7 Alasan Strategi Korporasi Adalah Kunci Sukses Bisnis

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Tentunya kamu mengetahui bahwa menjalankan sebuah perusahaan bukanlah perkara yang sederhana dan mudah, bukan? Untuk meraih suatu kesuksesan bisnis, tentunya perusahaan perlu strategi, salah satunya strategi korporasi. Apa itu strategi korporasi? Simak selengkapnya di artikel ini, yuk! 

Apa Itu Strategi Korporasi?

Dalam dunia bisnis yang kompetitif seperti saat ini, perusahaan perlu memiliki visi dan misi yang jelas dan rencana terstruktur untuk mencapai tujuan jangka panjangnya. Nah, inilah pentingnya strategi korporasi. Strategi korporasi bukan sekadar keputusan taktis, tetapi landasan untuk merangkum langkah-langkah yang akan diambil oleh perusahaan dalam upaya mencapai misi dan visinya.

Strategi korporasi adalah suatu rencana jangka panjang yang dirancang oleh manajemen perusahaan untuk mencapai tujuan utama perusahaan secara keseluruhan, ya. Tentu saja, ini bukan hanya tentang cara perusahaan beroperasi di pasar atau industri tertentu, tetapi juga tentang cara perusahaan mengelola portofolio bisnisnya secara keseluruhan. Aspek penting dalam strategi korporasi, antara lain perluasan bisnis, alokasi sumber daya, diversifikasi, penggabungan, akuisisi, dan lebih banyak lagi. 

Mengapa Strategi Korporasi Penting?                                                  

Saat ini persaingan bisnis sangatlah kuat, sehingga perusahaan perlu menggunakan strategi korporasi untuk mencapai kesuksesan jangka panjang, ya. Lalu, apa saja, sih, alasan penting penggunakan strategi korporasi perlu digunakan di perusahaan? Berikut ini alasannya, ya. 

Mengarahkan Fokus

Strategi korporasi membantu perusahaan untuk tetap fokus pada visi dan misi jangka panjangnya. Dengan strategi korporasi, perusahaan dapat terhindar dari gangguan dan keputusan impulsif yang dapat merusak pencapaian tujuan. 

Optimasi Sumber Daya

Melalui strategi korporasi, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya secara efisien. Pengalokasian ini mencakup penggunaan dana, tenaga kerja, waktu, dan aset lainnya. Tanpa adanya strategi yang baik, sumber daya dapat terbuang sia-sia. 

Keputusan Investasi

Strategi korporasi membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang investasi yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Misalnya, apakah ada perluasan bisnis, akuisisi, atau diversifikasi yang lebih mendukung pertumbuhan bisnis jangka panjang. 

Manajemen Risiko

Strategi korporasi juga mencakup cara perusahaan menghadapi risiko. Dengan memahami potensi risiko dan mengembangkan rencana mitigasi, perusahaan dapat melindungi diri dari ketidakpastian yang dapat mengancam kelangsungan bisnis. 

Komunikasi Strategis

Strategi korporasi berfungsi sebagai alat komunikasi penting di perusahaan. Tentu saja, strategi korporasi akan membantu semua tingkat karyawan memahami tujuan perusahaan dan mengikuti arah yang diambil oleh manajemen. Diharapkan, dengan menggunakan strategi korporasi akan tercipta konsistensi dalam tindakan dan pengambilan keputusan di seluruh perusahaan, ya. 

Pengukuran Kinerja

Dengan strategi yang jelas, perusahaan dapat lebih mudah mengukur kinerja dan melihat sejauh mana pencapaian terhadap tujuan jangka panjang yang mereka telah tetapkan. Pengukuran ini juga akan membantu perusahaan untuk melakukan perbaikan yang diperlukan dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan. 

Ketahanan Bisnis

Strategi korporasi membantu perusahaan untuk menjadi lebih tahan terhadap perubahan pasar, persaingan, dan perubahan lingkungan eksternal. Dengan memiliki rencana yang terstruktur, perusahaan dapat lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dan tetap relevan.

Jadi, strategi korporasi bukanlah sekadar dokumen formal, tetapi merupakan fondasi keberhasilan bisnis jangka panjang. Alasan penting penggunaan strategi korporasi adalah untuk membantu perusahaan dalam mengelola risiko, mengalokasikan sumber daya dengan bijaksana, serta tetap fokus pada visi dan misi yang lebih besar sehingga perusahaan bisa mencapai kesuksesan.

Baca Juga: Konglomerasi Adalah Diversifikasi Bisnis? Apa Iya? 

Strategi korporasi adalah komponen untuk mencapai tujuan jangka panjang suatu perusahaan.

Jenis Korporasi

Untuk mencapai kesuksesan bisnis dan tujuan jangka panjang, perusahaan perlu mengimplementasikan strategi korporasi. Terdapat beberapa jenis strategi korporasi yang dapat diterapkan tergantung pada situasi dan tujuan bisnis, lho! Berikut ini jenis korporasi yang perlu kamu ketahui, yakni: 

1.    Growth Strategy (Strategi Pertumbuhan)

Strategi pertumbuhan adalah upaya perusahaan untuk meningkatkan pendapatan, pangsa pasar, atau keuntungan mereka. Pada jenis ini terdapat beberapa pendekatan, antara lain: 

Konsentrasi

Konsentrasi ini melibatkan fokus perusahaan pada pengembangan produk atau layanan yang sudah ada dalam pasar yang ada. Konsentrasi dapat mencakup ekspansi geografis atau peluncuran produk baru di pasar yang sudah ada. 

Integrasi Vertikal

Integrasi vertikal terjadi ketika perusahaan memutuskan untuk mengontrol seluruh rantai pasokan mereka, dari produksi hingga distribusi dan penjualan. Integrasi vertikal ini dapat mengurangi ketergantungan pada pihak ketiga dan meningkatkan efisiensi operasional bisnis. 

Integrasi Horizontal

Integrasi horizontal terjadi ketika perusahaan mengakuisisi atau bergabung dengan kompetitor atau perusahaan yang beroperasi di kesamaan sektor industri. Hal ini dapat meningkatkan pangsa pasar dan mengurangi persaingan. 

Diversifikasi

Diversifikasi adalah strategi yang dilakukan perusahaan ketika memasuki industri baru yang tidak terkait dengan bisnis utamanya. Diversifikasi ini dapat mengurangi risiko terkait dengan ketergantungan pada satu pasar atau produk, ya. 

2.    Stability Strategy (Strategi Kestabilan)

Strategi kestabilan adalah pendekatan yang dilakukan perusahaan untuk menjaga kondisi operasional bisnis mereka agar tetap stabil. Jenis strategi korporasi ini biasanya digunakan ketika perusahaan telah mencapai sukses di pasar mereka dan ingin menjaga status quo. 

3.    Renewal Strategy (Strategi Pembaruan)

Strategi pembaruan adalah pendekatan yang diambil ketika perusahaan mengalami kesulitan atau ingin melakukan perubahan signifikan. Ada dua subkategori utama dalam strategi pembaruan ini, yakni: 

Retrenchment Strategy

Retrenchment strategy yaitu adanya pemangkasan atau pengurangan aktivitas bisnis yang tidak menguntungkan karena tidak efisien. Subkategori ini bisa berarti menutup unit bisnis yang tidak menguntungkan atau mengurangi biaya secara signifikan, ya. 

Turnaround Strategy

Turnaround strategy digunakan ketika perusahaan berada dalam situasi yang kritis dan harus diubah menjadi arah yang lebih positif. Langkah-langkah yang biasanya dilakukan, misalnya perubahan manajemen, restrukturisasi utang, dan inovasi produk atau layanan. 

Dengan memahami jenis strategi korporasi ini,  perusahaan bisa mengambil langkah yang tepat dalam mengelola operasional bisnis mereka, ya. 

Baca Juga: Kredit adalah: Tujuan, Fungsi, dan Unsurnya

Kelebihan dan Kekurangan Strategi Korporasi

Dalam menjalankan sebuah bisnis, strategi korporasi adalah fondasi yang kuat yang membentuk rencana jangka panjang serta visi dan misi perusahaan. Namun, dengan lebih rinci apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan strategi korporasi dalam mengelola bisnis. 

Kelebihan Strategi Korporasi

Kepemimpinan yang Jelas

Strategi korporasi memberikan arah dan visi yang jelas bagi perusahaan sehingga membantu dalam pemahaman bersama tentang tujuan jangka panjang dan membantu karyawan untuk fokus pada pencapaian tujuan. 

Optimasi Sumber Daya

Dengan strategi korporasi, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya mereka dengan lebih efisien. Ini membantu perusahaan untuk memaksimalkan penggunaan anggaran, tenaga kerja, dan aset lainnya. 

Manajemen Risiko yang Lebih Baik

Strategi korporasi juga membantu dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko dengan lebih baik. Perusahaan dapat merencanakan langkah-langkah untuk mengatasi perubahan pasar, peraturan, atau masalah lain yang mungkin muncul. 

