Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Internet Banking adalah: Pengertian dan Keuntungannya

    Internet Banking adalah: Pengertian dan Keuntungannya

    Internet banking adalah layanan perbankan yang bisa diakses melalui internet.

    Internet banking adalah salah satu layanan perbankan yang membawa banyak manfaat positif bagi para nasabah, baik masyarakat biasa sebagai pihak konsumen, maupun para pelaku bisnis yang berhubungan erat dengan keuangan. 

    Semakin berkembangnya teknologi membawa dampak pada banyak hal, termasuk keuangan dan perbankan. Adanya jaringan internet dengan jangkauan yang luas menjadikan berbagai layanan dan transaksi perbankan bisa dilakukan dengan mudah, efektif, dan efisien. Salah satu produk layanan yang dirasa paling banyak membawa manfaat adalah internet banking. 

    Internet banking adalah layanan yang bukan hanya bisa kamu gunakan untuk melakukan transfer dana, namun juga untuk membayar tagihan, akomodasi transportasi, sampai dengan berbelanja. 

    Baca juga: Apa Itu Nasabah? Ketahui Pengertian dan Jenisnya di Sini!

    Pengertian Internet Banking

    Secara umum, pengertian internet banking adalah layanan untuk melakukan transaksi perbankan yang dilakukan melalui jaringan internet, tanpa perlu nasabah datang langsung ke bank atau ATM. Secara khusus, bisa diartikan internet banking adalah salah satu kegiatan perbankan yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi dan layanan lainnya. 

    Sesuai dengan namanya, cara kerja internet banking adalah dengan menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung antara nasabah dengan bank. Nasabah hanya perlu menggunakan perangkat komputer desktop, laptop, tablet, atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet untuk melakukan berbagai macam transaksi. 

    Fitur Internet Banking

    Pada internet banking, ada berbagai macam fitur yang bisa dinikmati oleh para nasabah, antara lain:

    • Informasi umum rekening tabungan/giro
    • Informasi umum rekening deposito
    • Informasi mutasi rekening
    • Layanan transfer dana (antar rekening maupun antar bank)
    • Pembelian pulsa
    • Layanan informasi, seperti suku bunga dan kurs
    • Pembayaran (telepon, internet, TV kabel, listrik, dan lain-lain)

     

    Bagaimana cara menggunakan internet banking?

    Cara Menggunakan Internet Banking

    Meskipun tergolong mudah, nyatanya masih ada nasabah yang belum paham benar cara menggunakan internet banking. Terutama mereka yang mungkin kurang akrab dengan dunia internet. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai menggunakan internet banking, antara lain adalah:

    • Nasabah harus memiliki user id, password, dan kode OTP
    • Selain itu, pastikan bahwa jaringan internet nasabah berada dalam kondisi yang stabil
    • User id, password, dan kode OTP bisa didapatkan dengan mendaftarkan penggunaan internet banking di bank terkait.

    Bila disederhanakan, berikut langkah-langkah cara menggunakan internet banking.

    • Masuk ke situs atau website resmi tempat kamu memiliki rekening
    • Pilih layanan internet banking
    • Masukkan user id dan password
    • Pilih menu layanan perbankan yang diinginkan
    • Ikuti perintah yang tertera pada layar menu
    • Saat mengakhiri proses transaksi, pastikan kamu sudah benar-benar logout dari halaman internet banking
    • Jika sudah selesai, biasanya akan ada email pemberitahuan yang masuk ke email milikmu, berisi informasi transaksi yang baru saja kamu lakukan.

    Baca juga: Bank Digital adalah Kebutuhan Masyarakat Saat Ini. Kok Bisa?

    Keuntungan Internet Banking 

    Ada beberapa keuntungan internet banking yang menjadikannya sebagai layanan perbankan favorit para nasabah, khususnya kaum milenial, yang menginginkan segala sesuatu yang serba praktis. Keuntungan internet banking tersebut, yaitu:

    Layanan yang Efisien

    Adanya internet banking pastinya memberikan efisiensi yang berlebih bila dibandingkan dengan kerepotan kamu harus datang ke ATM atau bank hanya untuk melakukan transaksi. Semakin efisien dengan pilihan transaksi yang juga semakin beragam.

    Gratis dan Praktis

    Internet banking adalah fitur dari bank yang bisa digunakan secara gratis oleh para nasabahnya. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya saat mendaftarkan akun di awal. Selain itu, dengan adanya internet banking, semua jenis transaksi bisa dilakukan praktis hanya melalui komputer atau smartphone dengan cara menggunakan internet banking yang cukup mudah.

    Bisa Digunakan untuk Kebutuhan Sehari-hari

    Keuntungan internet banking lainnya adalah bisa digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari, bukan hanya hal yang berkaitan dengan urusan keuangan perbankan. Seperti, pembayaran listrik, pascabayar, air, gas, sampai dengan pembelian pulsa dan paket data internet.

    Hemat 

    Lantaran penggunaannya yang praktis dan gratis, secara otomatis adanya layanan internet banking menjadikan nasabah bisa berhemat. Bukan hanya hemat biaya, namun juga hemat waktu.

    Dengan canggihnya teknologi, sekarang hampir seluruh bank yang beroperasi sudah menyediakan layanan internet banking. Pihak bank memberikan kenyamanan bagi para nasabahnya untuk tetap bisa melakukan berbagai macam transaksi dari mana saja dan kapan saja, tanpa perlu datang langsung ke bank atau mesin ATM.

    Kelemahan Internet Banking

    Meski keuntungan internet banking cukup banyak, ternyata masih saja ada kelemahan dari layanan ini yang perlu diwaspadai oleh para nasabah yang biasa menggunakannya, antara lain:

    Adanya Ancaman Cyber Crime

    Internet banking adalah layanan yang terhubung dengan internet. Padahal, sampai saat ini, yang namanya cyber crime atau kejahatan siber masih sangat marak. Misalnya, ada banyak hacker di luar sana yang bisa dengan mudahnya membobol rekening tertentu. 

    Adanya Berbagai Modus Kejahatan Online

    Masih terkait dengan cyber crime, ada juga berbagai kejahatan online lainnya yang mengintai para nasabah. Meskipun, pihak bank sudah memberikan jaminan keamanan data pribadi, kamu harus tetap waspada dengan tidak sembarangan memberikan atau memasukkan data pribadi secara online

    Harus Selalu Ada Koneksi Internet yang Stabil

    Lantaran seluruh layanannya harus didukung dengan koneksi internet, mau tidak mau nasabah yang berkepentingan pun harus memiliki jaringan internet yang stabil. Koneksi yang tidak stabil bisa menyebabkan transaksi perbankan menjadi tersendat, bahkan mungkin mengalami kegagalan. 

    Baca juga: Mari Mengenal Pengertian dan Fungsi Rekening Koran

    Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking 

    Mengenal istilah internet banking, mungkin kamu juga sudah akrab dengan salah satu layanan perbankan lainnya, yaitu mobile banking. Sebagian orang masih menganggap bahwa dua layanan ini sama, internet banking adalah mobile banking, dan sebaliknya.

    Padahal, pada dasarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja perbedaan internet banking dan mobile banking? Secara umum, bisa dinyatakan bahwa perbedaan internet banking dan mobile banking terletak pada cara mengakses dan cara penggunaannya. 

    Seperti tadi sudah dijelaskan, internet banking adalah layanan perbankan yang bisa diakses melalui website atau situs resmi bank yang terkait. Dengan kata lain, internet banking bisa diakses oleh para nasabah langsung melalui browser atau peramban, baik di komputer atau smartphone.

    Sedangkan, mobile banking hanya dapat diakses melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak bank. Untuk bisa menggunakannya, nasabah perlu mengunduh dan memasang aplikasi tersebut terlebih dulu pada smartphone mereka. Dengan kata lain, mobile banking hanya bisa digunakan dari smartphone, tidak bisa diakses melalui personal computer, laptop, atau tablet. 

    Selain itu, penggunaan internet banking bisa dikatakan hanya membutuhkan data internet. Sementara, mobile banking terkadang masih membebankan biaya pulsa untuk notifikasi melalui sms kepada nasabah.

    Bicara soal risiko, mobile banking juga dianggap sebagai layanan yang lebih rentan terkena cyber crime atau kejahatan siber, bila dibandingkan dengan layanan internet banking. Belum lagi risiko data pribadi yang bisa diretas saat smartphone milikmu rusak atau hilang. Cukup mengerikan, ya?

    Kesimpulan

    Pengertian internet banking adalah layanan untuk melakukan transaksi perbankan yang dilakukan melalui jaringan internet, tanpa perlu nasabah datang langsung ke bank atau ATM. 

    Secara khusus, internet banking adalah salah satu kegiatan perbankan yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi dan layanan lainnya. 

    Dengan adanya layanan internet banking, dan juga mobile banking, pastinya membawa pelaku bisnis ke arah yang lebih positif dalam hal transformasi bisnis. Dari yang tadinya serba manual dan konvensional menjadi serba terkomputerisasi dan digital. Dari yang tadinya penuh kerepotan dan keribetan, menjadi serba praktis, hemat, dan efisien.

    Begitu juga dengan bisnis, menerapkan transformasi digital artinya bukan hanya kamu beralih dari kalkulator manual menjadi mesin kasir. Namun juga mempercayakan operasional bisnismu pada aplikasi keuangan yang serba digital, seperti majoo

    Dengan memilih majoo untuk menemani transformasi bisnismu menjadi serba digital, tidak akan ada lagi yang namanya pencatatan manual, pembayaran konvensional, stok barang yang acak-acakan maupun laporan keuangan yang terdapat kesalahan catat. Semuanya serba rapi dan terkomputerisasi. Masa iya kamu mau menolak semua kemudahan yang diberikan oleh majoo? Masih belum percaya? Buktikan sendiri, yuk!

    Referensi:

    Pengertian Internet Banking, Keuntungan dan Contohnya (ocbcnisp.com)

    E-banking - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Sumber Gambar: Freepik

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Bank Garansi adalah: Contoh, Tujuan, Fungsi
    Berbeda dari banyak bank lain yang kita kenal, bank garansi adalah bentuk jaminan dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk kembangkan bisnis. Apa maksudnya?
    5 Contoh Surat Pengalaman Kerja
    Bermaksud pindah kerja? Siapkan satu jenis surat penting sebagai penunjangnya. Surat pengalaman kerja biasanya tidak perlu dilampirkan bersama CV.
    Laporan Keuangan Perusahaan Jasa: Kenali Jenis & Contohnya!
    Tak hanya perusahaan dagang, bisnis yang bergerak di sektor jasa pun perlu membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Yuk, kenali jenis dan contohnya!