Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Organisasi adalah: Pengertian, Tujuan, Prinsip, dan Contoh

    Organisasi adalah: Pengertian, Tujuan, Prinsip, dan Contoh

    Budaya organisasi memudahkan para anggotanya untuk berkumpul dan bekerja sama menuju satu tujuan yang sama.

    Apakah kamu termasuk tipe yang suka berkumpul dengan orang lain dan bertukar pendapat untuk melakukan satu tujuan tertentu dalam sebuah organisasi?

    Organisasi banyak dijumpai di sekitar kita, kan? Kamu pasti tahu organisasi di sekolah seperti OSIS, BEM di kampus, serta organisasi tingkat desa seperti Karang Taruna, hingga organisasi internasional antarnegara dunia seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

    Tentu saja semua organisasi tersebut, mulai dari yang kecil sampai organisasi yang besar, memiliki tujuan yang berbeda-beda. 

    Salah satu alasan seseorang mengikuti sebuah organisasi adalah karena organisasi bisa menjadi tempat untuk mencari wawasan dan pengetahuan serta pengalaman yang tidak bisa didapatkan di dalam ruang kelas seperti saat belajar di kampus.

    Ketatnya persaingan dunia kerja membuat seseorang harus memiliki daya saing dan kemampuan memimpin yang baik, termasuk ketahanan mental yang kuat dalam memahami situasi sosial yang beragam.

    Banyak mahasiswa yang cerdas, tetapi memiliki kelemahan ketika harus berkomunikasi dengan orang lain. Itu sebabnya organisasi bisa menjadi alat bagi mahasiswa untuk melatih diri berinteraksi dan bersosialisasi dalam sebuah kelompok yang nantinya bisa diimplementasikan ketika sudah berada pada dunia pekerjaan.

    Sekarang, kita bahas lebih lanjut tentang organisasi, yuk!

    Apa yang Dimaksud Dengan Organisasi?

    Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian, organisasi adalah suatu bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dan dalam ikatan itu terdapat seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.

    Sementara dalam dunia bisnis, organisasi merupakan sekelompok orang yang melakukan kolaborasi untuk mencapai tujuan secara komersial dengan struktur yang jelas serta memiliki budaya kerja khusus.

    Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Sistem Informasi Manajemen

    Organisasi Menurut Para Ahli

    Dikutip dari berbagai sumber, di bawah ini ada beberapa pengertian organisasi menurut para ahli.

    Stephen P. Robbins

    Organisasi merupakan suatu kesatuan sosial yang dikoordinasikan dengan batasan-batasan yang relatif dapat diidentifikasi dan bekerja terus menerus untuk mencapai tujuan bersama.

    James D. Mooney

    Organisasi adalah suatu bentuk perserikatan orang atau sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati.

    Oliver Sheldon 

    Pengertian organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas terkait, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia.

    J. William Schulze 

    Organisasi adalah penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya, yang dikumpulkan dalam hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

    Ernest Dale

    Pengertian organisasi adalah sebuah proses perencanaan. Ini berkaitan dengan hal menyusun, mengembangkan dan memelihara suatu struktur atau motif hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha.

    W.J.S. Poerwadarminta 

    Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai bagian (orang atau kelompok) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan tertata.

    Tujuan Organisasi

    Di bawah ini adalah beberapa tujuan organisasi yang secara umum banyak dijadikan sebagai acuan dalam pembangunan sebuah organisasi, yaitu:

    1. meningkatkan kemandirian serta kemampuan dari sumber daya yang dimiliki,
    2. menjadi wadah yang membantu mencari keuntungan bersama-sama dengan kerja sama yang sudah terbagi dengan baik, .
    3. menjadi wadah yang digunakan untuk individu yang memang ingin memiliki jabatan, penghargaan serta pembagian kerja yang jelas,
    4. menjadi wadah untuk memiliki pengawasan dan kekuasaan,
    5. membantu setiap individu yang ada di dalamnya agar dapat meningkatkan pergaulan serta memanfaatkan waktu luang secara lebih optimal serta bermanfaat,
    6. membantu untuk pengelolaan lingkungan bersama-sama,
    7. Mencapai tujuan secara efektif dan efisien sesuai dengan yang telah menjadi maksud awal sebuah organisasi.

    Apa Saja yang Ada di Organisasi?

    Siapa dan apa saja unsur yang ada di dalam sebuah organisasi? Di bawah ini adalah unsur organisasi yang perlu Majoopreneurs ketahui. 

    • Anggota organisasi, yang terdiri dari pemimpin yang mengatur organisasi secara umum, manajer yang memimpin unit tertentu sesuai fungsi bidang kerjanya, dan orang-orang yang bekerja di bawah manajer. Penyebutan ini biasanya disesuaikan dengan jenis organisasinya masing-masing.
    • Tujuan organisasi, yang akan menjadi arah perjalanan organisasi dalam menentukan kegiatan yang dilakukan nantinya.
    • Peralatan, yang merupakan sarana dalam sebuah organisasi, seperti materi, budget, dan barang modal lainnya yang dapat menjadi tempat bekerja atau berkumpulnya organisasi.
    • Kerja sama, yang menjadi bagian penting dalam sebuah organisasi. Dengan adanya kerja sama yang baik, tujuan organisasi dapat dicapai bersama-sama. Tingkatan anggota akan membantu memudahkan dalam mengatur bagian kerja untuk menjalin kerja sama yang lebih baik.
    • Lingkungan, seperti kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi menjadi pendukung dalam mencapai tujuan dari organisasi yang telah ditentukan.
    • Komunikasi, yang akan sangat memengaruhi setiap anggota organisasi agar dapat bekerja sama dengan baik. Komunikasi yang baik akan mendukung perkembangan organisasi secara lebih optimal sesuai proses kerja yang sudah diatur sedemikian rupa.

    Apa Saja Ciri-Ciri dari Organisasi?

    Ciri-ciri organisasi dapat dibagi berdasarkan definisi, tujuan, dan struktur organisasi, yaitu:

    1. Sekumpulan orang. Organisasi harus terdiri dari minimal dua orang atau lebih manusia yang sadar dalam membentuk organisasi, sama seperti terbentuknya suatu kelompok.
    2. Memiliki tujuan bersama. Organisasi harus memiliki tujuan organisasi yang utama yang berusaha diraih oleh tiap-tiap anggota organisasi.
    3. Adanya kerjasama. Tiap anggota organisasi harus bekerjasama dan berkoordinasi satu sama lain untuk mempermudah dalam mencapai suatu tujuan tertentu.
    4. Memiliki aturan. Organisasi formal harus memiliki aturan atau batas-batas tertentu yang harus dipatuhi dan diterapkan pada tiap anggota organisasi.
    5. Memiliki pembagian tugas. Organisasi harus memiliki pembagian tugas pada tiap anggota agar bekerja satu sama lain dengan efektif dan efisien sesuai kemampuan yang dimiliki.

    Baca Juga: Mengenal Definisi, Jenis, dan Ciri-Ciri BUMN

    Prinsip Organisasi

    Di bawah ini ada beberapa pendapat dari dua orang ahli tentang prinsip organisasi. 

    L. P. Alford Dan Russel Beatty

    Dalam tulisannya yang berjudul Principle of Industrial Management, L. P. Alford dan Russel Beatty (1951) mengatakan, ada 7 prinsip organisasi.

    1. Prinsip tujuan atau principle of objective
    2. Prinsip wewenang dan tanggung jawab atau principle of authority and responsibility
    3. Prinsip wewenang pokok atau principle of ultimate authority
    4. Prinsip penugasan kewajiban-kewajiban atau principle of assignment to duties
    5. Prinsip definisi atau principle of definition
    6. Prinsip kesamaan atau principle of homogeneity
    7. Prinsip efektivitas organisasi atau principle of organization effectiveness

    Henry Fayol

    Ada 14 prinsip yang dikemukakan oleh Henry Fayol, seperti yang dikutip oleh Huse dan Bowditch (1977). Berikut ini 14 prinsip organisasi,

    1. Pembagian kerja atau division of work
    2. Wewenang dan tanggung jawab atau authority and responsibility
    3. Kesatuan perintah atau unity of command
    4. Disiplin atau discipline
    5. Kesatuan arah atau unity of direction
    6. Kepentingan individu di bawah kepentingan umum atau subordination of individual interest to general interest
    7. Gaji pegawai atau remuneration of personnel
    8. Sentralisasi atau centralization
    9. Saluran jenjang atau scalar chain
    10. Ketertiban atau order
    11. Keadilan atau equity
    12. Kestabilan masa kerja pegawai atau stability of tenure of personnel
    13. Inisiatif atau initiative
    14. Kesatuan jiwa korps atau esprit de corp

    Faktor yang Memengaruhi Organisasi

    Tentunya kamu juga perlu mengetahui faktor yang mempengaruhi budaya sebuah organisasi perusahaan, bukan? 

    • Motivasi 

    Apakah kamu mengetahui hal yang memotivasi seorang karyawan dalam bekerja? Bentuknya bisa bermacam-macam, loh. Bisa berupa uang dalam bentuk gaji dan bonus, apresiasi terhadap kerja keras karyawan, atau perhatian terhadap lingkungan kerja.

    • Gaya Manajemen dan Kepemimpinan

    Gaya manajemen dan kepemimpinan yang ada di perusahaan juga dipengaruhi oleh struktur organisasi perusahaan. Hal-hal yang dipengaruhi antara lain: gestur ketika memimpin dan mengendalikan, kegiatan organisasi, dan cara mengendalikan karyawan. 

    • Komunikasi

    Komunikasi efektif adalah pola komunikasi yang berdampak positif bagi budaya perusahaan. Komunikasi yang efektif memudahkan pihak manajemen untuk melakukan sosialisasi tujuan dan misi perusahaan, mengumumkan aturan perusahaan, dan menginformasikan kebijakan-kebijakan yang ditetapkan. 

    • Karakteristik dan Struktur Organisasi

    Hal-hal atau bidang yang dikerjakan oleh organisasi memengaruhi budaya yang berlaku di dalam organisasi tersebut. Perhatikan oleh majoopreneurs, perusahaan yang bergerak di bidang kreatif pasti memiliki budaya organisasi yang berbeda dengan organisasi pemerintahan. Kompleksitas hirarki dan ukuran organisasi juga akan memengaruhi hubungan personal, kebebasan, dan proses komunikasi antar anggotanya.

    • Tingkat Formalitas Organisasi 

    Organisasi dengan tingkat formalitas yang tinggi memiliki kecenderungan untuk menghindari sesuatu yang tidak pasti, dan tetap berpegang pada semua aturan tertulisnya. 

    Sebaliknya, kamu akan lihat dalam organisasi dengan tingkat formalitas yang rendah, karyawan justru dilatih untuk menghadapi ketidakpastian secara kreatif dan mandiri.

    • Nilai yang Dianut Individu 

    Nilai-nilai yang dianut tiap individu dalam suatu organisasi akan memengaruhi budaya organisasi secara keseluruhan. Misalkan nilai akan waktu, efisiensi, diri, tindakan, dan kerja. 

    Kamu bisa bayangkan bila kebanyakan individu yang berada dalam suatu organisasi tidak menghargai nilai kejujuran, maka budaya perusahaan tersebut juga tidak menjunjung tinggi nilai kejujuran. 

    Nilai-nilai yang dianut individu dalam sebuah organisasi akan membentuk ciri khas organisasi tersebut. 

    Contoh Organisasi

    Di bawah ini adalah contoh organisasi yang dibentuk dan berada di wilayah negara Indonesia. Di antaranya sudah Majoopreneurs ketahui, kan?

    1. Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
    2. Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD)
    3. Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK)
    4. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)
    5. Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)
    6. Rukun Warga (RW)
    7. Rukun Tetangga (RT)
    8. Karang Taruna
    9. Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)
    10. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)
    11. Pelindung Masyarakat (Linmas)
    12. Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)
    13. Juru Pemantau Jentik (Jumantik)
    14. Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)
    15. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK)
    16. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
    17. Forum Kemitraan Polisi & Masyarakat (FKPM)
    18. Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM)
    19. Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK)
    20. Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)

    Kesimpulan

    Delegasi kekuasaan atau delegation of authority merupakan salah satu prinsip pokok dalam organisasi. Kekuasaan atau wewenang adalah hak seseorang dalam sebuah organisasi untuk mengambil tindakan yang perlu agar tugas dan fungsinya bisa dilaksanakan dengan baik.

    Dalam sebuah organisasi, selalu ada persaingan antar anggota untuk menjadi seorang ketua atau pemimpin dari organisasi tersebut. Makanya, organisasi bisa memberikan manfaat dalam membangkitkan jiwa pemimpin.

    Budaya organisasi yang baik tercipta dari solidnya para anggota hingga menciptakan atmosfir yang baik dan berdampak pada pengembangan karakter bagi para anggotanya, termasuk kamu.

    Untuk mengembangkan pengetahuan yang akan membantumu mengasah keahlian dalam berorganisasi, majoo sudah siapkan banyak artikel menarik untuk kamu. Selamat membaca!

    Pertanyaan Terkait

    • Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian, organisasi adalah suatu bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dan dalam ikatan itu terdapat seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.
    • Yang ada di organisasi antara lain: (1) Anggota organisasi, (2) Tujuan organisasi, (3) Peralatan, (4) Kerja sama, (5) Lingkungan, (6) Komunikasi.
    • Ciri-ciri organisasi dapat dibagi berdasarkan definisi, tujuan, dan struktur organisasi, yaitu: (1) Sekumpulan orang, (2) Memiliki tujuan bersama, (3) Adanya kerja sama, (4) Memiliki aturan, (5) Memiliki pembagian tugas.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.