Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur, Optimalisasi Keuangan

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail


Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang jurnal umum perusahaan manufaktur? Jurnal umum adalah elemen penting yang berperan sebagai buku besar untuk mencatat semua aktivitas keuangan pada sebuah perusahaan.

Bagi perusahaan manufaktur, jurnal umum menjadi tulang punggung yang mencatat berbagai aktivitas keuangan, mulai dari pembelian bahan baku hingga penjualan produk jadi. Dengan pencatatan jurnal umum yang akurat, kamu sebagai pemilik usaha dapat menyusun laporan keuangan secara transparan dan bisa menganalisis kinerja bisnismu dengan lebih baik serta membantu pengambilan keputusan yang tepat.

Agar kamu lebih paham, di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap tentang jurnal umum perusahaan manufaktur dan cara membuatnya, ya.

Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur

Jurnal umum perusahaan manufaktur adalah buku besar yang digunakan untuk mencatat aktivitas keuangan bisnis sesuai dengan kronologis dan sistematis di perusahaan manufaktur. Jurnal umum ini mencatat semua transaksi yang melibatkan pembelian bahan baku, produksi barang, biaya produksi, penjualan produk jadi, serta transaksi keuangan lainnya yang terkait dengan operasional perusahaan.

Dalam jurnal umum perusahaan manufaktur, setiap transaksi dicatat dengan detail, termasuk tanggal, keterangan transaksi, nomor referensi, nominal transaksi (masuk ke debit atau kredit). Transaksi tersebut kemudian menjadi dasar dalam penyusunan laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.


Baca Juga: Pahami Contoh Jurnal Umum Perusahaan Dagang, Yuk!

Fungsi Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur

Fungsi jurnal umum perusahaan manufaktur sangatlah penting dalam proses pencatatan dan pengelolaan transaksi keuangan bisnis. Berikut ini terdapat penjelasan mengenai fungsi-fungsi utama jurnal umum perusahaan manufaktur, antara lain:

Mencatat Transaksi Keuangan

Jurnal umum berfungsi sebagai buku besar untuk mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan manufaktur. Pencatatan ini mencakup pembelian bahan baku, biaya produksi, penjualan produk jadi, pengeluaran operasional, dan lain-lain. 

Menyediakan Bukti Audit

Jurnal umum menyediakan catatan detail tentang setiap transaksi keuangan, memberikan bukti audit yang dapat digunakan untuk mengawasi dan memverifikasi aktivitas keuangan perusahaan secara akurat. 

Pelacakan Persediaan

Jurnal umum membantu dalam melacak dan mencatat pergerakan persediaan bahan baku, barang dalam proses, dan produk jadi. Informasi ini penting dalam mengelola produksi dan mengoptimalkan persediaan. 

Menyusun Laporan Keuangan

Jurnal umum menjadi dasar untuk menyusun laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Laporan keuangan ini memberikan informasi penting tentang kesehatan keuangan perusahaan dan menjadi panduan manajemen untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat. 

Analisis Keuangan

Dengan adanya jurnal umum, perusahaan manufaktur dapat menganalisis kinerja keuangan secara menyeluruh, mengidentifikasi tren, dan menilai efisiensi operasional bisnis. Analisis ini membantu manajemen untuk mengambil tindakan yang tepat guna meningkatkan profitabilitas perusahaan. 

Pengendalian Internal

Jurnal umum berperan penting dalam mengimplementasikan pengendalian internal yang baik. Dengan pencatatan transaksi yang teliti, perusahaan dapat mencegah dan mendeteksi kesalahan, serta memastikan kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur yang berlaku.

Perencanaan Keuangan

Jurnal umum sebagai dasar penyusunan anggaran keuangan perusahaan untuk periode mendatang. Data yang terdapat di jurnal umum menjadi referensi yang penting dalam perencanaan bisnis strategis. 


Baca Juga: Mau Tahu Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa?


Aplikasi wirausaha

Transaksi Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur

Transaksi yang masuk ke jurnal umum perusahaan manufaktur mencakup semua aktivitas keuangan yang terjadi dalam operasional perusahaan tersebut. Berikut ini terdapat beberapa contoh transaksi yang biasanya dicatat dalam jurnal umum perusahaan manufaktur, antara lain:

  • Pembelian bahan baku

Catatan pembelian bahan baku untuk produksi barang.

  • Biaya produksi

Pencatatan biaya produksi, termasuk biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

  • Penggunaan bahan baku dalam produksi

Pencatatan penggunaan bahan baku dalam proses produksi barang.

  • Penyelesaian produksi

Catatan penyelesaian produksi dan pemindahan barang dari produksi dalam proses menjadi barang jadi.

  • Penjualan produk jadi

Pencatatan penjualan produk jadi kepada pelanggan.

  • Biaya administrasi dan umum

Pencatatan biaya-biaya administrasi dan umum perusahaan.

  • Pembayaran utang

Catatan pembayaran utang kepada pemasok atau karyawan.

  • Penerimaan pendapatan

Pencatatan penerimaan pendapatan dari penjualan produk atau layanan.

  • Penyesuaian persediaan

Pencatatan penyesuaian persediaan barang jadi atau bahan baku yang rusak atau kadaluarsa.

  • Pencatatan aset tetap

Catatan pembelian atau penghapusan aset tetap perusahaan, seperti peralatan pabrik.

  • Pencatatan depresiasi

Pencatatan depresiasi aset tetap.

  • Penerimaan kas

Catatan penerimaan kas dari berbagai sumber, seperti penjualan, penerimaan piutang, atau pendapatan lainnya.

  • Pembayaran kas

Catatan pembayaran kas untuk berbagai keperluan, seperti pembelian, pembayaran utang, atau biaya operasional.

  • Penerimaan dan pembayaran piutang

Pencatatan penerimaan dari pelanggan atau pembayaran kepada pemasok yang berhubungan dengan piutang atau utang.

  • Penyesuaian pajak

Pencatatan penyesuaian atas pajak yang harus dibayar atau diterima oleh perusahaan.

  • Biaya bunga

Pencatatan biaya bunga yang terkait dengan pinjaman atau investasi.

  • Pencatatan bahan baku kembali

Pencatatan pengembalian bahan baku yang tidak sesuai atau rusak.

  • Biaya reparasi dan pemeliharaan

Pencatatan biaya perbaikan dan pemeliharaan peralatan pabrik.

  • Pembayaran gaji karyawan

Catatan pembayaran gaji kepada karyawan perusahaan.

  • Pembelian perlengkapan

Pencatatan pembelian perlengkapan kantor atau peralatan lainnya yang diperlukan dalam operasional perusahaan.

Jadi, setiap transaksi-transaksi di atas harus dicatat secara rinci dalam jurnal umum, termasuk tanggal, deskripsi transaksi, akun debit dan kredit yang terkena pengaruh, serta nilai transaksinya.

Dengan pencatatan yang akurat di dalam jurnal umum, perusahaan manufaktur dapat menyusun laporan keuangan dan melakukan analisis keuangan dengan lebih baik untuk pengambilan keputusan bisnis yang tepat. 


Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Umum untuk Keperluan Bisnis

Cara Membuat Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur

Cara membuat jurnal umum perusahaan manufaktur melibatkan beberapa langkah penting yang harus diikuti secara sistematis. Di bawah ini beberapa langkah untuk membuat jurnal umum perusahaan manufaktur, yakni: 

Identifikasi Transaksi Keuangan

Catat semua transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan manufaktur. Transaksi ini meliputi pembelian bahan baku, biaya produksi, penjualan produk jadi, pembayaran utang, penerimaan piutang, dan transaksi keuangan lainnya. 

Pilih Tanggal dan Nomor Jurnal

Tetapkan tanggal pencatatan untuk setiap transaksi. Selain itu, berikan nomor urut untuk setiap entri jurnal untuk mempermudah pengurutan dan referensi di masa mendatang. 

Tentukan Akun yang Terkena Pengaruh

Identifikasi akun-akun yang terkena pengaruh dalam setiap transaksi. Setiap transaksi harus dicatat dengan pasangan akun debit dan kredit yang sesuai. 

Deskripsikan Transaksi (Keterangan)

Berikan keterangan atau deskripsi singkat untuk setiap transaksi yang dicatat. Deskripsi ini harus jelas dan mencakup informasi penting tentang transaksi tersebut. 

Tentukan Nilai Transaksi

Catat nilai atau jumlah transaksi dalam mata uang yang sesuai. Pastikan pencatatan nilai transaksi dengan tepat dan akurat. 

Catat Transaksi ke dalam Jurnal Umum

Setelah semua informasi transaksi dikumpulkan, catat setiap transaksi dalam jurnal umum perusahaan manufaktur. Letakkan entri debit dan kredit dalam kolom yang sesuai. 

Lakukan Penghitungan dan Periksa Keselarasan

Pastikan bahwa total nilai debit sama dengan total nilai kredit dalam jurnal umum. Hal ini harus selalu seimbang sesuai dengan prinsip double-entry system dalam akuntansi. 

Lengkapi Jurnal dengan Informasi Tambahan

Berikan informasi tambahan jika diperlukan, seperti nomor faktur, nama vendor atau pelanggan, atau detail spesifik lainnya yang relevan dengan transaksi. 

Jurnalisasi Transaksi Secara Teratur

Lakukan pencatatan transaksi secara teratur, setiap kali terjadi transaksi keuangan baru. Usahakan untuk mencatat transaksi segera setelah terjadi agar tidak terlupakan. 

Simpan dan Kelola Jurnal Umum dengan Baik

Pastikan jurnal umum perusahaan manufaktur disimpan dengan aman dan teratur. Jurnal ini merupakan dasar untuk menyusun laporan keuangan dan untuk keperluan audit.

Cara membuat jurnal umum perusahaan manufaktur ini harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti untuk memastikan pencatatan yang akurat dan tepat waktu. Jurnal umum akan menjadi referensi penting dalam menyusun laporan keuangan dan analisis kinerja keuangan perusahaan manufaktur. 


Baca Juga: Jurnal Umum Adalah Dasar Pencatatan Keuangan Bisnis


Aplikasi kasir online

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur

Agar kamu lebih paham tentang jurnal umum perusahaan manufaktur, berikut adalah contoh jurnal umum perusahaan manufaktur untuk transaksi secara tunai dan kredit.

  1. Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur untuk Pembelian Bahan Baku

Tunai

PT ABX membeli bahan baku dari supplier B secara tunai sebesar Rp50.000.000.

jurnal umum perusahaan manufaktur pembelian bahan baku secara tunai. 

Kredit

PT BX membeli bahan baku dari supplier X secara kredit sebesar Rp30.000.000.

jurnal umum perusahaan manufaktur pembelian bahan baku secara kredit.

  1. Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur untuk Pembayaran Gaji Karyawan

PT ABC membayar gaji karyawan secara tunai sebesar Rp20.000.000.

jurnal umum perusahaan manufaktur pembayaran gaji pegawai. 

  1. Jurnal Umum Perusahaan Manufaktur untuk Penyelesaian Produksi dan Penjualan

Tunai

PT ABC menjual produk jadi kepada pelanggan secara tunai sebesar Rp150.000.000

jurnal umum perusahaan manufaktur produksi penjualan tunai. 

Kredit

PT ABC menjual produk jadi kepada pelanggan secara kredit sebesar Rp120.000.000

jurnal umum perusahaan manufaktur produksi penjualan kredit. 

Harap dicatat bahwa ini hanya beberapa contoh transaksi dan bisa bervariasi tergantung pada jenis bisnis perusahaan manufaktur dan kegiatan operasionalnya. Setiap transaksi harus dicatat dengan teliti dan akurat dalam jurnal umum untuk menyediakan catatan yang dapat dipercaya untuk penyusunan laporan keuangan dan analisis keuangan lebih lanjut. 


Baca Juga: 5 Fungsi Jurnal Umum yang Mesti Kamu Ketahui. Apa Saja?

Kesimpulan

Nah, itulah ulasan tentang jurnal umum perusahaan manufaktur yang penting untuk kamu ketahui. Ingatlah bahwa ketelitian dalam melakukan jurnal umum diperlukan untuk menjaga saldo agar seimbang, ya. 

Apakah kamu merasa kesulitan membuat jurnal umum secara manual? Jangan khawatir, karena saat ini ada solusi yang lebih praktis menggunakan aplikasi Point of Sales (POS) seperti aplikasi majoo. Dengan fitur-fitur lengkap yang disediakan, aplikasi majoo akan membantu kamu sebagai pemilik bisnis manufaktur agar bisa mengelola bisnismu dengan lebih mudah dan efisien. 

Tak hanya mencatat transaksi, aplikasi ini juga memungkinkanmu mengelola persediaan dan menghasilkan laporan keuangan secara instan, lho! Dengan adanya aplikasi akuntansi di dalam aplikasi majoo, kamu dapat memantau setiap siklus keuangan bisnismu dengan lebih akurat dan real-time.

Jadi, jika kamu sebagai pemilik bisnis dan belum familier dengan siklus akuntansi, aplikasi majoo adalah pilihan yang tepat untuk mengatur keuangan bisnismu dengan lebih praktis dan profesional, ya.

Yuk, temukan lebih banyak manfaat dari aplikasi majoo dan tingkatkan performa bisnismu sekarang!


Sumber data:

https://manajemenkeuangan.net/perusahaan-manufaktur-adalah/


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo