Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Jenis-Jenis Gudang: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

    Jenis-Jenis Gudang: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

    Gudang menjadi hal penting dalam mendukung sebuah usaha.

    Dalam bisnis yang bergerak dalam bidang produksi atau industri, gudang menjadi salah satu hal penting yang wajib dimiliki, sebab gudang berperan sebagai tempat menyimpan barang atau hasil produksi. Dengan adanya ketidakpastian permintaan hasil produksi oleh konsumen, suatu perusahaan tentu akan melakukan inventory atau sistem persediaan. Untuk mendukung hal ini, perusahaan biasanya akan menyediakan wadah atau fasilitas berupa gedung (sebagai gudang) untuk menyimpan persediaan barang.

    Meskipun keberadaannya sangat penting, gudang yang dimiliki tidak berarti harus luas dan besar. Ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berencana membuat gudang untuk bisnis yang sedang kamu jalankan? Simak dulu penjelasan mengenai pengertian gudang, tujuan dan manfaat gudang, fungsi gudang, khususnya fungsi gudang dalam kegiatan bisnis, serta jenis-jenis gudang di bawah ini.

    Apa yang Dimaksud dengan Gudang?

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gudang adalah rumah atau bangsal tempat menyimpan barang-barang. Ya, dalam kehidupan sehari-hari, gudang memang biasa dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang, baik yang masih terpakai maupun yang tidak terpakai. Akan tetapi, dalam aktivitas ekonomi, gudang menjadi tempat atau ruang untuk menyimpan barang hasil produksi sebelum kemudian dijual atau didistribusikan kepada konsumen atau distributor yang memiliki skala lebih kecil.

    Sementara itu, menurut para ahli, gudang memiliki pengertian sebagai berikut: 

    Bowersox (1978:293)

    Gudang adalah lokasi untuk penyimpanan produk sampai permintaan (demand) cukup besar untuk melaksanakan distribusinya.

    Apple (1990:242)

    Gudang adalah tempat yang dibebani tugas untuk menyimpan barang yang akan digunakan dalam produksi, sampai barang tersebut diminta sesuai jadwal produksi.

    Ibnu Syamsi (1997:28)

    Gudang adalah ruangan untuk menyimpan barang yang berdinding, beratap, dan terkunci.

    Perpu Nomor 5 Tahun 1962

    Gudang adalah ruangan yang tidak bergerak yang dapat ditutup dengan tujuan tidak untuk dikunjungi untuk umum, melainkan untuk dipakai khusus sebagai tempat barang.

    Dengan demikian, jika dilihat dari perspektif sederhana, gudang adalah ruang yang dibangun dengan tujuan untuk menyimpan berbagai macam barang. Sementara itu, dalam aktivitas ekonomi, gudang memiliki pengertian yang cukup luas dan tidak terbatas sebagai ruang penyimpanan. Selain untuk memfasilitasi lokasi penyaluran barang, gudang juga bisa menjadi wadah untuk barang mentah hingga barang jadi yang akan disalurkan kepada pengguna.

    Baca juga: Apakah Inventory Control adalah Hal Penting dalam Bisnis?

    Tujuan dan Manfaat Gudang

    Secara garis besar, gudang dibangun untuk mendukung operasional usaha. Akan tetapi, gudang dibangun dengan beberapa tujuan sebagai berikut:

    1. Kebutuhan Produksi

    Salah satu dan tujuan utama gudang adalah untuk menunjang kebutuhan produksi agar kelancaran usaha bisa berlangsung. Biasanya dalam proses produksi membutuhkan aktivitas yang berbeda-beda sehingga menghasilkan produk dengan sifat yang bermacam-macam. Dalam hal ini, gudang adalah tempat penyimpanan yang cocok untuk mengelompokkan sebuah barang. Barang bisa dikelompokkan berdasarkan sifatnya disimpan terlebih dahulu maupun dikonsumsi secara langsung oleh pengguna.

