Konsultan Bisnis: Definisi, Tugas, Manfaat, dan Skill yang Harus Dimiliki

Ditulis oleh Retna Kumalasari

article thumbnail

Konsultan bisnis dituntut untuk bisa menguasai banyak aspek dalam bidang tersebut.

Di dalam dunia bisnis, kamu pasti sering mendengar istilah konsultan bisnis, bukan? Kehadiran konsultan bisnis bisa sangat membantu pelaku usaha untuk mempertahankan hingga mengembangkan bisnisnya.

Menjadi seorang konsultan bisnis juga bukanlah hal yang mudah, kamu mesti menguasai banyak aspek dalam bisnis. Hal ini menjadi penting mengingat akan ada banyak individu maupun perusahaan yang mempercayakan seorang konsultan untuk memperbaiki kinerja perusahaan agar lebih berkembang.

Nah, agat kamu dapat memahami tentang konsultan bisnis ini lebih jauh, simak penjelasan yang sudah kami siapkan untuk kamu di bawah ini.

Pengertian Konsultan Bisnis

Pada dasarnya, konsultan bisnis adalah seorang yang bisa memberi saran dan masukan terhadap sebuah bisnis, perusahaan, atau bahkan individu, agar dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien.

Keberadaan seorang konsultan bisnis menjadi hal yang cukup krusial dalam perjalanan sebuah bisnis. Pasalnya, sebagai pelaku usaha, kamu pasti mengalami momen yang mengganggu kelangsungan sebuah bisnis. 

Seorang konsultan juga harus memiliki wawasan yang luas di berbagai aspek, misalnya dari segi perencanaan bisnis, pemasaran, manajemen, keuangan, operasional, dan lain sebagainya.

Untuk itu, menjadi seorang konsultan membutuhkan banyak kemampuan, pemahaman, serta aspek pendukung lainnya guna membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di perusahaan.

Baca Juga: Cara Sukses Berbisnis: Tips dan Trik yang Harus Anda Ketahui

Tugas Seorang Konsultan Bisnis

Menjadi seorang konsultan bisnis memiliki banyak tugas dan tanggung jawab. Berikut adalah beberapa tugas seorang konsultan, antara lain:

  1. Memberikan jasa konsultasi bisnis

Seorang konsultan bisnis harus bisa memberikan jasa konsultasi kepada para kliennya. Kamu juga akan dituntut untuk bisa menguasai ilmu tentang bisnis secara menyeluruh. Agar informasi yang disampaikan kepada klien kredibel dan dapat dipertanggung jawabkan.

  1. Mengenali masalah yang ada dalam sebuah bisnis

Tugas konsultan bisnis selanjutnya adalah dapat mengidentifikasi dan mengenali permasalahan yang terjadi dalam perusahaan. Kamu pun harus bisa melakukan evaluasi kerugian maupun keuntungan yang didapatkan dari seluruh aktivitas perusahaan klien.

  1. Membantu menemukan solusi dari masalah yang telah diidentifikasi

Setelah masalah-masalah perusahaan bisa kamu identifikasikan, kamu mesti melakukan analisis dan mencari solusi yang tepat, sesuai jenis permasalahan dan kebutuhan perusahaan.

  1. Membuat perencanaan bisnis

Seorang konsultan dituntut untuk mampu membuat dan mengembangkan rencana bisnis. Kamu mesti mengetahui dan memahami apa yang menjadi target perusahaan milik klien kamu.

  1. Menjalin komunikasi yang baik dengan klien

Tugas lain dari seorang konsultan yaitu harus bias menjalin komunikasi yang baik dengan klien. Hal ini dilakukan guna mendapatkan data dan informasi yang kredibel dan relevan, demi kepentingan perusahaan.

Kemampuan yang Wajib Dimiliki Seorang Konsultan Bisnis

Seorang business consultant membutuhkan banyak skill dan kemampuan yang dikuasai. Hal ini akan memengaruhi performa seorang konsultan dalam membantu bisnis dari para kliennya.

  1. Leadership

Seorang konsultan perlu dibekali dengan kemampuan leadership yang baik. Kemampuan ini dibutuhkan untuk bisa mengarahkan klien untuk bisa menerapkan strategi yang telah dibuat sesuai dengan harapan.

  1. Interpersonal

Kemampuan interpersonal merupakan kemampuan untuk menjalin komunikasi dengan pihak lain. Hal ini dibutuhkan karena seorang konsultan bisnis dituntut untuk bisa bekerja sama dengan banyak pihak, seperti pemilik usaha, senior eksekutif, karyawan, dan lain sebagainya.

  1. Analitycal

Dalam pekerjaannya, menjadi konsultan juga perlu dibekali dengan keterampilan menganalisis yang baik. Kamu dituntut untuk bisa menganalisis berbagai masalah dalam perusahaan, mengolah permasalahan tersebut, serta menemukan solusi yang baik untuk memecahkannya.

Oleh sebab itu, skill ini menjadi salah satu aspek penting yang mesti kamu miliki sebagai seorang konsultan bisnis.

  1. Teamwork

Jenis pekerjaan yang satu ini juga membutuhkan teamwork yang baik antar divisinya. Sebab, untuk dapat memberikan gagasan terkait kinerja di masing-masing divisi, kamu juga perlu mengetahui dan memahami cara kerja yang ada dalam tim tersebut.

Dengan begitu, seluruh masukan yang diberikan menjadi relevan dengan kondisi dan kebutuhan di divisi tersebut. 

  1. Problem Solving

Skill lainnya yang tidak kalah penting adalah problem solving. Kemampuan untuk memecahkan setiap permasalahan adalah hal yang wajib dikuasai oleh seorang konsultan. 

Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan yang memiliki permasalahan dalam bisnisnya. Nantinya, kemampuan ini tak hanya membantu menyelesaikan permasalahan yang ada saja, tapi juga mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi dikemudian hari.

  1. Commercial Awareness

Commercial awareness adalah suatu kemampuan dalam memahami cara kerja yang ada dalam sebuah bisnis. Apabila klien yang sedang kamu hadapi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi, maka kamu pun harus menguasai aspek-aspek yang ada di dalam industri tersebut.


Tanggung Jawab Menjadi Konsultan Bisnis

Di bawah ini adalah tanggung jawab seorang konsultan bisnis yang mesti kamu ketahui, antara lain:

  • Menyusun dan menjalankan proyek bisnis sesuai kebutuhan perusahaan, misalnya saja proses rekrutmen, upah, pemasaran, dan lain sebagainya.

  • Menemui klien yang membutuhkan bantuan dan konsultasi, dan memberikan pandangan awal terkait situasi yang sedang dihadapi klien.

  • Mengumpulkan data dan informasi tentang perusahaan klien melalui berbagai metode, seperti wawancara, observasi, laporan, survei, dan sebagainya.

  • Menganalisis dan mengolah data yang didapatkan, guna menemukan kelemahan serta solusi dari permasalahan perusahaan.

  • Merekomendasikan solusi yang ditemukan, untuk jadi bahan pertimbangan sesuai dengan kemampuan dan keinginan klien.

  • Memberikan saran yang praktis untuk diaplikasikan.

  • Melakukan pengembangan pada project plan guna meningkatkan perbaikan dan perubahan.

  • Membantu klien menjalankan project plan yang telah dibuat sebelumnya.

  • Mengarahkan dan mengawasi jalannya project plant yang telah berjalan.

Baca Juga: Project Management adalah: Menilik Pengertian dan Manfaat Project Management

Manfaat  Menggunakan Jasa Konsultan Bisnis 

Jasa konsultasi bisnis menjadi salah satu aspek yang penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Ada banyak keuntungan dan manfaat dari penggunaan jasa konsultasi ini. 

Adapun beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan konsultan bisnis pada perusahaan kamu adalah sebagai berikut:

  1. Mengoptimalkan bisnis

Kehadiran seorang konsultan bisnis dapat membantu mengoptimalkan usaha kamu untuk menghadapi persaingan yang makin ketat. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih siap menghadapi setiap permasalahan yang mungkin akan datang.

  1. Menghadirkan ide baru

Konsultan dengan pengalaman kerja yang tinggi, bisa memberikan banyak gagasan yang membangun bagi perusahaan. Hal ini menjadi modal untuk keberlangsungan bisnis kamu.

  1. Permasalahan akan diselesaikan dengan ahlinya

Manfaat lain dengan adanya konsultan bisnis adalah perusahaan bisa langsung menangani permasalahan yang datang dengan ahlinya. Dengan begitu, peluang bisnis berjalan dengan baik menjadi sangat besar.

  1. Membantu mengembalikan tujuan bisnis

Sering kali, para pelaku bisnis keluar dari jalur bisnisnya. Umumnya, hal seperti ini terjadi ketika pemilik bisnis ingin mengembangkan dan memperbesar jangkauan bisnisnya. 

Sebab, tak jarang sebuah usaha atau bisnis mengalami hambatan dalam setiap perjalanannya, sehingga kehadiran konsultan bisnis ini bisa membantu mengembalikan jalannya bisnis sesuai dengan tujuan awalnya.

  1. Meminimalisir kemungkinan kerugian secara finansial

Penggunaan jasa konsultasi bisnis juga bisa membantu meminimalisir kerugian finansial perusahaan, lho! Konsultan bisnis akan membuat rancangan strategi bisnis yang tepat dan sesuai dengan permasalahan perusahaan. 

Dengan begitu, perusahaan bisa menanggulangi permasalahan yang ada dan meminimalisir kerugian-kerugian bagi perusahaan itu sendiri.

  1. Meningkatkan keuntungan perusahaan

Manfaat lain yang tak kalah penting dari beberapa hal di atas, yakni keberadaan konsultan bisnis bisa meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Jasa konsultasi bisnis yang baik, bisa kamu andalkan untuk mempersiapkan target dan perencanaan bisnis dengan matang.

Dengan mampu menanggulangi permasalahan yang muncul dengan cepat, perusahaan bisa mengalokasikan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mengembangkan proses lain yang lebih menguntungkan.

Penutup

Itu tadi merupakan penjelasan mengenai pengertian dari konsultan bisnis, tugas, tanggung jawab, kemampuan, dan manfaat yang bisa didapatkan perusahaan, jika mereka menggunakan jasa konsultasi bisnis.

Seperti yang telah disampaikan di atas, konsultan bisnis merupakan sebuah profesi yang membutuhkan banyak keterampilan, untuk dapat membantu perusahaan mengidentifikasi permasalahan serta menemukan solusinya.

Beberapa keterampilan seperti kemampuan berkomunikasi, leadership skill, interpersonal, teamwork, analytical skill, dan kemampuan untuk memecahkan masalah menjadi aspek yang sangat penting untuk menjadi seorang konsultan.

Selain itu, ada banyak tugas dan tanggung jawab yang mesti kamu hadapi untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya. 

Seperti halnya konsultan bisnis, kamu bisa memanfaatkan aplikasi dengan banyak fitur untuk mengelola bisnis pribadimu dengan menggunakan aplikasi majoo. 

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk memecahkan berbagai permasalahan terkait inventori, karyawan, pengelolaan keuangan, akuntansi, hingga melakukan analisa pada bisnis kamu.

Hanya dengan satu aplikasi, pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah dan menyenangkan tentunya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba majoo sekarang!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo