Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Perbedaan Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen

    Pasar bisnis dan pasar konsumen terlihat jelas perbedaannya dari segi segmentasi pasarnya.

    Selamat datang di pasar, majoopreneurs! Ada dua dunia pasar yang akan majoo bahas pada artikel ini. Dalam dunia usaha khususnya transaksi komersial dibedakan dua macam pasar yaitu pasar konsumen dan pasar bisnis.

    Ada kesamaan antara pasar bisnis dengan pasar konsumen, yaitu melibatkan transaksi atau pertukaran barang. Namun, keduanya dilakukan dengan konsep yang berbeda.

    Nah, bagi kamu yang baru terjun ke dunia bisnis, sangat penting untuk memahami perbedaan pasar bisnis dengan pasar konsumen, ya. 

    Sekarang kita mulai lanjutkan pembahasannya dimulai dari pengertian pasar konsumen dan pasar bisnis di bawah ini, ya. 

    Baca juga: Melakukan Manajemen Sumber Daya Manusia secara Efektif

    Apa yang Dimaksud dengan Pasar Konsumen?

    Kita bahas pasar yang satu ini dulu, ya. Pengertian Pasar Konsumen adalah jenis pasar yang mengacu pada transaksi barang dan jasa antara organisasi dan pelanggan.

    Pasar konsumen disebut juga dengan kegiatan business to consumer (B2C). Dalam pasar konsumen, sebuah perusahaan atau produsen menjual produk atau jasa mereka langsung ke konsumen akhir.

    Dalam transaksi yang dilakukan pada pasar konsumen, produk dijual kepada pelanggan baik untuk digunakan sendiri atau digunakan oleh anggota keluarga mereka. Jadi, bukan untuk menjualnya kepada orang lain.

    Perilaku pembelian masyarakat yang ada di pasar konsumen ini cenderung dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti halnya faktor pribadi, budaya, sosial, dan juga psikologis. 

    Dalam hal ini, faktor yang dinilai paling menonjol adalah faktor budaya. Budaya dalam pasar konsumen memiliki peran sangat besar. Seandainya ada kecenderungan suatu masyarakat berbudaya tidak konsumtif, kemungkinan besar pasar konsumen pun tidak akan ramai. Begitu pula sebaliknya.

    Pasar ini umumnya kamu ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan terdiri konsumen perorangan atau rumah tangga (non bisnis). Pasar konsumen terdiri dari tiga sektor utama yaitu fast-moving consumer goods (FMCG), consumer durables, dan consumer nondurables.

    Ciri-ciri Pasar Konsumen

    Sudah terbayang bagaimana kegiatan pasar konsumen? Di bawah ini ciri-ciri pasar konsumen yang perlu kamu pahami, Majoopreneurs.

    • Brand produk bersifat perorangan
    • Pemetaan pasar demografis
    • Aspek pasar nasional
    • Hubungan jual beli transaksional
    • Tidak mempunyai nasabah utama
    • Pendidikan nasabah masih rendah
    • Siklus produk lebih panjang
    • Akomodasi yang ada belum tentu tersedia
    • Pengutamaan promosi dengan iklan
    • Wawasan pasar masih rendah
    • Pemusatan strategi pemasaran pangsa pasar
    • Kompleksitas media pemasaran masih terlalu simple
    • Objek promosi berpusat pada pemasangan dan fasilitas produk

    Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Pasar Bisnis!

    Pembahasan kedua adalah tentang pasar bisnis. Pengertian Pasar Bisnis atau dikenal dengan istilah business to business merupakan kumpulan dari semua organisasi yang akan melakukan pembelian terhadap barang atau jasa sebagai bahan baku dalam produksi maupun untuk dijual kembali sebagai sarana bisnis. Dalam hal ini, pembeli akan mendapatkan keuntungan terhadap barang-barang yang telah dibeli tersebut.

    Lebih lanjut, pembeli dalam pasar ini tidak akan langsung menggunakan barang yang telah dibeli secara pribadi. Akan tetapi, mereka menggunakannya untuk memasok kebutuhan barang pihak lain. 

    Pasar bisnis tersebut bergerak dalam berbagai bidang perekonomian seperti halnya pertanian, perikanan, kehutanan, perindustrian, transportasi, informasi, manufaktur, keuangan, asuransi, dan masih banyak lagi lainnya.

    Pasar ini bisa dikategorikan sebagai sebuah pasar yang besar dan melibatkan banyak penjual, pembeli, serta barang dagangan yang diperjualbelikan. Bisa dibilang bahwasanya keberadaan pasar bisnis tersebut sebagai pilar perekonomian bangsa.

    Jika kegiatan dalam pasar ini berjalan sukses, perekonomian pun tidak akan mengalami pailit. Akan tetapi sebaliknya, jika pasar bisnis sepi dan tidak ada inovasi yang baru, masyarakat tidak akan bisa menjalankan roda bisnis mereka dengan sebaik mungkin.

    Ciri-ciri Pasar Bisnis

    Kamu juga bisa mengetahui perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen dari ciri-cirinya. Pasar bisnis ini memiliki beberapa ciri, berupa:

    • Brand produk bersifat perusahaan
    • Pemetaan pasar emporografis
    • Aspek pasar global
    • Hubungan jual beli kemitraan
    • Mempunyai nasabah utama
    • Pendidikan nasabah tinggi
    • Siklus produk pendek
    • Akomodasi tersedia untuk sebelum dan sesudah transaksi
    • Pengutamaan promosi memakai personal selling
    • Wawasan pasar lebih luas
    • Pemusatan strategi pemasaran kinerja keuntungan
    • Kompleksitas media pemasaran lebih kompleks
    • Objek promosi berpusat mengaktifkan terjadinya sales call

     

    Permintaan pasar memengaruhi alur kerja pasar bisnis dan pasar konsumen.

    Perbedaan Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen

    Nah, di bawah ini adalah pembahasan tentang perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen untuk kamu ketahui, Majoopreneurs. Karena ciri-cirinya sudah kamu baca, setidaknya kamu memiliki bayangan bagaimana alur transaksi kedua jenis pasar ini, kan?

    Sejak dulu, barangkali benak masyarakat umum selama ini menganggap bahwa pasar merupakan suatu tempat yang digunakan untuk transaksi jual beli. Namun jika kamu terjun langsung sebagai pebisnis atau produsen, tentunya akan mengetahui perbedaan antara pasar konsumen dan pasar bisnis. 

    Keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari segi operasional, fungsi, manfaat, dan perannya dalam dunia perekonomian.

    1. Segmentasi Pasar

    Perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen paling terlihat dari segmentasi pasar yang diterapkan. Pada dasarnya segmentasi pada kedua pasar ini cenderung sama karena keduanya melakukan proses jual beli barang dan jasa.

    Perbedaan segmentasi pasar antara pasar bisnis dan konsumen terletak pada alur distribusi dan caranya. Untuk pasar konsumen, semua dilakukan dengan cara yang mengalir dan tidak harus berurutan. Sebaliknya, untuk pasar bisnis biasanya segmentasinya harus dilakukan dengan berurutan dan terstruktur.

    2. Karakteristik Khas Permintaan Barang

    Ciri khas permintaan barang yang ada dalam pasar bisnis dan konsumen cenderung berbeda. Diawali dari sifat permintaan pada pasar bisnis yang merupakan turunan dari permintaan konsumen. Artinya permintaan tersebut dipengaruhi oleh besar kecilnya kuantitas permintaan yang berasal dari para konsumen. 

    Kemudian, stabilitas permintaan barang di pasar bisnis juga relatif mudah terganggu daripada di pasar konsumen sehingga ketersediaan stok barangnya harus diperhatikan dan benar-benar dijaga sebaik mungkin.

    Karakter permintaan ini juga berpengaruh dari segi elastisitas harga barang terhadap permintaan dari konsumen. Di pasar bisnis, perubahan harga ini tidak akan mempengaruhi permintaan karena pada dasarnya konsumen tetap membutuhkan barang tersebut untuk dijual dan mendapatkan keuntungan kembali.

