10 Ide Kerja Sampingan Online, Fleksibel dan Raih Untung

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Contoh kerja sampingan online yaitu menjadi content creator. 

Kerja sampingan online bisa menjadi solusi untuk mendapatkan tambahan income. Di era serba digital seperti saat ini, mencari pekerjaan sampingan online sangat dicari-cari, lho!  Pasalnya, pekerjaan online ini bisa dikerjaan di samping memiliki pekerjaan utama sehingga pekerjaan utamamu tidak terganggu.

Terdapat banyak pilihan ide kerja sampingan online yang bisa kamu pilih, nih! Jadi, yuk, cari tahu ide kerja sampingan online yang bisa kamu pilih dan tentunya mendatangkan keuntungan bagi kamu! 

Keuntungan Kerja Sampingan Online

Kerja sampingan online memiliki berbagai keuntungan yang menarik. Apa saja keuntungannya? Berikut keuntungan dari kerja sampingan online yang perlu kamu ketahui, ya.

  1. Fleksibilitas Waktu dan Lokasi

Salah satu keuntungan utama kerja sampingan online adalah fleksibilitas waktu dan bisa dikerjakan di mana saja. Kamu bisa mengatur jadwal kerja sesuai dengan ketersediaan waktu luangmu tanpa harus terikat pada jam kerja tetap. Selain itu, kamu bisa bekerja dari mana saja asalkan memiliki akses internet. 

  1. Pendapatan Tambahan

Kerja sampingan online bisa menjadi sumber pendapatan tambahan yang cukup menjanjikan, ya. Kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk mendapatkan penghasilan ekstra tanpa harus meninggalkan pekerjaan utamamu. Pendapatan tambahan ini dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan finansial tambahan, membayar tagihan, menabung, atau memenuhi keinginan pribadi. 

  1. Keterampilan dan Pengembangan Diri

Dalam menjalankan kerja sampingan online, kamu akan mengembangkan berbagai keterampilan baru, misalnya,kamu bisa belajar tentang digital marketing, manajemen waktu, komunikasi online, atau bahkan mengasah keterampilan teknis seperti desain grafis atau copywriting. Semakin kamu terlibat dalam kerja sampingan online, semakin banyak pula kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dan pengembangan dirimu. 

  1. Pilihan Karir yang Beragam

Kerja sampingan online menawarkan berbagai pilihan karir yang beragam. Kamu bisa menjalankan bisnis online sendiri, menjadi freelancer dalam bidang yang kamu kuasai, atau bahkan menjadi bagian dari perusahaan-perusahaan online yang mempekerjakan tenaga kerja via remote. 

Baca Juga: Ide Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan untuk Dicoba


aplikasi toko online

Contoh Ide Kerja Sampingan Online

Terdapat banyak pilihan kerja sampingan online yang saat ini bisa kamu pilih. Kamu masih bingung mau kerja sampingan apa yang cocok denganmu? Berikut ini terdapat beberapa contoh ide kerja sampingan online yang bisa kamu pilih. 

Content Creator

Jika kamu memiliki minat atau keahlian di bidang tertentu, kamu bisa menjadi content creator yang menghasilkan konten menarik untuk diunggah di media sosial, blog, atau platform video, misalnya YouTube atau TikTok.

Misalnya, kamu memiliki keahlian memasak, kamu dapat membagikan resep dan tutorial memasak melalui blog atau kanal YouTube milikmu. Selain memiliki keahlian tertentu, kamu juga perlu memiliki naskah yang menarik dan pengeditan video yang baik. Cara ini dilakukan agar hasil dari kontenmu bisa membangun interaksi terhadap target audiens. Pendapatan dari menjadi content creator ini bisa kamu peroleh dari iklan, sponsor, atau penjualan produk afiliasi. 

Affiliate Marketing

Sebagai afiliasi pemasaran, kamu dapat mempromosikan produk atau layanan orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan atau tindakan yang dilakukan melalui tautan afiliasi tersebut. Kamu bisa bergabung dengan program afiliasi melalui platform seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, dan masih banyak lagi. Penting bagi kamu untuk memilih produk yang relevan dengan minat atau niche-mu, serta memiliki strategi pemasaran yang efektif untuk mengarahkan traffic ke tautan afiliasimu. 

Membuka Kursus Online

Jika kamu memiliki pengetahuan atau keterampilan khusus, kamu dapat menjalankan kursus online. Misalnya, kamu mahir pemrograman, kamu bisa menyediakan kursus pemrograman online yang dapat diakses oleh peserta dari seluruh dunia. Platform seperti Udemy, Teachable, atau Coursera memungkinkan kamu untuk membuat dan menjual kursus online. Pastikan kursus yang kamu tawarkan memiliki materi yang berkualitas, mudah dipahami, dan didukung dengan konten tambahan seperti video tutorial, latihan, atau forum diskusi. 

SEO Content Writer

Banyak bisnis yang membutuhkan Search Engine Optimization (SEO) content writer untuk meningkatkan traffic website bisnismu mereka muncul di mesin pencari. Tugas kamu adalah menulis artikel atau konten yang dioptimalkan untuk kata kunci tertentu sehingga bisnis tersebut dapat muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian. Kamu perlu memiliki pengetahuan tentang SEO dan kemampuan menulis yang baik untuk berhasil dalam pekerjaan ini.

Kamu bisa mencari pekerjaan sebagai penulis konten SEO di platform freelancer atau bahkan menghubungi langsung perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut, ya. 

Virtual Assistant

Sebagai seorang virtual assistant, kamu akan membantu orang atau suatu bisnis dalam menjalankan tugas administratif, manajemen jadwal, mengatur email, atau bahkan mengelola media sosial. Kamu bisa menawarkan jasa ini secara mandiri atau melalui platform khusus seperti Upwork atau Freelancer. Kemampuan multitasking, komunikasi yang baik, dan keahlian dalam menggunakan software dan aplikasi yang umum digunakan akan membantu kamu menjadi seorang virtual assistant yang sukses. 

Membuka Layanan Digital Marketing

Kini, di era revolusi industri 4.0, bisnis online terus berkembang pesat dan banyak bisnis membutuhkan bantuan dalam membuat strategi digital marketing. Kamu bisa menawarkan jasa digital marketing, misalnya social media strategist, Search Engine Optimization (SEO), iklan online (Google Ads, Facebook Ads), atau pembuatan konten pemasaran lainnya.

Dengan memiliki kemampuan tentang strategi digital marketing dan kemampuan analisis data yang baik, kamu bisa menarik minat suatu bisnis untuk menggunakan jasamu. Kamu dapat membangun portofolio yang kuat dan mempromosikan jasa-jasamu melalui online platform dan media sosial, ya. 

Financial Consultant

Jika kamu memiliki latar belakang dalam bidang keuangan, ide kerja sampingan selanjutnya yaitu menjadi konsultan keuangan melalui kanal online, lho! Kamu dapat membantu individu atau bisnis dalam merencanakan keuangan mereka, membuat rencana anggaran, atau memberikan saran investasi. Kredibilitas dan keahlian tentu saja sangat penting dalam menjalankan bisnis ini. Kamu bisa mempromosikan dirimu melalui media sosial, blog, atau melalui jaringan profesional yang kamu miliki. 

Graphic Designer

Kamu memiliki bakat desain grafis? Wah, kamu bisa memiliki kerja sampingan online dengan menawarkan jasamu untuk membuat desain logo, brosur, kartu nama, atau desain visual lainnya. kamu dapat menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDRAW, atau Canva untuk membuat desain yang menarik. Dengan memiliki portofolio yang kuat dan kemampuan untuk memahami kebutuhan klien tentunya kamu bisa mendapatkan klien yang lebih banyak. 

Dropshipper atau Reseller

Salah satu pilihan kerja sampingan online yang bisa kamu coba adalah menjadi dropshipper atau reseller. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki minat dalam transaksi jual beli. Dengan menjalani pekerjaan sampingan ini, kamu akan mendapatkan pendapatan yang cukup lumayan dan proses kerjanya juga menyenangkan.

Menjadi dropshipper atau reseller kamu tak perlu pusing akan stok produk karena kamu tidak perlu menyediakan stok sehingga modal yang kamu perlukan lebih sedikit. Kamu hanya perlu menjual kembali produk tersebut dan mendapatkan persentase keuntungan dari harga awal pembelian. 

Pengisi Survei Online

Kerja sampingan online mengisi survei adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui partisipasi dalam penelitian pasar. Ketika kamu mengisi survei, kamu akan diminta untuk menjawab serangkaian pertanyaan tentang preferensi, kebiasaan, atau pendapatmu terkait produk, layanan, atau topik tertentu.

Prosesnya sangat sederhana, kok! Biasanya, kamu disuruh mendaftarkan data dirimu ke platform survei online yang sesuai dengan profilmu. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan akses ke survei yang tersedia. Kamu bisa memilih survei mana yang ingin kamu ikuti berdasarkan waktu luang dan minatmu.

Setelah memilih survei yang ingin kamu ikuti, kamu akan diminta untuk menjawab pertanyaan dengan jujur dan sebaik mungkin. Setiap survei memiliki batas waktu tertentu dan kamu akan diberikan kompensasi sesuai dengan lamanya survei dan tingkat kesulitannya. Kompensasi ini bisa berupa uang tunai, voucher belanja, atau hadiah lainnya, tergantung pada kebijakan platform survei tersebut. 

Baca Juga: Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini

Website Kerja Sampingan Online

Kerja sampingan online bisa dicari dari website-website berikut ini. 

Upwork

Sebelumnya Upwork dikenal dengan situs oDesk. Upwork adalah sebuah website yang menawarkan berbagai peluang bagi para freelancer. Situs ini memiliki berbagai jenis proyek, baik yang berdurasi pendek maupun panjang, serta pilihan pembayaran per jam atau per proyek. Kamu dapat menyesuaikan diri dengan kemampuanmu dalam setiap proyek yang ada di situs ini.

Upwork menawarkan beragam kategori pekerjaan, antara lain graphic designer, programmer, content writer, translator, profesional keuangan, profesional penjualan dan pemasaran, dan masih banyak lagi. Kamu dapat memilih kategori yang sesuai dengan keahlian dan minatmu.

Melalui Upwork, kamu memiliki kesempatan untuk menemukan proyek-proyek yang sesuai dengan keahlianmu dan mengembangkan karirmu selain memiliki pekerjaan utama, ya.

Sribulancer

Sribulancer adalah situs yang menyediakan pekerjaan untuk para freelancer atau pekerja lepas. Di situs ini, kamu dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan online yang bisa kamu pilih sesuai keahlianmu, misalnya jasa pembuatan situs web, pengembangan aplikasi mobile, desain grafis, penulisan konten atau artikel, penerjemahan, pemasaran online, Search Engine Optimization (SEO), dan social media strategist.

Dengan menjadi bagian dari Sribulancer, kamu memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir sebagai freelancer atau memiliki kerja sampingan online. Selain itu kamu juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan yang signifikan. Situs ini menjadi tempat yang tepat untuk menawarkan keahlian dan layananmu kepada para klien yang mencari solusi dalam berbagai bidang.

Baca Juga: Inspirasi Ide Usaha Kreatif: Langkah Awal Sukses Berbisnis

Kesimpulan

Ada banyak pilihan kerja sampingan online yang bisa kamu pilih. Bekerja secara online menjadi salah satu opsi yang menarik karena memberikan fleksibilitas dalam mengatur waktu tanpa mengganggu rutinitas utama harianmu. Jadi, pekerjaan online apa yang kamu pilih, nih?

Bagi kamu seorang pengusaha sekaligus menjadi marketer, ternyata memahami tren social media marketing di tahun 2023 ini sangatlah penting. Dengan memahami tren yang terjadi, kamu bisa mempersiapan dalam menggunakan marketing strategy bisnis yang lebih matang.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi majoo yang memiliki fitur omnichannel . Fitur ini bisa mengelola penjualan dari beragam jenis toko online di satu aplikasi saja, lho! Jadi, kamu tidak perlu mengunggah promosi melalui masing-masing platform toko online milikmu karena fitur omnichannel pada aplikasi majoo sudah terintegrasi ke semua toko online yang sudah kamu daftarkan. Sungguh mudah, kan? Yuk, gunakan aplikasi majoo segera!


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo