Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Bisnis F&B adalah Bisnis yang Menguntungkan. Ini Alasannya!

    Bisnis F&B adalah Bisnis yang Menguntungkan. Ini Alasannya!

    Bisnis F&B adalah bisnis yang sangat populer.

    Sejak dulu, bisnis F&B adalah bidang bisnis yang memang sangat populer di kalangan masyarakat. Bisnis ini juga dikenal sebagai bisnis yang tidak akan lekang oleh waktu. Setiap saat, bisnis F&B masih akan tetap memiliki penggemarnya sendiri. 

    Hal itulah yang kemudian menjadikan para pebisnis menganggap bahwa bisnis F&B adalah bisnis yang menjanjikan keuntungan besar. Kenapa bisa dianggap menguntungkan? Tentunya ada beberapa alasan untuk hal tersebut. 

    Kenalan dengan Bisnis F&B 

    Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai alasan kenapa bisnis F&B dinilai sebagai bisnis populer yang akan terus memberikan keuntungan, sebaiknya kenalan dulu dengan apa itu bisnis F&B, yuk

    F&B adalah singkatan dari Food and Beverage (makanan dan minuman). Jadi, bisa diartikan bahwa bisnis F&B adalah bisnis kuliner yang pada dasarnya bisa dirintis oleh siapa saja bahkan dengan modal minim. Bisnis ini bergerak di bidang pembuatan dan penjualan makanan maupun minuman. Usaha jenis ini tentu dapat kita temui, mulai dari warteg, rumah makan sederhana, kafe, hingga restoran mewah. 

    Jenis bisnis F&B ini dinilai bisa menghasilkan keuntungan besar asalkan pemilik bisnis juga mampu selalu menjaga layanan, kualitas, cita rasa, dan kebersihannya. Selain itu, peluang kerjanya pun melimpah sehingga membantu menyerap banyak tenaga kerja.

    Baca Juga: 14 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Keuntungan Besar

    Tugas dan Tanggung Jawab Bisnis F&B 

    Setelah mengetahui apa itu bisnis F&B, penting juga untuk mengetahui tugas serta tanggung jawab umum bisnis yang satu ini dalam melayani konsumen. 

    Beberapa hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab dari bisnis F&B adalah

    • Menyediakan makanan dan minuman berkualitas sesuai dengan SOP yang ditetapkan.
    • Memberikan pelayanan yang ramah, profesional, serta efisien.
    • Meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis dari segi penjualan makanan dan minuman.
    • Meningkatkan sekaligus mempertahankan kepuasan pelanggan maupun konsumen baru.

    Alasan Kenapa Bisnis F&B adalah Bisnis yang Menguntungkan

    Di tengah banyaknya bentuk bisnis baru yang bermunculan, bisnis F&B adalah salah satu jenis bisnis yang nyatanya mampu bertahan. Salah satu hal yang dianggap sebagai kunci dari keberhasilan bisnis F&B di tengah banyaknya persaingan adalah adanya inovasi atau kreativitas terus menerus dalam produk maupun pemasarannya.

    Dengan berbagai sentuhan kreativitas, bisnis F&B mampu untuk terus berkembang. Inovasi yang unik merupakan satu yang terpenting dalam bisnis ini. Perlu diingat juga bahwa bisnis F&B perlu diawali dengan pengetahuan mengenai bisnis, makanan dan minuman serta perencanaan untuk memasarkan.

    Alasan lainnya kenapa bisnis F&B dinilai sebagai bisnis yang menguntungkan adalah:

    F&B adalah Kebutuhan Dasar Manusia

    Makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar manusia seumur hidupnya. Jika dulunya, orang mencari makanan dan minuman di luar rumah sebagai kebutuhan sekunder atau tersier, saat ini bisa dikatakan statusnya sudah berubah menjadi kebutuhan primer. 

    Nongkrong di kafe, makan dan minum di restoran adalah sebuah kebutuhan yang tidak lepas dari kehidupan manusia. Di era modern ini ada banyak orang memilih restoran atau kafe sebagai tempat untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti meeting, family time, maupun sekadar berjumpa dengan teman atau kolega. 

    Lantaran itulah, selama kamu sebagai pemilik bisnis mampu menghadirkan konsep yang kreatif dan inovatif, bisnis F&B tidak akan pernah sepi pengunjung.

    Mudah Beradaptasi dengan Tren

    Bisnis F&B adalah jenis bisnis yang bisa selalu beradaptasi dengan tren terbaru. Kamu pasti tahu bahwa setiap tahun, pasti ada saja jenis hidangan kuliner terbaru dari berbagai negara. 

    Tren ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan, apalagi jika kamu dapat mengkreasikannya menjadi menu unik yang bisa menarik minat lebih banyak pelanggan.

    Berkembang Mengikuti Kemauan Pasar

    Pasar makanan dan minuman terus berkembang dan menjawab minat konsumen. Kamu juga harus bisa mengembangkan peluang bisnis F&B dengan mengikuti kemauan pasar.

    Kemampuan untuk meningkatkan dan menyesuaikan produk dari waktu ke waktu, berdasarkan feedback atau umpan balik dari pelanggan merupakan salah satu hal yang menjadikan bisnis F&B digemari sebagai ladang bisnis. 

    Kesadaran Wirausaha

    Meningkatnya kesadaran berwirausaha di berbagai negara, termasuk Indonesia membuat bisnis F&B menjadi bidang yang seringkali dipilih oleh orang-orang yang baru memulai menjadi wirausahawan.

    Mudahnya mendapatkan bahan baku, proses pengolahan makanan dan minuman yang tidak rumit untuk disajikan seringkali menjadi pertimbangan wirausahawan baru.

    Baca Juga: Food and Beverage adalah Prioritas Pemerintah: Kenapa?

    Bisnis F&B bisa terus bertahan dengan berbagai alasan.

    Perkembangan Teknologi Semakin Maju

    Hadirnya layanan food order delivery merupakan peluang emas untuk mencari keuntungan dalam menjalankan bisnis F&B. 

    Selain memudahkan konsumen, kamu sebagai pemilik bisnis juga bisa memangkas biaya operasional karena sebagian makanan akan diantar ke tangan pembeli oleh pihak ketiga.


    Banyaknya platform media sosial yang memungkinkan kamu untuk menawarkan menu terbaru dengan cepat dan menjangkau banyak orang menjadi salah satu strategi pemasaran demi meningkatkan penjualan. 

    Baca Juga: Unik, Deskripsi ini Menjadikan Menu Food Order Delivery Lebih Menarik!

    Terkait Dengan Industri Lain

    Tidak bisa dimungkiri bahwa bisnis F&B adalah bidang yang tidak bisa terlepas dari industri lainnya. Contohnya, di sektor pariwisata, tidak mungkin tidak ada tempat makan. 

    Contoh lainnya, pada bidang infrastruktur, pembangunan jalan tol seringkali dibarengi dengan pembuatan rest area, yang nantinya mayoritas akan digunakan oleh  usaha yang bergerak pada sektor F&B.

    Keterkaitan F&B dengan industri lainnya, menjadikan alasan industri F&B ini sepertinya akan terus meningkat. 

    Modal yang Bisa Disesuaikan

    Untuk memulai bisnis F&B cenderung tidak membutuhkan banyak biaya untuk modal awal. Bahkan saat ini para calon wirausahawan juga dipermudah dengan adanya sistem bisnis franchise makanan atau minuman yang telah memiliki standarisasi serta dapat dijalankan dengan membayar lisensi dengan biaya yang juga bisa disesuaikan.

    Baca: 11 Rekomendasi Franchise Minuman 2022 Terlaris

    Perkembangan Bisnis F&B di Indonesia

    Bisnis F&B di Indonesia dinilai mempunyai daya tarik yang sangat kuat karena market di Indonesia yang sangat besar. Hal inilah yang menjadikan peluang bisnis F&B sangat menjanjikan jika pemiliknya bisa mengelola secara baik dan benar. 

    Sejak tahun 2019, bisnis franchise atau waralaba dan kemitraan banyak bermunculan dari sektor F&B, terutama untuk jenis minuman, seperti kedai kopi, minuman kekinian dengan aneka topping, minuman Boba, Cheese tea, dan Thai Tea. 

    Sementara dari sektor makanan berbagai inovasi baru juga makin bermunculan. Mulai dari tahu, kentang, sosis, ubi dan jenis fast food lainnya yang lebih banyak didominasi oleh franchise juga hadir dengan tampilan yang menarik minat kaum milenial untuk membeli. 

    Belum lagi jenis kuliner olahan ayam dan olahan mie yang bervariatif juga semakin booming di kalangan masyarakat pecinta kuliner. 

    Di Indonesia, memang sampai saat ini sektor bisnis F&B adalah bisnis masih tetap mendominasi. Ini bisa dilihat dari maraknya kemitraan yang bermunculan dari sektor F&B, baik kuliner baru atau lama yang mengeluarkan produk baru. Ini artinya bisnis ini masih menduduki peringkat atas, dan masih mendapat respon positif dari masyarakat.

    Namun, ada satu kelemahan atau mungkin bisa disebut sebagai faktor yang cukup mengusik di perkembangan bisnis F&B di Indonesia, yaitu bergantung pada tren. 

    Sebuah bisnis yang dikembangkan berdasarkan tren di masyarakat memang pada akhirnya akan menimbulkan beberapa konsekuensi. 

    Pertama, bisnis tersebut harus selalu bisa membuat inovasi pada produknya. Kedua, bisnis tersebut juga harus pintar-pintar memainkan banyak instrumen guna menarik minat customer untuk membeli.  

    Sudah banyak sekali kasus bisnis F&B yang mengalami kerugian dan akhirnya tutup karena produk yang ditawarkan sudah tidak ngetren lagi. 

    Seperti Itulah tren perkembangan yang terjadi pada sektor bisnis F&B di Indonesia saat ini. 

    Kesimpulan

    Bisnis F&B adalah bisnis yang berpeluang menjanjikan, namun saat merintisnya, kamu perlu menerapkan beberapa tips penting agar usaha tersebut berjalan lancar. 

    Penting untuk memulai bisnis F&B dari kecil sehingga kamu bisa perlahan-lahan belajar mengelolanya dengan baik. Setelah itu, kamu harus mengatur bisnis agar memiliki kemampuan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. 

    Seiring dengan berkembangnya bisnis, secara otomatis kamu akan ingin membutuhkan distributor atau supplier untuk memenuhi kebutuhan bahan-bahan. 

    Ada baiknya kamu menginvestasikan waktu untuk memilih distributor yang sesuai dengan visi dan misi bisnismu. 

    Selanjutnya, pilih metode pemasaran yang sesuai tujuan, potensi, dan budget bisnismu. Jika masih bingung menentukan promo atau kampanye yang sesuai dengan bisnismu, fitur aplikasi dari majoo bisa memberikan berbagai solusi. Penasaran dengan fiturnya? Coba berlangganan majoo dulu! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.