Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Apa Itu CRM? Kenali Manfaat dan Fungsinya di Sini!

    Apa Itu CRM? Kenali Manfaat dan Fungsinya di Sini!

    CRM membantu bisnis mengelola relasi dengan konsumen sehingga dapat meningkatkan profit

    Beberapa waktu belakangan, terminologi CRM kerap muncul. Sebagian besar pemilik usaha tentu sudah familier dengan istilah ini. Meskipun begitu, masih ada yang kebingungan dan bertanya-tanya, apa itu CRM?

     

    Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih detail terkait CRM, simak penjelasan di bawah ini, ya!

     

    Pengertian CRM

    CRM adalah kependekan dari Customer Relationship Management. Artinya, seluruh aktivitas, strategi, dan teknologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan ataupun calon pelanggan.

     

    Pasti kamu sudah akrab dengan ungkapan ‘pembeli adalah raja’. Nah, CRM membantu bisnis membangun relasi dengan konsumen sehingga menciptakan loyalitas dan retensi pelanggan. Karena itu, bisa dibilang CRM membantu meningkatkan profitabilitas suatu bisnis.

     

    Meskipun CRM mencakup seluruh aktivitas dan strategi dalam mengelola relasi dengan konsumen, saat menyebut CRM kebanyakan orang merujuk kepada sistem CRM.

     

    Sebagai sebuah sistem, CRM adalah alat bantu manajemen kontak, manajemen penjualan, proses alur kerja, dan produktivitas. Dengan kata lain, CRM menciptakan sebuah sistem pengumpulan data yang membantu bisnis mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan konsumen dengan cara yang terukur.

     

    Customer Relationship Management memungkinkan organisasi bisnis untuk fokus pada relasi dengan individu, baik konsumen, pengguna jasa, pemasok, atau rekanan.

     

    Perlu dipahami, sebagai sebuah sistem dan alat bantu, CRM lebih dari sekadar manajemen penjualan. Justru bisnis dapat mencapai produktivitas optimal bila mengintegrasikan CRM ke dalam ekosistem bisnis, mulai dari HR sampai supply chain.

     

    Memahami pentingnya sistem CRM bagi bisnis

    Jika kamu ingin bisnis bertahan untuk jangka waktu yang panjang, tentu kamu membutuhkan strategi. Mungkin saat ini kamu sudah memiliki tujuan bisnis, target penjualan, atau target keuntungan.

     

    Namun, selalu up to date dan memilah informasi yang bisa diandalkan untuk mengantar bisnis ke tujuan kadang tidak mudah. Bagaimana kamu memilih arus informasi yang datang dari tim sales, customer service, tim marketing, hingga hasil pemantauan media sosial menjadi informasi yang bermanfaat bagi bisnis?

     

    Mengimplementasikan sistem CRM di dalam bisnis akan memberikan gambaran jelas tentang konsumen. Kamu bisa melihat seluruh informasi tentang konsumen dalam satu tempat.

     

    Ibarat memiliki dashboard yang simpel dan dipersonalisasi. Di sana kamu bisa melihat seluruh riwayat interaksi dengan konsumen, mulai dari status pemesanan konsumen hingga adanya isu yang mereka sampaikan melalui customer service.

     

    Bahkan, kamu bisa memasukkan informasi dari media sosial milik konsumen. Misalnya, ketertarikan mereka atau hal apa yang mereka bagikan tentang bisnis milikmu.

     

    Dengan begitu, tim marketing memperoleh gambaran yang lebih baik tentang alur penjualan dan potensi penjualan di masa mendatang. Selanjutnya, tim marketing dapat menyusun forecast yang lebih akurat.

     

    Sebagai pemilik usaha, kamu pun dapat melihat dengan lebih jelas terkait berbagai peluang dan prospek. Lebih dari itu, kamu bahkan bisa memahami proses mulai dari muncul pertanyaan dari konsumen sampai terjadi transaksi penjualan.

     

    Meskipun sistem CRM kebanyakan digunakan sebagai sales atau marketing tools, sebetulnya tim customer service juga bisa memperoleh banyak manfaat dari sistem ini.

     

    Sebagai contoh, konsumen mungkin menyampaikan keluhan melalui media sosial seperti Twitter atau Instagram. Berikutnya, keluhan tersebut ditanggapi dalam kanal yang lebih pribadi, sebut saja telepon atau email.

     

    Tanpa adanya sistem pengelolaan yang baik, tim customer service mungkin akan kehilangan jejak informasi dan interaksi tersebut. Akibatnya, mungkin akan bertanya dan meminta konsumen mengulang penjelasannya.

     

    Hal ini tentu akan membuat konsumen tidak nyaman dan menganggap bisnis kurang responsif.  Dengan adanya sistem CRM, hal ini dapat dihindari sebab seluruh interaksi melalui berbagai platform akan terdokumentasi dengan baik.

     

    Apabila kamu merasa belum membutuhkan sistem CRM karena skala bisnis yang kamu miliki relatif kecil, kamu keliru. Usaha kecil sekalipun dapat diuntungkan oleh sistem yang satu ini.

     

    Sistem ini penting karena dapat membantu bisnis dalam beberapa poin di bawah ini.

     

    1. Pengetahuan

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, CRM bisa menjadi media bagi bisnis untuk belajar tentang pelanggannya. Memahami siapa pelanggannya serta alasan mengapa mereka membeli produk yang kamu tawarkan.

     

    Bahkan, kamu bisa memantau tren dalam riwayat pembelian konsumen. Dengan begitu, bisnis mampu mengantisipasi kebutuhan konsumen dan memastikan kebutuhan tersebut terpenuhi.

     

    Memanfaatkan sistem CRM secara efektif juga mampu memberikan keuntungan strategis bagi bisnis. Berkata data yang terorganisir, bisnis dapat memilih penerima iklan atau materi promosi yang tepat. Menarik, bukan?

     

    2. Terorganisasi

    Alasan lain terkait pentingnya mengimplementasikan sistem CRM adalah supaya bisnis lebih efisien dengan penyusunan dan automasi beberapa aspek dalam bisnis.

     

    Contohnya automasi kampanye pemasaran, analisis bisnis, serta data konsumen. Dengan demikian, bisnis memiliki basis data yang lebih terorganisasi sehingga lebih mudah dimengerti.

     

    3. Optimasi

    Terakhir, tetapi pastinya tidak kalah penting. CRM memungkinkan bisnis untuk mengoptimasi interaksinya dengan konsumen.  Dengan menyederhanakan proses interaksi yang kompleks, CRM membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. 

     

    Inilah manfaat CRM

    Berbagai studi menunjukkan bahwa sistem CRM memberikan manfaat yang sangat nyata bagi bisnis seperti membantu meningkatkan keuntungan. Namun, secara detail apa saja manfaat CRM bagi bisnis? Yuk, simak di bawah ini!

     

    Mengidentifikasi dan mengategorikan calon konsumen

    Salah satu manfaat CRM yang utama adalah membantu bisnis untuk mengidentifikasi calon konsumen secara cepat dan mudah. Tambahan pula, sistem ini mampu mengategorikannya dengan akurat.

     

    Dengan begitu, kamu bisa membuat tawaran yang dipersonalisasi, menekan waktu yang dibutuhkan untuk merespons, serta memungkin tim sales segera bertindak atas peluang penjualan.

     

    Berkat informasi yang lengkap, akurat, dan terpusat tentang pelanggan dan calon pelanggan, tim sales bisa memusatkan perhatian dan energinya pada klien yang tepat.

    Meningkatkan kemungkinan bisnis direkomendasikan oleh pelanggan

    Dengan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsumen akan lebih mudah bagi bisnis untuk melihat peluang penjualan. Bahkan, bisnis berpeluang memperoleh konsumen baru dari hasil rekomendasi pelanggan setia.

     

    Karena informasi yang lebih baik, kamu juga bisa menjaga level kepuasan pelanggan tetap optimal. Perlu diingat, konsumen yang merasa puas cenderung akan kembali lagi dan menjadi pelanggan. Umumnya, pelanggan akan berbelanja 33% lebih banyak dibandingkan konsumen lain.

     

    Meningkatkan kualitas produk dan jasa

    Salah satu manfaat CRM yang sering terlupakan adalah kemampuannya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dalam organisasi bisnis.  Sebab itu, kamu akan menemukan insight yang selama ini mungkin tidak diketahui.

     

    Contohnya, mengetahui secara pasti persepsi konsumen tentang bisnismu. Dengan demikian, kamu dapat memperbaiki penawaran yang diberikan, menyelesaikan persoalan yang dikeluhkan, serta mengidentifikasi gap antara ekspektasi dan persepsi konsumen.

    Dengan adanya CRM, seluruh tim dalam organisasi bisnis dapat memusatkan perhatian pada hal yang lebih esensial bagi bisnis

    Mengenal fungsi CRM bagi bisnis

    Platform CRM membantu bisnis menargetkan audiens yang berbeda, menetapkan target, serta notifikasi berdasarkan masukan dari masing-masing konsumen. Selain itu, bisnis juga dapat secara proaktif berinteraksi dengan konsumen serta membina relasi tersebut.

     

    Tidak hanya itu, CRM dapat digunakan oleh seluruh tim dalam dari berbagai divisi dalam satu organisasi bisnis. Tujuannya, agar seluruh tim yang terlibat dalam bisnis bisa menyikapi konsumen berdasarkan data yang tepat dan tepercaya.

     

    Namun, perlu diakui bahwa bisnis merasakan manfaat yang berbeda-beda dari implementasi sistem CRM. Meskipun begitu, berikut ini beberapa fungsi CRM yang penting bagi bisnis.

     

    1. Pelaporan tepercaya

    Data merupakan bagian penting dalam bisnis dan kamu bisa memperolehnya dari berbagai sumber. Sebut saja beberapa sumber data, seperti Google Analytics, software bisnis, aplikasi tertentu, serta teknologi CRM.

     

    Sayangnya, tidak semua data bermanfaat bagi bisnis, kecuali data tersebut telah disortir, dianalisis, dan dibuat sedemikian rupa sehingga bisa ditindaklanjuti. Di sinilah sistem CRM berperan.

     

    Sistem CRM akan membantu mengkaji data dan metric secara mendalam. Jadi, sistem CRM dapat kamu andalkan bila ingin memiliki data yang bebas dari kesalahan.

     

    Dengan sistem tersebut, kamu bisa menyusun, membuat tabulasi, dan mengatur data sehingga lebih mudah diinterpretasi oleh fitur pelaporan. Inilah salah satu fungsi CRM yang paling signifikan dan memberikan keuntungan lain berkat data yang bermakna.

     

    Keuntungan lainnya, kamu dapat melihat siapa saja yang berinteraksi dengan bisnismu serta bagaimana cara mereka berinteraksi. Misalnya, seorang calon konsumen telah mengisi formulir pada halaman arahan setelah melihat iklan di media sosial.

     

    Lebih dari itu, kamu juga bisa memunculkan laporan terkait peluang, seberapa baik kamu berinteraksi dengan konsumen, tren penjualan, sampai kualitas layanan tim customer service.

     

    2. Dasbor yang menampilkan data visual

    Kamu bisa saja menggunakan Microsoft Excel sebagai alat untuk mengelola bisnis. Namun, berarti kamu harus memasukkan data secara manual, mengidentifikasi data mana yang penting, lalu membuat grafik untuk menyajikan data tersebut.  

     

    Sementara itu, sistem CRM bisa melakukan semua pekerjaan tersebut untuk bisnismu. Begitu kamu investasi untuk mengimplementasikan platform ini, kamu akan segera diuntungkan oleh fitur dasbor yang lengkap.

     

    Akses terhadap dasbor pun dapat diatur sedemikian rupa. Jadi, kamu dapat menyesuaikan tampilan dasbor bagi setiap anggota tim yang memiliki akses ke sistem CRM.

     

    Sebagai contoh, direktur departemen pemasaran membutuhkan metrik pemasaran dan jumlah klik yang dihasilkan oleh kampanye pemasaran. Dasbor dapat diatur agar langsung menampilkan informasi tersebut.

     

    Sementara itu, direktur departemen penjualan lebih membutuhkan informasi tentang jumlah penelepon per jam dan berapa banyak yang konversi dalam bentuk meeting atau demo. Angka tersebut dapat menjadi data yang selalu ditampilkan dalam dasbor.

     

    Intinya, setiap pengguna dapat mengatur dasbor agar menampilkan data yang paling penting bagi pekerjaannya.

     

    3. Membantu menjangkau konsumen secara personal

    Karena kamu menangkap data tentang audiens, pasar, dan industri secara terus-menerus, pada akhirnya kamu bisa menciptakan pesan yang lebih relevan dan personal bagi konsumen.

     

    Pesan tersebut bisa dikirimkan baik secara manual maupun automasi. Inilah kegunaan konten dinamis dan automasi pesan, kamu dapat mengelompokkan konsumen dengan ketertarikan yang sama, lalu mengirimkan kampanye yang sesuai.

     

    Jadi, kamu memiliki kesempatan untuk menyusun email otomatis yang menjangkau konsumen secara spesifik dan mendorong konsumen bertransaksi. Misalnya, jika seseorang sedang menyusun itinerary ke Thailand, kamu bisa mengirimkan email tentang perencanaan perjalanan Asia Tenggara daripada email tentang

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.
    Chat 24 jam Whatsapp