Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Mengenal Jenis-Jenis Pemasaran Beserta Contohnya

    Pemasaran adalah faktor penting dalam berjalannya sebuah bisnis atau perusahaan.

    Banyak dari kamu, baik sebagai pemilik bisnis, owner sebuah perusahaan atau konsumen sering mendengar kata 'Pemasaran'. Tapi apakah kamu sudah paham benar apa yang dimaksud dengan pemasaran? Apa saja fungsinya? Termasuk jenis-jenis pemasaran yang ada sampai dengan contoh langsungnya yang bisa kamu temui sehari-hari? 

     

    Arti dari Pemasaran

    Pertama, baiknya kamu mengetahui terlebih dulu apa yang dimaksud dengan pemasaran. Pemasaran adalah kegiatan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Tujuan utamanya untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan.

     

    Bisa juga dipahami bahwa yang dimaksud pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka ciptakan. Saat pemasaran sesuai dengan targetnya, perusahaan akan mendapatkan banyak pembeli dan keuntungan bisa didapatkan.

     

    Dari definisi di atas maka bisa kamu simpulkan bahwa pemasaran memegang peranan penting bagi lancarnya perjalanan sebuah perusahaan atau bidang bisnis. Singkatnya, pemasaran memiliki beberapa fungsi. 

     

    Fungsi Pemasaran 

    1. Pengenalan Produk

    Pengenalan produk oleh perusahaan menjadi fungsi pemasaran yang paling utama. Dengan pemasaran, produk menjadi lebih dikenal oleh konsumen. Dengan syarat, pihak perusahaan mampu menonjolkan keunggulan dari produk tersebut sehingga bisa  menarik perhatian dibanding produk pesaing.

     

    2. Fungsi Pertukaran

    Pemasaran memungkinkan konsumen untuk mendapatkan informasi dan membeli produk yang dijual dengan menukar produk dengan uang atau produk dengan produk. Produk ini dapat digunakan untuk keperluan kamu sendiri atau dijual kembali untuk mendapatkan laba.

     

    3. Riset

    Pemasaran bisa menjadi lahan tepat untuk melakukan riset, baik secara langsung atau riset online. Riset memungkinkan pemilik bisnis atau perusahaan untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai target pasar sebuah produk. Hal yang biasanya menjadi bahan riset adalah usia, jenis kelamin, kebutuhan hingga pendapatan, dan sebagainya. Produk yang diproduksi bisa menyesuaikan dengan apa dan bagaimana target pasarnya.

     

    4. Distribusi Fisik

    Memastikan bahwa produk dapat mudah didistribusikan dengan baik dari tempat produksi ke pasar luas menggunakan jalur darat, air dan laut adalah fungsi pemasaran yang berikutnya. Dengan begitu dapat dipastikan produk akan mudah didapatkan oleh konsumen.  

     

    5. Layanan Purnajual

    Layanan setelah penjualan terkadang dibutuhkan oleh konsumen. Pemilik bisnis atau perusahaan semestinya membantu konsumen dalam hal ini. Misalnya seperti produk perabot rumah tangga, konsumen mungkin akan merasa kesulitan saat mendapati masalah pada perabot yang mereka beli. Di sini, fungsi pemasaran dalam hal memberikan rasa aman pada konsumen di masa purnajual. 

     

    Jenis-Jenis Pemasaran

    1. Word of Mouth Marketing (WoMM)

    Word of mouth marketing adalah informasi produk yang didapatkan oleh konsumen dari konsumen lain secara verbal dan langsung. Dikenal juga dengan promosi dari mulut ke mulut. Disampaikan secara langsung. 

     

    2. Public Relation Marketing (PR Marketing)

    Public Relations merupakan salah satu dari jenis-jenis pemasaran yang penting. Banyak perusahaan yang bekerjasama dengan media untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran produk) produk mereka dan benefit yang bisa didapat oleh konsumen saat produk ini  mereka miliki.

     

    3. Relationship Marketing

    Membangun hubungan (relationship) dengan konsumen adalah cara yang efektif untuk memasarkan produk. Analoginya saat loyalitas konsumen telah terbangun maka ketika perusahaan meluncurkan produk baru para konsumen dengan sukarela akan membeli produk tersebut.

     

    4. Digital Marketing

    Digital marketing memanfaatkan semua sumber daya dan asetnya melalui online. Digital marketing atau pemasaran digital memaksimalkan segala potensi yang ada di internet agar bisa  mencapai target perusahaan. Selain itu digital marketing juga cara yang efektif untuk membangun brand dengan biaya yang rendah. Target pasarnya juga bisa ditentukan karena banyak penyedia jasa iklan yang memiliki fitur ini.

     

    5. Branding

    Sebuah produk selayaknya memiliki target pasar, serta nama atau “merek,” untuk dikenal. Branding adalah salah satu dari jenis-jenis pemasaran yang memiliki fungsi sebagai promosi jangka panjang. Branding sering kali menyertakan nama, slogan, dan logo.

     

    6. Iklan Siaran

    Radio sebagai media pemasaran adalah salah satu bentuk iklan berbayar yang umum digunakan oleh perusahaan atau pemilik bisnis. Konsep pemasaran ke konsumen dengan cara ini sangat potensial karena saat menyalakan radio para pendengar benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan oleh penyiarnya. Sedangkan untuk menjangkau pelanggan secara luas, bisa digunakan media iklan di televisi. 

     

    7. Multi-Level Marketing

    Multi-level marketing adalah bentuk pemasaran secara langsung yang melibatkan banyak orang di mana perusahaan merekrut dan menjual produk-produknya. Multi-level marketing sering dikenal juga dengan sebutan network marketing karena tenaga pemasarannya mendapatkan komisi dari produk yang mereka pasarkan serta komisi pemasaran dan penjualan dari jaringannya.

     

    Sampai di sini semestinya kamu sudah bisa memahami apa dan bagaimana konsep pemasaran yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Tapi untuk lebih jelasnya lagi, tidak ada salahnya bila kamu menyimak beberapa contoh pemasaran di bawah ini.

     

    Contoh pemasaran langsung atau yang sering disebut sebagai direct marketing: 

    • Pemasaran produk makanan di pasar tradisional

    • Pemasaran produk kesehatan di mall

    • Pemasaran produk kerajinan tangan di pusat oleh-oleh tempat wisata

     

    Contoh pemasaran yang saat ini sering digunakan adalah pemasaran secara digital.

     

    Contoh pemasaran tidak langsung yang biasa dikenal dengan indirect marketing:

    • Pemasaran buku melalui aplikasi marketplace di internet

    • Pemasaran perabot rumah tangga melalui iklan di televisi

    • Pemasaran jasa layanan masyarakat melalui iklan di radio

    • Pemasaran produk UMKM di internet

     

    Contoh pemasaran secara afiliasi: 

    • Sebenarnya metode afiliasi ini intinya adalah membayar orang lain untuk mempromosikan produknya.

    • Pemasaran produk kesehatan melalui Multi-level Marketing

    • Pemasaran alat masak melalui Multi-level Marketing

     

    Itulah pengertian dari pemasaran, beberapa fungsinya, jenis-jenis pemasaran yang ada dan juga contoh pemasaran yang sering kamu temui di kehidupan sehari-hari. Dari kesemuanya, dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah langkah yang amat penting dalam upaya melancarkan sebuah bisnis. 

     

    Mengetahui definisinya, memahami apa saja fungsi pemasaran, termasuk apa saja jenisnya akan membuatmu bisa mengenal lebih dekat apa itu pemasaran. Tapi bukan hanya itu saja. 

     

    Sebagai pemilik bisnis atau owner sebuah perusahaan, kamu sebaiknya memikirkan dan memastikan sejak awal metode pemasaran seperti apa yang akan kamu gunakan. Pastikan juga kamu sudah memakai aplikasi majoo yang dilengkapi beberapa fungsi penyajian data dan analisis yang akan mempermudah kelancaran bisnismu. Bila bisnis lancar dan maju maka keuntungan pun akan kamu dapatkan secara terus-menerus. 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!
    Faktor keberhasilan wirausaha tidak terbatas pada modal uang saja, sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan sikap wirausaha untuk mengembangkan usaha.
    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.