Pentingnya Laporan Audit Untuk Menilai Kinerja Bisnis

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail
Laporan audit adalah sebuah proses evaluasi untuk menentukan apakah informasi sudah sesuai dengan kejadian yang sebenarnya serta sudah sesuai dengan standarnya atau belum. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepercayaan kepada perusahaan supaya dapat menentukan keputusan dengan tepat. Dengan begitu, pada akhirnya hal ini berguna untuk melihat apakah perusahaan sudah efisien dalam operasionalnya atau tidak.

Apa Itu Laporan Audit?

Laporan audit merupakan laporan yang dibuat oleh auditor independensi berisi opini audit setelah melakukan pemeriksaan dan evaluasi terhadap laporan keuangan perusahaan. 

Hal ini meliputi akun manajemen, laporan keuangan, dan laporan lainnya yang sesuai dengan laporan terkait.  Biasanya, kebanyakan laporan ini dibuat berdasarkan hasil pemeriksaan oleh profesional auditor terkait dengan kriteria dan juga standar yang berlaku.

Laporan audit ini biasanya terdokumentasi secara lengkap dan menjadi bentuk pertanggungjawaban dari perusahaan kepada kepada stakeholders. Tujuan dari adanya laporan audit yaitu sebagai laporan keuangan publik yang bersertifikasi supaya bisa menjalankan usaha secara baik dan mandiri.

Jenis-Jenis Audit

Audit juga terbaik kedalam beberapa jenis yang didasarkan atas pemeriksaan serta luas jangkauan auditnya. Berikut beberapa jenis dari audit:

  1. Audit yang didasarkan pada pemeriksaan

Berdasarkan pemeriksaan, audit ini terbagi menjadi 4 diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Audit laporan keuangan

Audit ini bertujuan untuk memeriksa dan melakukan evaluasi terhadap bukti laporan. Biasanya audit ini dilakukan karena adanya permintaan dari klien.

  • Audit operasional

Audit operasional merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk menganalisa beberapa bagian, mulai dari prosedur sampai dengan metode operasi supaya dapat melakukan peninjauan efisiensi terhadap aktivitas suatu pekerjaan.

  • Audit ketaatan

Sesuai dengan namanya, laporan audit ini bertujuan untuk mempertimbangkan fakta sebenarnya terhadap klien apakah sudah mengikuti aturan yang berlaku atau tidak.

  • Audit kinerja

Audit ini dilakukan pada instansi pemerintah dengan menentukan efektivitas, ekonomis, dan efisiensi dalam biaya dan manfaatnya untuk perusahaan.

  1. Audit didasarkan pada luas jangkauan

Berdasarkan luas jangkauannya, audit ini terbagi kedalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Audit umum

Audit ini meliputi laporan keuangan pada terdapat pada kantor Publik Akuntan Publik yang independen yang bertujuan untuk menilai dan memberikan saran tentang suatu kewajaran dalam laporan keuangan.

  • Audit khusus

Laporan audit ini akan dilakukan secara khusus dan memiliki cakupan kecil yang diminta langsung oleh perusahaan.  

Untuk memudahkan perusahaan dalam melakukan audit terhadap berbagai laporan kamu bisa menggunakan aplikasi akuntansi majoo. Aplikasi ini merupakan aplikasi pendukung bisnis terbaik bagi wirausaha dan memiliki fitur yang lengkap mengenai semua laporan keuangan di perusahaan.

Beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi ini yaitu kas dan bank, biaya dan pengeluaran, faktur penjualan, buku besar, hingga laporan keuangan secara rinci dan akurat. Dengan mengetahui semua informasi keuangan ini kamu akan lebih mudah untuk melakukan proses audit terhadap laporan keuangan perusahaan. .

Segera upgrade bisnis kamu sekarang juga dengan beralih ke aplikasi akuntansi majoo. Bantu memudahkan proses audit laporan perusahaan dan bantu perusahaan mencapai keuntungan yang maksimal. 

Baca Juga: Ketahui Opini Audit Beserta Jenis dan Contohnya

Langkah-Langkah Dalam Pembuatan Laporan Audit

Dalam melakukan pembuatan laporan audit, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meminta laporan keuangan

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu meminta laporan keuangan perusahaan. Auditor akan meminta dokumen yang terdapat pada daftar pemeriksaan, yang meliputi laporan bank asli, laporan audit sebelumnya, buku besar, hingga kwitansi.


Di sisi lain, auditor juga akan meminta bagan dari organisasi perusahaan dan juga salinan mengenai komite, risalah dewan, peraturan tetap, dan anggaran rumah tangga.

  1. Menyiapkan rencana audit

Tahap laporan audit berikutnya yaitu menyiapkan rencana audit. Auditor akan melakukan pemeriksaan terkait dengan informasi yang terdapat di dalam dokumen sehingga dapat direncanakan bagaimana proses audit akan diterapkan.


Lokakarya risiko bisa dilakukan supaya dapat melakukan identifikasi jika nantinya terdapat masalah. Setelah itu, akan dibuat rencana audit.

  1. Membuat jadwal rapat terbuka

Staf administrasi serta manajemen senior akan melakukan pertemuan secara terbuka dengan auditor. Kerangka waktu untuk audit akan ditentukan dan masalah lainnya akan dibahas. Nantinya staf juga dapat dilakukan wawancara dengan pihak auditor.

  1. Kerja lapangan

Tahapan laporan audit berikutnya yaitu auditor akan mengambil informasi selama rapat terbuka serta akan menggunakannya untuk proses audit. Dalam melakukan kerja lapangan auditor dapat berbicara dengan anggota staf serta meninjau proses dan prosedur yang berlaku.


Auditor akan melakukan uji coba terhadap kepatuhan kebijakan serta prosedur. Kontrol internal juga akan dilakukan evaluasi supaya dapat memastikan prosesnya berjalan dengan baik. Auditor juga bisa melakukan diskusi mengenai masalah yang ada supaya anggota perusahaan dapat melakukan respon.

  1. Menyusun Laporan

Auditor akan menyiapkan laporan secara rinci hasil dari temuannya selama proses audit. Dalam hal ini meliputi masalah posting, kesalahan matematika, pembayaran resmi namun tidak dibayarkan serta hal-hal lainnya yang bermasalah.


Kemudian auditor akan menulis semua komentar yang mengenai temuan audit sehingga dapat memberikan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  1. Melakukan pertemuan penutup

Dalam tahapan laporan audit ini, auditor akan meminta pendapat dari manajemen mengenai apakah sudah setuju dengan masalah yang ada di laporan atau tidak. Dalam pertemuan penutup ini seluruh pihak yang akan membahas mengenai laporan serta tanggapan dari manajemen sehingga jika masih ada terdapat masalah maka dapat dilakukan tahap penyelesaiannya.

Tujuan Dari Laporan Audit

Tujuan dari adanya laporan audit yaitu untuk memberikan keyakinan kepada seluruh pihak jika laporan keuangan pada perusahaan, lembaga, atau organisasi telah sesuai dengan standar serta prinsip yang berlaku. Dalam hal ini laporan keuangan juga harus mencantumkan kondisi keuangan perusahaan secara aktual serta kinerja dari manajemen dalam masa tersebut.

Baca Juga: Auditor Adalah: Pengertian, Jenis, Tugas, dan Kode Etik

Manfaat Laporan Audit

Ada beberapa manfaat dari laporan audit bagi keuangan perusahaan. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk dapat meningkatkan integritas terhadap laporan keuangan yang baik dan akurat kepada pihak-pihak eksternal. Berikut beberapa manfaat dari laporan audit yaitu sebagai berikut:

  1. Menjaga kepatuhan

Salah satu manfaat dari laporan audit yaitu untuk menjaga kepatuhan terhadap aturan yang berlaku

Saat dilakukan audit terhadap laporan keuangan maka akan dilakukan pemeriksaan terhadap data keuangan apakah sudah sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku atau tidak.


Jika ditemukan adanya pelanggaran serta kegagalan di dalamnya maka tim audit akan menginformasikannya kepada pihak perusahaan sehingga dapat diselesaikan.

  1. Laporan lebih akurat

Laporan keuangan perusahaan juga akan bersifat lebih akurat dengan adanya laporan audit

Dengan adanya laporan audit, maka akan membuat laporan perusahaan menjadi lebih akurat. Hal ini karena semuanya sudah dilakukan identifikasi sehingga jika terdapat kesalahan maka akan langsung dicarikan solusinya. Hal ini akan membuat laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan menjadi lebih akurat serta bisa diandalkan.

  1. Dapat menentukan laba secara tepat

Perusahaan juga dapat menentukan laba secara tepat dan akurat dengan adanya laporan audit

Laporan audit juga memiliki manfaat untuk menentukan laba secara tepat dan akurat. Hal ini dikarenakan adanya pemeriksaan secara menyeluruh, teliti, dan cermat dari auditor sehingga perusahaan dapat menentukan profitabilitas serta manajemen laba yang lebih baik.


Karena itulah, melakukan audit pada laporan perusahaan akan berdampak pada pengambilan keputusan yang tepat sehingga dapat membantu meningkatkan kelancaran bisnis.

  1. Proses pinjaman lebih sederhana

Dengan adanya laporan audit maka proses pinjaman pada perusahaan akan menjadi lebih mudah dan cepat

Ketika adanya laporan audit, maka pihak bank akan mudah memberikan pinjaman kepada perusahaan terkait. Hal ini dikarenakan pihak bank merasa bahwa laporan audit pada perusahaan memiliki kemungkinan kecil untuk dapat dipalsukan sehingga bersifat akurat dan valid.

  1. Menghindari kecurangan

Menerapkan laporan audit pada perusahaan juga untuk menghindari terjadinya kecurangan atau penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

Kecurangan atau penipuan dapat terjadi dimanapun dan kapanpun, termasuk dalam dunia bisnis. Hal ini biasanya dilakukan oleh pihak atau oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itulah diperlukan audit terhadap laporan supaya dapat membantu mengungkap adanya kecurangan. Hal ini dikarenakan pihak auditor akan selalu bersikap netral dan apa adanya ketikan memberikan hasil laporan audit.

  1. Pertumbuhan bisnis menjadi meningkat

Laporan audit juga dapat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis

Para auditor yang melakukan proses audit terhadap laporan perusahaan bekerja dengan tidak mewakili kepentingan pribadi. Karena itulah, auditor akan memberikan masukan atau saran yang tepat terhadap audit laporan kepada perusahaan. Hal ini juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja sistem bisnis, pengelolaan keuangan perusahaan lebih tepat, serta praktik akuntansi yang lebih transparan.

  1. Menentukan anggaran dan perencanaan

Laporan audit juga akan membantu perusahaan untuk menentukan anggaran dan perencanaan yang tepat bagi bisnis

Laporan audit juga dapat membantu perusahaan dalam memastikan keakuratan pada laporan keuangan dengan melakukan analisis seluruh transaksi yang terjadi. Dengan demikian, maka setoran dan penarikan dapat dilacak secara akurat dan detail


Hal ini tentunya akan memudahkan perusahaan dalam merencanakan masa depan, membuat anggaran, serta mengambil keputusan keuangan yang tepat. 

Dengan adanya laporan audit dapat memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan. Laporan keuangan akan bersifat valid dan akurat serta terhindar dari kecurangan. Selain itu, dengan adanya laporan audit juga dapat membantu perusahaan dalam merumuskan strategi guna mengambil keputusan yang akan diterapkan pada perusahaan. 

Sumber: 

  • https://www.online-pajak.com/tentang-efiling/manfaat-audit-perusahaan

  • https://accurate.id/akuntansi/pengertian-laporan-audit/

  • https://mekari.com/blog/audit-laporan-keuangan/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo