Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Software Retail Grosir: Ketahui Manfaat dan Tips Memilihnya

    Software Retail Grosir: Ketahui Manfaat dan Tips Memilihnya

    Jika kamu adalah pemilik toko ritel grosir, pertimbangkanlah untuk menggunakan software retail grosir di geraimu.

    Kini, software retail grosir mulai banyak digunakan oleh toko-toko ritel grosir. Sistem tersebut dianggap memudahkan dan menjadikan operasional toko ritel grosir lebih efisien.

    Sebenarnya, apa itu software retail grosir dan apa saja manfaatnya bagi bisnis ritel? Temukan jawabannya dalam ulasan di bawah ini! 

    Tak lupa, kami juga menyiapkan tips memilih software retail grosir di akhir artikel. Karena itu, simak artikel ini sampai selesai, ya!

    Pengertian Software Retail Grosir

    Software retail grosir adalah program aplikasi untuk toko yang menjual produk ritel baik dengan harga grosir maupun harga ecer. 

    Ada banyak istilah yang mempunyai makna serupa dengan harga grosir, misalnya harga partai, harga masal, atau harga kulakan. 

    Terlepas dari perbedaan istilah, maknanya tetap sama, yaitu harga jual khusus untuk barang yang dibeli dalam jumlah banyak. Biasanya, harga grosir lebih rendah dari harga ecer atau harga satuan.

    Nah, software retail khusus grosir dirancang untuk toko yang melayani pembelian dalam skala besar atau eceran. Jadi, pemilik usaha sudah langsung memasukkan harga jual grosir dan harga jual ecer di bagian data barang.

    Dengan begitu, software tersebut akan memudahkan pemilik usaha atau karyawan karena sistemnya bisa menampilkan harga grosir dan harga ecer secara otomatis. Untuk mengetahui manfaatnya secara rinci, silakan simak pembahasan berikut ini.

    Manfaat Software Retail Grosir

    Apa pun alat bantu, misalnya digital tools, yang digunakan oleh pemilik usaha tentu dipilih karena bisa mempermudah pengelolaan bisnis, termasuk software untuk toko ritel grosir.

    Namun, sebetulnya apa saja manfaat yang ditawarkan oleh software atau aplikasi ini? 

    • Mempermudah Pengelolaan Inventory

    Salah satu manfaat software retail grosir ialah mempermudah kamu dalam mengelola stok barang. Berjualan barang dengan harga eceran dan harga grosir tentu perlu manajemen inventory yang tepat, bukan?

    Dalam hal ini, stok barang harus bisa mencukupi segala permintaan pasar. Akan tetapi, kamu juga sebaiknya tidak memiliki stok terlalu banyak karena bisa menjadi dead stock.

    Baca juga: Dead Stock adalah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

    Nah, dengan data yang diolah di sistem perangkat lunak ini, kamu bisa mengelola stok barang secara akurat. Jadi, bisnis kamu bisa mempertahankan jumlah stok barang yang optimal setiap saat.

    • Dokumentasi Transaksi Konsumen

    Manfaat berikutnya ialah bisa membantumu dalam mencatat setiap transaksi konsumen. Biasanya, sistem perangkat lunak untuk toko ritel grosir dilengkapi dengan aplikasi kasir online yang bisa mencatat penjualan secara otomatis.

    Jadi, kamu bisa mengetahui jumlah produk yang berhasil terjual. Kamu juga bisa mengetahui rincian transaksi setiap pelanggan yang berbelanja di tokomu.

    Dengan pencatatan transaksi otomatis, kamu pun bisa mengelola stok barang secara lebih mudah. Pembuatan laporan penjualan pun jadi lebih cepat dan akurat.

    • Menarik Laporan secara Real Time

    Dengan menggunakan software atau aplikasi ritel grosir, kamu juga bisa membuat laporan bisnis lengkap secara real time. Mulai dari laporan penjualan hingga laporan manajemen stok barang di berbagai toko kamu kelola. 

    Jadi, kamu tak perlu repot membuat laporan bisnis secara manual. Tak hanya bisa dibuat secara otomatis, tetapi setiap laporan juga bisa diakses secara real time sehingga semua data yang disajikan akurat. 

    Kamu bisa mengetahui produk apa saja yang paling banyak dibeli oleh pelanggan. Kamu juga bisa tahu produk mana yang stoknya masih banyak atau sedikit sehingga perlu diisi kembali.

    Akhirnya, kamu dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif agar pendapatan bisnis lebih maksimal.

    • Menyederhanakan Proses Transaksi Penjualan

    Penggunaan software untuk toko ritel grosir juga bisa membantumu dalam menyederhanakan proses transaksi penjualan. Tim yang bertugas di bagian penjualan bisa mengakses data penjualan dengan mudah. Jadi, status transaksi bisa dipantai dengan mudah dan ditangani secara efektif.

    Di samping menyederhanakan proses penjualan, software ini juga dapat membantumu memperkiraan permintaan pasar.

    Mengapa bisa demikian? Tim penjualan mempunyai akses terhadap data stok barang, riwayat transaksi dan informasi pelanggan, informasi produk, dan promosi terbaru sehingga tim penjualan bisa bekerja secara efektif.

    Hasilnya, bisnismu lebih mampu memenuhi kebutuhan pasar dan pendapatan diperoleh pun bisa lebih besar.

    Penggunaan software retail memberikan banyak sekali manfaat bagi toko ritel grosir.

    • Membantu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

    Tidak hanya membantu pengelolaan penjualan, tetapi software retail grosir juga bisa membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Pasalnya, sebagian besar sistem aplikasi ritel grosir telah dilengkapi dengan Customer Relationship Management (CRM).

    Baca juga: Apa Itu CRM? Kenali Manfaat dan Fungsinya di Sini!

    Fitur CRM memungkinkan kamu untuk mengetahui setiap interaksi pelanggan, baik sales call, riwayat pesanan, maupun detail kampanye dalam email marketing Dengan fitur CRM, kamu bisa memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

    Alasan Menggunakan Software Retail Grosir

    Di samping manfaat di atas, masih ada beberapa alasan menggunakan software retail grosir atau kadang disebut aplikasi point of sale (POS). Apa saja alasan tersebut? Simak pembahasannya berikut inI!

    Menghemat Waktu

    Saat ini, ekspektasi konsumen terhadap pelayanan bisnis makin tinggi. Kini konsumen tak mau menunggu lama dan mengharapkan pelayanan yang serba cepat.

    Salah satu manfaat paling signifikan dari software POS ritel ialah memfasilitasi transaksi cepat jika dibandingkan dengan metode manual.

    Umumnya, sistem ini hadir dengan hardware yang efisien seperti barcode scanner dan printer tanda terima yang memungkinkan pelanggan dilayani dengan cepat.

    Manajemen Stok yang Efisien

    Software ritel bisa melacak barang yang keluar dari toko. Dengan kata lain, sistem akan memberi tahu jumlah produk tertentu telah terjual dan secara tepat memberi tahu sisa stok yang kamu miliki.

    Beberapa software atau sistem POS dilengkapi dengan fitur notifikasi, yaitu peringatan saat persediaan barang hampir kosong. Dengan begitu, kamu bisa segera memesan barang ke pemasok. 

    Lebih dari itu, ketika pelanggan membutuhkan informasi tentang produk tertentu, kamu dapat memeriksanya dengan cepat dalam sistem. Waktu tunggu pelanggan berkurang dan pengalaman pelanggan pun jadi optimal.

    Kustomisasi Penawaran Produk

    Tidak seperti metode manual, software retail memungkinkan kamu melacak detail transaksi atau riwayat pesanan pelanggan. 

    Informasi tersebut bisa membuatmu lebih mudah memberikan rekomendasi produk terbaik untuk setiap pelanggan. Fitur ini sangat berguna saat kamu membuat penawaran dan promosi produk untuk pelanggan.

    Ada Laporan Keuangan

    Sistem atau software retail memberimu gambaran umum yang baik tentang bisnis dan mencatat arus kasnya secara otomatis. Pasalnya, sistem ini menyediakan akses ke berbagai laporan yang dapat disesuaikan. 

    Umumnya, laporan tersebut menampilkan informasi penting seperti penjualan harian dan laporan stok. Dengan laporan tersebut, kamu bisa mengidentifikasi tren penjualan dengan cepat, misalnya produk mana yang paling diminati. 

    Kamu jadi bisa mengatur stok dan menyesuaikannya dengan tren tersebut. Berdasarkan informasi ini, kamu juga dapat merencanakan pendapatan yang diharapkan pada bulan berjalan, dua bulan ke depan, dan seterusnya.

    Ada pula laporan keuangan seperti laporan rugi laba dan neraca yang menggambarkan keadaan finansial bisnis. Laporan ini juga penting untuk dasar pengambilan keputusan bisnis.

    Meminimalisasi Kesalahan

    Berbeda dengan metode manual, sistem digital akan membantu meminimalkan kesalahan. Sebagai contoh, dengan software atau aplikasi POS, harga produk dapat diubah dan data di seluruh sistem akan diperbarui secara otomatis. 

    Dengan begitu, harga produk tersebut akan terlihat sama di seluruh proses sehingga tak ada karyawan yang keliru saat menjual produk.

    Tips Memilih Software Retail Grosir

    Setelah melihat ragam manfaatnya, apakah kamu sudah memutuskan untuk menggunakan software atau sistem POS untuk toko ritel grosir? 

    Di pasaran, ada banyak software untuk toko ritel yang bisa kamu pilih. Sebelum kamu menentukan pilihan, simak terlebih dahulu tips memilih software retail grosir berikut ini.

    • Pilih software yang tepercaya

    Pertama, pilih software buatan developer tepercaya. Biasanya, pengguna akan memberi ulasan atau testimoni untuk software dan developer-nya. Kamu bisa mencari tahu reputasi pengembang software dari ulasan-ulasan tersebut. 

    Dengan menggunakan software dan developer tepercaya, perusahaan akan mendapat jaminan keamanan.

    • Sesuaikan software dengan kebutuhan bisnismu

    Kebutuhan satu bisnis dengan bisnis lainnya mungkin tidak sama. Ada yang membutuhkan software retail grosir dengan fitur lengkap, ada juga yang hanya membutuhkan fitur-fitur tertentu. 

    Kemudian ada sistem yang berbasis cloud sehingga bisa diakses dari mana saja, ada juga yang tidak. Silakan kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.

    • Ketahui cara perawatan software

    Sebelum memilih software pastikan kamu sudah mengetahui cara melakukan maintenance software yang akan kamu gunakan. Supaya lebih praktis, sebaiknya pilih pengembang yang sudah memberikan layanan maintenance untuk software buatan mereka.

    Selain poin-poin di atas, pilihlah software atau aplikasi yang menawarkan fitur lengkap untuk toko ritel. Kalau kamu sedang membutuhkannya, cobalah software retail grosir dengan fitur lengkap ini!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Bank Garansi adalah: Contoh, Tujuan, Fungsi
    Berbeda dari banyak bank lain yang kita kenal, bank garansi adalah bentuk jaminan dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk kembangkan bisnis. Apa maksudnya?
    5 Contoh Surat Pengalaman Kerja
    Bermaksud pindah kerja? Siapkan satu jenis surat penting sebagai penunjangnya. Surat pengalaman kerja biasanya tidak perlu dilampirkan bersama CV.
    Laporan Keuangan Perusahaan Jasa: Kenali Jenis & Contohnya!
    Tak hanya perusahaan dagang, bisnis yang bergerak di sektor jasa pun perlu membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Yuk, kenali jenis dan contohnya!