Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Cara Daftar Mitra Tokopedia yang Mendatangkan Keuntungan

    Cara Daftar Mitra Tokopedia yang Mendatangkan Keuntungan

    Mitra Tokopedia dianggap tepat bagi orang yang ingin memulai bisnis rumahan

    Sejak didirikan pada tahun 2018, Mitra Tokopedia dinilai telah mampu membantu para pemilik warung di Indonesia dalam mengembangkan usahanya. Fitur-fitur yang disediakan dalam layanan dalam aplikasinya. 

    Siapa yang tidak tahu warung? Konsep berjualan di warung memang sudah sangat akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Bisa dibilang warung selalu ada untuk membantu kamu memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari hal kecil seperti membeli sabun atau shampo, hingga membeli beras. 

    Potensi warung di Indonesia sebenarnya sangatlah besar. Sayangnya, kebanyakan warung belum tersentuh digitalisasi bisnis. Padahal, pemanfaatan teknologi dalam digitalisasi bisnis dapat membantu para pemilik warung untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki. 

    Mitra Tokopedia merupakan solusi untuk menjawab permasalahan ini dengan memberikan mencoba menjembatani pengusaha tradisional sebagai para pemilik warung dengan kemudahan akses melalui teknologi digital. 

    Baca Juga: Tips UMKM Mampu Bersaing dengan Brand Besar di Pasar Digital

    Apa itu Mitra Tokopedia?

    Mitra Tokopedia adalah aplikasi yang diciptakan untuk pemilik toko, warung, dan individu-individu yang ingin menambah pendapatan dengan berjualan produk-produk digital.

    Akhir-akhir ini, sudah banyak pelaku bisnis yang melakukan transformasi digital dengan beralih dari bisnis konvensional secara offline ke bisnis online. Inilah yang bisa menjadi salah satu alasan untuk kamu mencoba menjadi bagian dari Mitra Tokopedia. Dengan Mitra Tokopedia, kamu bisa memberikan pelayanan lebih untuk konsumen offline dengan mendapatkan stok barang grosir dan produk digital yang lebih murah.

    Sederhananya, Mitra Tokopedia mendorong para pegiat UMKM untuk menjual produk digital serta grosir yang secara offline lewat warung, konter pulsa, serta jenis toko lainnya  dengan cara membelinya secara online di Tokopedia. 

    Bisa dikatakan bahwa Mitra tokopedia adalah wadah bagi siapa saja yang ingin membuka usaha, khususnya UMKM, untuk menjual ragam produk digital dan barang grosiran.

    Keuntungan Mitra Tokopedia

    Bukannya tanpa alasan Mitra Tokopedia disebut sebagai solusi bagi pemilik usaha untuk lebih mengembangkan bisnisnya. Nyatanya, ada banyak keuntungan Mitra Tokopedia yang bisa kamu dapatkan. Beberapa di antaranya adalah: 

    Harga yang Lebih Murah

    Keuntungan Mitra Tokopedia yang pertama adalah kamu bisa membeli stok produk dengan harga yang lebih murah. Harga produk yang lebih murah tentunya akan membawa keuntungan penjualan yang lebih besar. 

    Keuntungan yang bertambah besar bisa kamu manfaatkan untuk pengembangan bisnis, misalnya membuka cabang baru. 

    Layanan yang Serba Cepat

    Dengan menjadi bagian dari Mitra Tokopedia, kamu bisa mendapatkan stok barang di warung dengan mudah dan cepat, karena pengiriman barang menggunakan Same Day Delivery

    Dengan kata lain, pesanan kamu bisa datang di hari yang sama saat pemesanan. Berbeda dengan pembelian yang biasanya kamu lakukan melalui supplier, kamu harus menunggu barang lebih lama. Apalagi jika ternyata barang tersebut merupakan kebutuhan mendesak yang sering dibeli pembeli, pastinya fitur ini sangat berguna.

    Produk yang Dijual Bervariasi

    Kamu bisa menjual banyak produk digital sekaligus sehingga tokomu secara otomatis akan dinilai lebih kompeten. Para pembeli akan menjadi pelanggan tetap dan loyal karena kebutuhan mereka terpenuhi di toko milikmu.

    Gratis Ongkos Kirim

    Dengan memesan produk grosir melalui aplikasi Mitra Tokopedia, kamu tidak akan dikenai ongkos kirim! Dengan proses pengiriman yang cepat dan tanpa biaya, tentunya ini merupakan keuntungan Mitra Tokopedia yang sangat menggiurkan, ya.

    Berbagai Jenis Promo

    Terdapat berbagai jenis promo di Mitra Tokopedia yang pastinya cukup menguntungkan bagi kamu selaku pemilik usaha dengan melayani pembayaran produk digital di toko milikmu. 

    Keuntungan menjadi cukup maksimal karena dengan pembayaran tagihan seperti token listrik, voucher game, iuran dan produk digital lainnya, kamu bisa mendapatkan cashback.

    Bisnis Menjadi Lebih Praktis

    Seluruh kegiatan bisnis yang dilakukan secara online akan menghemat waktu, uang, dan tenaga. Selain itu, bila kamu membuka warung dan membeli barang grosir lewat aplikasi Mitra Tokopedia, kamu sudah tidak perlu lagi repot mencari banyak supplier untuk bermacam-macam produk.

    Jangkauan Pasar Lebih Luas

    Secara otomatis, jika kamu menjual berbagai macam produk digital, tentunya jangkauan pasar konsumen pun akan menjadi lebih luas. Misalnya, jika kamu menjual voucher game, pastinya targetmu menyasar anak muda yang memang sering bermain game. 

    Lalu apa yang didapatkan dengan menjangkau banyak konsumen? Promosi dari mulut ke mulut lebih mudah terjadi dan hal ini akan meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnismu.

    Baca Juga: Dampak Word of Mouth Bagi Kemajuan Usaha Kecil

    Pengajuan Mitra Tokopedia

    Sudah mulai tertarik untuk mendaftar menjadi Mitra Tokopedia? Tenang, untuk bisa menjadi Mitra Tokopedia, kamu cukup mengajukan permohonan melalui formulir online yang telah disediakan oleh Tokopedia. Proses verifikasinya pun cukup singkat, maksimal dalam jangka waktu 2x24 jam atau jangka waktu lain sesuai dengan kebijakan Tokopedia.

     Cara daftar Mitra Tokopedia ternyata cukup mudah dan praktis

    Dalam Terms dan Condition yang ada di laman resmi Tokopedia, dinyatakan bahwa Mitra Tokopedia menjamin dan bertanggungjawab atas keabsahan informasi dan dokumen yang diberikan dalam mengajukan permohonan untuk mendaftar sebagai Mitra Tokopedia.

    Jadi, pastikan seluruh informasi yang kamu masukkan dalam formulirnya sudah benar dan akurat, ya. Jangan sampai melakukan manipulasi data atau mengubah informasi hanya demi bisa segera mendapatkan verifikasi dari pihak Tokopedia. 

    Karena memang seluruh informasi dan dokumen yang kamu berikan saat melakukan pendaftaran dapat dibagikan dan/atau disampaikan oleh Tokopedia kepada pihak ketiga untuk proses pelaksanaan verifikasi atau kegiatan lainnya sehubungan dengan pendaftaran Mitra Tokopedia.

    Setelah proses verifikasi selesai, artinya kamu sudah bisa mulai aktif berjualan. Ingat, semua pengguna wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Tokopedia. Selain itu, pembayaran pun dilakukan dengan Saldo Mitra yang akan diteruskan oleh pihak Tokopedia kepada partner apabila transaksi jual beli pada sistem Tokopedia telah selesai.

    Cara Daftar Mitra Tokopedia

    Lantas, bagaimana sih cara daftar Mitra Tokopedia? Apakah dokumen yang perlu diunggah cukup banyak? Apakah kolom formulir yang harus diisi cukup membingungkan? 

    Berikut cara daftar Mitra Tokopedia yang ternyata mudah dan cukup praktis.

    • Download aplikasi Mitra Tokopedia melalui Google Playstore atau Appstore. 
    • Masuk ke dalam aplikasi Mitra Tokopedia.
    • Klik tombol masuk pada halaman utama aplikasi. 
    • Masukkan nomor handphone kamu untuk melanjutkan pada proses verifikasi. 
    • Pihak Tokopedia akan mengirimkan SMS berupa kode verifikasi. 
    • Masukkan kode verifikasi yang telah diberikan melalui SMS tersebut. 
    • Kamu akan diminta untuk memasukkan foto KTP. Pastikan kamu menggunakan foto KTP asli untuk mendaftar menjadi mitra Tokopedia. 
    • Setelah itu, kamu akan diminta memasukkan foto diri sambil memegang KTP. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan setiap mitra yang bergabung. 

    Setelah tahap ini selesai, kamu hanya perlu menunggu proses verifikasi yang dilakukan tim Tokopedia. Proses ini bisa memakan waktu hingga maksimal 2×24 jam. Nantinya, setelah berhasil diverifikasi, itu artinya kamu telah sukses bergabung bersama Mitra Tokopedia

    Kamu bisa langsung berbelanja berbagai produk digital untuk dijual kembali dan mendapatkan keuntungan. Tokopedia tidak memungut biaya pendaftaran kepada Mitra Tokopedia. Mitra Tokopedia adalah aplikasi yang hanya dapat digunakan oleh pengguna yang telah mendaftarkan diri, menyetujui Syarat dan Ketentuan serta yang sudah diverifikasi sesuai kebijakan Tokopedia.

    Produk yang Bisa Dijual Mitra Tokopedia

    Tadi sudah sempat disebutkan beberapa produk yang bisa kamu jual di warung atau toko milikmu. Produk yang bisa kamu jual sebagai Mitra Tokopedia adalah:

    • Barang grosir
    • Pulsa
    • Paket data
    • PLN
    • Angsuran kredit
    • Telkom
    • PDAM
    • BPJS
    • Voucher game, dan
    • TV kabel.

    Dashboard Mitra Tokopedia

    Bagi beberapa orang yang baru mengenal bisnis digital, penggunaan aplikasi melalui internet mungkin akan terasa sedikit membingungkan. Ini adalah hal yang wajar. 

    Karena itu, tidak ada salahnya bila kamu mengetahui terlebih dahulu seperti apa dashboard Mitra Tokopedia yang nantinya kamu gunakan dalam proses transaksi jual beli. 

    Tampilan

    Dashboard Mitra Tokopedia memiliki tampilan mirip seperti Tokopedia, yaitu adanya dominasi warna hijau-hijau dan putih. Menu beserta navigasi pada aplikasi Mitra Tokopedia terlihat dengan jelas dan mudah dipahami. 

    Di bagian atas ada 3 tampilan pilihan pembayaran yakni menggunakan Saldo Mitra, saldo OVO, kemudian pembayaran dengan Tempo atau cicilan. Di bagian tengah terdapat menu-menu tampilan pembayaran dari mulai barang-barang grosiran sampai pembayaran pulsa, BPJS, dan lain-lain. Lalu, di bagian bawah ada menu beranda, transaksi, bantuan dan tentunya menu akun.

    Fitur Grosir

    Fitur Grosir pada aplikasi Mitra Tokopedia membantu menghubungkan pemilik warung dengan produsen secara langsung, memotong rantai distribusi sehingga stok barang bisa didapatkan dengan mudah dengan harga yang relatif lebih murah. 

    Selain itu, kamu sebagai pemilik warung atau toko tidak perlu meninggalkan warung bila ingin menyetok barang. Kamu bisa langsung memesan melalui aplikasi, dan barang akan diantarkan sampai ke warung oleh Mitra Tokopedia. 

    Namun, ternyata belum semua wilayah di Indonesia dapat menggunakan fitur grosir ini. Beberapa kota besar yang berada di Pulau Jawa, Sumatra, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi sudah bisa memanfaatkan fitur tersebut.

    Baca Juga: Wholesale atau Grosir Sebagai Strategi Dalam Berbisnis

    Fitur Catat Utang

    Selain fitur grosir, kamu juga akan menemukan Fitur Catat Utang. Fitur Catat Utang ternyata berhasil membuat 7 dari 10 Mitra memulai pencatatan usaha mereka secara online

    Hal ini tentunya membantu kamu sebagai pemilik warung untuk mencatat pengeluaran dan pembukuan warung dengan lebih baik.

    Fitur Print Out

    Mitra Tokopedia ternyata juga menyediakan sistem pembuatan struk, dan harga ke konsumen bisa diedit agar print out yang keluar adalah harga penjualan kita ke konsumen bukan harga yang kita beli dari Mitra Tokopedia.

    Hal ini penting untuk penjualan token listrik pln atau pembayaran BPJS, karena biasanya pihak konsumen meminta struk bukti pembayaran. Print out langsung dari aplikasi bisa kamu lakukan dengan menggunakan printer thermal yang dilengkapi fitur koneksi bluetooth. 

    Dari seluruh penjelasan mengenai Mitra Tokopedia tadi, bisa disimpulkan bahwa Mitra Tokopedia adalah solusi yang memang tepat untuk kamu yang ingin memulai bisnis rumahan atau melakukan transformasi digital pada bisnis warung atau tokomu.

    Dengan berani mengambil langkah dan menerapkan digitalisasi bisnis tersebut, itu tandanya kamu sudah siap beradaptasi dengan perubahan ekosistem bisnis sebagai dampak perkembangan teknologi.

    Selain menggunakan Mitra Tokopedia, kamu juga bisa menggunakan aplikasi layanan point of sales seperti majoo yang memberikan ruang bagi para pemilik UMKM untuk lebih mengembangkan bisnisnya secara digital. 

    Aplikasi wirausaha dari majoo akan membantu kamu melakukan pengelolaan bisnis dengan lebih mudah, efisien, dan praktis. Yuk, langganan majoo! 

     

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.