Pengambilan Keputusan yang Terinformasi

Strategi korporasi memberikan landasan bagi pengambilan keputusan yang lebih terinformasi sehingga perusahaan bisa menilai tujuan yang telah disepakati sejalan atau tidak. 

Kekurangan Strategi Korporasi

Keterbatasan Fleksibilitas

Salah satu kekurangan utama strategi korporasi adalah keterbatasan fleksibilitas. Saat kondisi pasar berubah dengan cepat, perusahaan mungkin merasa terikat oleh strategi yang sudah ada, sehingga dapat menghambat kemampuan mereka untuk beradaptasi. 

Biaya Pengembangan dan Implementasi

Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi korporasi yang efektif memerlukan waktu dan sumber daya yang signifikan. Cara ini dapat menjadi beban keuangan bagi perusahaan, terutama jika strategi tersebut tidak memberikan hasil yang diharapkan. 

Resistensi Organisasi

Pengenalan strategi baru atau perubahan strategi yang signifikan dapat menyebabkan resistensi di tingkat perusahaan. Karyawan atau pemangku kepentingan mungkin merasa tidak nyaman dengan perubahan dan memerlukan upaya komunikasi dan manajemen perubahan yang lebih intensif. 

Ketidakpastian Eksternal

Meskipun perusahaan telah merencanakan tujuan dengan cermat, strategi korporasi tidak dapat mengatasi semua ketidakpastian eksternal, misalnya perubahan regulasi, peristiwa ekonomi global, atau perubahan preferensi konsumen secara tiba-tiba.

Dalam mengembangkan dan mengimplementasikan strategi korporasi, perusahaan harus mempertimbangkan dengan cermat kelebihan dan kekurangannya. Pasalnya, cara ini akan membantu mereka dalam mengambil keputusan yang bijak dan memastikan bahwa strategi yang dipilih sesuai dengan tujuan bisnis jangka panjang. 

Baca Juga: Mengenal Pengertian, Syarat, Pengajuan Kredit Modal Kerja

Contoh Strategi Korporasi

Strategi korporasi adalah panduan yang diperlukan oleh setiap perusahaan untuk mencapai tujuan jangka panjangnya. Contoh konkret dari strategi korporasi yang telah diterapkan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia adalah sebagai berikut: 

Disney: Strategi Integrasi Horizontal

Disney adalah contoh perusahaan yang menerapkan strategi korporasi dengan pendekatan integrasi horizontal melalui akuisisi berbagai perusahaan media dan hiburan, seperti Pixar, Marvel, dan 21st Century Fox. Dengan memperluas portofolio kontennya, Disney menjadi salah satu perusahaan ternama di industri hiburan global dan dapat mengoptimalkan penawaran mereka di berbagai platform

Apple: Strategi Pembaruan

Apple adalah perusahaan yang telah sukses menerapkan strategi korporasi dengan pendekatan pembaruan. Ketika Steve Jobs kembali ke perusahaan pada tahun 1997, ia memimpin perubahan radikal dengan memfokuskan Apple pada inovasi produk. Peluncuran produk Apple yang menggunakan strategi pembaruan seperti produk iPhone dan iPad. Penggunaan strategi korporasi dengan pendekatan pembaruan ini tentunya mengubah perusahaan Apple menjadi lebih sukses hingga saat ini.

Aplikasi wirausaha

Kesimpulan

Strategi korporasi adalah komponen penting dalam mengarahkan kesuksesan tujuan perusahaan. Dengan memiliki rencana jangka panjang yang jelas, perusahaan dapat memaksimalkan penggunaan sumber daya, mengelola risiko, dan mencapai tujuan bisnis. Terdapat beragam jenis strategi korporasi yang dapat digunakan, mulai dari strategi pertumbuhan hingga strategi pembaruan, yang harus dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing perusahaan. 

Sebagai seorang pemilik usaha, kamu tentunya memerlukan tools yang membantu operasional bisnismu sehingga bisnismu menjadi lancar dan sukses. Nah, kini kamu bisa menggunakan aplikasi majoo, lho! Aplikasi majoo adalah aplikasi wirausaha berbasis cloud storage yang memiliki banyak fitur menarik, seperti fitur Point of Sales (POS), inventory, akuntansi, owner, karyawan, dan masih banyak lagi. 

Tak perlu ragu lagi untuk menggunakan aplikasi majoo, lho! Mengapa demikian? Pasalnya fitur yang ada di dalam satu dashboard aplikasi majoo sangat membantu operasional bisnismu. Jadi, yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang!

 

Sumber Data:

  • https://vocasia.id/blog/apa-itu-strategi-korporat/

  • https://hotelier.id/studi/strategi-korporat/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo