisa dibuat, seperti memberikan cashback, voucher diskon, flash sale, bundling produk, dan lain sebagainya.

    Baca Juga: Memahami Pengertian dan Contoh Remunerasi Untuk Pegawai

    Skill yang Harus Dimiliki Admin Online Shop

    Seorang admin online shop dapat menjalankan segala tugas dan tanggung jawab dengan baik harus didukung dengan skill dan kualifikasi tertentu. Beberapa skill tersebut, antara lain:

    1. Sopan dan Santun

    Sopan dan santun merupakan hal wajib dimiliki setiap orang di dalam pekerjaan formal maupun informal. Skill ini memang wajib dimiliki setiap admin karena mereka akan berkomunikasi dan berinteraksi dengan customer.

    2. Teliti

    Untuk mengurus berbagai orderan yang masuk dan keluar serta memeriksa stok barang, skill yang wajib dimiliki seorang admin adalah ketelitian. Apabila kurang teliti, admin rawan melakukan suatu kesalahan sehingga memberikan dampak yang serius pada online shop.

    3. Memiliki Inisiatif

    Perkembangan teknologi terus berkembang pesat sehingga membuat platform bisnis online shop pun mengalami perubahan dan perkembangan fitur. Admin yang memiliki inisiatif tinggi akan menguntungkan toko online dengan inisiatifnya memanfaatkan fitur-fitur baru tersebut.

    4. Jujur

    Sifat jujur karyawan akan membuat owner lebih tenang ketika menyerahkan tokonya untuk dikelola. Ketika hiring karyawan, sebaiknya owner atau HR (Human Resource) melakukan pengukuran kejujuran pada calon karyawan tersebut.

    5. Mampu Bekerja Dalam Tim

    Ketika bisnis online shop sudah semakin berkembang, tentu saja akan membutuhkan banyak karyawan lagi. Hal ini dapat diartikan bahwa diperlukan kerja sama tim untuk saling mengisi posisi dan melakukan berbagai pekerjaan yang tidak bisa dilakukan sendiri. Bila seorang admin tidak mampu bekerja dalam tim, hal ini akan menghambat kinerja anggota lainnya.

    6. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi

    Terkadang terdapat customer yang hanya sekadar mengajukan pertanyaan terkait produk yang ingin dibelinya. Untuk menghadapi customer tersebut, seorang admin harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

    Kemampuannya berkomunikasi dengan baik ini juga sangat berguna dalam komunikasinya dengan owner online shop. Dengan penyampaian admin yang baik terkait kondisi online shop dan pasar terkini dapat memudahkan owner untuk menentukan strategi bisnis berikutnya.

    7. Mempunyai Skill Basic Microsoft Office

    Tak hanya soft skill, skill teknis pun diperlukan untuk mendukung operasional online shop. Skil teknis ini untuk melakukan pembukuan dan update stock data.

    Basic Office yang dimaksud seperti Microsoft Excell dan Microsoft Word sangat umum untuk dikuasai. Alangkah baiknya seorang owner online shop merekrut karyawan yang memiliki kemampuan dasar Microsoft Office ini supaya menyederhanakan operasional bisnis.

    8. Familier dengan Media Sosial

    Saat ini hampir semua brand mempunyai akun media sosial untuk menjangkau customer lebih mudah dan luas. Media sosial juga menjadi tempat untuk mempromosikan produk atau jasa yang dijual.

    Seorang admin online shop harus familier berbagai media sosial dan hype dari masing-masing platform media sosial. Hal ini dilakukan supaya produk luas dikenal masyarakat dan toko pun dapat melakukan inovasi produk baru sesuai tren untuk menjangkau customer.

    9. Menguasai Literasi Digital

    Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi yang disajikan melalui digital. Hal ini sangat berguna untuk menghemat waktu, uang, dan tenaga.

    Admin yang dapat menguasai literasi digital dapat lebih mudah membuat suatu keputusan karena dia mudah mencari informasi dan referensi dari berbagai hal yang dihadapi.

    10. Memahami dan Menguasai Sistem Transaksi Online

    Transaksi online adalah bagian dari bisnis online shop. Transaksi online ini mulai dari order online, payment, pengiriman, hingga cek resi, dan invoice secara online. Jadi seorang admin online shop harus mampu memahami dan menguasai itu semua.

    Dengan memahami dan menguasai sistem transaksi online, seorang admin akan mempercepat alur transaksi dan akan menghemat waktu kerja.

    Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Tugas Karyawan

    Gaji Admin Online Shop Berdasarkan Daerah

    Daerah tempat online shop berada juga dapat mempengaruhi jumlah gaji yang diterima. Berikut ini gaji admin online shop dari beberapa daerah, yaitu :

    • Denpasar, rata-rata gaji admin online shop sekitar Rp2.694.996.
    • Semarang, rata-rata gaji admin online shop sekitar Rp3.033.826.
    • Tangerang, rata-rata gaji admin online shop sekitar Rp2.883.721.
    • Bandung, rata-rata gaji admin online shop sekitar Rp2.852.000.
    • Surabaya, rata-rata gaji admin online shop sekitar Rp2.831.825.
    • Bekasi, rata-rata gaji admin online shop sekitar Rp3.261.686.
    • Jakarta, rata-rata gaji admin online shop sekitar Rp3.410.000.
    • Depok, rata-rata gaji admin online shop sekitar Rp3.522.996.
    • Jakarta, rata-rata gaji admin online shop sekitar Rp3.515.067.
    • Yogyakarta, rata-rata gaji admin online shop sekitar Rp2.754.210.

    Kisaran gaji di atas ini berbeda-beda tergantung dari skill yang dikuasai admin serta tugas dan tanggung jawab yang dikerjakan. Umumnya, semakin berat tugas dan tanggung jawab yang dikerjakan, gaji yang diperoleh pun semakin tinggi.

    Kesimpulan

    Admin online shop adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab untuk mengelola serta mengoperasikan segala hal yang berhubungan dengan platform jual beli online.

    Setiap gaji yang diberikan tergantung pada skill yang dikuasai, tugas dan tanggung jawab yang dilakukan setiap admin. Pada setiap daerah juga memiliki standar Upah Minimum Regional (UMR) yang menjadi patokan penggajian setiap karyawan.

    Ketika kamu memiliki bisnis dan tidak memiliki tools mumpuni untuk membantu segala operasional bisnismu, kamu akan kehilangan banyak waktu dalam membuat laporan keuangan, penggajian karyawan, hingga analisis bisnis. Maka dari itu, kamu dapat  menggunakan aplikasi majoo untuk membantu semua operasional bisnismu.

    Di dalam aplikasi majoo terdapat fitur karyawan yang dapat mengatur pin atau password level dan hak akses bagi karyawan. Laporan absensi karyawan pun lengkap dengan live foto waktu masuk dan pulang kerja, durasi jam kerja. Sehingga, semua tercatat secara real time. Fitur ini juga dapat otorisasi persetujuan absensi langsung dari karyawan ke atasan. Manfaat lainnya dari fitur ini yaitu dapat mengelola komisi hingga multi komisi (satu transaksi dibagi menjadi beberapa komisi). Kamu juga akan mendapatkan laporan komisi yang lengkap berdasarkan transaksi, produk, dan karyawan. Untuk pembayaran komisi pun dapat di-posting ke akun pengeluaran. Sungguh mudah bukan?

    Yuk, segera gunakan aplikasi majoo! Kelola bisnis dengan aplikasi yang tepat dengan aplikasi majoo. Aplikasi majoo adalah aplikasi wirausaha lengkap yang dapat diandalkan, untuk solusi segala jenis bisnis agar lebih maju. Segera tinggalkan cara lama dan mulai #langkahmajoo mu!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.