Table of Content

    Definisi Perencanaan Usaha dan Manfaatnya Bagi Pebisnis


    Setiap bisnis yang dijalankan memerlukan perencanaan usaha.


    Setiap bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar, memerlukan perencanaan usaha untuk meminimalisir risiko kerugian yang bisa saja terjadi. Dalam menjalankan bisnis, pastinya mengalami untung dan juga rugi merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, risiko kerugian tersebut dapat diminimalisir jika kamu telah memiliki perencanaan yang matang. Perencanaan usaha yang matang selalu mempertimbangkan adanya risiko kerugian dan mencoba mengantisipasi dan mencarikan solusinya.

    Perencanaan usaha adalah sesuatu hal yang sebaiknya disiapkan sebelum memulai sebuah bisnis. Biasanya pengusaha atau pebisnis yang baru, masih belum cukup memahami adanya risiko yang kemungkinan akan terjadi. 

    Pengertian Perencanaan Usaha 

    Perencanaan usaha adalah tindakan atau langkah-langkah yang direncanakan untuk dilakukan ketika akan menjalankan suatu usaha atau bisnis.  Singkat kata, perencanaan usaha adalah suatu langkah awal untuk memulai usaha. Konsepnya sama seperti jika kamu membuat proposal untuk sebuah kegiatan. Perencanaan ini membutuhkan beberapa komponen perencanaan usaha agar bisnis dapat terus berjalan dengan baik.

    Komponen Perencanaan Usaha

    Sebagai pebisnis, bukan cuma peran penting perencanaan usaha yang perlu kamu ketahui, melainkan perlu juga untuk mengetahui komponen perencanaan usaha yang satu dan lainnya berkaitan dalam upaya memperlancar sebuah bisnis. Berikut ini adalah beberapa komponen pentingnya.

    1. Deskripsi Usaha

    Komponen pertama dari perencanaan usaha adalah adanya deskripsi usaha. Deskripsi usaha berguna untuk menjelaskan atau memberitahukan mengenai ide usaha yang akan dijalankan. 

    2. Strategi Pemasaran

    Komponen perencanaan usaha lainnya yang tidak kalah penting yaitu menentukan strategi pemasaran. Berbisnis pun butuh strategi. Terutama strategi pemasaran yang baik dan matang. Mengetahui dan memahami kelebihan serta kekurangan produk kompetitor juga termasuk dalam strategi pemasaran. 

    3.  Riset Pasar 

    Riset pasar adalah hal yang cukup penting untuk mengawali sebuah bisnis. Riset pasar sebaiknya dilakukan untuk mengetahui segmentasi pasar dengan baik, agar keberhasilan dalam memasarkan produk atau jasa bisa diraih. Dengan mempelajari selera konsumen maka diharapkan produk atau jasa yang ditawarkan dapat diterima dengan baik oleh pasar. 


    Beberapa pebisnis terkadang lupa untuk membuat perencanaan usaha padahal perannya sangatlah penting.

    4. Implementasi Pada Proses Produksi 

    Tanpa adanya suatu tindakan, maka perencanaan usaha akan menjadi sia-sia. Tindakan dilakukan ini dilakukan dengan cara melaksanaan proses produksi yang sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan sebelumnya. 

    5. Pemantauan Produk 

    Komponen penting berikutnya adalah pemantauan produk. Pemantauan produk berfungsi sebagai media evaluasi apakah produk tersebut dapat diterima di pasaran dengan baik atau tidak. Dari sini juga bisa diketahui kekurangan atas produk tersebut, sehingga pebisnis bisa menerapkan solusi atas permasalahan ini. 

    6. Memaksimalkan Manajemen Operasional

    Selanjutnya adalah melakukan komponen perencanaan usaha dengan mengatur manajemen operasional. Manajemen operasional meliputi pengaturan peralatan untuk proses produksi, pemilihan sumber daya manusia yang berkualitas, dan penggunaan bahan baku. Seperti yang sudah umum diketahui, sumber daya manusia yang berkualitas adalah aset sekaligus ujung tombak sebuah bisnis.

    7. Perkiraan Biaya 

    Sebaiknya sebelum memulai usaha, perkirakan serta perhitungkan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan. Perkiraan biaya tersebut sangat penting, untuk memperhitungkan laba rugi. Apabila biaya terlalu besar, maka sebaiknya dicarikan solusi agar biaya dapat ditekan. 

    8. Evaluasi 

    Komponen perencanaan usaha yang terakhir yaitu meninjau ulang dari keseluruhan komponen perencanaan yang telah dilakukan. Jika ternyata sudah berhasil, maka keuntungan akan dapat diraih dengan mudah.  Apabila tidak,  hal ini menunjukkan ada yang salah dalam perencanaan usaha yang sudah disusun. 

    Manfaat Perencanaan Usaha

    Suatu perencanaan usaha yang sudah dibuat menurut konsep di atas, perlu dituliskan dalam bentuk sebuah dokumen agar lebih mudah untuk dipahami oleh pihak lain.  Selain itu, masih ada beberapa manfaat perencanaan usaha lain yang bisa didapatkan oleh pebisnis atau pemilik usaha. Manfaat tersebut antara lain: 


    1. Dapat Menjadi Sebuah Action Plan dan Roadmap Bisnis

    Dokumen perencanaan usaha dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat dan melakukan sebuah rencana kegiatan. Perencanaan ini dapat digunakan sebagai bantuan untuk mencari solusi dalam mengatasi masalah-masalah, baik kecil maupun besar yang mungkin muncul dalam menjalankan bisnis.

     

    Perencanaan usaha dapat membantu sebuah bisnis atau perusahaan agar tetap berada pada jalan usahanya, tidak teralihkan fokusnya pada kegiatan lain. Fokus dalam usaha ini dapat membantu perusahaan dalam mencapai target, sasaran, dan visi misinya. 

    2. Dapat Mengetahui Visi dan Misi Perusahaan

    Manfaat perencanaan usaha selanjutnya adalah untuk mengetahui visi dan misi perusahaan. Manfaat ini biasanya dapat lebih dirasakan oleh pihak luar perusahaan seperti calon investor, lembaga pemberi modal, atau bahkan calon tenaga kerja. Sangat penting bagi mereka ini untuk mengetahui visi dan misi perusahaan sehingga mereka dapat mengambil keputusan tertentu.

    3. Mendapatkan Modal, Pembiayaan, dan Kontrak

    Manfaat lain dari perencanaan usaha adalah  berupa tambahan modal, pembiayaan, juga kontrak dengan pihak lain. Modal dan pembiayaan sangat penting bagi setiap bisnis untuk menjalankan usaha.

    Biasanya untuk mendapatkan tambahan modal usaha ini para pemilik bisnis mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan atau investor. Lembaga atau investor tersebut umumnya tidak akan langsung mau memberikan modal tanpa melakukan pengecekan  terlebih dahulu. Salah satu cara untuk melakukan pengecekan adalah melalui dokumen perencanaan usaha tersebut. Bila dirasa sesuai, pihak lembaga atau investor akan memberikan dana untuk tambahan modal. 


    Peran Penting Perencanaan Usaha 

    Sebuah usaha yang dilakukan tanpa adanya perencanaan usaha di awal akan lebih rentan mengalami kerugian bahkan kebangkrutan. Maka dari itu, para pebisnis perlu memahami pentingnya peranan perencanaan usaha bagi bisnisnya.

    Berikut beberapa peran penting dari perencanaan usaha bila diterapkan dalam bisnis yang kamu jalankan.

    1. Meminimalisir Resiko

    Peran penting utama dari perencanaan usaha adalah bisa memprediksi risiko yang mungkin terjadi, sekaligus memberikan solusinya. Karena itulah setiap komponen perencanaan usaha sebaiknya diperhatikan dan dilakukan secara saksama agar semua risiko yang mungkin terjadi bisa segera teratasi. 

    2. Memenangkan Persaingan Bisnis

    Pentingnya perencanaan usaha lainnya adalah untuk  memahami perilaku kompetitor. Dari sini, semua tingkah laku dan aktivitas kompetitor dalam  bisnisnya dapat dilihat dan dipelajari sehingga kamu bisa memiliki strategi untuk memenangkan persaingan bisnis.

    3. Menguasai Pangsa Pasar

    Memenangkan persaingan bisnis akan sangat mudah bila kamu memiliki perencanaan usaha yang baik. Maka dari itu, setiap komponen perencanaan usaha yang terdapat di dalamnya sepatutnya dilaksanakan dengan baik agar dapat menguasai pangsa pasar.

    4. Menentukan Strategi Pemasaran yang Terarah 

    Jika kamu menjalankan setiap komponen perencanaan usaha dengan baik, maka secara otomatis juga dapat menentukan strategi pemasaran yang terarah dan tepat sasaran. 

    5. Mendapatkan Keuntungan yang Besar

    Apabila kamu sudah memiliki strategi pemasaran yang baik, dan pangsa pasar yang lebih luas sudah kamu dikuasai maka akan sangat mudah untuk mendapatkan keuntungan bisnis yang lebih besar.

    Contoh Perencanaan Usaha 

    Agar lebih mudah untuk memahami apa yang dimaksud dengan perencanaan usaha, ada baiknya kamu memerhatikan contoh perencanaan usaha di bawah ini. 

    • Struktur Organisasi

    Nama Perusahaan: Sego Kepel

    Jenis Usaha: Makanan 

    Alamat Usaha: Jl. Gajahmada No.10, Sidoarjo. 


    • Visi dan Misi Perusahaan

    Visi: Mampu menyediakan pilihan makanan  yang sehat, berkualitas, dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

    Misi: Menghasilkan makanan yang halal dan enak serta terbuat dari bahan berkualitas.


    • Deskripsi Usaha

    Sego Kepel adalah perusahaan pembuat dan penjual makanan nasi kepal dengan berbagai pilihan lauk, misalnya tongkol suwir, ayam bumbu kuning, dan sambal goreng udang. Produksi nasi kepal dilakukan di Jl. Gajahmada No. 10, Sidoarjo.


    Proses produksi nasi kepal dilakukan berdasarkan standar mutu sehingga hasilnya enak dan aman dikonsumsi oleh konsumen. Proses pengemasan juga dilakukan dengan standar kebersihan tinggi dan setiap kemasan diberi label tanggal kadaluarsa. 


    • Strategi Pemasaran

    Produk Sego Kepel ditujukan untuk warga Sidoarjo dan wisatawan. Pemasaran produk nasi kepal ini dilakukan melalui online dan offline. Konsumen dapat membeli produk ini melalui gerai kami di Jl. Gajahmada No. 10 atau melakukan order secara online.


    • Analisis Usaha

    Kelemahan: Ada banyak saingan perusahaan produsen makanan dengan bahan utama nasi.


    Kelebihan: Produk nasi kepal memiliki ciri khas yaitu bentuknya. Kualitas aman, dan enak. Selain itu, perusahaan bekerjasama dengan beberapa aplikasi online untuk menjual produk.


    • Lampiran

    Laporan keuangan, detail produksi, dan struktur perusahaan terlampir.

    Tips Membuat Perencanaan Usaha

    Sebuah bisnis akan berjalan dengan baik dan lancar bila pemiliknya berhasil membuat perencanaan usaha yang efektif dan mengikutinya dengan baik. Sebelum membuat perencanaan seperti contoh perencanaan usaha di atas, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

      • Tentukan Tujuan Usaha

      Menentukan tujuan usaha dapat membantu  menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan membuat strategi pemasaran menjadi lebih tepat sasaran. 

      • Lakukan Riset

      Riset sangat diperlukan untuk mengetahui peluang, tantangan, dan target usaha. 

      • Tentukan Target Usaha

      Menentukan target usaha penting untuk dilakukan, hal ini dapat membantu kamu sebagai pebisnis untuk merencanakan strategi usaha yang lebih pas.

      Kesimpulan

      Membuat dan merancang sebuah perencanaan usaha yang baik dan efektif akan membawa banyak manfaat yang besar bagi bisnis kamu. Selain itu,  perencanaan ini juga berguna untuk mengetahui langkah-langkah pebisnis dalam menghadapi persaingan usaha. 


      Penting adanya untuk konsisten menjalankan setiap komponen perencanaan usaha karena memulai sebuah bisnis memang tidaklah mudah. Banyak risiko yang mungkin hadir, mulai dari faktor internal sampai dengan eksternal seperti bencana alam.


      Memahami berbagai komponen perencanaan usaha adalah hal penting yang sebaiknya kamu lakukan bila ingin bisnismu mengalami keuntungan dan terus berkembang. 


      Jangan lupa untuk melakukan proses pembukuan dengan rinci dan teratur. Hal ini akan memudahkanmu dalam memantau dan mengevaluasi kondisi finansial bisnis yang kamu jalani secara menyeluruh. Tapi, jangan sampai hal ini membuat hidupmu menjadi lebih rumit, kamu bisa memanfaatkan majoo sebagai aplikasi keuangan yang akan membantumu dalam hal pengelolaan finansial bisnis. Majoo akan menjadikan pengelolaan finansial bisnis bisa dilakukan kapan dan dimana saja secara praktis dan efisien. Segera berlangganan Majoo dari sekarang! 

      Upcoming Event

      Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

      Lihat semua event

      Download Majalah

      Cover majalah wirausaha Indonesia
      Lihat semua edisi

      Download Ebook

      Cover Ebook
      Lihat semua edisi

      Related Article

      Kenali Apa Itu CV ATS Friendly
      CV ATS Friendly adalah CV yang secara otomatis dapat disortir melalui sebuah aplikasi yang disebut ATS. Lalu, bagaimana membuat CV ATS Friendly yang baik?
      NPV adalah: Rumus, Contoh, dan Cara Menghitung
      Tidak hanya bermanfaat untuk menganalisis untung rugi, perhitungan NPV juga akan sangat membantu dalam menyusun perencanaan keuangan perusahaan.
      Bisnis Proposal atau Proposal Bisnis? Mana yang Benar?
      Apa itu bisnis proposal? Apakah sama dengan proposal bisnis? Sebelum membuatnya, pahami pengertian dan ciri-ciri proposal bisnis lebih dulu.
      Bank Digital adalah Kebutuhan Masyarakat Saat Ini. Kok Bisa?
      Bank digital adalah transformasi layanan perbankan dari luring menjadi daring. Kemunculannya semakin marak di Indonesia. Mau jadi nasabahnya?