Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Organic Traffic: Arti, Manfaat, serta Cara Mendapatkannya

    Organic Traffic: Arti, Manfaat, serta Cara Mendapatkannya

    Organic traffic menjadi salah satu bagian penting pada website.

    Suatu traffic pada website adalah bagian penting dari keberlangsungan sebuah website. Traffic sendiri adalah jumlah pengunjung atau orang yang telah mengakses, membaca, dan mengunjungi suatu halaman website yang telah direkam oleh mesin pencari.

    Semakin tinggi lalu lintas tersebut, semakin besar peluang website dapat menarik perhatian bahkan hingga mendapatkan keuntungan. Salah satu jenis traffic yang bisa kamu optimalkan dengan baik adalah organic traffic

    Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan organic traffic.

    Apa Itu Organic Traffic?

    Dapat diartikan bahwa organic traffic adalah lalu lintas yang berasal dari pengunjung ketika masuk ke dalam halaman website melalui pencarian hasil organik. 

    Maksud dari pencarian organik adalah kunjungan dari pengguna internet yang melakukan pencarian dengan mengetik kueri atau kata kunci tertentu pada mesin pencari.

    Sebagai contoh organic traffic, jika pengguna ingin mencari kata kunci tertentu di mesin pencari, kemudian website kamu muncul sebagai salah satu hasil pencarian teratas. Setelah membaca judul dan meta description-nya, pengguna tertarik untuk menekan tautan dan mengunjungi website kamu.

    Baca juga: SEM adalah: Definisi dan Contoh Lengkapnya 

    Manfaat Organic Traffic

    Kemudian, seberapa penting peran organic traffic bagi website kamu? 

    Di bawah ini, ada beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan penggunaan organic traffic.

    Meningkatkan Popularitas Website

    Penggunaan organic traffic dapat membantu untuk meningkatkan popularitas halaman website yang kamu buat.

    Semakin banyak orang mencari, maka halaman website akan semakin dipercaya. Sehingga, website tersebut akan mempunyai kredibilitas yang tinggi dibandingkan dengan website lainnya.

    Nantinya, secara otomatis mesin pencari akan menampilkan halaman website kamu di urutan yang tertinggi pencarian.

    Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pemilik salah satu laman website tersebut. Apalagi jika kamu menggunakan website sebagai toko online.

    Jangkauan Pelanggan Lebih Luas

    Hadirnya suatu organic traffic memang memiliki tujuan tertentu yang spesifik, seperti menemukan sesuatu pada mesin pencarian. Oleh sebab itu, penggunaannya memang sengaja ditargetkan oleh para pemilik halaman website.

    Jika isi konten pada website yang kamu buat bisa memberikan solusi dari apa yang pengunjung cari, dapat dipastikan bahwa website kamu bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung.

    Begitu pula dengan pemilik website yang menjadikan laman tersebut sebagai media penjualan atau website e-commerce. Tentu saja organic traffic akan memberikan manfaat yang mampu meningkatkan jumlah penjualan.

    Membangun Kepercayaan Pelanggan Lebih Tinggi

    Meningkatnya kredibilitas pada halaman website kamu akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan pelanggan atau pengunjung website tersebut. 

    Banyak yang meyakini bahwa, website yang berada pada peringkat tertinggi pada mesin pencari merupakan website yang sudah berhasil mendapatkan kredibilitas dari mesin pencari tersebut.

    Alhasil, para pengunjung akan lebih percaya terhadap kebenaran dari website yang kamu buat.

    Hemat Biaya

    Kelebihan lain dari penggunaan organic traffic pada website adalah hemat biaya. Organic bisa kamu dapatkan secara gratis tanpa perlu membayar biaya apapun. Sehingga, jika kamu mengoptimalkannya dengan tepat, kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang menguntungkanmu nantinya.

    Baca juga: SEO adalah: Pengertian, Jenis, Trik, dan Manfaat

     Pemilihan keyword yang tepat dapat meningkatkan pengunjung website.

    Cara Mendapatkan Traffic Organic

    Setelah kamu memahami definisi dan manfaatnya, sekarang saatnya untuk membagikan cara mendapatkan traffic organic, agar website yang kamu buat semakin banyak dicari.

    1. Riset Keyword

    Sebelum kamu membuat konten, ada baiknya jika kamu melakukan riset keyword terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan bantuan tools, seperti Ubersuggest, Ahrefs, SEMRush, Keyword Suffer, dan lain sebagainya.

    Tools tersebut dapat membantu kamu untuk menemukan LSI dan keyword yang sering dicari banyak orang. Pastikan keyword yang dipilih memiliki search volume yang tinggi, serta hindari pemilihan keyword yang dengan kesulitan yang tinggi, ya!

    2. Membuat Konten yang Berkualitas

    Cara mendapatkan traffic organic yang penting selanjutnya adalah membuat konten website yang berkualitas. Berikanlah pembaca informasi selengkap dan sebaik mungkin. 

    Penuhi kebutuhan pembaca dengan informasi yang mudah dipahami. Jangan sampai, pembaca malah menjadi bingung ketika membaca konten-konten dari website yang kamu buat.

    3. Membuat Website User Friendly 

    Perlu kamu perhatikan, semua konten yang telah dibuat tidak akan terbaca oleh pengguna jika halaman website sulit untuk diakses.

    Para pengguna tentu akan malas mengunjungi website yang loading-nya sangat lama. Bahkan sangat mungkin para pengunjung akan langsung meninggalkan website tersebut sebelum halaman benar-benar terbuka.

    Jangan lupa untuk membuat tampilan website yang menarik dan informatif, agar para pembaca merasa betah saat mengakses halaman website yang kamu buat. 

    Gunakan tema website yang mobile friendly dan bebas dari kesalahan-kesalahan teknis SEO. Hal ini akan sangat berguna dalam meningkatkan user experience saat mereka mengakses sebuah website.

    4. Mengoptimalkan SEO On Page

    SEO On Page merupakan sebuah taktik yang dilakukan dari internal website tersebut. Taktik ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas konten dalam website yang kamu buat.

    Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan SEO On Page sebagai cara mendapatkan trafik organik adalah sebagai berikut:

    • Memperhatikan penempatan keyword
    • Mengoptimalkan meta description dan title tag
    • Menggunakan tag heading agar konten lebih terstruktur
    • Mengoptimalkan internal linking

    5. Mengoptimalkan SEO Off Page

    Selain SEO On Page, ada pula yang disebut dengan SEO Off Page. SEO Off-Page adalah salah satu teknik optimasi yang bisa dilakukan di luar website.

    Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan mesin pencari dan pengguna terhadap website yang kamu buat. Beberapa platform yang bisa kamu gunakan guna mendukung optimasi SEO Off Page, seperti media sosial hingga forum online lainnya.

    Salah satu cara mendapatkan trafik organik melalui optimasi SEO Off Page, yaitu:

    • Link building
    • Pemasaran konten
    • Memanfaatkan forum
    • Promosi melalui media sosial

    6. Menggunakan Long Tail Keyword

    Long tail keyword adalah frasa kata kunci yang lebih panjang dan spesifik. Jenis long tail keyword memiliki setidaknya tiga kata atau lebih dibandingkan dengan kebanyakan keyword lain.

    Penggunaan keyword tentu dimaksudkan untuk mempermudah pencarian serta menjadi indikator dari apa yang sedang banyak dicari. Begitu pula dengan long tail keyword.

    Dengan mengoptimalkan long tail keyword, ini dapat membantu memahami pencarian yang dilakukan oleh pengguna, mengurangi persaingan, mendapatkan keoversi, dan menemukan konten-konten baru yang lebih relevan.

    7. Optimalkan PAA (People Also Ask)

    Kotak People Also Ask merupakan sebuah hasil penelusuran universal dan interaktif dari para pengguna internet. Pertanyaan-pertanyaan yang dicari umumnya membutuhkan jawaban yang spesifik dan jawabannya bisa berbentuk paragraf, tabel, daftar, hingga video.

    Pastikan kamu menggunakan kueri atau kumpulan instruksi yang bisa kamu gunakan untuk bekerja dengan data pada laman pencarian dengan bentuk pertanyaan, seperti “apa”, “mengapa”, “dimana” dan “kapan”. Sertakan pula jawaban yang bisa menggiring pengguna untuk mengunjungi website kamu.

    8. Memanfaatkan Backlink

    Mesin pencari seperti Google membaca backlink sebagai salah satu cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari website kamu. Backlink sendiri adalah tautan pada sebuah halaman website yang akan mengarahkan kamu ke situs yang lain.

    Backlink merupakan salah satu faktor penting dalam SEO yang hanya diberikan kepada situs-situs yang mempunyai otoritas dan konten yang terpercaya.

    Dengan adanya backlink, para pengunjung website dapat menemukan informasi tambahan yang disediakan oleh situs website asli. 

    Baca juga: AB Testing adalah: 5 Tujuan dan 12 Langkah Melakukannya

    Penutup

    Pada dasarnya, organic traffic sangat penting untuk bisa dioptimalkan untuk suatu website. Apalagi jika kamu menggunakan website tersebut sebagai media penjualan online.

    Dengan meningkatnya organic traffic, tentu akan memberikan dampak positif pada halaman website kamu. Salah satunya adalah tingkat kepercayaan pengguna pada halaman website tersebut.

    Nah, setelah kamu berhasil mengoptimalkan organic traffic, selanjutnya kamu bisa mengintegrasikannya dengan aplikasi kasir seperti majoo untuk membantu mengelola kebutuhan toko online yang kamu bangun.

    Banyak sekali fitur majoo yang pastinya kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis secara online. Kamu juga tidak akan lagi kesulitan mengontrolnya meskipun hanya berbekal smartphone saja.

    Pertanyaan Terkait

    • Organic traffic adalah traffic ke website kita yang berasal dari tingginya ranking website kita dalam daftar hasil pencarian organik, sementara paid traffic adalah traffic ke website kita yang berasal dari iklan yang kita pasang.
    • Traffic adalah jumlah pengunjung atau orang yang telah mengakses, membaca, dan mengunjungi suatu halaman website yang telah direkam oleh mesin pencari.
    • Traffic adalah jumlah pengunjung atau orang yang telah mengakses, membaca, dan mengunjungi suatu halaman website yang telah direkam oleh mesin pencari.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.