Table of Content

    13+ Peluang Usaha Sampingan di Desa

    Banyak peluang usaha sampingan di desa di era digital

    Potensi bisnis bukan hanya milik orang-orang yang tinggal di kota. Jika kamu tinggal di pinggir kota atau bahkan di jauh ke pelosok kampung, tentu saja bisa memiliki peluang usaha sampingan di desa tersebut.

    Peluang usaha rumahan di desa memiliki potensi cukup besar untuk dapat berkembang karena secara umum masyarakat di desa mempunyai hubungan kekerabatan yang kuat.

    Tentu saja hal ini tidak menutup kemungkinan menjadi sebuah potensi sekumpulan pelanggan setia dari suatu toko atau warung yang dimiliki masyarakat dalam wilayah desa tersebut. 

    Meskipun di pedesaan dan jauh dari keramaian kota, ternyata banyak sekali jenis peluang usaha rumahan di desa yang dapat menghasilkan keuntungan luar biasa. 

    Hal ini cukup beralasan karena rendahnya persaingan bisnis dan jumlah pelaku usahanya pun masih relatif sedikit.

    Namun ada satu hal yang cukup menghambat masyarakat desa bila ingin membuka usaha, yaitu keterbatasan modal. 

    Nah! Di dalam artikel kali ini, majoo akan memberi beberapa alternatif usaha di kampung yang bisa menjadi pilihanmu atau kerabat. Silakan disimak!

    Keuntungan Membuka Usaha di Desa

    Jika kamu ingin membuka usaha yang menguntungkan di desa, inilah poin-poin yang didapat.

    Masyarakat Desa Cenderung Berlangganan di Toko Milik Tetangga

    Masyarakat desa dikenal akrab dan dekat. Mereka cenderung memiliki kepercayaan tinggi terhadap warga yang masih tinggal di kampung yang sama.

    Hal ini sangat memungkinkan bagi kamu menjual produk atau jasa di desa hingga akhirnya mendapatkan pelanggan tetap dari warga sekitar. 

    Variasi Usaha di Desa Dinilai Kurang Beragam Dibandingkan Perkotaan

    Tidak hanya seminggu sekali, bahkan mungkin setiap hari penduduk desa harus pergi ke kota untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa yang tidak bisa mereka dapatkan di sekitar tempat tinggalnya.

    Inilah kesempatan bagi kamu mencari ide usaha rumahan di desa dan macam-macam kebutuhan warga sekitar yang sulit didapatkan hingga menjadi peluang bisnismu di sana.

    Masyarakat Desa Tidak Mau Repot Mencari Barang/Jasa Sampai ke Kota

    Untuk sebagian masyarakat pedesaan, pergi ke kota untuk mencari dan membeli barang atau jasa akan terasa sangat melelahkan karena waktu dan jarak tempuh bisa terhitung lama. 

    Inilah kesempatan dan peluang kamu untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan di desa. 

    Baca Juga: Apa Perbedaan Pemasaran dan Penjualan? Inilah Jawabannya!

    Petani

    Menjadi petani sudah mulai dilirik dan dilakukan oleh banyak generasi milenial. Jika bayanganmu adalah bertani di area sawah atau ladang dengan luas hektaran, sebaiknya kamu lupakan. Kecuali kamu memiliki modal cukup banyak untuk mengelolanya.

    Kamu bisa memulai peluang usaha sampingan di desa sebagai petani di pekarangan rumah atau kebun dengan lahan tidak terlalu luas. Tanamlah hasil pertanian di kebun. 

    Cukup beragam jenis tanaman perkebunan yang bisa kamu coba seperti cabai, bawang, sayur, buah, atau jamur. 

    Kamu hanya perlu menyesuaikan tanaman apa yang akan kamu budi dayakan di kebun yang ada di rumah dan disesuaikan dengan iklim tempat tinggalmu. 

    Distributor Hasil Pertanian

    Salah satu pemasukan utama penduduk desa di Indonesia adalah bercocok tanam. Hasilnya pun dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas. 

    Namun, sering kali pendistribusiannya tidak dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini menyebabkan alur perekonomian dapat tersendat. 

    Menjadi distributor hasil pertanian dari desa ke kota adalah peluang usaha di desa yang bisa kamu coba, Majoopreneurs. 

    Modal utama yang harus kamu miliki jika ingin menjadi distributor hasil pertanian adalah networking luas agar komoditas tersebut bisa tersalurkan dengan baik ke seluruh wilayah yang bisa dijangkau.

    Berjualan Sayur dan Buah

    Menjual sayur dan buah tidak hanya dilakukan di area komplek perumahan, lo. Produk harian ini bisa dijual di daerah pedesaan. 

    Jarak desa dengan pasar yang terlalu jauh bisa membuat masyarakat malas berbelanja. Inilah peluang usaha rumahan di desa bagi kamu yang jeli melihatnya. 

    Cukup dengan modal kecil, kamu bisa mulai membuka usaha di kampung. Kamu tidak perlu bingung dengan cara menjual sayur atau buahnya. Cukup jadikan teras rumah sebagai tempat berjualan.

    Namun bila kamu tidak memiliki lahan yang layak untuk berjualan, kamu bisa berkeliling di lingkungan sekitar rumah dengan menggunakan gerobak. 

    Ternak Hewan

    Selain bertani, kamu bisa mulai belajar membuka usaha ternak hewan di desa. Keuntungan yang didapat dari beternak hewan di kampung ternyata sangat besar. 

    Hewan yang bisa kamu kembangbiakkan pun bisa beragam, mulai dari hewan ukuran kecil hingga ukuran besar. 

    Misalnya, kamu bisa beternak ayam, karena hewan yang satu ini termasuk kebutuhan pangan sumber protein harian. Kamu pun bisa memilih antara ayam pedaging atau ayam petelur. 

    Jika kamu memiliki modal agak besar, cobalah beternak kambing. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan kambing dalam waktu singkat karena memelihara kambing tidaklah terlalu sulit dan lama. 

    Sapi atau kerbau adalah pilihan berikutnya bila kamu ingin mendapatkan untung lebih besar. Memang modalnya tidak sedikit, tapi kamu pun bisa meraih untung berlipat.

    Agen Pulsa dan Token Listrik

    Usaha sampingan di desa yang bisa menjadi peluang bisnismu adalah menjadi agen pulsa dan token listrik. 

    Teknologi dan komunikasi dalam jaringan sudah menjadi hal lumrah di desa, seiring dengan hadirnya provider telekomunikasi yang menjangkau hingga ke pelosok daerah. Pulsa, paket data, dan token listrik sekarang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. 

    Layanan Akses WiFi

    Masih menjadi masalah utama untuk pemenuhan telekomunikasi antara kota dan desa hingga celah atau gap cukup jauh terasa di bagian infrastruktur. 

    Sulitnya mendapatkan akses internet di pedesaan dapat kamu manfaatkan sebagai peluang usaha yang menguntungkan di desa, yaitu menghadirkan layanan WiFi murah. 

    Pada masa sekarang, kebutuhan internet bukan hanya monopoli masyarakat perkotaan. Orang-orang di desa pun membutuhkan akses informasi lebih cepat agar kehidupan mereka pun tidak terlalu tertinggal dari kota. 

    Kamu akan mendapatkan keuntungan dari penyediaan layanan akses WiFi ini karena akan mendatangkan banyak orang untuk sekadar membuka media sosial atau anak-anak yang ingin bermain online game.

    Baca Juga: Cara Membuat Neraca Saldo yang Tepat secara Bisnis 

    Toko Elektronik

    Jika kamu perhatikan, toko elektronik banyak ditemukan di pedesaan, tetapi hanya menyediakan dan menjual perlengkapan kelistrikan rumah tangga biasa. 

    Kamu bisa membuka usaha toko elektronik dengan menjual dispenser, rice cooker, kulkas, mesin cuci, dan alat bermesin lainnya. 

    Warung Kelontong

    Kamu pasti sering melihat warung kelontong saat berkunjung ke pedesaan. Warung kelontong menyediakan kebutuhan harian warga di sekitarnya dan termasuk jenis usaha yang sudah jamak dilakukan masyarakat desa. 

    Ketersediaan barang yang beragam dan harga yang terjangkau adalah alasan tetap dibutuhkan masyarakat dan menjadi kunci keberhasilan dari usaha yang menguntungkan di desa tersebut. 

    Kamu harus pandai mencari tempat kulakan atau toko grosir yang murah agar dapat menjual lebih banyak variasi barang yang dibutuhkan masyarakat. 

    Meski bukan termasuk usaha yang dapat menghasilkan laba besar dalam waktu singkat, tetapi keuntungan dari mengelola warung kelontong adalah selalu ada cash flow atau uang tunai setiap hari sehingga keluarga kamu tidak perlu khawatir.

    Biasanya para pelanggan warung kelontong adalah tetangga sekitar rumah. Buatlah sistem pelayanan yang baik untuk mereka. Kamu bisa memberikan bonus kepada pelanggan yang paling rajin berbelanja di warung kelontongmu. 

    Di samping menjaga silaturahmi, pemberian bonus adalah salah satu cara mengikat para tetangga menjadi pembeli setia di warung kelontongmu. Apalagi jika kamu bersikap ramah kepada semua orang yang datang ke warung.

    Jangan sampai warung kelontong ditinggalkan pembeli karena pemiliknya pelit senyum. Tentu saja hal ini akan merugikanmu, bukan?

    Warung Kopi

    Masyarakat pedesaan terkenal senang berkumpul dan bersantai sambil menikmati segelas kopi dan sepiring gorengan. 

    Kamu bisa membuka warung kopi kecil-kecilan di depan rumah. Modal yang dibutuhkan pun relatif sedikit. Apalagi kamu tidak perlu menyewa tempat dan cukup sediakan kebutuhan camilan sederhana. 

    Kamu cukup menyajikan aneka kopi dan teh dilengkapi gorengan yang bisa kamu masak sendiri sebagai menu pelengkapnya. Mudah sekali, bukan?

    Membuka Koperasi Simpan Pinjam

    Kamu bisa membuka usaha berbentuk koperasi simpan pinjam di desa meski tidak memberikan untuk yang terlalu besar. 

    Namun kamu bisa membantu masyarakat desa yang membutuhkan modal untuk tujuan apa pun dengan adanya koperasi yang kamu buka. 

    Sebelum kamu mulai membuka usaha koperasi simpan pinjam, sebaiknya kamu meyakinkan diri dan memantapkan hati. Apakah tujuan utamamu mencari untung besar? Maka koperasi simpan pinjam bukanlah bisnis yang cocok untukmu. 

    Jual Bahan Bangunan

    Kita juga sering melihat usaha penjualan bahan bangunan di desa, bukan? Hal ini termasuk usaha yang menguntungkan di desa, lo. Kamu bisa mencobanya jika paham tentang material yang biasa dijual di sana. 

    Mengapa menjual bahan bangunan di desa bisa menguntungkan? Karena adanya permasalahan biaya angkut dan ongkos kirim bila warga membelinya dari kota. 

    Jika kamu membuka toko bahan bangunan di sekitar desa, tentunya kamu akan berpotensi memiliki banyak pelanggan dari warga dan masyarakat di sekitar daerah tersebut. 

    Reparasi Perkakas Petani

    Petani di zaman sekarang sudah mulai memiliki alat pertanian yang disesuaikan dengan kebutuhan terkini. Perkembangan teknologi semakin canggih membuat petani pun harus menyesuaikan diri dalam bekerja. 

    Akan ada saatnya alat-alat yang digunakan petani itu mengalami kerusakan hingga memerlukan perbaikan atau reparasi. 

    Jika kamu memiliki keterampilan di bidang mesin, inilah kesempatan emas membuka peluang usaha di kampung menjadi ahli reparasi perkakas petani.

    Jangan sia-siakan peluang usaha ini karena dijamin banyak petani yang akan membutuhkan keahlian kamu untuk membantu mereka. 

    Membuka Jasa Pemandu Wisata dan Lahan Parkir

    Akhir-akhir ini banyak desa yang dijadikan desa wisata karena keindahan alam, adanya kerajinan khas wilayah tersebut, atau desa yang termasuk berlokasi di dekat situs bersejarah. 

    Bermunculannya desa wisata bisa membuat kamu menyediakan jasa pemandu wisata atau tour guide untuk mendampingi wisatawan menikmati perjalanan wisata yang menyenangkan. 

    Selain menjadi tour guide, Majoopreneurs juga bisa menyediakan lahan parkir berbayar yang berlokasi dekat dengan situs wisata agar para wisatawan tidak kesulitan mencari tempat parkir. 

    Baca Juga: Memahami Pengertian dan Mengenal Contoh Ekonomi Agrikultur

    Menyewakan Penginapan dengan Harga Terjangkau

    Masih tentang daerah desa wisata. Kamu bisa mengembangkan bisnis penginapan sebagai peluang usaha di desa. 

    Sebagai contoh adanya desa wisata jamu di Bantul, Yogyakarta. Tidak jauh dari desa wisata tersebut, ada beberapa penginapan yang disediakan untuk para wisatawan. 

    Bahkan di desa tersebut pun ada warga yang menyewakan rumahnya menjadi penginapan bagi wisatawan yang berkunjung. 

    Produksi Hasil Kerajinan Tangan

    Masih senada dengan usaha penginapan yang ada di desa wisata, peluang usaha rumahan di desa lainnya adalah mengembangkan produk hasil kerajinan tangan. 

    Bukankah Indonesia terkenal sebagai salah satu negara penghasil kerajinan tangan berkualitas baik? Nah! Ini kesempatanmu, Majoopreneurs. 

    Daripada masyarakat kota terus menerus dibanjiri brand luar, ada baiknya kamu mengambil kesempatan memperkenalkan produk kerajinan tangan khas desa. 

    Baca Juga: Buku Besar: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

     Cuci steam adalah salah satu peluang usaha di desa yang bisa kamu pilih.

    Cuci Steam Motor dan Mobil

    Selain sepeda, warga pedesaan banyak yang memiliki motor atau mobil untuk moda transportasi mereka. Membuka jasa cuci steam motor dan mobil bisa menjadi peluang usaha sampingan di desa yang bisa kamu coba. 

    Untuk memulai usaha cuci steam motor dan mobil ini cukup mudah, lo. Kamu hanya sediakan sedikit lahan untuk mencuci serta alat semprot dan sabun. 

    Bisa diperkirakan omzet akan berlipat ketika musim hujan karena banyak kendaraan bermotor yang kotor akan meminta bantuanmu untuk membersihkannya. 

    Kesimpulan

    Itulah beberapa peluang usaha sampingan di desa yang bisa membuatmu memiliki bisnis baru. Apa pun jenis bisnis yang kamu pilih, tentunya harus diikuti oleh niat dan tekad yang kuat. 

    Kamu pun harus belajar mengetahui kebutuhan masyarakat desa dan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada para pelanggan. 

    Beberapa jenis ide usaha di kampung itu tidak membutuhkan modal terlalu besar dan semuanya bisa dilakukan dari rumah. 

    Semua peluang usaha di desa ini berbasis kebutuhan sehari-hari semua warga sehingga memiliki daya survive cukup tinggi bagi kamu dan para pelanggan. 

    Selain menyiapkan ide dan tekad untuk memulai usaha, Majoopreneurs bisa membaca aneka artikel lain yang sudah majoo siapkan di sini. Semoga bermanfaat untuk bisnismu!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.