9 Manfaat Virtual Account untuk Transaksi Bisnis

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Di era digital yang penuh dengan inovasi teknologi, cara kita bertransaksi dan mengelola keuangan telah mengalami transformasi besar. Salah satu kemajuan terbesar dalam hal pembayaran digital adalah pembayaran virtual account.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih mendalam tentang pengertian, manfaat, cara kerja virtual account, hingga perbedaan virtual account dengan bank transfer biasa. Baca artikel ini sampai selesai, yuk! 

Apa Itu Virtual Account?

Saat ini, dunia finansial semakin mengakomodasi kebutuhan masyarakat modern. Salah satu inovasi canggih yang memudahkan transaksi pembayaran adalah virtual account. 

Virtual account adalah sebuah alat pembayaran digital yang memberikan nomor rekening fiktif. Meskipun bukan rekening nyata, nomor ini berfungsi serupa dengan rekening bank. Fungsi virtual account sebagai alat untuk menerima pembayaran atau melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan nomor rekening fisik.

Setiap nomor virtual account adalah akses ke transaksi finansial online, memudahkan proses pembayaran tagihan, transaksi e-commerce, dan aktivitas keuangan lainnya. Virtual account juga menciptakan kemudahan dan efisiensi dalam mengelola dana secara digital, lho! 

Virtual account telah menjadi salah satu pilihan terbaik dalam pembayaran transaksi baik untuk individu dan bisnis, ya. 

Baca Juga: Rekening Koran: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Manfaat Virtual Account

Saat kita membicarakan kenyamanan dan efisiensi dalam bertransaksi secara digital, virtual account tampil sebagai salah satu fitur perbankan yang memberikan banyak manfaat. Agar kamu lebih memahami virtual account ini, berikut beberapa manfaat virtual account yang perlu kamu ketahui, ya. 


Kemudahan dalam Pembayaran

Virtual account membuat proses pembayaran menjadi cepat dan mudah. Pengguna dapat membayar tagihan, membeli produk, atau membayar layanan dengan hanya menggunakan nomor virtual account tanpa perlu mengingat nomor rekening yang panjang. 

Pelacakan Transaksi yang Lebih Mudah

Setiap transaksi yang menggunakan nomor virtual account akan mempermudah pelacakan dan rekonsiliasi pembayaran. Penerima pembayaran dapat dengan cepat memverifikasi pembayaran telah diterima atau belum dan memastikan bahwa transaksi yang dilakukan pengguna telah berhasil. 

Keamanan Lebih Tinggi

Virtual account memberikan tingkat keamanan tambahan. Pengguna tidak perlu mengungkapkan nomor rekening bank miliknya saat melakukan pembayaran, sehingga meminimalisir risiko pencurian identitas atau penyalahgunaan informasi keuangan pengguna. 

Fleksibilitas dalam Pembayaran

Pengguna dapat menggunakan virtual account untuk berbagai jenis pembayaran, termasuk pembelian online, pembayaran pajak, donasi, atau pembayaran layanan berlangganan. Fleksibilitas ini membuat proses pembayaran menjadi lebih efisien, kan? 

Pilihan Pembayaran Digital yang Lebih Banyak

Saat ini, pembayaran digital semakin mendominasi dan virtual account memberikan lebih banyak pilihan pembayaran bagi individu dan bisnis. Pengguna dapat membayar dengan mudah melalui aplikasi perbankan atau platform pembayaran digital favoritnya. 

Mengurangi Keterlambatan Pembayaran

Dengan kemudahan pembayaran tagihan bulanan menggunakan virtual account, pengguna dapat terhindar dari keterlambatan pembayaran dan denda yang mungkin timbul karena lupa atau kesulitan dalam melakukan pembayaran. 

Penghematan Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan pembayaran virtual account, semua transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan kenyamanan rumah atau di mana saja serta terdapat akses internet. 

Pembayaran yang Lebih Akurat

Dengan nomor virtual account yang terkait langsung dengan tagihan tertentu, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan jumlah yang lebih akurat serta terhindari dari kelebihan atau kekurangan dalam pembayaran, ya. 

Mengatasi Batasan Geografis

Virtual account juga dapat digunakan oleh siapa saja, tanpa adanya batasan geografis. Tentu saja virtual account mempermudah transaksi di seluruh negeri atau bahkan di luar negeri. 

Manfaat-manfaat ini menjadikan virtual account sebagai salah satu fitur perbankan terbaik dalam dunia pembayaran digital saat ini. Semakin banyak individu atau bisnis yang beralih ke virtual account, pengalaman pembayaran akan menjadi lebih efisien dan aman, ya.

Baca Juga: Bermacam Metode Pembayaran Online Yang Populer di Indonesia

virtual account adalah alat untuk menerima pembayaran atau melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan nomor rekening fisik. 

Jenis-jenis Virtual Account

Virtual account telah menjadi salah satu cara terbaik untuk melakukan pembayaran online dengan cepat dan efisien. Tapi, tahukah kamu bahwa virtual account itu sendiri memiliki berbagai jenis dan masing-masing jenis memiliki karakteristik yang unik? Yuk, kita telusuri lebih dalam mengenai jenis-jenis virtual account ini! 

1. Fixed dan Non-Fixed

  • Fixed Virtual Account

Fixed virtual account adalah jenis VA yang memiliki nomor virtual account tetap dan tidak berubah. Nomor ini biasanya diberikan kepada pengguna secara permanen dan dapat digunakan secara berulang. Contohnya, kamu memiliki nomor virtual account tetap untuk pembayaran tagihan bulanan, seperti pembayaran tagihan listrik atau air. 

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan jenis fixed virtual account yaitu kemudahan dalam pelacakan transaksi untuk pembayaran berulang. 

  • Non-Fixed Virtual Account

Non-fixed virtual account adalah jenis VA yang nomornya bisa berubah setiap kali kamu membuat transaksi. Setiap transaksi memiliki nomor virtual account yang unik. Contohnya, setiap kali kamu berbelanja online, kamu akan diberikan nomor virtual account yang berbeda untuk setiap pembelian.

Benefit yang didapatkan dengan menggunakan non-fixed virtual account yakni keamanan tambahan karena nomor VA akan berubah setiap kali melakukan payment transaksi dan mengurangi risiko penyalahgunaan transaksi. 

2. Open dan Closed

  • Open Virtual Account

Open virtual account adalah jenis VA ini dapat menerima nominal tanpa mempertimbangkan jumlahnya. Bisa dikatakan, bahwa nominal berapa pun yang ditransfer bisa diterima secara langsung oleh rekening bank tujuan. 

  • Closed Virtual Account

Closed virtual account adalah jenis VA yang dibatasi penggunaannya. Nomor virtual account ini mungkin hanya bisa digunakan oleh individu atau entitas tertentu. Misalnya, virtual account hanya bisa digunakan oleh anggota klub atau pelanggan setia saja.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan jenis VA ini yakni adanya pengontrolan atas siapa yang dapat menggunakan nomor virtual account tersebut. 

Dengan memahami perbedaan antara jenis-jenis virtual account ini, kamu dapat memilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu dalam mengelola pembayaran online, ya. 

Pasalnya, saat ini virtual account telah membawa kemudahan dan fleksibilitas yang besar dalam dunia pembayaran digital dan dengan mengetahui jenis-jenisnya akan membantu kamu dalam menggunakannya secara lebih efisien. 

Baca Juga: Reversal Rekening: Pengertian dan Penyebabnya

Perbedaan Virtual Account dan Transfer Biasa

Di era yang teknologinya semakin maju, pengelolaan keuangan tidak pernah semudah ini, terutama dengan kemunculan berbagai metode pembayaran modern seperti pembayaran dengan virtual account dan transfer bank.

Keduanya memang memiliki kesamaan, yaitu untuk mentransfer sejumlah uang dari satu bank ke bank lainnya. Namun, ternyata keduanya memiliki beberapa perbedaan, lho! Perbedaan keduanya akan dijelaskan di bawah ini, ya. Yuk, simak! 

1. Penggunaan Internet

  • Virtual Account: Virtual account merupakan bentuk pembayaran online yang sangat efisien. Kita dapat mengakses dan menggunakan virtual account melalui internet, terutama melalui aplikasi perbankan atau platform pembayaran digital.

  • Transfer Biasa: Transfer biasa juga dapat dilakukan secara online melalui internet banking atau m-banking. Agar tidak terjadi kesalahan saat transfer dengan menggunakan jenis transfer ini, kita perlu teliti terhadap nomor rekening tujuan, ya.

2. Pelayanan

  • Virtual Account: Virtual account menawarkan pelayanan yang cepat dan mudah. Prosesnya otomatis dan dapat dipantau dengan baik, sehingga membantu penggunanya untuk memahami status pembayarannya sudah sampai ke rekening tujuan atau belum.

  • Transfer Biasa: Transfer biasa memiliki pelayanan yang sudah lama dikenal dan digunakan secara luas. Namun, kadang-kadang membutuhkan konfirmasi manual dan dalam beberapa kasus memakan waktu lebih lama untuk proses ini.

3. Alur Transaksi 

  • Virtual Account: Pada transaksi yang menggunakan virtual account, tentu memiliki nomor unik yang terkait dengan penerima atau tujuan pembayaran, lho! Setiap transaksi memiliki nomor unik yang berbeda-beda sehingga proses pembayaran yang menggunakan VA ini terstruktur dan mudah dipahami.

  • Transfer Biasa: Transfer biasa perlu memasukkan nomor rekening dan detail lainnya secara manual. Meskipun umum, tetapi ada potensi human error dalam proses ini. 

4. Pencatatan Transaksi

  • Virtual Account: Pencatatan transaksi VA lebih terstruktur karena setiap transaksi memiliki nomor unik. Hal ini memudahkan dalam memeriksa dan memverifikasi pembayaran.

  • Transfer Biasa: Pencatatan transaksi transfer biasa dapat bervariasi tergantung pada bank atau platform yang digunakan. Namun, terkadang dapat menjadi lebih rumit untuk memantau dan memverifikasi transaksi yang masuk ke rekening.

Jadi, kita memiliki dua opsi pembayaran modern yang sangat berguna, masing-masing dengan keunggulannya sendiri. Virtual account memberikan kemudahan dan kecepatan dalam transaksi, sementara transfer biasa lebih fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai jenis transaksi. Opsi ini tergantung pada preferensi dan kebutuhan kita dalam mengelola keuangan secara efisien dalam era digital ini, ya. 

Baca Juga: Rekening Giro adalah: Pengertian, Contoh, dan Cara Penarikan

Bagaimana Cara Kerja Virtual Account?

Cara kerja virtual account terbagi menjadi dua perspektif, yaitu dari perspektif pelanggan dan penjual. Untuk lebih jelasnya, simak cara kerja kedua dengan penjelasan berikut ini. 

Virtual Account dari Perspektif Pelanggan

Seperti yang sudah dibahas di atas, penggunaan virtual account akan membuat transaksi pelanggan menjadi lebih praktis. Inilah cara kerjanya secara umum, ya. 

  1. Memilih produk yang diinginkan di situs web belanja, lalu lakukan pemesanan produk tersebut hingga masuk ke dalam proses checkout.

  2. Langkah selanjutnya, yaitu memilih metode pembayaran virtual account.

  3. Pelanggan akan diberikan nomor virtual account khusus untuk pembayaran produk dalam transaksi ini.

  4. Gunakan m-banking yang dimiliki untuk melakukan pembayaran pesanan melalui nomor virtual account tersebut.

  5. Jika pembayaran telah selesai, tunggulah sebentar untuk menerima pemberitahuan atau informasi pembayaran yang sesuai dengan kebijakan situs web belanja, ya.

  6. Selesai! 

Virtual Account dari Perspektif Penjual

Jika bisnis kamu memiliki volume transaksi yang tinggi, adanya virtual account ini sangat membantu dalam mengidentifikasi pembayaran, lho! Di Indonesia hampir semua bank telah memiliki fitur virtual account, sehingga kamu sebagai pemilik usaha, bisa bekerja sama dengan bank-bank tersebut agar payment dari pelanggan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Berikut ini cara kerja virtual account dari perspektif penjual, ya.

  1. Penjual atau merchant akan memberitahu pembeli untuk melakukan payment ke nomor virtual account khusus untuk transaksi tertentu.

  2. Setiap nomor virtual account akan terhubung dengan pembeli dan faktur yang sesuai.

  3. Ketika pembayaran diterima, akan ada pemberitahuan yang dikirimkan kepada penjual (merchant). Lalu, penjual dapat dengan mudah mengidentifikasi pesanan yang telah dibayar dari invoice pesanan. 

Kesimpulan

Aplikasi wirausaha

Nah, virtual account adalah sebuah inovasi yang membawa perubahan signifikan dalam dunia pembayaran digital. Virtual account tidak hanya memudahkan proses pembayaran, tetapi juga menghadirkan tingkat keamanan tambahan dan efisiensi dalam pelacakan transaksi. Virtual account adalah solusi yang relevan di era digital ini karena membuat transaksi menjadi lebih mudah dan efisien. 

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, kesuksesan seringkali terletak pada inovasi dan efisiensi, lho! Kini, terdapat aplikasi majoo yang dapat membantu kamu sebagai pemilik usaha untuk mencapai keduanya. 

Dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan, seperti manajemen stok, pelacakan penjualan, hingga analisis data, aplikasi majoo memungkinkan kamu untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas dalam mengelola bisnismu. 

Selain itu, aplikasi ini memudahkan kamu dalam berinteraksi kepada pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Jika kamu ingin menciptakan bisnis yang lebih efisien, inovatif, dan sukses, yuk, gunakan majoo segera!

 

Sumber Data:

  • https://www.banksinarmas.com/id/artikel/keuntungan-virtual-account-untuk-bisnis

  • https://www.bayarind.id/news/Apa-itu-virtual-account-pengertian-dan-manfaatnya-dalam-transaksi-keuangan-digital

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo