Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Customer Relationship Management, Rahasia Andalan Bisnis

    Konsep customer relationship management sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970-an

    Customer Relationship Management atau yang juga kerap disingkat menjadi CRM, merupakan salah satu bentuk operasional bisnis yang dilakukan untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan. Konsep ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 1970-an, dan semakin populer seiring bertumbuhnya kesadaran bisnis untuk menjaga relasi dengan pelanggan. Dalam dunia bisnis, ada beberapa jenis CRM dengan fungsi dan tujuan spesifiknya masing-masing:

    1. CRM untuk Penjualan

    CRM yang dilakukan untuk penjualan umumnya bertujuan untuk memastikan pelanggan mendapatkan kepuasan saat bertransaksi dan tertarik untuk melakukan transaksi lain di masa depan dengan sistem penjualan yang juga lebih mudah. Oleh karena itu, jenis CRM yang satu ini dapat diterapkan di setiap proses bisnis yang terkait langsung dengan penjualan, mulai dari konversi calon pelanggan hingga pembayaran itu sendiri. Agar tujuan tersebut tercapai, fitur CRM pada aplikasi majoo juga diperkuat dengan kemampuan untuk mencatat data pelanggan serta data penjualan, memungkinkanmu memprediksi potensi pelanggan dalam melakukan pembelian berulang, misalnya dengan melakukan analisis terkait untuk menawarkan produk serta jasa yang mungkin dibutuhkan oleh pelanggan.

    2. CRM untuk Pemasaran

    Jika CRM untuk penjualan kerap dilakukan untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian, CRM untuk pemasaran bertujuan agar pelanggan tertarik untuk melakukan pembelian. Seperti konsep pemasaran pada umumnya, aktivitas ini mungkin tidak secara langsung berdampak pada angka penjualan, tetapi akan memberikan keuntungan yang sangat besar jika dilakukan dengan baik. Fitur CRM pada aplikasi majoo yang mendukung kegiatan pemasaran ini semakin dipermudah dengan kemampuan untuk mengelola promo, voucher, serta poin loyalitas pelanggan. Di samping itu, fitur ini juga memungkinkanmu untuk melakukan pemasaran yang lebih mudah dengan pemasaran melalui email dan SMS, memungkinkanmu untuk memastikan pelanggan datang kembali dan melakukan transaksi lainnya sesuai dengan strategi pemasaran bisnis yang kamu jalankan.

    3. CRM untuk Peningkatan Layanan

    Praktik ini bisa dibilang sebagai praktik CRM yang paling banyak dijalankan. Dengan berorientasi pada peningkatan layanan, CRM melakukan berbagai analisis untuk mencari tahu kebutuhan pelanggan, perbaikan apa yang bisa membuat pelanggan mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat bertransaksi, dan juga membantu memutuskan apakah kamu perlu melakukan penyesuaian saat akan mengeluarkan lini produk maupun jasa yang baru bagi pelanggan. Dalam praktik ini, CRM akan banyak berkomunikasi dengan pelanggan sebagai orientasi bisnisnya, dan menyusun strategi terbaik yang dapat memenuhi hasil komunikasi tersebut. Kamu dapat menggunakan fitur CRM aplikasi majoo untuk melakukannya, lho!

    Aplikasi majoo sudah dilengkapi dengan fitur customer relationship management

    Jika bisnis kerap dijalankan dengan berorientasi semata-mata pada produk serta keuntungan bisnis yang bisa dihasilkan, keberadaan Customer Relation Management dapat mengimbanginya dengan memasukkan perspektif yang lebih berorientasi kepada pelanggan dalam operasional bisnis. Manfaatkan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh fitur CRM aplikasi majoo untuk melakukannya, mulai dari mencatat setiap data pelanggan dan transaksi yang mereka lakukan, menjalankan program loyalitas pelanggan, dan menjaga kepuasan pelanggan untuk terus melakukan transaksi!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.