    Sementara di pasar konsumen, jika harga relatif tinggi, konsumen cenderung membatasi daya beli mereka agar keuangan rumah tangga tetap stabil.

    3. Struktur Pasar

    Dalam perbedaan struktur pasar, pasar bisnis lebih didominasi oleh jumlah pembeli yang kecil dengan kapasitas pembelian yang besar, sedangkan di pasar konsumen akan melibatkan pembeli dengan kuantitas banyak, tetapi jumlah pembelian masing-masing akan relatif kecil.

    Walaupun kuantitas pembeli dalam pasar bisnis sedikit, bukan tidak mungkin penjual akan mendapatkan keuntungan besar. Pasar ini justru menjadi ladang distribusi dan cenderung mendatangkan banyak keuntungan dalam berbisnis. 

    4. Karakteristik Strategi Pemasaran

    Dari segi karakteristik pemasarannya, pasar bisnis lebih menekankan pada kinerja keuntungan para penjual di dalamnya. Sebaliknya, pasar konsumen berfokus pada pangsa pasar atau kuantitas target konsumen yang akan melakukan pembelian terhadap barang atau jasa setiap harinya.

    Di bawah ini rincian perbedaan karakteristik pemasaran antara kedua pasar tersebut:

    • Tipe kemasan pasar bisnis cenderung protektif dan pasar konsumen promosional.
    • Penekanan promosi pasar bisnis dengan personal selling dan pasar konsumen dengan iklan.
    • Tawar menawar pada pasar bisnis lumrah terjadi dan di pasar konsumen jarang terjadi.
    • Waktu pembelian di pasar bisnis harus dengan perencanaan dan di pasar konsumen bisa dilakukan sewaktu-waktu.

    5. Hubungan Pemasok Barang dan Pelanggan

    Perbedaan pasar bisnis dengan pasar konsumen yang terakhir bisa dilihat dari segi hubungan antara pemasok barang dan pelanggannya. 

    Dalam konteks pasar bisnis, hubungan antara pemasok dan pelanggan akan lebih dekat karena jumlah pemain dari pasar bisnis memang tidak banyak. Selain itu, nilai bisnis di sini lumayan besar sehingga memerlukan interaksi lebih erat.

    Terlihat nyata bedanya dengan yang ada di pasar konsumen. Di sini hubungan antara pemasok dan pelanggan hanya sekadar karena pelakunya banyak dan kuantitas bisnis yang dilakukan pun kecil. Biasanya, hubungan yang ada di pasar bisnis mempunyai timbal balik, sementara di pasar konsumen tidak ada timbal baliknya.

    Baca Juga: Serba-Serbi Pengiriman Barang yang Perlu Kamu Tahu! 

    Kesimpulan

    Ternyata, ada berbagai perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen, lho. Sekarang kamu sudah tahu perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen, kan?

    Pasar bisnis adalah pasar yang terjadi antara pemain bisnis yaitu produsen dan pemasok atau distributor. Sedangkan pasar konsumen adalah pasar yang terjadi antara konsumen ke konsumen atau dari bisnis ke konsumen. 

    Nah, setelah kamu mengetahui perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen, semoga menjadi lebih jelas arah usaha yang sedang kamu jalankan saat ini, ya. Banyak solusi yang dapat membantumu berkembang bersama majoo, lo!

    Pertanyaan Terkait

    • Pengertian Pasar Konsumen adalah jenis pasar yang mengacu pada transaksi barang dan jasa antara organisasi dan pelanggan. Pasar konsumen disebut juga dengan kegiatan business to consumer (B2C). Dalam pasar konsumen, sebuah perusahaan atau produsen menjual produk atau jasa mereka langsung ke konsumen akhir.
    • Pengertian Pasar Bisnis atau dikenal dengan istilah business to business merupakan kumpulan dari semua organisasi yang akan melakukan pembelian terhadap barang atau jasa sebagai bahan baku dalam produksi maupun untuk dijual kembali sebagai sarana bisnis. Dalam hal ini, pembeli akan mendapatkan keuntungan terhadap barang-barang yang telah dibeli tersebut.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.