    2. Pengurangan Biaya Transportasi dan Produksi

    Tujuan utama gudang adalah sebagai tempat penyimpanan, namun apakah kamu sadar bahwa fasilitas gudang ini bisa menekan biaya? Biaya yang dimaksud adalah biaya transportasi dan produksi. Gudang sendiri bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang persediaan produksi. Kamu bisa membeli bahan hanya dengan satu kali transportasi dan bisa berbelanja dalam skala besar sehingga biaya transportasi hanya satu kali saja.

    3. Pengkoordinasian antara Penawaran dan Permintaan

    Seperti yang diketahui, permintaan pasar memang tidak bisa selalu dipastikan secara akurat. Di satu sisi, penawaran harus terus berjalan sehingga gudang akhirnya dibuat untuk mengkoordinasikan antara penawaran dengan permintaan. Jadi gudang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang pada saat jumlah produksi naik atau ketika permintaan menurun, sehingga barang tidak akan terlantar dan masih bisa disimpan untuk dijual pada waktu yang akan datang.

    4. Kebutuhan Pasar

    Proses distribusi barang tidak boleh terganggu karena akan menunjang pendapatan sebuah usaha. Akan tetapi, untuk proses tersebut membutuhkan gudang sebagai tempat menampung persediaan produk. Hal ini berguna agar permintaan barang yang harus selalu ada oleh konsumen dapat terus dicukupi.

    Sementara itu, beberapa manfaat gudang menurut Purnomo (2004:282) adalah sebagai berikut:

    1. Manufacturing Support (Pendukung Proses Produksi)

    Keberadaan gudang memiliki peran untuk mendukung kelancaran proses produksi dimana sistem penyimpanan, transportasi, dan lainnya diatur agar produksi mampu tetap berjalan sesuai target.

    2. Production Mixing

    Gudang juga merupakan sarana untuk melakukan penyortiran barang atau produk sebelum didistribusikan ke pasar.

    3. Sebagai Perlindungan terhadap Barang

    Sistem pengamanan gudang juga dirancang agar mampu menjamin keamanan produk baik dari bahaya pencurian, kebakaran, banjir, serta problem keamanan lainnya.

    4. Pemisahan Produk dari Pencemaran

    Gudang juga merupakan sarana memisahkan material berbahaya dan material tidak berbahaya. Material yang beresiko membahayakan dan menimbulkan pencemaran mampu diantisipasi sebelum digabung atau bahkan dipasarkan.

    5. Sebagai Persediaan

    Melakukan prediksi permintaan produk yang akurat merupakan hal yang sangat sulit. Untuk itu pergudangan dapat digunakan sebagai alternatif tempat persediaan barang yang mana akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan penanganan persediaan.

    Baca juga: Label Inventaris Barang: Kecil Tapi Perannya Besar

    Selain tujuan dan manfaat, gudang juga memiliki beberapa fungsi. 

    Fungsi Gudang

    Fungsi utama gudang adalah sebagai tempat untuk memfasilitasi proses pengelolaan barang. Akan tetapi, terdapat beberapa fungsi gudang dalam kegiatan bisnis yang perlu kamu ketahui, yaitu sebagai berikut:

    1. Penerimaan

    Penerimaan atau receiving adalah proses penerimaan material pesanan perusahaan yang dikirim oleh pihak supplier sekaligus mendistribusikannya ke lantai produksi dengan tetap mempertahankan kualitasnya.

    2. Persediaan

    Fungsi gudang selanjutnya adalah untuk tempat persediaan dan berguna dalam menjamin agar permintaan konsumen dapat terpenuhi. Barang yang ada di gudang harus bisa memenuhi permintaan pelanggan dengan kualitas barang yang sudah terjamin.

    3. Penyisihan

    Penyisihan sering juga disebut dengan put away adalah sebuah kegiatan untuk meletakkan barang-barang ke lokasi penyimpanan. Jadi, lokasi penyimpanan gudang bisa digunakan dalam penyisihan sebuah barang dagangan.

    4. Penyimpanan

    Gudang berfungsi untuk penyimpanan atau storage, dimana gudang adalah sebuah bentuk fisik dari produk-produk yang disimpan sebelum adanya permintaan dari konsumen.

    5. Pengambilan Pesanan

    Sesuai namanya, pengambilan pesanan atau order picking adalah proses pengambilan barang sesuai permintaan konsumen dari gudang.

    6. Pengepakan

    Gudang juga bisa difungsikan sebagai tempat pengepakan atau packing, yang mana bisa dilakukan sesuai dengan permintaan pelanggan.

    7. Penyortiran

    Di sini, fungsi gudang adalah sebuah proses pengambilan batch menjadi pesanan individu sekaligus mengakumulasi distribusi pengambilan barang. Penyortiran dapat terjadi akibat adanya variasi produk dalam jumlah yang sangat besar.

    8. Pengepakan dan Pengiriman

    Pengepakan dan pengiriman bisa dilakukan di gudang untuk memeriksa barang, mulai sejak berada dalam kontainer hingga terjadinya pengiriman.

    Baca juga: Apa Itu Annual Report? Tujuan, Fungsi, dan Cara Membuatnya

    Jenis-Jenis Gudang

    Sebenarnya, mengapa harus memahami jenis gudang? Well, pada dasarnya, gudang berfungsi sebagai ruang untuk menyimpan barang. Akan tetapi, dengan banyaknya jenis gudang, kamu perlu memahami jenis-jenis gudang agar gudang yang digunakan dapat berfungsi secara maksimal. Jenis-jenis gudang menurut Purnomo (2004) adalah sebagai berikut:

    1. Gudang bahan baku.
    2. Gudang komponen/ suku cadang/ barang dalam proses.
    3. Gudang finished goods.
    4. Gudang pemasok kantor.
    5. Gudang peralatan.

    Penutup

    Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gudang adalah sebuah sarana pendukung aktivitas ekonomi yang sangat penting. Untuk bisa mengembangkan bisnis dengan baik, kamu bisa membangun gudang dengan bantuan ahli atau menggunakan jasa pergudangan terpercaya. Setelah memahami pengertian gudang, tujuan dan manfaat gudang, fungsi gudang, khususnya fungsi gudang dalam kegiatan bisnis, serta jenis-jenis gudang, jangan ragu untuk membaca berbagai informasi lain seputar bisnis di sini. Pilih aplikasi yang dapat mendukung kelancaran bisnismu, seperti majoo. Dengan berlangganan majoo, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ditawarkan untuk mendukung kemajuan bisnismu. Tidak perlu khawatir, majoo selalu setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis, terutama untuk urusan partner pembayaran. Tunggu apa lagi? Saatnya berlangganan sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Pada dasarnya, gudang berfungsi sebagai ruang untuk menyimpan barang. Akan tetapi, dengan banyaknya jenis gudang, kamu perlu memahami jenis-jenis gudang agar gudang yang digunakan dapat berfungsi secara maksimal. Jenis-jenis gudang menurut Purnomo (2004) adalah sebagai berikut: (1) Gudang bahan baku, (2) Gudang komponen/ suku cadang/ barang dalam proses, (3) Gudang finished goods, (4) Gudang pemasok kantor, (5) Gudang peralatan.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Bank Garansi adalah: Contoh, Tujuan, Fungsi
    Berbeda dari banyak bank lain yang kita kenal, bank garansi adalah bentuk jaminan dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk kembangkan bisnis. Apa maksudnya?
    5 Contoh Surat Pengalaman Kerja
    Bermaksud pindah kerja? Siapkan satu jenis surat penting sebagai penunjangnya. Surat pengalaman kerja biasanya tidak perlu dilampirkan bersama CV.
    Laporan Keuangan Perusahaan Jasa: Kenali Jenis & Contohnya!
    Tak hanya perusahaan dagang, bisnis yang bergerak di sektor jasa pun perlu membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Yuk, kenali jenis dan contohnya!