Pentingnya Pembukuan Usaha untuk Kesuksesan Bisnismu

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Pembukuan usaha memiliki banyak manfaat dalam meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan bisnis

Pembukuan usaha adalah salah satu hal penting dalam menjalankan suatu bisnis. Hal ini dikarenakan pembukuan usaha memiliki banyak manfaat bagi bisnis, salah satunya mengatur dan mengelola keuangan atau akuntansi. Seorang pengusaha harus mengerti betapa pentingnya hal yang satu ini supaya dapat meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan bisnis

Jenis-Jenis Pembukuan Usaha

Pembukuan usaha yang harus dimiliki oleh perusahaan tidak hanya tentang laporan keuangan, namun meliputi laporan inventory dan yang lainnya. Untuk memudahkan kamu dalam memahaminya, maka simaklah penjelasan mengenai jenis-jenis pembukuan usaha berikut ini:

  1. Pembukuan pengeluaran dan pemasukan

Pembukuan kas masuk harus wajib dimiliki oleh perusahaan. Buku ini berisi catatan mengenai transaksi masuk dan keluar pada perusahaan. Kamu harus mencatat semua transaksi tersebut secara jelas dan rinci. Hal ini bertujuan supaya sistem pembukuan usaha kamu dapat disiplin.

  1. Pembukuan arus kas

Perusahaan juga wajib memiliki buku yang berguna untuk mencatat mengenai arus kas perusahaan. Hal ini dikarenakan arus kas mempunyai peranan yang cukup penting untuk dapat mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan saat ini.


Dengan adanya pembukuan usaha ini maka perusahaan dapat mengontrol dan mengawasi setiap arus kas yang terjadi sehingga keuangan perusahaan dapat menjadi lebih terkendali.

  1. Pembukuan keluar masuk persediaan atau stok

Perusahaan juga harus mempunyai buku untuk mencatat semua barang yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam memantau stok harian. Selain itu, kamu juga tidak perlu lagi untuk khawatir saat kehabisan barang ketika pelanggan membutuhkannya.

  1. Pembukuan aset tetap

Jenis pembukuan usaha yang juga harus dimiliki oleh perusahaan yaitu pembukuan aset tetap. Perusahaan wajib untuk mencatat semua inventaris yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memantau barang perusahaan serta barang apa saja yang dimiliki oleh perusahaan.

  1. Pembukuan jurnal transaksi

Perusahaan juga harus mempunyai pembukuan jurnal transaksi. Pembukuan ini memiliki manfaat untuk mencatat semua transaksi yang masuk ataupun keluar. Di sini juga terdapat informasi mengenai bagaimana proses pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan.

  1. Pembukuan keuangan

Pembukuan yang satu ini juga tak kalah penting dari jenis pembukuan usaha yang lainnya. Pembukuan keuangan dapat dikatakan sebagai dasar pondasi dalam berdirinya sebuah perusahaan.


Dalam pembukuan ini berisi informasi mengenai neraca dan laba rugi perusahaan. Informasi ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Untuk memudahkan kamu dalam membuat catatan pembukuan usaha kamu bisa menggunakan aplikasi Akuntansi Majoo. Ini merupakan aplikasi terbaik yang mampu menunjang bisnis untuk menjadi lebih baik.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu akan mudah untuk mengetahui informasi mengenai faktur penjualan, biaya dan pengeluaran, kas dan bank, buku besar, hingga laporan keuangan secara lengkap dan akurat.

Upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Akuntansi Majoo. Mudahkan dalam mengelola pembukuan usaha dan bantu tingkatkan keuntungan bisnis.

Manfaat Pembukuan Usaha Untuk Bisnis

Setiap bisnis kecil, menengah, maupun besar wajib harus memiliki pembukuan usaha. Hal ini dikarenakan pembukuan usaha memiliki banyak manfaat sehingga jika tidak dikelola atau dibuat dengan baik dan benar maka dapat mengakibatkan terganggunya proses dalam bisnis. Berikut beberapa manfaat pembukuan usaha bagi bisnis:

  1. Pemisah antara aset bisnis dan aset pribadi


Pembukuan bisnis berguna untuk memisahkan antara aset pribadi dengan aset bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu harus memiliki sikap profesional pada setiap bidang, termasuk dalam hal keuangan. Untuk itu, kamu harus memisahkan antara aset pribadi dengan aset bisnis. Jangan sekali-kali untuk mencampurkannya karena dapat mengganggu atau bahkan merugikan bisnis itu sendiri.


Untuk itulah, kamu harus mengerti mengapa para pelaku bisnis wajib memiliki pembukuan usaha. Pembukuan usaha yang rapi, jelas, dan lengkap akan membantu kamu dalam melakukan manajemen keuangan bisnis dengan baik. 


Dengan adanya pembukuan usaha, kamu juga akan mudah untuk melihat informasi mengenai berapa hasil yang telah diperoleh serta mengalokasikannya untuk rencana usaha masa depan.

  1. Mengetahui keuntungan dan kerugian


Dengan adanya pembukuan usaha kamu dapat mengetahui informasi mengenai keuntungan dan kerugian pada bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti kamu ingin mengetahui keuntungan atau kerugian secara jelas. Dengan melihat informasi pada pembukuan usaha, maka dapat dengan mudah untuk mengetahui apakah bisnis mengalami keuntungan atau malah sebaliknya.


Jika bisnis mengalami kerugian maka kamu dapat segera mencari solusi atau jalan keluarnya supaya tidak selalu mengalami kerugian yang dapat berdampak pada bangkrutnya bisnis.


Dengan mengetahui semua transaksi yang terjadi setiap harinya dan mengetahui arus kas uang dan barang, maka kamu dapat mengetahui perkiraan keuntungan yang akan didapatkan atau rugi yang akan diterima.


Dengan mencatat semua transaksi pada pembukuan usaha membuat kamu menjadi lebih mudah untuk mengelola strategi kedepannya untuk perkembangan dan kemajuan bisnis.

  1. Mengetahui setiap transaksi yang terjadi


Salah satu manfaat dari pembukuan bisnis adalah dapat mengetahui setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis

Salah satu pentingnya pembukuan usaha bagi bisnis yaitu untuk mengetahui setiap transaksi yang terjadi di perusahaan. Jangan sampai kamu melewati satu pun transaksi.


Untuk melakukan hal ini memang dibutuhkan ketelitian yang tinggi dalam pencatatan. Catatan yang teliti dan rapi dapat berpengaruh pada keberlangsungan bisnis kamu.


Dengan mengetahui transaksi apa saja yang terjadi pada hari itu maka dapat memberikan informasi bagaimana uang hari itu dipergunakan, dari siapa saja uang itu keluar, dan kemana uang itu pergi. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui mengenai distribusi barang secara jelas.

  1. Sebagai bahan penilaian bisnis

Pembukuan usaha merekam segala aktivitas pada bisnis yang dapat digunakan sebagai bahan penilaian

Pembukuan bisnis dapat dikatakan sebagai rekaman mengenai segala kegiatan yang ada di dalam perusahaan. Dari rekaman inilah akan diketahui mengenai gambaran bagaimana bisnis yang sudah dijalankan di dalam perusahaan tersebut.


Apakah membawa dampak yang positif seperti memperoleh keuntungan atau justru sebaliknya memperoleh kerugian. Dengan adanya informasi mengenai untung atau ruginya perusahaan maka dapat dilakukan strategi bagaimana cara untuk mempertahankan keuntungan tersebut atau bagaimana cara menghindari kerugian.


Pembukuan usaha dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan langkah atau keputusan mengenai jalannya usaha untuk kedepannya. Setelah itu, akan dilakukan analisis sehingga akan ditemukan strategi yang tepat guna meningkatkan keuntungan bisnis.

  1. Melacak pengeluaran

Dengan memanfaatkan pembukuan usaha kamu dapat dengan mudah untuk melacak pengeluara bisnis

Melacak pengeluaran sangat penting untuk dilakukan oleh perusahaan karena pastinya kamu tidak inginkan uang perusahaan digunakan untuk sesuatu yang tidak jelas arah tujuannya.


Dalam sebuah perusahaan angka sekecil apapun harus diperhitungkan supaya dapat diketahui berapa jumlah pengeluaran secara jelas. Hal ini sangat penting guna mengontrol pembelian yang tidak penting, menentukan pembayaran pajak, dan menentukan harga jual produk.


Baca Juga: A-Z Jurnal Pengeluaran Kas Lengkap!


  1. Laporan untuk pihak eksternal

Pembukuan usaha juga dapat menjadi laporan untuk pihak-pihak eksternal

Dalam menjalan suatu bisnis atau perusahaan pasti kamu akan banyak berhubungan dengan pihak eksternal seperti kreditur, investor, dan perusahaan lainnya yang ingin bekerja sama dan masyarakat sebagai konsumen.


Pihak eksternal ini pastinya tidak akan memberikan bantuan atau melakukan kerja sama dengan perusahaan yang tidak mempunyai prospek yang baik. Mereka sering meminta laporan keuangan untuk dapat menilai kinerja dalam perusahaan.


Semua pihak eksternal ini akan condong ke perusahaan kamu jika kamu sudah mengatur informasi keuangan dengan baik dan teratur. Untuk itu sangat penting memiliki pembukuan usaha supaya dapat memberikan laporan kepada pihak eksternal. 

  1. Memudahkan pembuatan anggaran

Dengan adanya pembukuan usaha maka dapat memudahkan pembuatan anggaran bisnis

Dalam hal ini berhubungan dengan informasi mengenai pengeluaran yang dibutuhkan. Saat perusahaan mengetahui mengenai pengeluaran maka dapat lebih mudah untuk menetapkan anggaran dengan bijaksana.


Anggaran dapat menjadi peta bagi jalannya keuangan untuk bisnis sehingga dapat merencanakan pengeluaran untuk kedepannya serta mengantisipasi biaya yang terduga.

  1. Pembayaran pajak

Untuk mengetahui jumlah pembayaran pajak pada bisnis kamu dapat memanfaatkan pembukuan usaha

Pajak adalah kewajiban bagi setiap bisnis. Untuk itu, dengan adanya pembukuan usaha maka dapat membantu untuk menentukan berapa banyak pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan serta dapat membantu untuk mempermudah dalam proses pembayarannya.


Dengan adanya pembukuan usaha, kamu dapat langsung memberikan informasi keuangan secara lengkap saat dibutuhkan sehingga tidak ada lagi masalah yang akan ditimbulkan seperti kehilangan faktur, tanda terima, dan lain sebagainya.

  1. Membantu menganalisis bisnis

Pembukuan usaha juga dapat menjadi dasar dan acuan dalam melakukan analisa bisnis

Pembukuan usaha yang lengkap dan rinci akan menjadi dasar dan acuan bagi manajemen untuk melakukan analisis dalam kinerja perusahaan. Kamu juga akan terbantu dalam memberikan laporan mengenai arus kas masuk dan keluar perusahaan secara detail.


Pembukuan akan memperlihatkan informasi mengenai lini bisnis mana yang menghasilkan keuntungan serta yang tidak.

  1. Membantu pembuatan keputusan

Setelah melakukan analisa maka dapat menentukan keputusan yang akan diterapkan pada bisnis

Setelah melakukan analisis, maka selanjutnya adalah membuat keputusan bagi perusahaan. Pembukuan usaha yang lengkap akan menghasilkan analisis yang tepat dimana ini nantinya akan berdampak pada keputusan yang akan diambil oleh perusahaan.


Karena keputusan yang baik harus memiliki dasar keuangan yang lengkap, dan proses pembukuan mampu menyediakan dan memberikan gambaran jelas terkait informasi keuangan.

  1. Manajemen keuangan

manajemen keuangan

Pembukuan usaha akan memberikan informasi yang jelas mengenai bagaimana kamu membelanjakan uang. Kamu dapat memanfaatkan informasi ini untuk dapat mengatur keuangan perusahaan serta mengendalikan bisnis keuangan dengan baik sehingga mempermudahkan kamu dalam melakukan manajemen keuangan.

Pembukuan usaha merupakan aspek penting dalam suatu bisnis atau perusahaan. Pembukuan usaha memuat segala informasi mengenai aktivitas dan kinerja perusahaan. Tanpa adanya pembukuan usaha, maka suatu bisnis dapat menjadi terganggu, bahkan dapat mengalami kerugian.Untuk itu kamu perlu memiliki pembukuan usaha yang lengkap, rinci, dan akurat sehingga semua kinerja perusahaan dapat direkam dan dilihat secara mudah. 

Sumber: 

  • https://www.jurnal.id/id/blog/ketahui-pentingnya-pembukuan-untuk-perusahaan/

  • https://www.bee.id/blog/6-jenis-pembukuan-usaha-wajib-dimiliki-perusahaan/

  • https://accurate.id/akuntansi/pembukuan-usaha/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo