Pahami SKDU Adalah Dokumen Legalitas Usaha di Indonesia!

article thumbnail

Dalam berbisnis, Surat Keterangan Domisili Usaha atau SKDU adalah salah satu dokumen yang penting dan diperlukan oleh setiap pengusaha atau pemilik usaha. SKDU adalah bukti resmi yang menunjukkan bahwa usaha tersebut memiliki alamat atau lokasi untuk beroperasi di suatu daerah atau wilayah.

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang SKDU hingga cara membuat SKDU online. Adanya SKDU ini untuk memastikan kelancaran bisnismu beroperasi di Indonesia, ya. 

Apa Definisi SKDU?

Apa, sih, arti dari SKDU ini? Surat Keterangan Domisili Usaha atau SKDU adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah atau instansi, berisi tentang alamat sah dari suatu usaha atau perusahaan di suatu lokasi tertentu. 

SKDU berfungsi sebagai bukti legalitas dan persetujuan dari pemerintah setempat untuk operasional bisnis di wilayah tersebut. Dokumen ini juga mencantumkan informasi penting, seperti jenis usaha, alamat, nama pemilik usaha, dan nomor registrasi.

SKDU diperlukan untuk berbagai keperluan, antara lain pengajuan izin usaha, membuka rekening bank perusahaan, mengikuti tender atau lelang pemerintah, serta memenuhi persyaratan hukum lainnya. Dengan memiliki SKDU yang valid, pemilik usaha dapat memastikan bahwa operasional bisnis mereka berada dalam kerangka hukum yang benar dan untuk menghindari masalah hukum di masa depan, ya. 

Untuk mendapatkan SKDU, pemilik usaha harus mengajukan permohonan kepada instansi pemerintah setempat yang berwenang. Proses pengurusan SKDU dapat berbeda-beda di setiap daerah, umumnya melibatkan peninjauan lokasi usaha, pengumpulan dokumen, dan pembayaran biaya administrasi. Setelah diterbitkan, SKDU harus diperbarui secara berkala sesuai dengan ketentuan yang berlaku di wilayah tersebut.

Dalam menghadapi persyaratan hukum dan administratif, pengusaha perlu memahami betapa pentingnya SKDU dalam menjalankan operasional bisnis mereka. Dengan memiliki SKDU yang sah, pengusaha lebih fokus pada pengembangan usaha mereka tanpa khawatir tentang masalah hukum yang dapat mengganggu operasional bisnisnya. 

Baca Juga: Legalitas Usaha: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya!

Apa Perbedaan SKDU dan SKDP?

Dalam menjalankan bisnis di Indonesia, terdapat sejumlah izin dan dokumen resmi yang diperlukan untuk menjalankan usaha tersebut. Dua di antara dokumen ini adalah SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha) dan SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan). Meskipun keduanya terkait dengan izin usaha dan domisili, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal tujuan, cakupan, dan proses pengurusannya. Mari kita lihat penjelasannya, ya. 

1. Tujuan Utama

  • SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha): SKDU digunakan untuk membuktikan bahwa suatu usaha memiliki alamat atau lokasi yang sah di suatu wilayah atau daerah tertentu. Tujuannya untuk memenuhi persyaratan administratif dan menunjukkan keberadaan fisik suatu usaha di lokasi tersebut. SKDU adalah dokumen yang penting untuk membuktikan bahwa usaha tersebut memiliki alamat yang sah dan sah secara hukum.

  • SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan): SKDP digunakan untuk memberikan izin kepada perusahaan untuk beroperasi di suatu lokasi tertentu. Tujuannya untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut mematuhi peraturan dan perizinan yang berlaku di wilayah tersebut. SKDP menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah memenuhi semua persyaratan hukum dan izin beroperasi di tempat tersebut.

2. Cakupan Dokumen

  • SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha): SKDU mencantumkan informasi dasar seperti alamat atau lokasi usaha, nama pemilik usaha, dan jenis usaha yang dijalankan. SKDU adalah dokumen yang menunjukkan bahwa usaha tersebut berlokasi di alamat yang sah dan terdaftar secara administratif di daerah tersebut.

  • SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan): SKDP mencakup informasi yang lebih rinci, termasuk izin-izin yang diperlukan untuk beroperasi di lokasi tersebut, serta persyaratan lingkungan dan kompatibilitas dengan peraturan setempat. SKDP adalah dokumen yang lebih komprehensif karena mencakup semua aspek yang relevan dengan operasional perusahaan. 

3. Proses Pengurusan

  • SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha): Proses pengurusan SKDU umumnya lebih sederhana dan melibatkan peninjauan lokasi usaha, pengumpulan dokumen administratif, dan pembayaran biaya administrasi. SKDU dikeluarkan oleh instansi pemerintah setempat yang mengelola perizinan usaha di tingkat daerah.

  • SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan): Pengurusan SKDP melibatkan proses yang lebih kompleks dan mungkin memerlukan peninjauan lebih lanjut terkait dampak lingkungan, persyaratan keamanan, izin dari berbagai instansi, dan pemenuhan persyaratan teknis yang lebih ketat. Proses ini lebih komprehensif karena SKDP berkaitan dengan operasional perusahaan yang lebih besar dan kompleks. 

Dari sinilah bisa disimpulkan, bahwa SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha) lebih menunjukkan suatu usaha memiliki alamat yang sah dan sah secara administratif. Sedangkan SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) memberikan izin kepada perusahaan untuk beroperasi dengan mematuhi semua peraturan dan perizinan yang berlaku.

Kedua dokumen ini penting dalam pengurusan usaha di Indonesia dan dengan pemahaman tentang perbedaan keduanya akan membantu kamu sebagai pemilik usaha untuk memenuhi persyaratan hukum dan administratif dengan lebih efisien.

Baca Juga: Pentingnya Legalitas Usaha Bagi Pelaku UMKM

SKDU adalah dokumen resmi yang dikeluarkan pemerintah setempat terkait legalitas alamat suatu usaha. 

8 Manfaat Membuat SKDU untuk Usaha

Sebelum kamu mengetahui cara membuat SKDU, berikut ini manfaat yang bisa dirasakan ketika suatu bisnis membuat SKDU, yakni: 

Legalitas Usaha yang Jelas

SKDU adalah bukti legalitas alamat atau domisili suatu usaha. Dengan memiliki SKDU, pemilik usaha dapat menunjukkan bahwa bisnis yang dimilikinya sah secara hukum dan beroperasi dari alamat yang resmi. 

Pemenuhan Persyaratan Administratif

Banyak instansi pemerintah, termasuk bank dan lembaga keuangan, mensyaratkan SKDU sebagai salah satu dokumen yang diperlukan untuk membuka rekening perusahaan atau mendapatkan pinjaman bisnis. Dengan memiliki SKDU, pemilik bisnis dapat dengan mudah memenuhi persyaratan administratif ini. 

Kemudahan dalam Mengurus Izin Usaha

SKDU seringkali menjadi syarat awal dalam pengajuan izin usaha lainnya, seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Dengan memiliki SKDU, pemilik bisnis dapat memulai proses pengajuan izin usaha dengan lebih lancar dan cepat, ya. 

Pengakuan Lokasi Usaha

SKDU adalah dokumen resmi untuk mengakui alamat atau lokasi fisik suatu usaha. SKDU dapat membantu dalam membangun kepercayaan pelanggan, pemasaran lokal, dan memungkinkan pelanggan untuk menemukan suatu bisnis dengan mudah. 

Menghindari Masalah Hukum

Tidak memiliki SKDU atau alamat usaha yang sah berpotensi menghadirkan masalah hukum. Dengan memiliki SKDU, pemilik usaha dapat terhindar dari masalah hukum yang bisa muncul jika usahanya dianggap ilegal. 

Pertimbangan Pajak

SKDU juga dapat memengaruhi pemutusan pajak yang berlaku bagi suatu usaha. Dalam beberapa kasus, alamat usaha yang sah dapat memengaruhi besarnya kewajiban pajak yang harus dibayarkan. 

Kepemilikan Aset Fisik

SKDU juga dapat diperlukan jika pemilik bisnis memiliki aset fisik seperti gedung atau tanah yang digunakan untuk usahanya. SKDU dapat digunakan sebagai bukti kepemilikan atau hak penggunaan atas aset tersebut, lho! 

Kepastian Hukum

Dengan memiliki SKDU, pemilik bisnis memiliki kepastian hukum bahwa usahanya beroperasi secara sah dan dapat melindungi hak-haknya dalam situasi hukum. 

Baca Juga: Surat Keterangan Usaha (SKU): Syarat dan Perbedaannya dengan SIUP/NIB/IUMK

Cara Membuat SKDU Online

Sebelum kamu memulai proses pembuatan SKDU secara online, berikut beberapa persyaratan yang perlu kamu siapkan:

  1. Siapkan kartu identitasmu, misalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) dalam bentuk asli dan fotokopi.

  2. Persiapkan juga Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopinya yang terkait dengan pemilik usaha atau bisnismu.

  3. Sediakan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

  4. Syarat selanjutnya yaitu meminta surat pengantar dari RT dan RW setempat.

  5. Siapkan surat pernyataan dari tetangga yang menyatakan tidak keberatan dengan adanya usaha yang akan kamu jalani di lingkungan tersebut. Minimal empat tetangga harus memberikan pernyataan ini dan pastikan menyertakan fotokopi KTP masing-masing tetangga tersebut.

  6. Persiapkan akta pendirian usaha yang telah dibuat oleh notaris.

  7. Jika usahamu akan diurus oleh pihak lain, siapkan surat kuasa yang sesuai.

  8. Jika tempat usahamu adalah milik sendiri, sediakan Surat Bukti Tanah kepemilikan atau Surat Pernyataan Sewa jika usahamu menyewa tempat tersebut. 

Setelah kamu menyiapkan semua persyaratan ini, kamu dapat memulai proses pembuatan SKDU. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat SKDU secara online:

  1. Buka tautan pelayanan.jakarta.go.id/izin-terlaris/skdp (jika usahamu berada di wilayah Jakarta)

  2. Pada kolom perorangan/perusahaan, pilih "perusahaan."

  3. Di kolom "tipe izin," pilih "baru" atau "perpanjangan" sesuai kebutuhanmu.

Selain metode online, kamu juga memiliki opsi lain untuk membuat SKDU, yakni:

  1. Kunjungi kantor kelurahan setempat dan isi formulir permohonan SKDU.

  2. Serahkan dokumen-dokumen persyaratan sebagai kelengkapannya.

  3. Setelah itu, petugas akan memeriksa kelengkapan dokumenmu dan memberikan akan status kelengkapan dokumen yang telah kamu serahkan.

  4. Jika dokumenmu lengkap, kamu tinggal menunggu dokumen SKDU dikeluarkan oleh kantor kelurahan atau kecamatan. Jika semua pejabat yang mengurus SKDU berada di tempat pada hari tersebut, kamu mungkin bisa mendapatkan SKDU usahamu pada hari yang sama, ya. 

Contoh SKDU

Agar kamu lebih mengerti dan memahami bentuk SKDU ini, di bawah ini contoh SKDU.

contoh SKDU 

Kesimpulan

Aplikasi wirausaha

SKDU adalah dokumen penting bagi pemilik usaha di Indonesia. SKDU bukan sekadar persyaratan administratif, tetapi juga bukti legalitas usaha yang sah. Dokumen ini membantu pengusaha memenuhi persyaratan perizinan, membuka rekening perusahaan, dan membangun kepercayaan dalam berbisnis.

Proses pengajuan SKDU juga semakin mudah dengan adanya layanan online, sehingga memungkinkan pemilik usaha untuk mengurusnya dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, memiliki SKDU memberikan kepastian hukum dan melindungi hak-hak pemilik usaha dalam beroperasi. Oleh karena itu, pemilik usaha sebaiknya memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan SKDU sesuai dengan ketentuan yang berlaku di wilayah mereka untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usahanya.

Selain SKDU, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi majoo yang membantumu mengatur kebutuhan administrasi dan finansial bisnismu, lho! 

Aplikasi majoo adalah aplikasi wirausaha yang bisa kamu andalkan untuk memperlancar bisnismu. Selain itu, aplikasi majoo juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang akan memudahkanmu dalam mengelola transaksi bisnismu. Ayo, gunakan aplikasi majoo sebagai aplikasi wirausaha online berbasis cloud storage dan nikmati fitur-fitur canggihnya, GRATIS selama 14 hari!

 

Sumber Data:

  • https://rederp.co.id/blog/skdu-adalah/

  • https://www.easybiz.id/langkah-membuat-surat-keterangan-domisili-usaha

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo