Istilah industri kreatif mungkin sudah sering kamu dengar. Saat ini, industri kreatif adalah salah satu bidang yang banyak diminati oleh generasi muda. Para generasi muda yang memang gemar menuangkan ide dan gagasannya sesuai minat dan bakat merasa bahwa industri kreatif adalah sebuah jalan two in one untuk mendapatkan keuntungan dan juga menyalurkan hobi.
Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2018 menyebutkan bahwa industri kreatif Indonesia telah menyumbang 852 triliun Rupiah atau setara dengan 7,3 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Tak heran bila banyak anak muda yang tertarik dan mengidolakan industri ini, lantaran angka tersebut memang bisa dibilang cukup menggiurkan.
Barang produksi dari industri kreatif memang tampil dan terlihat berbeda daripada produk lain yang sejenis di dunia bisnis. Hal ini dikarenakan produk yang dihasilkan merupakan hasil dari kreativitas yang menghadirkan sesuatu yang inovatif, otentik, unik, dan bisa saja menjadi pioner dalam bidangnya.
Inovasi dan kreativitas yang tercipta dari industri inilah yang semestinya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Pemerintah selayaknya memberikan bantuan, mulai dari permodalan sampai pemasaran produk, agar industri ini terus tumbuh dan tidak mandek di tengah jalan.
Hal ini lantaran semakin tumbuhnya industri kreatif di Indonesia, maka akan menunjukan bahwa ekonomi Indonesia mampu bersaing dengan negara lain. Secara otomatis menjadi indikasi bahwa perekonomian di Indonesia selangkah lebih maju dibandingkan para pesaingnya di bidang yang sama.
Pengertian Industri Kreatif
Dari bahasan di atas, apakah kamu sudah mulai paham apa pengertian industri kreatif? Mari kita jabarkan sedikit demi sedikit apa yang dimaksud dengan industri kreatif agar menjadi jelas!
Pengertian industri kreatif adalah proses penciptaan, kreativitas, dan ide dari seseorang atau sekelompok orang yang bisa menghasilkan sebuah karya, tanpa mengeksploitasi sumber daya alam, serta dapat dijadikan produk ekonomi yang menghasilkan.
Dalam pengertian lainnya, industri kreatif adalah industri yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.
Kreativitas yang ada semestinya mampu membuka semakin banyak lapangan pekerjaan. Karena itulah, industri ini harus dikembangkan, sebagai salah satu penopang perekonomian Indonesia.
Bila bidang industri lainnya sangat tergantung pada besarnya kuantitas faktor-faktor produksi yaitu sumber daya alam dan manusia, maka industri kreatif lebih membutuhkan soft skill atau kualitas sumber daya manusia yang memiliki ide-ide inovatif, kreativitas, dan talenta. Tak heran bila industri kreatif umumnya digerakkan oleh individu atau sekelompok orang yang mempunyai ide-ide, intelektual, bakat, dan kreativitas untuk berkreasi menghasilkan karya atau produk asli dan otentik yang sesuai dengan permintaan pasar.
Persaingan di bidang industri kreatif ini menjadi cukup ketat karena tingkat peminatnya yang memang juga banyak. Masing-masing individu yang memutuskan bergerak di dalam industri kreatif secara tidak langsung dituntut untuk peka terhadap perubahan dan sigap dalam melihat perkembangan pasar.
Maka secara garis besar bisa disimpulkan bahwa industri kreatif adalah konsep bisnis inovatif yang mengedepankan ide, gagasan, informasi, dan kreativitas sebagai faktor utama.
Jenis Industri Kreatif
Ada beberapa jenis bidang industri yang bisa dikategorikan sebagai kreativitas yang dihasilkan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat. Jenis industri kreatif tersebut antara lain:
• Musik
Sudah bisa kamu pahami bahwa industri musik merupakan salah satu jenis dari industri kreatif. Musik merupakan sebuah bentuk mengekspresikan diri melalui bunyi. Unsur yang paling mendasar dari musik adalah melodi, irama, dan harmoni, sedangkan unsur pendukungnya adalah ide, sifat, dan warna bunyi.
Maka secara sederhana industri musik merupakan sebuah proses penggabungan dari bermacam kegiatan, mulai dari komposisi musik, rekaman musik, promosi, penerbitan, hingga pertunjukan musik.
Bila dilihat dari pengertian industri kreatif, maka industri musik dapat didefinisikan sebagai kegiatan atau usaha yang berkaitan dengan pendidikan, kreasi atau komposisi, rekaman, promosi, distribusi, penjualan, dan pertunjukan seni musik.
Industri musik merupakan bisnis kreativitas musik dari para musisi yang direkam, didistribusikan, dan ditampilkan oleh perusahaan rekaman secara luas ke publik. Salah satu cara agar tetap bertahan hidup dan tetap produktif dalam bermusik di masa maraknya teknologi digital ini, banyak para musisi yang membuat rekaman video dan audio di rumah, lalu membagikannya ke platform media sosial.
• Film
Industri kreatif memiliki potensi yang besar terhadap perekonomian nasional. Film sebagai salah satu jenis industri kreatif yang saat ini tengah berkembang.
Dari kacamata industri kreatif, dalam pembuatan film, terdapat faktor pendukung seperti unsur budaya, fashion dan tempat wisata di Indonesia yang digunakan sebagai latar dalam sebuah film.
Proses kreatif pembuatan film dimulai dari ide awal, penulisan skenario dan naskah, proses produksi, pemilihan pemain dan kru yang bertugas sampai nanti strategi promosi dan pemasarannya.
• Kerajinan
Kerajinan merupakan jenis industri kreatif yang paling banyak ditemukan saat ini. Penyebab utamanya karena kerajinan sudah menjadi bagian dari kehidupan dan budaya sebagian besar masyarakat di belahan dunia mana saja.
Bahan baku yang diperoleh dari lingkungan sekitar seperti kayu, bambu, akar, tanah liat, batu, logam, kain, atau barang yang sudah tidak terpakai, di tangan para pengrajin bisa diolah menjadi berbagai produk. Mulai dari barang-barang sederhana (peralatan rumah tangga) sampai peralatan dengan desain modern yang bernilai pakai tinggi dan estetis.
• Fashion
Jenis industri kreatif yang akan tetap bertahan seiring perkembangan zaman adalah fashion. Apa pun yang terjadi (perang, resesi, ataupun pandemi), industri kreatif di bidang fashion akan terus berjalan selama desainer masih memiliki ide-ide kreatif di kepalanya.
Para desainer semestinya mampu untuk terus beradaptasi dalam menciptakan tren fashion dengan kondisi yang ada di masyarakat. Di musim dingin, musim panas, bahkan saat pandemi sekali pun.
• Arsitektur
Arsitektur adalah jenis industri kreatif yang terkait dengan desain dan perencanaan konstruksi bangunan. Arsitektur terbagi menjadi dua bagian, yaitu arsitektur makro dan arsitektur mikro. Arsitektur makro bisa dibilang merupakan desain dan konstruksi bangunan dalam skala besar. Sedangkan, arsitektur mikro adalah konstruksi bangunan dalam skala kecil.
Industri kreatif bidang arsitektur memiliki banyak manfaat. Selain bisa menyediakan lapangan pekerjaan, produk dari industri arsitektur, biasanya berupa bangunan unik, megah, dan bernilai seni tinggi.
• Seni Pertunjukan
Seni pertunjukkan yang sudah kamu kenal antara lain teater, pagelaran tari, wayang golek dan wayang kulit, dan sebagainya. Sudah barang tentu seni pertunjukkan semacam ini melibatkan banyak orang, seperti dalang, sinden, tukang kendang, penabuh gamelan, pemain kecapi, tukang pukul gong, dll.
Dari sisi industri kreatif, seni pertunjukkan wayang bisa menjadi sumber penghasilan yang dapat diandalkan oleh seniman-senimannya.
• Permainan Interaktif
Bidang industri permainan interaktif terkait dengan kreasi permainan, produksi permainan serta pemasarannya. Tidak hanya bersifat untuk hiburan, permainan selayaknya bisa memberikan edukasi dan melatih ketangkasan otak tergantung dari jenis permainannya.
Segi kreativitas di sini adalah yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Jenis industri kreatif yang satu ini tidak ditujukan sebagai hiburan semata tapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.
• Layanan Komputer dan Perangkat Lunak
Layanan Komputer dan Perangkat Lunak masuk dalam kategori salah satu jenis industri kreatif karena berpotensi besar untuk memberikan manfaat bagi perekonomian. Ruang lingkup industri kreatif ini antara lain, layanan komputer, perangkat lunak/software, desain website, dan desain game.
• Periklanan/Advertising
Sama seperti industri kreatif lainnya yang menghadirkan banyak sumber daya manusia muda yang kreatif, industri periklanan memiliki prospek positif untuk saat ini dan di masa depan. Jenis industri kreatif ini bisa dibilang ikut membantu menggerakkan roda perekonomian lokal dan nasional, karena mendorong usaha dan semangat produsen untuk tetap memproduksi produk atau jasa.
Segi kreativitas dari industri periklanan mencakup tampilan periklanan di media cetak, elektronik, dan digital. Pemasangan berbagai poster juga baliho, penyebaran pamflet, flyer, dan media reklame sejenisnya. Termasuk juga distribusi serta penyewaan kolom untuk iklan.
Kegiatan ini juga meliputi proses kreasi sejak di pembuatan ide, operasi, dan distribusi dari periklanan yang dihasilkan, misalnya perencanaan komunikasi periklanan, media periklanan, produksi material periklanan, promosi dan kampanye.
• Video
Bicara tentang video di masa sekarang, yang terbayang pertama kali mungkin adalah aplikasi Youtube. Seperti yang kamu ketahui, Youtube adalah platform media sosial yang berbasis video. Bila kamu membuat konten video di Youtube, lalu banyak subscriber dan penontonnya, maka kamu sebagai konten kreator bisa meraih penghasilan yang tinggi.
Dilihat dari sisi industri kreatif, untuk mendapat subscriber dan penonton dalam jumlah yang banyak, pembuat konten, baik secara individual atau tim, perlu melalui proses membuat konten dengan berbagai tema yang unik, menarik, dan berfaedah, seperti komedi, kuliner, travelling, sosial, berita, olah raga, dll.
• Kuliner
Setiap wilayah di seluruh dunia hampir bisa dipastikan memiliki kekayaan kuliner yang beragam. Inilah yang menjadikan bidang kuliner termasuk jajaran jenis industri kreatif yang tak lekang oleh waktu.
Kegiatan industri kreatif bidang kuliner ini meliputi dari pembuatan kuliner khas daerah, dan juga pemasaran produk khas daerah di wilayah masing-masing. Bidang kuliner menjadi industri kreatif yang cukup menjanjikan saat ini, karena memiliki nilai ekonomis namun tetap memiliki keuntungan yang besar.
• Penerbitan dan Percetakan
Industri penerbitan adalah bidang yang kegiatannya menyediakan produk kreatif berupa karya tulis seperti buku, koran, majalah, komik, dan sejenisnya yang dipublikasikan ke masyarakat umum.
Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang ini istilah penerbitan diperluas lagi. Ketika berbicara penerbitan, kita tidak hanya mengacu pada karya tulis cetak, tetapi mencakup penerbitan konten elektronik atau digital seperti e-book, blog, website, musik, video, dan game. Di sinilah sisi kreativitas industri penerbitan dan percetakan terhitung sebagai salah satu jenis industri kreatif yang menjanjikan.
• Riset dan Pengembangan
Kenapa riset dan pengembangan termasuk sebagai salah satu jenis industri kreatif? Jawabannya adalah karena riset dan pengembangan merupakan kegiatan atau usaha kreatif dari individu atau tim tertentu yang menawarkan produk hasil dari penemuan dan penelitian ilmiah.
Produk yang dihasilkan dari bidang ini bisa dalam bentuk produk baru atau produk inovatif/pengembangan dari produk sebelumnya. Produk yang dihasilkan ini sangat berguna dan dapat memenuhi permintaan pasar.
• Desain
Industri desain juga termasuk dalam salah satu jenis industri kreatif yang penting karena memanfaatkan perangkat dan aplikasi komputer (Photoshop atau Corel) untuk mendesain. Hasil desain dituangkan ke media berupa kertas dan bahan untuk pembuatan banner, logo, brosur, kaos dll.
Umumnya omset pendapatan untuk usaha desain ini cukup menggiurkan. Apalagi bila order yang didapat bersifat borongan sehingga modal produksi bisa ditekan tapi tetap mendatangkan banyak keuntungan.
Contoh Industri Kreatif
Industri kreatif adalah bidang usaha yang menghasilkan sebuah karya, namun memiliki nilai ekonomi yang tinggi, dengan mengasah kreativitas dari para pelaku bisnisnya. Begitu yang bisa kamu pahami dari beberapa keterangan di atas, bukan?
Nah, untuk memperjelas berikut adalah beberapa contoh industri kreatif yang bisa kamu temukan dalam kehidupan berbisnis.
-
Produksi kain batik
-
Proses pembuatan film
-
Pagelaran wayang atau sendratari
-
Percetakan buku
-
Fashion show
-
Konten kreator
Tujuan Industri Kreatif
Lantas, apa tujuan dari industri kreatif? Berbagai jenis industri kreatif memiliki beberapa tujuan dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya, sebab dalam industri kreatif terdapat berbagai gagasan, ide, maupun kreativitas yang akhirnya membentuk tujuan tertentu. Beberapa tujuan dari industri kreatif adalah sebagai berikut:
- Menggali dan mengembangkan berbagai potensi setiap individu.
- Menciptakan masyarakat yang kreatif dan inovatif.
- Menciptakan iklim bisnis yang kondusif dan positif.
- Mengurangi tingkat kemiskinan.
- Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan terhadap negara.
Sementara itu, bagaimana hubungan antara ekonomi kreatitvitas dan industri kreatif? Pada dasarnya, ekonomi kreatif adalah sebuah konsep yang menampung masuknya sebuah inovasi dan informasi. Di sisi lain, industri kreatif merupakan bentuk usaha menjalankan kreativitas dan informasi dengan bantuan sumber daya manusia untuk menciptakan berbagai produk yang memiliki nilai jual.
Penutup
Dengan menyadari bahwa ketersediaan sumber daya alam sangat terbatas, selayaknya perencanaan bisnis dengan mengeksplorasi ide dan kreativitas semakin dikembangkan.
Eksplorasi ide dan kreativitas manusia tanpa batas. Karena itu, industri kreatif ini memiliki potensi yang akan terus tumbuh tanpa harus bergantung pada sumber daya alam yang semakin menipis.
Kalau kamu tertarik dengan membangun industri kreatif, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan teknologi untuk operasional bisnis kamu. Hal ini bisa dimulai dengan penggunaan aplikasi keuangan yang efisien, friendly, dan juga memiliki harga terjangkau. Kamu bisa memulainya dengan menjadi pengguna aplikasi majoo. Ayo, jangan ragu ya!