Apa Itu Saluran Pembayaran? Ini Penjelasannya!

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Istilah saluran pembayaran mungkin tidak terlalu akrab di telinga semua orang. Ini dikarenakan orang lebih sering menyebut instrumen salurannya langsung, dibandingkan istilahnya.

Padahal saluran pembayaran telah menjadi tulang punggung utama bagi transaksi keuangan yang efisien dan aman. Kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam cara manusia mentransfer dana dan melakukan pembayaran. 


Pengertian Saluran Pembayaran 

Apa itu saluran pembayaran? Saluran pembayaran merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam sistem pembayaran. Sistem pembayaran adalah serangkaian peraturan, lembaga, dan mekanisme yang diterapkan dalam proses transfer dana untuk memenuhi kewajiban terkait dengan aktivitas ekonomi.

Beberapa komponen penting yang ada di dalam sistem pembayaran adalah:

  • Regulator

  • Penyelenggara

  • Infrastruktur

  • Alat pembayaran

  • Pengguna

  • Saluran pembayaran, dan

  • Sistem transfer dana

Saluran pembayaran adalah metode atau sarana yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan, terutama pembayaran. Saluran pembayaran terdiri dari berbagai alat dan mekanisme yang memudahkan individu atau pemilik bisnis untuk mentransfer dana dari satu pihak ke pihak lain. 

Saluran sistem pembayaran adalah ketentuan mengenai transaksi keuangan yang berdampak besar bagi masyarakat. Tugas lembaga yang mengelola sistem pembayaran adalah menyediakan metode pembayaran yang memungkinkan transfer dana bagi semua pihak yang berhubungan.

Beberapa jalur pembayaran yang sering digunakan di Indonesia antara lain adalah:

  • Mesin ATM

  • Layanan teller

  • Kartu debit dan kredit

  • Internet banking

  • Mobile banking

  • Electronic data capturing (EDC)

Baca Juga: Apa itu Payment? Begini Penjelasan Lengkapnya!

Jenis-Jenis Saluran Pembayaran

Seperti tadi sudah disebutkan, ada beberapa jenis saluran pembayaran yang sangat umum digunakan. Baik dalam transaksi perorangan maupun transaksi operasional bisnis. 

Pilihan saluran pembayaran dapat bervariasi tergantung pada negara, teknologi yang tersedia, dan preferensi konsumen. Jenis-jenis saluran pembayaran yang umum digunakan antara lain adalah:

1. Kartu Kredit

Kartu kredit membuka peluang bagu pemegangnya untuk melakukan pembelian dan membayar di kemudian hari. Pembayaran dilakukan secara bulanan atau sesuai dengan periode tagihan kartu kredit.

2. Kartu Debit

Kartu debit biasanya terhubung langsung dengan rekening bank pemegangnya. Setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu debit langsung mengurangi saldo rekening terkait.

3. Transfer Bank

Transfer antar bank merupakan proses pemindahan dana dari satu rekening bank ke rekening bank lainnya. Ini bisa dilakukan melalui mesin ATM, internet banking, atau mobile banking.

4. Dompet Digital (e-Wallet)

Dompet digital atau e-wallet adalah platform elektronik yang memungkinkan pengguna menyimpan uang secara elektronik. Dengan begitu dapat melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran, transfer, dan pembelian barang atau layanan.

5. Internet Banking

Internet banking adalah saluran pembayaran yang memudahkan nasabah untuk mengakses dan mengelola rekening bank mereka melalui internet. Dengan internet banking, pengguna dapat melakukan sejumlah aktivitas keuangan, seperti transfer dana, pembayaran tagihan, cek saldo, dan bahkan mengelola investasi mereka, tanpa harus datang ke kantor bank fisik. 

6. Mobile Banking

Mobile banking adalah bentuk layanan keuangan yang memanfaatkan teknologi ponsel untuk memberikan akses kepada nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Mobile banking memberikan fleksibilitas yang tinggi, jadi nasabah lebih mudah untuk mengelola keuangan mereka di mana saja dan kapan saja.

7. Electronic Data Capturing (EDC)

Electronic Data Capturing (EDC) merupakan teknologi yang digunakan untuk memproses transaksi pembayaran elektronik di tempat-tempat ritel atau usaha kecil. Mesin EDC membaca informasi dari kartu kredit atau debit dan memfasilitasi transfer dana antara rekening nasabah dan pedagang. 

Biasanya, EDC digunakan di kasir ritel, restoran, atau tempat-tempat lain yang menerima pembayaran dengan kartu. Dengan begitu, transaksi bisa dilakukan lebih cepat dan efisien tanpa perlu menggunakan uang tunai secara fisik. EDC juga dapat mengurangi kebutuhan akan uang tunai yang berlebihan di tempat-tempat tersebut.

Jenis-jenis saluran pembayaran memberikan fleksibilitas kepada konsumen untuk memilih metode yang paling nyaman bagi mereka. Beberapa orang mungkin lebih suka menggunakan internet banking di rumah, sementara yang lain mungkin lebih memilih pembayaran instan melalui aplikasi seluler saat berada di luar.

saluran pembayaran

Contoh Saluran Pembayaran yang Umum Digunakan

Dari penjelasan mengenai jenis-jenis saluran pembayaran tadi, sebenarnya sudah bisa disimpulkan apa saja contohnya. Banyaknya pilihan saluran pembayaran karena setiap saluran memiliki karakteristik dan fungsi khusus yang dapat memenuhi kebutuhan beragam konsumen dan situasi transaksi. 

Beberapa contoh saluran pembayaran tersebut adalah:

  • Kartu kredit

  • Kartu debit

  • e-Wallet

  • Pembayaran digital atau pembayaran online

  • Cek dan giro

  • Transfer dana antarbank atau sesama bank

Dengan perkembangan teknologi, saluran pembayaran terus berkembang. Bukannya tidak mungkin akan banyak inovasi baru terus muncul yang melahirkan contoh saluran pembayaran lainnya. Dengan tujuan untuk memudahkan dan meningkatkan efisiensi proses pembayaran.

Saluran Pembayaran di Indonesia

Saluran pembayaran dapat berbeda-beda berdasarkan ketersediaan infrastruktur di suatu wilayah. Di beberapa tempat, mesin ATM mungkin lebih mudah diakses, sementara di tempat lain, teknologi seluler bisa saja lebih dominan.

Perkembangan saluran pembayaran di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen. Beberapa aspek penting dalam perkembangan saluran pembayaran di Indonesia antara lain adanya inovasi teknologi, inklusivitas keuangan, dan transformasi digital. 

Berikut beberapa poin yang mencerminkan perkembangan saluran pembayaran di Indonesia.

1. Meningkatnya Penggunaan Kartu Debit dan Kredit

Penggunaan kartu debit dan kredit terus meningkat di Indonesia. Meskipun masih ada transaksi dengan uang tunai, banyak orang Indonesia mulai mengadopsi pembayaran non-tunai, terutama di pusat-pusat perkotaan. Hal tersebut didorong oleh ketersediaan mesin ATM atau EDC di berbagai tempat.

2. Maraknya Internet Banking dan Mobile Banking

Internet banking dan mobile banking semakin populer di Indonesia. Bank-bank lokal terus meningkatkan platform digital untuk memberikan layanan perbankan yang lebih mudah diakses. Aplikasi perbankan seluler memudahkan nasabah untuk mengelola rekening, mentransfer dana, dan melakukan transaksi keuangan online.

3. Fintech dan Pembayaran Digital

Perkembangan industri fintech di Indonesia juga telah menciptakan ekosistem pembayaran digital yang dinamis. Aplikasi pembayaran digital, seperti GoPay, OVO, dan Dana, telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, memfasilitasi pembayaran tagihan, belanja online, dan transfer dana.

4. QR Code dan Pembayaran Nontunai

Penerapan teknologi QR code semakin umum sebagai metode pembayaran nontunai. Dengan menggunakan smartphone, konsumen dapat melakukan pembayaran hanya dengan memindai QR code di toko atau tempat usaha. 

5. Inklusivitas Keuangan

Pemerintah Indonesia dan lembaga keuangan berusaha meningkatkan inklusivitas keuangan dengan memperluas akses ke layanan perbankan di daerah pedesaan. Berbagai program insentif yang dibuat dapat membantu mendorong penggunaan saluran pembayaran di lapisan masyarakat yang lebih luas.

Perkembangan ini mencerminkan transformasi signifikan dalam saluran pembayaran di Indonesia. Dengan begitu akan semakin menuju ke arah digitalisasi dan inovasi teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern.

Berbagai Fungsi Saluran Pembayaran

Saluran pembayaran memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam ekosistem keuangan dan transaksi ekonomi. Beberapa fungsi utama dari saluran pembayaran adalah:

1. Memfasilitasi Transaksi Keuangan

Fungsi utamanya adalah untuk memfasilitasi berbagai jenis transaksi keuangan. Termasuk pembelian barang dan layanan, transfer uang antar individu atau bisnis, pembayaran tagihan, dan lainnya.

2. Meningkatkan Efisiensi Transaksi

Dengan adanya pembayaran elektronik, proses transaksi dapat menjadi lebih cepat dan efisien. Ini mengurangi kebutuhan untuk penanganan uang tunai fisik dan mempercepat pemrosesan pembayaran.

3. Meminimalkan Risiko Keamanan

Saluran sistem pembayaran dilengkapi dengan berbagai lapisan keamanan, seperti enkripsi data dan otentikasi dua faktor. Tujuannya adalah untuk melindungi informasi keuangan dan melawan kegiatan penipuan.

4. Mempermudah Akses Keuangan

Berbagai jenis saluran pembayaran modern dapat membantu meningkatkan akses ke layanan keuangan. Ini dapat memajukan inklusi keuangan dan memungkinkan lebih banyak orang untuk terlibat dalam ekonomi.

5. Memudahkan Transaksi Internasional

Fungsi berikutnya adalah untuk memfasilitasi transaksi lintas batas atau internasional. Ini akan sangat membantu dalam perdagangan global, transfer internasional, dan pemrosesan pembayaran untuk bisnis yang beroperasi di pasar global.

6. Mengurangi Ketergantungan pada Uang Tunai

Dengan semakin banyaknya contoh saluran pembayaran modern dapat membantu mengurangi ketergantungan pada uang tunai. Akhirnya dapat membawa risiko keamanan dan kesulitan dalam melacak dan melaporkan transaksi.

7. Memfasilitasi Bisnis Online dan E-Commerce

Saluran pembayaran berperan penting dalam mendukung bisnis online dan e-commerce. Mereka menyediakan solusi pembayaran yang mudah digunakan bagi konsumen dan memungkinkan pengecer online untuk menerima pembayaran dengan efisien.

8. Mendukung Transparansi Keuangan

Saluran transaksi yang sudah modern menyediakan catatan transaksi yang terdokumentasi dengan baik. Secara otomatis hal tersebut mendukung adanya transparansi keuangan dan memudahkan pelacakan pengeluaran dan penerimaan.

9. Memudahkan Manajemen Keuangan

Adanya aplikasi perbankan digital dan dompet digital dapat membantu pengguna dalam manajemen keuangan pribadi mereka. Caranya adalah dengan menyediakan informasi akun, laporan transaksi, dan fitur pelacakan pengeluaran.

Aplikasi kasir online majoo

Kesimpulan

Saluran pembayaran adalah metode yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan, terutama pembayaran. Saluran pembayaran terdiri dari berbagai alat yang memudahkan individu atau pemilik bisnis untuk mentransfer dana dari satu pihak ke pihak lain. 

Fungsi saluran pembayaran ada banyak. Salah satunya adalah membantu mempermudah manajemen keuangan. Sama seperti yang ada pada fitur aplikasi kasir online majoo. Semua transaksi keuangan akan tercatat rapi, mendukung adanya transparansi keuangan, dan tentunya memudahkan kontrol keuangan bisnis. Jadi, kalau ingin keuangan bisnismu lebih rapi, pastikan kamu pakai majoo! 


Sumber Data:

https://lifepal.co.id/media/sistem-pembayaran/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo