Tren Pemasaran Digital, Alternatif Bisnis Pasca PSBB

Pemasaran digital bisa menjadi alternatif menarik untuk model bisnis pasca PSBB

Dengan adanya pandemi COVID-19 serta imbauan pembatasan sosial berskala besar yang mengikutinya beberapa waktu lalu, pemasaran digital kemudian digadang sebagai salah satu alternatif yang bisa dilakukan para pelaku usaha agar dapat tetap menjalankan bisnisnya sekalipun pelanggan tidak pergi keluar rumah. Tak heran jika saat ini banyak bisnis pasca PSBB yang lebih banyak berfokus pada model pemasaran yang dilakukan secara digital, sembari tetap memberi perhatian pada toko-toko fisik yang sudah mulai dibuka kembali. Jika kamu juga bermaksud untuk mulai memasukkan media digital dalam strategi pemasaranmu, beberapa tren berikut bisa menjadi inspirasi yang menarik:

Bisnis fesyen yang membangun interaksi digital

Dengan dicabutnya aturan pembatasan sosial berskala besar di sejumlah daerah, banyak orang yang mulai kembali beraktivitas di luar rumah. Bisnis pakaian juga mengalami kenaikan untuk mengimbangi kebutuhan sandang masyarakat. Namun, mempertimbangkan besarnya keuntungan bisnis digital yang diperoleh pada saat aturan PSBB diberlakukan, banyak pelaku usaha dalam industri pakaian yang tetap mempertahankan pemasaran secara digital, sekalipun periode PSBB di sejumlah tempat sudah berakhir. Alexander McQueen, perancang busana ternama asal Inggris, sebagai contoh, terus menelurkan ide-ide kreatif guna meningkatkan interaksi digital antara brand miliknya dengan pelanggannya di media sosial.

Pasar swalayan dengan layanan belanja dari rumah

Tak bisa dipungkiri, pasar swalayan merupakan salah satu bisnis yang sangat terdampak oleh pandemi COVID-19. Tak hanya di dalam negeri saja, penjualan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari di luar negeri juga merosot tajam. Melakukan pemasaran secara online atau digital, pada saat itu, menjadi cara terbaik untuk menghindari bisnis gulung tikar. Oleh karena itu, bukan sesuatu yang aneh jika model bisnis pasca PSBB yang dipilih oleh para pelaku usaha terasa tak jauh berbeda. Meski beberapa pasar swalayan sudah beroperasi normal untuk menyediakan berbagai bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari, layanan belanja online pun tetap disediakan untuk menjangkau pelanggan-pelanggan yang masih melakukan swakarantina di rumah.

Bisnis pasca PSBB dengan e-Commerce

Berbeda dengan digital marketplace yang mempertemukan calon pembeli dengan banyak penjual, sebuah situs e-Commerce umumnya hanya menyediakan produk dari satu penjual saja. Salah satu brand yang cukup fokus menggarap situs e-Commerce untuk menjaga arus pendapatan selama pandemi ini berlangsung adalah ACE Hardware. Merek retailer asal Amerika Serikat ini mengisi situs e-Commerce yang dijalankannya dengan beragam post yang dapat meningkatkan interaksi digital dengan pelanggan. Dalam situs e-Commerce ini, pelanggan tidak hanya bisa menemukan katalog digital, tetapi juga tersedia pilihan untuk belanja dengan aplikasi perpesanan WhatsApp sehingga pelanggan tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja.

Pemasaran digital bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan yang sama yaitu meningkatkan penjualan

Beragam model bisnis pasca PSBB yang interaktif terus diupayakan oleh setiap pelaku usaha. Meski pembatasan sosial berskala besar ini memang dibutuhkan untuk menekan angka penyebaran pandemi COVID-19, tetapi dampaknya terhadap bisnis pun tak dapat disepelekan. Menggenjot pemasaran digital sebagai cara untuk mempertahankan bisnis setelah PSBB berakhir menjadi alternatif menarik yang bisa dicoba. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari pemasaran tak langsung dengan meningkatkan interaksi digital hingga pemasaran langsung melalui platform-platform digital. Gunakan juga aplikasi majoo yang kini dapat mempermudah pengelolaan bisnis di sejumlah marketplace digital besar di Indonesia.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Promo COVID-19, Cara Menekan Dampak Pandemi pada Bisnis

Promo COVID-19 merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha untuk bertahan dari dampak yang diakibatkan oleh penyebaran COVID-10 yang telah menjadi pandemi. Mereka kita bahas metode apa saja yang bisa dilakukan untuk mendukung tren bisn

Pentingnya Remote Work Bagi Pemilik Bisnis

Aplikasi owner dapat membantu pemilik bisnis melakukan remote work dan memantau bisnis dari mana saja.

5 Bisnis Mudah Berkembang dengan Aplikasi Point of Sales

Pemanfaatan aplikasi point of sales dapat sangat membantu pelaku usaha; khususnya mereka yang bergerak di 5 jenis bisnis berikut!

Kedai Kopi Gerobak: Unik dan Menarik di Mata Pelanggan

Penggunaan gerobak unik dapat membuat sebuah kedai kopi menarik lebih banyak pelanggan. Selain itu, kedai kopi gerobak juga memiliki sejumlah nilai lebih bagi para pelanggan. Apa saja, sih?
Whatsapp