Table of Content

    Customer Relationship Management, Rahasia Andalan Bisnis

    Konsep customer relationship management sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970-an

    Customer Relationship Management atau yang juga kerap disingkat menjadi CRM, merupakan salah satu bentuk operasional bisnis yang dilakukan untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan. Konsep ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 1970-an, dan semakin populer seiring bertumbuhnya kesadaran bisnis untuk menjaga relasi dengan pelanggan. Dalam dunia bisnis, ada beberapa jenis CRM dengan fungsi dan tujuan spesifiknya masing-masing:

    1. CRM untuk Penjualan

    CRM yang dilakukan untuk penjualan umumnya bertujuan untuk memastikan pelanggan mendapatkan kepuasan saat bertransaksi dan tertarik untuk melakukan transaksi lain di masa depan dengan sistem penjualan yang juga lebih mudah. Oleh karena itu, jenis CRM yang satu ini dapat diterapkan di setiap proses bisnis yang terkait langsung dengan penjualan, mulai dari konversi calon pelanggan hingga pembayaran itu sendiri. Agar tujuan tersebut tercapai, fitur CRM pada aplikasi majoo juga diperkuat dengan kemampuan untuk mencatat data pelanggan serta data penjualan, memungkinkanmu memprediksi potensi pelanggan dalam melakukan pembelian berulang, misalnya dengan melakukan analisis terkait untuk menawarkan produk serta jasa yang mungkin dibutuhkan oleh pelanggan.

    2. CRM untuk Pemasaran

    Jika CRM untuk penjualan kerap dilakukan untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian, CRM untuk pemasaran bertujuan agar pelanggan tertarik untuk melakukan pembelian. Seperti konsep pemasaran pada umumnya, aktivitas ini mungkin tidak secara langsung berdampak pada angka penjualan, tetapi akan memberikan keuntungan yang sangat besar jika dilakukan dengan baik. Fitur CRM pada aplikasi majoo yang mendukung kegiatan pemasaran ini semakin dipermudah dengan kemampuan untuk mengelola promo, voucher, serta poin loyalitas pelanggan. Di samping itu, fitur ini juga memungkinkanmu untuk melakukan pemasaran yang lebih mudah dengan pemasaran melalui email dan SMS, memungkinkanmu untuk memastikan pelanggan datang kembali dan melakukan transaksi lainnya sesuai dengan strategi pemasaran bisnis yang kamu jalankan.

    3. CRM untuk Peningkatan Layanan

    Praktik ini bisa dibilang sebagai praktik CRM yang paling banyak dijalankan. Dengan berorientasi pada peningkatan layanan, CRM melakukan berbagai analisis untuk mencari tahu kebutuhan pelanggan, perbaikan apa yang bisa membuat pelanggan mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat bertransaksi, dan juga membantu memutuskan apakah kamu perlu melakukan penyesuaian saat akan mengeluarkan lini produk maupun jasa yang baru bagi pelanggan. Dalam praktik ini, CRM akan banyak berkomunikasi dengan pelanggan sebagai orientasi bisnisnya, dan menyusun strategi terbaik yang dapat memenuhi hasil komunikasi tersebut. Kamu dapat menggunakan fitur CRM aplikasi majoo untuk melakukannya, lho!

    Aplikasi majoo sudah dilengkapi dengan fitur customer relationship management

    Jika bisnis kerap dijalankan dengan berorientasi semata-mata pada produk serta keuntungan bisnis yang bisa dihasilkan, keberadaan Customer Relation Management dapat mengimbanginya dengan memasukkan perspektif yang lebih berorientasi kepada pelanggan dalam operasional bisnis. Manfaatkan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh fitur CRM aplikasi majoo untuk melakukannya, mulai dari mencatat setiap data pelanggan dan transaksi yang mereka lakukan, menjalankan program loyalitas pelanggan, dan menjaga kepuasan pelanggan untuk terus melakukan transaksi!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?