Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Mari Mengenal Pengertian dan Fungsi Rekening Koran

    Rekening koran secara singkat bisa dipahami sebagai ringkasan transaksi perbankan

    Bagi masyarakat, baik personal maupun yang berkecimpung di kegiatan usaha atau bisnis biasanya sudah tidak asing lagi dengan proses transaksi di bank. Hal ini menjadi normal dan wajar saja karena di zaman modern seperti sekarang, siapa yang tidak punya rekening atau tabungan di bank? 

     

    Menurut data Statistik Perbankan Indonesia, per Januari 2019 terdapat 115 bank umum di Indonesia. Menjamurnya keberadaan lembaga perbankan di Indonesia ini menyebabkan mayoritas masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal dan menggunakan jasa perbankan.  Apalagi bagi yang tinggal di daerah perkotaan, hampir semua orang dari anak-anak hingga orang tua memiliki rekening atau tabungan di bank.

     

    Nah, laporan dari keseluruhan transaksi yang kamu lakukan di bank inilah yang biasa dikenal dengan sebutan rekening koran. Rekening koran umumnya dicetak secara berkala dan dikirim langsung ke nasabah pemegang rekening, atau hanya dicetak atas permintaan nasabah. 

     

    Lalu, sebenarnya apa itu rekening koran? Kenapa fungsi rekening koran terbilang penting dalam jalannya sebuah bisnis atau usaha? Mari kita bahas pengertian rekening koran lebih dulu!

    Pengertian Rekening Koran

    Kata 'Koran' berasal dari Bahasa Belanda, yaitu courant yang berisi tentang laporan keuangan atau transaksi. Secara harfiah, rekening koran adalah ringkasan transaksi dalam satu rekening, baik itu rekening milik individu maupun rekening badan usaha atau perusahaan.

     

    Rekening koran adalah rangkuman semua aktivitas rekening transfer masuk dan keluar, debit atau kredit, yang diperlukan oleh bank atau nasabah pemegang rekening sebagai bukti untuk menunjukkan bahwa nasabah yang bersangkutan benar adanya memiliki penghasilan atau arus kas di bank tersebut.

     

    Pengertian lain menyebutkan bahwa rekening koran adalah laporan yang diberikan bank pada nasabahnya. Laporan tersebut berisi alur keluar masuk uang nasabah, baik debit atau kredit. 

     

    Khususnya bagi nasabah yang memiliki rekening giro. Kalau kamu membuka rekening giro di bank, kamu akan mendapatkan laporan transaksi alur kas dari rekening kamu setiap bulannya. Inilah yang dimaksud dengan rekening koran. Informasi tentang transaksi keuangan di rekening tersebut beserta saldo kasnya yang berada di bank.

     

    Tapi, jangan salah. Rekening koran tidak sama dengan laporan mutasi. Laporan mutasi bisa dilihat dan dicetak setiap hari, sedangkan rekening koran hanya bisa dicetak dalam kurun waktu minimal 1 bulan. 

    Perkembangan Rekening Koran

    Rekening koran diberikan atau dikirimkan oleh pihak bank saat memasuki akhir bulan. Namun, tidak semua bank mengirimkan rekening koran tanpa diminta. Beberapa bank akan menerbitkan laporan tersebut hanya jika nasabahnya meminta atau melakukan permohonan ke kantor cabang bank.

     

    Syarat dan ketentuan pencetakan rekening koran berbeda antara satu bank dan lainnya. Perbedaan ini terjadi berdasarkan peraturan yang berlaku di bank tersebut. Proses pengajuannya pun biasanya harus menunggu beberapa waktu, karena customer service harus mendapatkan persetujuan dari pimpinan bank yang sedang bertugas. Selain itu, ada biaya yang harus kamu keluarkan saat melakukan permohonan cetak rekening koran di bank. Berapa biayanya? Lagi-lagi tergantung pada kebijakan masing-masing bank. 

     

    Secara umum, rekening koran dicetak secara berkala dan dikirim langsung ke pemegang rekening, atau hanya dicetak sesuai permintaan nasabah, tapi saat ini, kamu bisa melihat dan mengunduh rekening koran kapan saja melalui online. Praktis bukan?

     

    Seperti yang kamu tahu, perkembangan teknologi terjadi cukup cepat dalam beberapa tahun terakhir, hal ini juga menyebabkan terjadi pergeseran dalam pencetakan laporan keuangan maupun rekening koran. Dari yang biasanya dicetak, berubah menjadi bisa dilihat langsung di layar gawai. Ya, perkembangan teknologi memang sudah merambah dunia perbankan. Kalau dahulu nasabah memerlukan rekening koran untuk mengecek transaksi, sekarang tidak lagi. Setiap nasabah baik personal atau atas nama perusahaan dan badan usaha bisa memeriksa transaksi keuangan melalui mobile banking

     

    Ada beberapa bank yang memberikan kemudahan bagi para  nasabahnya untuk melihat atau mengunduh langsung rekening koran miliknya melalui situs resmi bank atau melalui aplikasi di gawai masing-masing. Beberapa ATM juga menawarkan kemungkinan untuk mencetak riwayat transaksi atau mutasi rekening secara langsung.

     

    Dengan adanya kemudahan ini, apakah posisi rekening koran akan tergeser dalam sistem transaksi perbankan? Tidak. Terutama dalam bidang usaha bisnis dan perusahaan. 

     

    Bagi para pemilik bisnis atau perusahaan, rekening koran adalah hal yang cukup penting karena berhubungan erat dengan pembukuan terutama untuk rekonsiliasi transaksi perbankan. Karena itulah keberadaan rekening koran masih akan tetap dibutuhkan oleh para pelaku bisnis. 

     

    Fungsi Rekening Koran

    Sekarang kamu sudah paham kan bahwa ternyata rekening koran adalah komponen penting dalam sistem transaksi perbankan dan dunia bisnis? Tapi, ternyata masih banyak lagi fungsi rekening koran baik bagi individu maupun bidang usaha atau perusahaan. Apa saja fungsinya? Kita bahas satu per satu yuk!

    Fungsi Rekening Koran bagi Individu

    1. Sebagai Sumber Informasi Keuangan

    Seperti yang sudah dibahas dalam pengertian rekening koran, fungsi rekening koran adalah sebagai rangkuman atau ringkasan dari seluruh transaksi yang terjadi di rekening.  Masing-masing individu bisa mendapat informasi mulai dari saldo awal, transfer masuk, transfer keluar, biaya administrasi, bunga yang didapat, sampai dengan saldo akhir setiap bulannya. Dengan begitu informasi akurat bisa diperoleh sebagai gambaran dari rincian tabungan di rekening yang ada. 

     

    2. Sebagai Syarat Pengajuan Pinjaman

    Rekening koran biasanya menjadi salah satu syarat bila kamu ingin mengajukan pinjaman ke bank. Mulai dari pinjaman modal usaha, kredit kepemilikan rumah, kredit kepemilikan kendaraan bermotor sampai kredit tanpa agunan. 

     

    Salah satu fungsi rekening koran adalah sebagai syarat pengajuan visa

    3. Sebagai Syarat Pengajuan Visa

    Kalau seorang individu akan berkunjung ke luar negeri, entah untuk bekerja, menempuh pendidikan, bahkan berlibur, maka dia memerlukan visa. Bila ingin mengurus visa untuk berkunjung ke luar negeri, maka rekening koran adalah salah satu syaratnya. Rekening koran dibutuhkan sebagai bukti bahwa pengunjung memiliki cukup uang selama di luar negeri dan cukup uang untuk kembali ke negara asal.

     

    4. Sebagai Syarat untuk Menjadi Peserta Lelang

    Agenda pelelangan dalam skala besar biasanya membutuhkan laporan transaksi keuangan yang asli dari para pesertanya. Hal ini dikarenakan rekening koran bisa menjadi sebuah bukti yang menunjukkan jumlah dana yang dimiliki dan riwayat transaksi yang menjadikan kamu layak menjadi peserta lelang. 

     

    Fungsi Rekening Koran bagi Bidang Usaha atau Perusahaan

    1. Sebagai Bukti Hukum

    Saat ini, mungkin  kamu sering mendengar adanya kasus dan masalah hukum yang berhubungan dengan transaksi keuangan. 

     

    Contohnya, perusahaan melakukan pembelian barang produksi atau kebutuhan kantor melalui online shop dengan sistem pembayaran transfer. Pihak perusahaan sudah mentransfer sejumlah uang sesuai dengan nominal pembayaran, tapi pihak penjual merasa tidak pernah ada dana yang masuk di rekening mereka. 

     

    Maka, untuk keperluan komplain ke pihak bank, rekening koran adalah sebuah bukti yang otentik. Di rekening koran terdapat seluruh detail catatan transaksi yang membuktikan transfer dana sudah dilakukan atau belum. 

     

    Begitu pula saat terjadi sengketa atau perselisihan antar perusahaan, rekening koran yang berisi laporan akurat dan datang dari bank dapat dijadikan sebagai bukti tertulis. 

     

    2. Sebagai Informasi Rinci Keuangan Perusahaan

    Seluruh aktivitas transaksi akan tercantum lengkap dengan tanggal dan jam transaksi. Hal ini penting karena proses transaksi keuangan yang ada dalam sebuah bisnis atau perusahaan haruslah detail, terperinci, jelas, dan transparan. 

     

    Dengan adanya rekening koran, pihak audit atau akuntan perusahaan akan lebih mudah melacak jalur transaksi kas perusahaan yang sudah terjadi sehingga memudahkan pekerjaan mereka.

     

    3. Sebagai Dasar untuk Pencocokan Transaksi Bisnis

    Setiap bisnis atau perusahaan umumnya memiliki transaksi keuangan yang dilakukan melalui rekening bank. Dengan rekening koran, kamu bisa lebih mudah melakukan pencocokan transaksi keuangan bisnis atau perusahaan dengan transaksi bank. Pencocokan ini yang sering disebut dengan proses rekonsiliasi keuangan atau rekonsiliasi bank.

     

    Rekonsiliasi bank adalah sebuah rangkaian catatan informasi yang menjelaskan tentang perbedaan-perbedaan kas. Seperti perbedaan antara catatan bank dengan catatan kas nasabah. Proses rekonsiliasi ini biasanya menghabiskan banyak waktu, karena seorang akuntan harus mencocokkan transaksi satu per satu.

     

    Bila terjadi perbedaan dari transaksi nasabah yang belum dicatat oleh bank, catatan bank nasabah yang benar. Sebaliknya, jika perbedaan disebabkan oleh catatan di pos-pos lain, maka catatan bank maupun perusahaan harus dilakukan penyesuaian. Fungsi rekening koran dalam hal ini adalah untuk mengetahui ketidaksesuaian antara catatan keuangan pada bisnis dan catatan bank.

     

    Karena itu, penggunaan aplikasi keuangan sangat disarankan dalam jalannya sebuah bisnis, karena akan sangat mempermudah dan menghemat waktu dalam proses rekonsiliasi seperti ini. 

     

    4. Sebagai Syarat Mengikuti Lelang

    Jika kamu sebagai pemilik bisnis atau perusahaan tertarik mengikuti lelang sebagai entitas bisnis, maka biasanya kamu diwajibkan untuk menunjukan SIUP dan ringkasan transaksi dari bisnismu. 

     

    Apalagi bila yang kamu ikuti adalah lelang proyek milik swasta atau pemerintah. Pihak penyelenggara biasanya akan meminta rekening koran untuk dijadikan bukti kepemilikan modal dan saldo perusahaan dan peserta lelang semestinya sanggup memenuhi syarat ini. 

     

    Maka, dengan melampirkan bukti transaksi dalam bentuk rekening koran ini, kamu bisa menunjukkan saldo dan jumlah dana yang cukup untuk menjalankan proyek dan dianggap layak menjadi peserta lelang. 




    5. Sebagai Syarat Mengajukan Pinjaman

    Sebuah bisnis atau perusahaan yang ingin bisnisnya menjadi maju dan berkembang membutuhkan tambahan modal Tak heran kalau beberapa perusahaan akan mengajukan pinjaman modal usaha ke bank.

     

    Pengajuan pinjaman ini membutuhkan riwayat transaksi yang baik sebagai dokumen permohonan pinjaman. Fungsi rekening koran di sini sebagai salah satu syarat pengajuan pinjaman. Bank bisa melihat rekam jejak dan riwayat transaksi dari rekening koran kamu atas nama bisnis atau perusahaan dan menentukan tindakan apakah pinjaman akan disetujui atau tidak. 

     

    Nah, sudah paham ya apa itu rekening koran beserta fungsinya baik bagi individu maupun perusahaan? Mencetak rekening koran guna memeriksa keseluruhan transaksinya secara manual masih banyak dilakukan oleh pemilik bisnis atau perusahaan. 

     

    Tapi sebagai pemilik bisnis yang cerdas kamu selayaknya sudah paham bahwa hal ini bisa dibuat lebih ringkas dengan penggunaan aplikasi keuangan yang mencatat secara rinci semua transaksi bisnismu seperti majoo. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnismu jadi pengguna majoo ya!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!
    Faktor keberhasilan wirausaha tidak terbatas pada modal uang saja, sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan sikap wirausaha untuk mengembangkan usaha.
    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.