Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Review 5 Toko Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

    Review 5 Toko Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

    Banyak keuntungan dan kemudahan yang didapat bila berbelanja di toko online

    Belanja melalui toko online memang sedang sangat digemari saat ini. Ada banyak alasan yang menjadikan orang memilih untuk melakukan transaksi pembelian secara online, salah satunya adalah karena faktor kemudahan dan kepraktisannya.

    Secara umum, yang dimaksud dengan toko online adalah sebuah toko yang menjual produk tertentu dan semua proses transaksinya dilakukan secara digital melalui perantara device yang digunakan oleh pembeli dan penjual. 

    Sedangkan dalam pengertian yang lebih luas, pengertian toko online adalah  tempat penjual dan pembeli tidak bertemu langsung secara fisik. Pembeli ditawarkan barang dalam bentuk display yang disediakan penjual sebagai gambaran dari produk yang akan dibeli oleh konsumennya. Proses transaksi juga terjadi tanpa tatap muka, umumnya pembeli akan ditawarkan beberapa opsi atau metode pembayaran secara digital.

    Di Indonesia, ada beberapa toko online terbaik yang sudah terbukti kredibilitasnya dan disukai oleh para konsumen sebagai tempat bertransaksi yang aman dan nyaman. Deretan toko online terbaik ini masing-masing menerapkan model bisnis yang berbeda, ada C2C (Consumer to Consumer) dan B2C (Business to Consumer) dll

    Tentunya, predikat ini tidak didapatkan secara instan. Mulai dari tahap dan cara membuat toko online, sistem yang terintegrasi dan memudahkan serta menguntungkan pihak penjual maupun pembeli, semuanya berperan penting dalam perkembangan toko online.

    Baca Juga: Marketplace adalah: Mengenal Marketplace dan Contohnya

    5 Toko Online Terbaik di Indonesia

    1. Tokopedia

    Tokopedia merupakan salah satu toko online terbaik di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia memiliki visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”, dan menyediakan program yang mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online

    Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc.

    2. Bukalapak

    Bukalapak merupakan salah satu toko online yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Dengan menerapkan model bisnis Consumer to Consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. 

    Intinya, siapa pun bisa membuka toko online untuk melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan maupun dalam jumlah banyak. Bukalapak menjadi salah satu perusahaan unicorn andalan dari Indonesia berkat jumlah kunjungan dan penggunanya yang tinggi. Fitur pada Bukalapak tidak terlalu berbeda dengan fitur yang ada di Tokopedia. Bahkan, di Bukalapak pembeli bisa menawar harga pada tambahan fitur nego harga.

     

    3. Shopee

    Shopee adalah toko online terbaik indonesia yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. 

    Saat ini Shopee dipimpin oleh Chris Feng, mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai toko online Zalora dan Lazada. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama. Dengan Shopee, pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja. Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mudah dan aman bagi penjual dan pembeli.

    Sejak saat itu, Shopee memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina dengan catatan kunjungan situs yang mencapai puluhan juta tiap bulannya. 

    Baca Juga: Cara Menjadi Dropship di Shopee - Terbaru 2022

    4. Lazada Indonesia

    Lazada Indonesia juga merupakan salah satu toko online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olahraga. 

    Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara sebagai cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman Rocket Internet. 

    Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal), dll.

    Sampai saat ini, Lazada dipercaya sebagai toko online terbaik dengan pilihan harga yang murah, aman dan terpercaya. Belanja dapat dilakukan dengan proses yang mudah, pembayaran dan pengiriman yang juga mudah.

    5. Blibli.com

    Blibli.com merupakan salah satu toko online di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall. Dengan konsep tersebut Blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan di mana dan kapan saja. 

    Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli. 

    Pentingnya Deskripsi Toko Online

    Dari beberapa toko online terbaik tadi, satu hal yang bisa dipelajari adalah pentingnya peran deskripsi toko online dalam menarik minat konsumen. Untuk membuat sebuah toko online terbaik, perlu adanya deskripsi toko online.

    Deskripsi toko online adalah atribut toko online yang memungkinkan atau membantu seorang penjual untuk menjelaskan seperti apa toko yang mereka jalankan. Beberapa marketplace, secara khusus menyediakan fitur untuk menambahkan deskripsi toko. 

    Lewat deskripsi toko online inilah, seorang penjual mempromosikan tokonya secara singkat kepada calon pembeli. Biasanya akan ditambahkan sedikit unsur promosi, misalnya menjelaskan toko merupakan reseller resmi dari sebuah brand produk atau perusahaan. 

    Penjual juga bisa menambahkan informasi mengenai jam terbang toko tersebut sudah berapa lama dan menambahkan slogan yang khas. Sehingga semua bentuk informasi yang sekiranya bisa menggambarkan toko online dan bisa menarik minat pembeli untuk berbelanja. 

    Lantaran deskripsi toko online harus berbentuk singkat dan padat informasi, untuk menuliskannya pun butuh trik khusus. Penjual harus bisa menuliskan deskripsi yang singkat namun bisa menarik minat pembeli.  

    Untuk bisa menulis deskripsi toko online yang baik dan berguna bagi calon pembeli, berikut beberapa hal yang perlu kamu cantumkan. 

    Nama Toko 

    Hal yang paling penting adalah menuliskan nama toko online milikmu. Usahakan untuk menggunakan nama yang bisa menggambarkan produk yang kamu jual. Misalnya, Electronic City menjual produk-produk elektronik. Kamu juga bisa menambahkan kata kosmetik pada nama toko bila memang produk yang kamu jual adalah barang-barang yang berhubungan dengan kosmetik. 

    Baca Juga: Memilih Nama Toko yang Menarik Agar Online Shop Cepat Maju

    Gunakan Tagline 

    Berikutnya adalah memasang tagline pada toko online. Tagline adalah kata kunci yang digunakan oleh orang-orang yang berniat membeli produk kamu. Misalnya, jika kamu menjual tas kulit, maka Anda bisa menuliskan “Jual tas kulit murah di Indonesia” pada toko online kamu. 

    Jenis-Jenis Produk

    Jika kamu menjual produk elektronik, kamu bisa menulis “menjual berbagai produk elektronik mulai dari Handphone, Earphone, Speaker, Laptop hingga Komputer” Jika ingin lebih detail lagi, kamu juga bisa menuliskan merk dari masing-masing produk.

    Kontak

    Jangan lupa juga untuk menyertakan detail toko online kamu, misalnya seperti alamat fisik toko, nomor telepon, email, kontak Instagram, Facebook hingga jam operasional.

    Cara Membuat Toko Online 

    Sebelum mengetahui cara membuat toko online yang bisa menarik minat dan perhatian konsumen sekaligus mendatangkan keuntungan yang besar, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, antara lain:

    Persiapkan Domain dan Hosting untuk Toko Online

    Setelah memilih nama toko online yang tepat dan sesuai dengan keinginan kamu, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan domain. Satu hal yang perlu kamu pahami bahwa pemilihan nama toko online akan berpengaruh pada domain yang harus kamu beli di kemudian hari. 

    Domain adalah semacam alamat yang memudahkan pengguna internet dalam menemukan bisnis kamu. Tanpa adanya domain yang mudah diingat, maka toko online yang kamu jalankan akan sulit berkembang.Secara garis besar, domain terdiri  dari tiga jenis domain yaitu top level domain (TLD), second level domain (SLD), dan third level domain (TLD). 

    Setelah itu, kamu juga perlu mempersiapkan hosting untuk toko online kamu. Hosting adalah tempat dalam jagat maya untuk menaruh domain dan konten-konten website. Jadi, jika domain itu adalah alamat, hosting adalah lahan di mana toko online kamu berdiri. Tanpa adanya hosting, kamu tidak akan bisa memiliki toko online.

    Memasang Content Management System (CMS)

    Setelah memiliki domain dan hosting, berikutnya kamu perlu memasang Content Management System (CMS). Dengan adanya CMS, kamu akan lebih mudah mengatur konten dan tampilan dari website toko online milikmu. Salah satu CMS yang umum digunakan oleh toko online adalah WordPress karena terkenal mudah digunakan.

    Pasang plugin Khusus untuk Toko Online

    Setelah memasang WordPress sebagai CMS, kamu bisa melanjutkan proses cara membuat toko online dengan menginstal plugin khusus toko online seperti WooCommerce.

    Dengan menggunakan WooCommerce, kamu bisa menggunakan berbagai macam fitur yang mampu membuat toko kamu menjadi makin menarik. Untuk memulainya, kamu hanya perlu mengisi beberapa data pelengkap seperti alamat toko, mata uang yang digunakan, dan jenis produk yang kamu jual.

    Baca Juga: Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi

    Buat Deskripsi Toko Online

    Deskripsi toko online memiliki banyak fungsi seperti yang tadi sudah dijelaskan di atas. Kamu bisa melihat berbagai contohnya di situs resmi dan aplikasi toko online terbaik yang ada. 

    Pembuatan deskripsi toko online bisa dilanjutkan dengan mengisi konten toko online kamu. Biasanya, kamu perlu melengkapi informasi soal produk yang kamu jual. Mulai dari nama, harga, deskripsi produk, kode produk, kategori produk, hingga foto produk. Kamu juga bisa menambahkan data-data seperti berat produk untuk memudahkan penghitungan biaya kirim yang harus dibayar oleh pelanggan.

    Gunakan Bantuan Aplikasi Pengelola Bisnis

    Saat cara membuat toko online sudah dilewati dan toko online milikmu sudah mulai beroperasi, maka kamu perlu menggunakan aplikasi pengelola bisnis untuk membantu kamu mengatur dan mengelola segala hal yang berhubungan dengan toko online milikmu. 

    Pada dasarnya, toko online adalah toko yang semua kegiatan bisnisnya dilakukan secara online atau digital melalui jaringan internet. Karena itulah, bantuan secara online pun akan kamu butuhkan.

    Aplikasi majoo menyediakan banyak sekali fitur pengelolaan bisnis, seperti aplikasi owner untuk membantu memonitor penjualan, pergerakan transaksi kas kasir, dan juga mengontrol kinerja karyawan. 

    Selain itu, ada juga aplikasi keuangan yang memberikan bantuan kepada para pemilik toko online seperti kamu untuk mengatur dan mengelola keuangan sampai dengan menyusun laporan keuangan secara tepat dan akurat. So, jangan ragu lagi untuk berlangganan majoo mulai sekarang. ya!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.