Risiko Investasi adalah Potensi Rugi Investor. Bahayakah?

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail


Beberapa tahun belakangan, kesadaran akan pentingnya investasi mulai meningkat. Orang-orang mulai merasa perlunya memiliki investasi, dalam berbagai bentuk instrumen. Sayangnya, pemahaman akan pentingnya investasi belum berbanding lurus dengan pemahaman mengenai risiko investasi

Investasi memang memiliki peran penting dalam kehidupan finansial seseorang. Melalui investasi, seseorang memiliki kesempatan untuk mengalokasikan dan meningkatkan nilai kekayaannya secara efektif. Investasi memungkinkan seseorang untuk melampaui batasan pendapatan rutin dan menciptakan sumber pendapatan pasif yang berkelanjutan. 

Investasi yang cerdas dan terencana dengan baik dapat memberikan keuntungan jangka panjang, seperti pertumbuhan modal, penghasilan dividen, atau keuntungan modal yang signifikan. Namun, seperti halnya segala sesuatu dalam kehidupan, investasi juga memiliki risikonya sendiri. Risiko investasi adalah kemungkinan terjadinya kerugian atau ketidakpastian hasil investasi yang diharapkan. 

Apa yang Dimaksud Risiko Investasi?

Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud risiko investasi? Risiko investasi adalah kemungkinan terjadinya kerugian atau ketidakpastian hasil investasi yang diharapkan oleh investor. Ini berarti bahwa meskipun kamu berharap untuk mendapatkan keuntungan dari investasi, ada faktor-faktor yang dapat mengakibatkan nilai investasi turun atau bahkan hilang. 

Risiko investasi dapat berasal dari berbagai sumber. Salah satunya adalah risiko pasar. Perubahan kondisi ekonomi secara umum, fluktuasi harga saham, perubahan suku bunga, atau bahkan ketidakstabilan politik dapat memengaruhi nilai investasi. Misalnya, saat terjadi penurunan tiba-tiba di pasar saham, nilai portofolio investasi saham kamu juga dapat merosot secara signifikan.

Penting untuk diingat bahwa risiko investasi tidak bisa sepenuhnya dihilangkan, namun dapat dikelola. Diversifikasi portofolio, melakukan riset yang cermat sebelum melakukan investasi, memahami tujuan dan toleransi risiko pribadi, serta mempertimbangkan nasihat dari ahli keuangan dapat membantu mengelola risiko investasi dengan lebih baik.

Contoh Risiko Investasi 

Ada beberapa macam contoh investasi yang perlu diwaspadai oleh para investor. Baik yang memiliki investasi dalam jumlah kecil maupun besar. Beberapa hal yang termasuk contoh risiko investasi adalah:

Risiko Pasar

Nilai investasi dapat berubah dan mengalami risiko diakibatkan oleh adanya risiko pasar, yaitu: adanya perubahan kondisi ekonomi secara umum, fluktuasi harga saham, perubahan suku bunga, perubahan kebijakan pemerintah, atau ketidakstabilan politik.

Risiko Perusahaan

Masalah internal perusahaan seperti kebangkrutan, penurunan kinerja, skandal korporasi, atau perubahan manajemen juga dapat berdampak negatif dan menyebabkan munculnya risiko investasi pada aset yang dimiliki.

Ada beberapa jenis risiko investasi yang perlu diketahui.

Risiko Inflasi

Jika tingkat inflasi melebihi tingkat pengembalian investasi kita, nilai investasi sebenarnya (nilai riil) ternyata dapat berkurang seiring waktu. Inilah yang akhirnya dapat mengurangi daya beli hasil investasi di masa depan.

Risiko Likuiditas

Kesulitan menjual investasi atau mengubahnya menjadi uang tunai dengan cepat dengan harga yang wajar dapat menjadi risiko. Jika investasi milikmu tidak likuid, akan sangat mungkin kamu terjebak dalamnya atau harus menjualnya dengan harga yang lebih rendah dari nilai aslinya.

Risiko Mata Uang

Contoh investasi berikutnya adalah yang berasal dari perubahan pada nilai mata uang. Jika kamu berinvestasi pada aset atau instrumen yang dinyatakan dalam mata uang asing, fluktuasi nilai tukar mata uang dapat memengaruhi nilai investasi yang kamu miliki.

Risiko Sistemik

Risiko sistemik merupakan suatu kondisi yang dapat memengaruhi seluruh sistem keuangan atau pasar secara luas. Contohnya adalah krisis keuangan global atau resesi ekonomi yang dapat menyebabkan kerugian besar pada berbagai jenis investasi.

Risiko Kepatuhan dan Hukum

Perubahan kebijakan pemerintah, regulasi baru, atau perubahan hukum juga dapat memiliki dampak signifikan terhadap nilai investasi. Terutama apabila investasi yang kamu miliki terkait dengan sektor atau industri tertentu.

Risiko Ketidakpastian

Ketidakpastian ekonomi, politik, atau sosial dapat menciptakan risiko tambahan dalam investasi. Misalnya, keputusan politik yang tidak terduga atau peristiwa alam yang tidak dapat diprediksi dapat mengganggu pasar dan mengakibatkan kerugian investasi.

Penting untuk kamu ingat bahwa setiap jenis investasi pastinya memiliki risiko masing-masing. Sebagai investor, sangat penting untuk dapat memahami risiko-risiko ini dan melakukan penilaian risiko yang cermat sebelum membuat keputusan untuk berinvestasi.

Bagaimana Cara Meminimalisir Terjadinya Risiko Investasi?

Apakah risiko investasi dapat diminimalisir? Jawabannya, bisa. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar risiko investasi tidak sampai muncul dalam skala besar. Cara meminimalisir risiko investasi tersebut adalah:

  • Dalam satu produk investasi, sebaiknya jangan mengalokasikan seluruh dana yang kamu miliki. Cobalah untuk melakukan diversifikasi portofolio dengan berinvestasi pada berbagai instrumen atau aset.

  • Tetap tenang saat menghadapi risiko investasi yang muncul. Jaga kestabilan emosi dan hindari terburu-buru dalam mengambil keputusan.

  • Hindari reaksi panik, karena kepanikan dapat mengakibatkan keputusan yang tidak tepat.

  • Pahami bahwa risiko investasi adalah hal yang akan selalu ada dalam investasi, apapun produknya. Itulah sebabnya, penting untuk memahami manajemen risiko investasi dengan baik.

  • Dengan memahami manajemen risiko investasi dengan baik, kamu dapat mengurangi risiko investasi dan mencapai hasil investasi yang maksimal.


Manajemen Risiko Investasi 

Disebutkan bahwa salah satu cara untuk dapat meminimalisir terjadinya risiko investasi adalah dengan memahami dan menerapkan manajemen risiko investasi. Memahami dan menerapkan manajemen risiko investasi merupakan hal yang sangat penting dalam dunia investasi. 


Manajemen risiko investasi adalah proses identifikasi, evaluasi, dan pengendalian risiko yang terkait dengan keputusan investasi. Manajemen risiko investasi melibatkan pengenalan dan pengendalian risiko yang terkait dengan aset investasi secara efektif. 

Tujuan adanya manajemen risiko investasi adalah untuk membantu investor mengidentifikasi risiko yang dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalikan, serta mengurangi potensi risiko tersebut dalam portofolio investasi. Secara singkat, bisa dibilang tujuan utamanya adalah untuk mengurangi potensi kerugian dan meningkatkan potensi keuntungan dalam konteks investasi.

Risiko adalah bagian tak terpisahkan dari investasi, dan tanpa pengelolaan yang tepat, dapat berpotensi menyebabkan kerugian finansial yang signifikan. Dengan memahami risiko yang ada dalam berinvestasi, investor dapat membuat keputusan yang lebih cerdas, mengurangi potensi kerugian, dan meningkatkan peluang keberhasilan investasi jangka panjang. 

Proses manajemen risiko investasi melibatkan beberapa langkah, yaitu:

Identifikasi Risiko Investasi 

Langkah pertama adalah mengidentifikasi semua risiko yang terkait dengan investasi yang akan dilakukan. Risiko dapat berasal dari berbagai faktor, seperti fluktuasi pasar, perubahan regulasi, risiko kredit, risiko likuiditas, risiko politik, dan sebagainya.

Evaluasi Risiko Investasi 

Setelah risiko diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi setiap risiko tersebut. Evaluasi risiko melibatkan penilaian terhadap probabilitas terjadinya risiko dan dampaknya terhadap investasi. Tahap ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, seperti analisis statistik, analisis historis, atau analisis kualitatif.

Pengembangan Strategi Pengelolaan Risiko

Setelah risiko dievaluasi, langkah selanjutnya adalah mengembangkan strategi pengelolaan risiko. Strategi ini dapat mencakup berbagai tindakan untuk mengurangi atau mengendalikan risiko, seperti diversifikasi portofolio, penggunaan instrumen derivatif, penggunaan strategi lindung nilai (hedging), atau pembatasan jumlah investasi pada aset yang memiliki risiko tinggi.

Pelaksanaan Strategi Pengelolaan Risiko

Selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah menerapkan strategi tersebut dalam pengelolaan portofolio investasi. Tahap ini melibatkan pelaksanaan tindakan yang sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan, seperti melakukan diversifikasi portofolio, melakukan perdagangan derivatif, atau melakukan tindakan pengelolaan risiko lainnya.

Pemantauan dan Evaluasi

Apakah semuanya selesai setelah strategi pengelolaan diterapkan? Tentu saja belum. Setelah strategi pengelolaan risiko diterapkan, sangat penting untuk terus memantau dan mengevaluasi efektivitasnya. Pemantauan yang cermat memungkinkan untuk mengidentifikasi perubahan dalam risiko dan melakukan penyesuaian yang diperlukan dalam strategi pengelolaan risiko.

Dengan melakukan manajemen risiko investasi yang efektif, kamu dan para investor lain dapat mengurangi risiko terjadinya kerugian. Dapat juga meningkatkan peluang keberhasilan investasi yang sudah dilakukan. Satu hal yang perlu dicatat bahwa manajemen risiko investasi tidak dapat sepenuhnya menghilangkan risiko, tetapi dapat membantu mengelolanya dengan lebih baik.

Dalam dunia investasi yang kompleks dan dinamis, pemahaman dan penerapan manajemen risiko investasi menjadi kunci penting dalam mencapai tujuan keuangan jangka panjang dan membangun portofolio yang proper.

Sebagai pebisnis, memiliki investasi tentunya juga sangat penting. Investasi yang kamu miliki dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Selain memiliki pemahaman tentang risiko investasi, ada baiknya kamu juga mengiringi jalannya bisnismu dengan teknologi yang dapat membantu pengelolaan bisnis, seperti majoo.

Jika manajemen risiko investasi dapat membantu kamu meminimalisir terjadinya kerugian dari investasi, majoo dengan berbagai fitur canggihnya dapat membantu kamu menghindari kerugian bisnis. Sebelum terlambat, coba pakai majoo sekarang dan lindungi bisnismu! 


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo