Table of Content

    Review Produk: Definisi, Contoh, dan Cara Membuatnya

    Review produk menjelaskan secara singkat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

    Menuliskan review produk merupakan hal yang umum dilakukan. Terlebih lagi review merupakan salah satu strategi marketing bagi suatu perusahaan. 

    Ketika kamu akan me-review produk, kamu membutuhkan ketelitian dan pemahaman terkait produk yang akan kamu review. Nah, sebelum kamu melangkah lebih jauh,  simak penjelasan berikut agar kamu bisa me-review produk lebih baik.

    Definisi Review Produk

    Apa itu review produk? Secara sederhana, arti review produk adalah testimoni mengenai kualitas suatu produk atau jasa berdasarkan pengalaman langsung penggunanya.

    Lackermair, Kailer, dan Kanmaz menyampaikan bahwa review produk adalah ulasan dari pelanggan secara tertulis yang menjelaskan mengenai karakteristik (disadvantage & advantage) dari sebuah produk berdasarkan dari sebuah produk berdasarkan dari pengalaman pribadi.

    Tujuan Review Produk

    Lalu apa tujuan dilakukannya review produk? Jadi, tujuan seseorang melakukan review pada produk adalah sebagai berikut.

    1. Memperkenalkan suatu merek atau brand

    Umumnya, perusahaan akan melibatkan konsumen, influencer, key opinion, atau blogger untuk memberikan review terkait produk mereka, baik melalui platform blog maupun media sosial. Sebab, cara ini dianggap paling efektif dan objektif  untuk membangun kepercayaan masyarakat.

    2. Memberikan informasi terkait suatu produk

    Informasi yang disampaikan akan memberikan gambaran mengenai merek, fungsi, serta manfaat dari suatu produk. Informasi ini akan dikemas dengan singkat dan detail agar kebutuhan informasi yang perlu diketahui oleh konsumen dapat tersampaikan dengan baik.

    3. Persuasi

    Baik secara langsung maupun tidak langsung sebuah review dapat memberikan dorongan pada konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. 

    Apabila ulasan yang diberikan positif terhadap suatu produk, maka hal tersebut dapat membuat konsumen semakin yakin terhadap produk yang diulas.

    Seseorang yang memberikan ulasan tidak selalu didasari atas motif promosi. Seringkali banyak konsumen yang secara sukarela memberikan ulasan tersebut hanya karena ingin membagikan informasi yang benar kepada orang lain terkait produk tersebut.

    Baca juga: Bagaimana CRM Bisa Membantu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

    Jenis Review Produk

    Review produk memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah:

    1. Review Text

    Review text merupakan salah satu jenis teks yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu karya agar dapat mengetahui kualitas karya tersebut, seperti pada film, buku, dan lainnya. 

    2. Review Buku

    Meskipun saat ini sudah banyak yang bisa kamu temukan secara online, namun bukan berarti penggunaan buku fisik sudah tidak ada lagi. Dengan adanya review pada buku tersebut akan memudahkan para pembacanya mencari bacaan yang tepat dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

    3. Review Gadget

    Hampir semua orang menggunakan gadget untuk menunjang kegiatan operasional sehari-hari. Dengan banyaknya permintaan akan gadget ini, perusahaan gadget berlomba-lomba untuk dapat memenuhi permintaan tersebut. 

    Nah, agar para pengguna tidak kesulitan memilih gadget yang paling pas untuk digunakan, maka penting untuk melakukan review produk. 

    4. Review Jurnal

    Review jurnal adalah suatu strategi untuk memudahkan pembaca memahami inti dari penelitian yang telah dilakukan. Dengan begitu, pembaca bisa mendapatkan informasi yang dia butuhkan dengan lebih mudah.

    5. Review Makanan

    Dengan banyaknya kuliner dengan segala kreasi dan inovasi yang ditampilkan, membuat review makanan tidak pernah bisa berhenti. 

    Hal itu tentu saja mampu menarik perhatian para calon konsumennya. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengetahui rasa, isi, bau, dan harga makanan tersebut, kamu bisa mendapatkannya dengan melakukan review makanan. 

    6. Review Pakaian

    Semakin banyaknya jenis dan model pakaian yang dipasarkan, menimbulkan kebingungan bagi masyarakat untuk memilih model dan jenis yang sesuai dengan kepribadian mereka.

    Di sini peran review produk akan sangat membantu memilah mana style yang sesuai dengan gaya mereka.

    Baca juga: Consumer Insight: Masukan Pelanggan yang Melejitkan Bisnis

     Review produk akan sangat berguna bagi pemasaran suatu produk.

    Cara Review Produk

    Agar review produk yang dibuat dapat terstruktur dan rapi, inilah tips bagaimana cara review produk agar terlihat menarik.

    1. Mendeskripsikan produk secara lengkap

    Kamu bisa memulainya dengan menuliskan kesan pertama pada produk tersebut. Mulai dari sampulnya, ilustrasi, kualitas kertas, dan lain sebagainya.

    Kemudian deskripsikan lebih mendalam, sehingga pembaca dapat membayangkan serta merasakan produk tersebut.

    2. Menyisipkan gambar penunjang

    Kamu juga bisa menggunakan bantuan gambar supaya pembaca lebih mudah membayangkan ketika akan menggunakan atau mencicipi produk tersebut.

    3. Menyampaikan kelebihan dan kekurangan

    Berikan review berdasarkan pengalaman yang kamu dapat ketika kamu telah mencobanya. Apabila produk yang dirasakan memberikan dampak yang positif, maka kamu bisa menjelaskannya kepada para pembaca. Begitu pula sebaliknya.

    4. Memberi bukti

    Ulasan di sini dapat berupa bukti berdasarkan pengalaman-pengalaman para penggunanya. Konsumen yang melihat, akan mempertanyakan apakah pernyataan yang diberikan terhadap produk tersebut benar atau tidak. Selain itu, dengan adanya review yang baik akan lebih meyakinkan konsumen untuk mencobanya.

    5. Call To Action

    Call To Action atau CTA termasuk bagian yang sangat penting dalam me-review produk. Maksud dari CTA di sini adalah dalam me-review,  adanya kalimat ajakan yang dapat mengundang para pembacanya untuk mencoba atau membeli produk yang diulas. 

    Baca juga: Customer Relationship Management, Rahasia Andalan Bisnis

    Contoh Review Produk

    Untuk lebih memahami cara review jurnal, berikut ini beberapa contoh review produk yang bisa kamu gunakan, seperti review produk baju, review produk kecantikan, review produk makanan, dan lain sebagainya.

    1. Review Produk Jurnal

    Judul

    A Person-centered Approach to Studying the Linkages among Parent–Child Differences in Cultural Orientation, Supportive Parenting, and Adolescent Depressive Symptoms in Chinese American Families.

    Jurnal

    Journal Youth Adolescence

    Volume & halaman

    Vol. 37, Hal. 36-49

    Tahun

    2008

    Penulis

    Scott R. Weaver & Su Yeong Kim

    Revie

     

    Tanggal

    24 Desember 2013

    Tujuan Penelitian

    Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik bagaimana orientasi budaya Tionghoa, orang tua imigran dan anak-anak mereka dapat berinteraksi untuk menghasilkan peningkatan gejala depresi di kalangan remaja melalui lingkungan pengasuhan yang kurang mendukung.

    Subjek Penelitian

    Subjek penelitian ini adalah 451 keluarga Amerika Cina yang berada di California Utara berpartisipasi di penelitian masa sekarang. Remaja (53,8% perempuan) berusia rata-rata 13 tahun (SD = 0,73) pada gelombang pertama dan 17,05 tahun (SD = 0,80) pada gelombang kedua. Anak-anak remaja yang terutama (75%) kelahiran US. Kebanyakan orang tua (87% dari ayah, 90% dari ibu) yang kelahiran asing. Rata-rata usia pada saat imigrasi adalah 30.45 tahun (SD = 10,03) untuk ayah dan 28.30 tahun (SD = 8,80) untuk ibu. Lama waktu di AS rata-rata 17,46 tahun (SD = 9,73) untuk ayah dan 15,74 tahun (SD = 8,36) untuk para ibu. Mayoritas dari kedua ayah (63,1%) dan ibu (68,4%) melaporkan mencapai sekolah tinggi atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Kisaran pendapatan tahunan keluarga rata-rata adalah $30.001-$45.000, meskipun distribusi pendapatan ditunjukkan variabilitas yang cukup besar, dengan 13% melaporkan kurang dari $15.000 dan 6,2% melaporkan lebih dari $105.000. Sebagian besar remaja (85%) tinggal dengan kedua orang tua, dengan 10,7% hidup dengan hanya ibu mereka, 1,2% hidup dengan hanya ayah mereka, dan remaja yang tersisa tinggal di konfigurasi struktur keluarga lainnya.

    Metode Penelitian

    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Kuesioner ini diberikan pada remaja dan orang tua keturunan China Amerika.

    Definisi Operasional Variabel Dependen

    Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Adolescents’ cultural orientation (orientasi budaya remaja).

    ·        Tsai dan Chentsova (Weaver & Kim, 2008) menyatakan bahwa mode diferensial dan tingkat akulturasi dapat mengakibatkan perbedaan orangtua dan anak dalam budaya orientasi, yang diartikan sebagai sejauh mana individu dipengaruhi dan secara aktif terlibat dalam tradisi, norma, dan praktik budaya tertentu.

    ·        Portes (Weaver & Kim, 2008) menjelaskan bahwa orang tua imigran dan anak-anak mereka baik pengalaman kekuatan asimilasi, anak-anak sering berasimilasi di tingkat yang lebih cepat dari orang tua mereka, hak ini disebut dengan disonan akulturasi.

    Cara  & Alat Mengukur Variabel Dependen

    Cara dan alat yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu:

    ·        Cara yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu melakukan perekrutan untuk indikator remaja keturunan Cina-Amerika. Penelitian dibagi dua gelombang, gelombang pertama pada tahun 2002 dan gelombang kedua 2006.

    ·        Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri atas dua versi, yaitu versi bahasa Inggris dan versi bahasa China.

    Definisi Operasional Variabel Independen

    Variabel independen dalam penelitian ini adalah person centered approach.

    ·        Pendekatan berpusat pada orang telah dianggap mampu keuntungan untuk meneliti tentang remaja dan keluarga (Bergman 2001; Mandara 2003). Aspek utama dari pendekatan berpusat pada orang adalah penekanan pada pemahaman terhadap individu secara keseluruhan, bukan pada karakteristik individu atau variabel itu sendiri. Kekuatan dari pendekatan berpusat pada orang adalah kemampuannya untuk mengakomodasi non-linearities dan interaksi yang tidak dapat dengan mudah terwakili dalam berpusat variabel model (Bergman, 2001).

    Langkah-langkah Terapi

    Langkah-langkah yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah:

    1. Tahun 2002 dilakukan perekrutan di tujuh sekolah menengah di daerah metropolitan utama California utara dengan bantuan dari administrator sekolah (dipilih berdasarkan kriteria).

    2. Meminta persetujuan dari keluarga mengenai penelitian tersebut.

    3. Peserta diberi paket kuesioner yang akan dikumpulkan dua sampai tiga minggu setelah surat oleh staf penelitian diterima peserta.

    4. Melakukan studi tingkat lanjut pada tahun 2006.

    5. Membagikan dua versi kuesioner kepada peserta, yaitu kuesioner dalam bahasa China dan bahasa Inggris.

    Hasil Penelitian

    Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan beberapa dukungan untuk gagasan bahwa disonansi generasi berhubungan dengan dukungan orangtua dan tingkat kebersamaan simtomatologi depresi. Secara umum, memiliki orangtua dengan profil bicultural tampaknya paling menguntungkan jika remaja sama memiliki profil bicultural. Hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini bukan ibu atau ayah bicultural, melainkan kombinasi dari sebuah biculturally orangtua dan remaja. Konfigurasi ini mungkin optimal, karena melibatkan jarak minimal antara orangtua dan anak di kedua budaya China dan Amerika saat masih berada pada lingkungan keluarga yang memiliki aspek nilai-nilai budaya dan tradisi Cina serta sama dihargainya oleh orang tua dan anak.

    Kekuatan Penelitian

    Kekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner cukup mudah digunakan oleh subjek penelitian sehingga dalam pengambilan datanya tidak dibutuhkan waktu yang lama seperti pada metode kualitatif.

    Kelemahan Penelitian

    Kelemahan penelitian ini adalah rentan waktu penelitian yang digunakan pada wave 1 ke wave 2 cukup jauh, yaitu 4 tahun sehingga subjek yang dapat ikut pada wave 2 hanya 80%.

    2. Review Produk Baju

    Sebagai salah satu produsen baju muslim terbesar di Indonesia, toko Rabbani bisa kamu temukan dengan mudah karena telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat banyak konsumen yang menyukai model baju muslim wanita keluaran Rabbani ini.

    Rabban hadir dengan memberikan busana-busana dengan kualitas terbaik yang sayang jika kamu lewatkan. Dengan tagline sebagai profesor kerudung di Indonesia, Rabbani menyediakan berbagai jenis model baju muslim wanita, mulai dari tunik, gamis, dan lain sebagainya. 

    Desain-desainnya pun sangat menarik dan cocok untuk digunakan pada setiap kesempatan.

    3. Review Produk Makanan

    Kedai Koboi

    Hey! Kali ini kita mau review suatu tempat yang cukup unik. Mungkin jika kalian mendengar kata kedai koboi yang terbayang adalah suatu tempat yang menjual makanan western kan? Well, that’s actually not the case here

    Ternyata makan di tempat yang namanya kedai koboi ini mempunyai berbagai varian menu, termasuk makanan Indonesia seperti tempe mendoan, ayam cobek, hingga menu Jepang yaitu sushi. 

    Harga makanan yang ada disini terbilang murah, misalnya saja nasi bakar dan ayam cobek yang memiliki harga sekitar Rp10.000-Rp16.000. Nasi bakar di sini juga bisa ditambahkan dengan mozarella yang membuat makanan semakin lezat.

    Secara keseluruhan, makanan yang disediakan di kedai koboi ini cukup memuaskan. Dengan membawa uang Rp35.000 saja kamu sudah bisa merasakan puasnya makan makanan di tempat ini. Berhubung lokasinya berada di dalam komplek perumahan, di bawah ini kami sudah sediakan lokasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju kedai koboi ini. 

    4. Review Produk Kecantikan

    Serum mata atau eye serum menjadi produk skincare yang memiliki formulasi khusus karena merupakan kulit paling tipis dibandingkan area wajah lainnya. Kulit sekitar mata juga memiliki jaringan longgar yang bisa menyerap apapun yang diaplikasikan secara langsung tanpa filter karena tidak mempunyai lapisan lemak di bawah kulit.

    ElsheSkin adalah brand lokal yang juga membuka cabangnya di Yogyakarta. Ditangani oleh dokter ahli di bidangnya, ElsheSkin juga sudah terdaftar resmi BPOM sehingga aman digunakan oleh masyarakat umum maupun ibu hamil dan menyusui. 

    Kamu bisa mendapatkan produk-produk ElsheSkin dengan langsung mengunjungi klinik maupun e-commerce  yang telah terdaftar sebagai reseller resmi..

    Penutup

    Menulis review memang memerlukan keterampilan dalam memetakan apa yang kamu rasakan. Ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan untuk dapat menghasilkan review produk yang baik.

    Sebagai pemilik usaha, kamu bisa mulai melibatkan konsumen untuk membantu memperkenalkan produk ke dalam pasar yang lebih luas. Dengan bantuan dari fitur aplikasi majoo misalnya. 

    Dengan aplikasi ini, kamu bisa melibatkan para pelanggan untuk membagikan pengalaman menyenangkan mereka kepada orang lain. Jadi, segera gunakan aplikasinya!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    9 Cara Memulai Bisnis dari Nol, Perhatikan Di Sini!
    Diperlukan langkah dan strategi yang matang untuk memulai sebuah bisnis. Pertimbangan ini dapat membantumu melewati setiap hambatan yang mungkin terjadi.
    Tokopedia Paylater adalah Bentuk Kenikmatan Belanja Online
    Tokopedia Paylater membantu lebih dari 100 juta pelanggan aktif Tokopedia untuk beli sekarang bayar nanti. Mau mencoba? Baca dulu tipsnya!
    RAB adalah Rencana Anggaran Biaya, Bagaimana Cara Buatnya?
    RAB adalah singkatan dari rencana anggaran dan biaya, lalu mengapa dokumen yang satu ini sangat dibutuhkan oleh pemilik usaha dalam operasional bisnis?
    Stakeholder adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis
    Operasional sebuah bisnis mustahil dijalankan tanpa adanya peran stakeholder. Namun, seberapa penting sebenarnya keberadaan peran ini dalam bisnis?