Pengertian Planning dan Pentingnya Dalam Bisnis

article thumbnail

Konsep dan fungsi planning, serta memberikan tips praktis untuk membuat planning yang tepat


Pada era yang serba dinamis ini, perencanaan (planning) merupakan elemen kunci dalam keberhasilan sebuah bisnis. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara mendalam tentang konsep dan fungsi planning, serta memberikan tips praktis untuk membuat planning yang tepat dalam bisnismu. Dengan memahami pentingnya perencanaan dan menerapkan strategi yang efektif, kamu akan dapat mengoptimalkan kesuksesan bisnismu.


Planning merupakan suatu proses sistematis yang melibatkan pengidentifikasian tujuan, pengembangan strategi, dan penentuan langkah-langkah tindakan yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam konteks bisnis, planning adalah proses yang berfokus pada perencanaan strategis dan operasional untuk mencapai keberhasilan jangka pendek maupun jangka panjang.

Fungsi Planning dalam Bisnis

Planning memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari planning dalam konteks bisnis:

Membantu Pencapaian Tujuan

Perencanaan yang baik membantu bisnis dalam mengidentifikasi tujuan yang jelas dan merumuskan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya planning yang terstruktur, bisnis memiliki panduan yang jelas untuk mengarahkan upaya mereka menuju pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Mengoptimalkan Penggunaan Sumber Daya

Planning membantu bisnis dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang terbatas, seperti tenaga kerja, modal, dan waktu. Dengan perencanaan yang baik, bisnis dapat mengidentifikasi prioritas, alokasi yang efisien, dan penggunaan sumber daya yang optimal untuk mencapai hasil terbaik.

Mengantisipasi Perubahan dan Risiko

Planning juga memungkinkan bisnis untuk mengantisipasi perubahan dan risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Dengan melakukan analisis mendalam dan membuat rencana cadangan, bisnis dapat merespons perubahan pasar, persaingan, atau faktor lain yang dapat mempengaruhi operasional mereka dengan lebih baik.

Meningkatkan Pengambilan Keputusan

Planning yang baik memberikan informasi yang relevan dan analisis mendalam kepada para pengambil keputusan. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang situasi bisnis dan prospek masa depan, pengambil keputusan dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dan strategis.

Tips untuk Membuat Planning yang Tepat dalam Bisnis

Tips untuk Membuat Planning yang Tepat dalam Bisnis

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk membuat planning yang tepat dan sukses dalam bisnismu:

Tentukan Tujuan yang Spesifik dan Terukur

Pertama-tama, kamu perlu menetapkan tujuan yang jelas, spesifik, dan terukur. Tujuan yang spesifik memungkinkan kamu untuk memiliki panduan yang jelas tentang apa yang ingin dicapai, sedangkan tujuan yang terukur memungkinkan kamu untuk memantau kemajuan dan mengukur keberhasilan planningmu.

Lakukan Analisis SWOT

Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) adalah suatu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam bisnismu. Dengan melakukan analisis SWOT, kamu dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang posisi bisnismu di pasar dan mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi planningmu.

Buat Rencana Tindakan yang Terperinci

Setelah menetapkan tujuan dan melakukan analisis, langkah selanjutnya adalah membuat rencana tindakan yang terperinci. Rencana tindakan ini harus mencakup langkah-langkah yang spesifik, tenggat waktu yang realistis, serta tanggung jawab yang jelas bagi setiap anggota tim yang terlibat.

Tetapkan Ukuran Keberhasilan

Agar dapat mengukur keberhasilan planningmu, kamu perlu menetapkan ukuran keberhasilan yang dapat diukur dan dipantau. Ukuran keberhasilan ini dapat berupa parameter keuangan, pertumbuhan penjualan, tingkat kepuasan pelanggan, atau indikator lain yang relevan dengan bisnismu.

Ingin meningkatkan hubungan dan penjualan dengan pelanggan? Segera manfaatkan aplikasi CRM dari Majoo! Dapatkan solusi lengkap untuk mengelola dan melacak interaksi dengan pelanggan, mengatur jadwal tindak lanjut, serta menganalisis data pelanggan dengan mudah. Tidak perlu lagi melewatkan peluang penjualan dan menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan. Raih pelanggan yang loyal dan keberhasilan jangka panjang untuk bisnismu sekarang juga!

Tinjau dan Evaluasi Secara Berkala

Planning bukanlah suatu proses yang statis. Penting untuk melakukan tinjauan dan evaluasi secara berkala terhadap planning yang telah dibuat. Dengan melakukan evaluasi rutin, kamu dapat mengidentifikasi perubahan yang perlu dilakukan, memperbaiki kelemahan, dan mengoptimalkan peluang baru yang muncul.


Dalam bisnis, planning memainkan peran yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan. Dengan memahami konsep dan fungsi planning, serta menerapkan tips yang telah dijelaskan, kamu dapat membuat planning yang tepat dan sukses dalam bisnismu. 


Penting untuk diingat bahwa perencanaan haruslah fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis. Dengan mengikuti prinsip-prinsip perencanaan yang baik, kamu akan memiliki landasan yang kuat untuk mengembangkan bisnismu dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Jenis Planning Bisnis Berdasarkan Jangka Waktu

Dalam konteks perencanaan bisnis, terdapat tiga jenis planning berdasarkan jangka waktu, yaitu:

Strategic Planning (Perencanaan Strategis)

Strategic planning adalah jenis planning yang berfokus pada pencapaian tujuan jangka panjang sebuah bisnis. Planning ini melibatkan penentuan visi, misi, serta pengembangan strategi yang dapat membantu bisnis mencapai keunggulan kompetitif. Strategic planning melibatkan analisis pasar, penentuan target pasar, serta pengaturan sumber daya jangka panjang.

Tactical Planning (Perencanaan Taktis)

Tactical planning merupakan jenis planning yang berfokus pada pencapaian tujuan jangka menengah bisnis. Planning ini melibatkan langkah-langkah operasional yang lebih rinci dan terperinci dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam perencanaan strategis. Tactical planning melibatkan pengaturan sumber daya, alokasi anggaran, serta penentuan strategi pelaksanaan yang efektif.

Operational Planning (Perencanaan Operasional)

Operational planning adalah jenis planning yang berfokus pada pencapaian tujuan jangka pendek dan pengelolaan harian bisnis. Planning ini melibatkan penentuan tindakan operasional yang spesifik, penetapan jadwal, serta pengaturan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam perencanaan taktis. Operational planning melibatkan pengaturan proses operasional, pengelolaan tim, dan pelaksanaan tugas-tugas harian.

Jenis Planning Bisnis Berdasarkan Tingkatan

Dalam hal tingkatan, planning bisnis dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Top-Level Planning (Perencanaan Tingkat Tinggi)

Top-level planning merupakan jenis planning yang dilakukan oleh manajemen puncak atau eksekutif bisnis. Planning ini melibatkan penentuan visi, misi, serta pengambilan keputusan strategis yang berpengaruh terhadap arah dan tujuan jangka panjang bisnis. Top-level planning berfokus pada aspek strategis dan pengambilan keputusan yang dapat membentuk masa depan bisnis.

Middle-Level Planning (Perencanaan Tingkat Menengah)

Middle-level planning merupakan jenis planning yang dilakukan oleh manajemen menengah atau manajer departemen. Planning ini berfokus pada implementasi strategi dan tujuan yang telah ditetapkan dalam perencanaan tingkat tinggi. Middle-level planning melibatkan penentuan tindakan taktis dan alokasi sumber daya untuk mencapai tujuan departemen atau unit bisnis yang spesifik.

Lower-Level Planning (Perencanaan Tingkat Rendah)

Lower-level planning adalah jenis planning yang dilakukan oleh supervisor atau manajer operasional di tingkat yang lebih rendah dalam organisasi. Planning ini berfokus pada tindakan harian dan pengelolaan sumber daya operasional untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam perencanaan tingkat menengah. Lower-level planning melibatkan penentuan jadwal, tugas-tugas harian, serta pengaturan operasional yang efisien.

Jenis Planning Bisnis Berdasarkan Ruang Lingkup

Berdasarkan ruang lingkupnya, planning bisnis dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Strategic Planning (Perencanaan Strategis)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, strategic planning berfokus pada pencapaian tujuan jangka panjang bisnis secara menyeluruh. Planning ini melibatkan identifikasi tujuan utama, pengembangan strategi komprehensif, serta pengaturan sumber daya secara strategis untuk mencapai tujuan tersebut.

Functional Planning (Perencanaan Fungsional)

Functional planning adalah jenis planning yang berfokus pada tujuan dan tugas-tugas spesifik dari fungsi atau departemen tertentu dalam bisnis, seperti keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Planning ini melibatkan penentuan tujuan fungsional, strategi pelaksanaan, serta alokasi sumber daya yang relevan dengan fungsi tersebut.


Dengan memahami berbagai jenis planning bisnis berdasarkan jangka waktu, tingkatan, dan ruang lingkup, kamu dapat mengembangkan perencanaan yang holistik dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Penting untuk memperhatikan ketepatan dan konsistensi planning agar bisnis dapat berjalan dengan efisien dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Keuntungan Planning dalam Bisnis

Membuat planning dalam bisnismu memiliki berbagai keuntungan yang penting dan berdampak positif. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari membuat planning dalam bisnis:

Membantu Mencapai Tujuan Bisnis

Planning membantu bisnis dalam menetapkan tujuan yang jelas dan merumuskan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya planning yang terstruktur, bisnis memiliki panduan yang jelas untuk mengarahkan upaya mereka menuju pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Mengoptimalkan Penggunaan Sumber Daya

Melalui perencanaan yang matang, bisnis dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang terbatas seperti tenaga kerja, modal, dan waktu. Dengan menganalisis kebutuhan dan alokasi sumber daya secara efisien, bisnis dapat menghindari pemborosan dan memaksimalkan hasil dengan penggunaan yang tepat.

Mengantisipasi Perubahan dan Risiko

Dalam bisnis, perubahan dan risiko adalah hal yang tidak dapat dihindari. Dengan melakukan perencanaan yang baik, bisnis dapat mengantisipasi perubahan dan risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Dengan adanya planning, bisnis dapat mempersiapkan rencana cadangan dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi tantangan yang muncul.

Meningkatkan Pengambilan Keputusan

Planning yang baik memberikan informasi yang relevan dan analisis mendalam kepada para pengambil keputusan. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang situasi bisnis dan prospek masa depan, pengambil keputusan dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dan strategis. Planning membantu dalam mengevaluasi opsi, mempertimbangkan konsekuensi, dan memilih jalur yang terbaik bagi bisnis.


Memfasilitasi Koordinasi dan Kolaborasi

Planning memainkan peran penting dalam memfasilitasi koordinasi dan kolaborasi di antara tim dan departemen dalam bisnis. Dengan memiliki rencana yang jelas, semua anggota tim dapat bekerja secara sinergis, mengetahui peran dan tanggung jawab masing-masing, serta bekerja menuju tujuan bersama. Planning juga memungkinkan komunikasi yang lebih baik dan penggunaan sumber daya yang terkoordinasi dengan baik.

Memberikan Evaluasi dan Pemantauan

Planning memberikan kerangka kerja untuk evaluasi dan pemantauan kemajuan bisnis. Dengan memiliki target dan indikator kinerja yang telah ditetapkan dalam planning, bisnis dapat mengukur keberhasilan dan membuat perbaikan yang diperlukan. Melalui pemantauan secara teratur, bisnis dapat mengidentifikasi perubahan yang perlu dilakukan dan mengoptimalkan performa.


Secara keseluruhan, membuat planning dalam bisnismu memiliki banyak keuntungan yang penting. Planning membantu mengarahkan bisnis ke arah yang diinginkan, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mengelola risiko, meningkatkan pengambilan keputusan, memfasilitasi kolaborasi, dan memberikan evaluasi yang diperlukan. Dengan melakukan perencanaan yang matang, bisnis memiliki dasar yang kuat untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.


Sumber Data:

  • https://mekari.com/blog/pengertian-perencanaan-bisnis/
  • https://www.detik.com/jabar/berita/d-6193502/apa-itu-planning-pengertian-tujuan-dan-manfaatnya
  • https://toffeedev.com/blog/planning-adalah/
  • https://unsplash.com/s/photos/planning

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo