Bermacam Metode Pembayaran Online Yang Populer di Indonesia

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Ada beberapa metode pembayaran online yang populer dan banyak digunakan di Indonesia

Saat ini tengah populer metode pembayaran online dimana setiap orang dapat melakukan transaksi pembayaran dengan mudah, aman, dan cepat. Banyak orang yang memilih menggunakan metode pembayaran online karena memiliki banyak manfaat serta praktis. Selain itu, kita juga tidak lagi perlu untuk repot-repot membawa dompet serta uang cash saat akan bepergian.

Metode Pembayaran Online Yang Populer di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis metode pembayaran yang dapat digunakan. Kamu dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan pembayaran secara online ini sangat populer dan banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dan kepraktisannya. Berikut beberapa metode pembayaran online yang populer di Indonesia:

  1. Transfer

Transfer merupakan salah jenis metode pembayaran online yang banyak digunakan di Indonesia

Transfer merupakan salah satu jenis metode pembayaran online yang digunakan untuk mengirimkan sejumlah uang atau dana dalam bentuk rupiah maupun valuta asing kepada pihak lain, seperti perorangan, perusahaan, atau lembaga.


Dengan menggunakan metode pembayaran transfer, ada beberapa pihak yang ikut terlibat, seperti remitter, beneficiary, remitting bank, dan paying bank.


Selain itu, metode pembayaran online melalui transfer juga terbagi kedalam 2 jenis, yaitu transfer masuk dan transfer keluar. Transfer masuk merupakan semua transfer yang diterima oleh paying bank atau bank pembayar dari bank pengirim atas permintaan untuk dibayarkan pada penerima. 


Sementara transfer keluar merupakan semua jenis pengiriman uang yang dikirim oleh remitting bank atas permintaan remitter kepada bank penerima untuk dibayarkan kepada beneficiary.

Baca Juga: RTGS adalah Metode Transfer Antar Bank. Apa Contohnya?

  1. e-wallet

e-Wallet atau sering disebut dengan dompet digital adalah sistem pembayaran online yang menggunakan media elektronik berbasis server

e-wallet atau sering juga disebut dengan dompet digital atau elektronik merupakan salah satu metode pembayaran online yang menggunakan media elektronik yang berbasis server. 


e-wallet berbentuk aplikasi yang berbasis server yang dalam penggunaannya dibutuhkan koneksi dengan penerbitnya. Biasanya dompet digital ini menggunakan aplikasi khusus.


Dengan adanya e-wallet, maka dapat memberikan beberapa keuntungan, seperti dapat melakukan pembayaran dimana saja dan kapan saja, proses pembayaran atau transaksi menjadi lebih mudah, dapat digunakan pada ponsel, serta dapat mengetahui semua transaksi yang terjadi karena adanya notifikasi melalui email atau SMS.

Baca Juga: Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya

  1. e-Money

salah satu metode pembayaran online yang cukup populer di Indonesia yaitu e-Money

Selain e-wallet, terdapat juga yang dikenal dengan e-money. E-money atau uang elektronik merupakan alat pembayaran dalam bentuk elektronik, dimana uang ini tersimpan di media elektronik tertentu. 


Untuk dapat menggunakannya, pengguna harus melakukan top up terlebih dahulu kepada penerbit, lalu akan disimpan dalam media elektronik. Uang elektronik ini dapat digunakan kapan saja saat dibutuhkan.


Media elektronik yang digunakan untuk menyimpan uang elektronik ini umumnya berupa chip atau server. Metode pembayaran online menggunakan e-money biasanya digunakan untuk pembayaran aktivitas ekonomi yang bersifat massal, contohnya seperti bidang transportasi, jalan tol, supermarket atau minimarket, hingga parkir.

  1. Rekening bersama (Rekber)

Rekening bersama diciptakan karena banyak aksi penipuan yang terjadi dalam transaksi online

Rekening bersama atau rekber merupakan pihak ketiga atau jasa perantara yang membantu keamanan serta kenyamanan dalam transaksi jual beli secara online. Kemunculan rekber dikarenakan maraknya penipuan yang terjadi saat transaksi online sehingga menggerakkan beberapa orang untuk membuat sistem ini.


Jasa perantara yang menjalankan rekber ini wajib memiliki sifat netral supaya dapat memastikan transaksi antara penjual dan pembeli menjadi transparan sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.


Selain itu, jasa perantara ini juga mempunyai tanggung jawab apabila terjadi keterlambatan dalam pengiriman dana dari pembeli atau pengiriman barang dari penjual. 

  1. Paylater

Paylater adalah metode pembayaran online yang banyak digunakan karena memungkinkan pengguna untuk membayar transaksi secara cicilan

Metode pembayaran online berikutnya yang juga populer di Indonesia yakni pay later. Pay Later merupakan salah satu fasilitas keuangan yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dengan cicilan tanpa menggunakan kartu kredit. Istilah pay later ini muncul dikarenakan salah satu jasa dengan nama yang sama memungkinkan pengguna untuk membeli sesuai dengan aturan cicilan yang berlaku tanpa menggunakan kartu kredit.


Pay Later juga sering disebut dengan cara kredit kekinian. Bukan hanya penyedia jasa tertentu saja, akan tetapi e-commerce juga sudah banyak yang menyediakan metode pembayaran dengan menggunakan pay later. 


Hal ini juga merupakan salah satu strategi dari marketplace guna menarik banyak konsumen. Umumnya, pay later dapat digunakan untuk transaksi makanan, traveling, produk konsumsi, hingga shopping.


Untuk memudahkan kamu dalam menggunakan metode pembayaran online pada bisnis, gunakanlah layanan Majoo Pay. Ini merupakan layanan metode pembayaran online terbaik bagi bisnis.


Layanan ini adalah layanan pembayaran digital yang telah terintegrasi. Kamu akan mudah untuk menerima jenis metode pembayaran digital wallet dan EDC yang telah terintegrasi dengan laporan penjualan dan settlement. 


Layanan ini juga dapat menerima sistem pembayaran dengan pay later serta telah mengikuti aturan bank Indonesia. Layanan pembayaran ini juga tidak mengenakan biaya transfer dan mudah untuk digunakan. 


Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan layanan Majoo Pay. Mudahkan dalam melakukan transaksi secara online dan buatlah perubahan maju untuk bisnismu. 

  1. Direct debit

Direct debit biasanya digunakan untuk melakukan pembayaran secara rutin

Direct debit merupakan salah satu jenis metode pembayaran online secara otomatis yang memfasilitasi pelanggan untuk dapat melakukan pembayaran rutin secara otomatis menggunakan akun nasabah terkait.

  1. QR Code

QR Code mampu memproses pembayaran dengan kecepatan tinggi

QR Code atau Quick Response merupakan sebuah kode matrik atau barcode 2 dimensi yang bertujuan supaya isinya dapat diuraikan dalam kecepatan tinggi. QR Code sekarang banyak digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi dikarenakan praktis, mudah, dan cepat.


Sebenarnya, QR Code ini merupakan evaluasi dari bentuk barcode yang terdapat pada produk. QR Code dapat berisi berbagai informasi seperti alamat URL, harga produk, teks, sampai dengan nomor telepon.


Penggunaan QR Code juga terbilang mudah dan gampang. Kamu hanya perlu untuk menscan QR Code menggunakan layar smartphone kamu. setelah itu, proses akan berlangsung secara cepat.

  1. Kartu kredit

Salah satu metode pembayaran online yang banyak digunakan oleh orang-orang yaitu kartu kredit

Metode pembayaran online yang populer di Indonesia berikutnya yaitu kartu kredit. Kartu kredit merupakan alat pembayaran dengan menggunakan kartu (AMPK), dimana kartu ini bisa digunakan untuk pembayaran transaksi dan untuk melakukan penarikan uang tunai.


Cara kerja kartu kredit yaitu kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit atau acquirer, lalu pemegang kartu harus membayar pada waktu yang telah ditentukan kepada acquirer, baik dengan pelunasan sekaligus ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

  1. Virtual account

Pembayaran menggunakan metode virtual account dapat memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi secara online

Virtual account merupakan akun virtual yang dapat digunakan untuk menerima pembayaran serta memfasilitasi pelanggan untuk dapat mengidentifikasi pembayaran dari akunnya. 


Cara menggunakan virtual account adalah dengan cara memasukkan sederetan angka VA pada akun bank pengguna, kemudian akan ditampilkan jumlah detail pembayaran yang harus dilakukan.


Metode pembayaran online dengan menggunakan virtual account ini  dapat memudahkan pengguna karena tidak perlu harus menghafal jumlah yang harus dibayarkan atau nomor rekening tujuan. Akan tetapi, resikonya adalah saat pengguna salah dalam memasukkan nomor VA, maka dapat mengakibatkan transaksi tidak dapat diproses.

  1. m-Banking

m-Banking adalah layanan perbankan yang berbentuk aplikasi dimana dapat digunakan untuk melakukan pembayaran secara online

M-banking atau mobile banking merupakan transaksi perbankan melalui media smartphone, baik dalam bentuk aplikasi atau dalam bentuk aplikasi bawaan operator seluler. 


M-banking tidak sama dengan internet banking. Internet banking merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet kapanpun dan dimanapun.


Penggunaan metode pembayaran online dengan mobile banking ini dapat memudahkan dalam melakukan transaksi finansial maupun non finansial tanpa harus repot untuk datang ke kantor cabang bank. Kamu cukup menggunakan ponsel saja yang mempunyai akses ke internet.


Umumnya, transaksi yang dilakukan menggunakan mobile banking yaitu transfer antar bank atau antar rekening, pembelian pulsa, pembayaran tagihan, dan info mutasi rekening. 

Metode pembayaran online memang sangat diminati di era digitalisasi seperti sekarang. Banyak alasan mengapa orang-orang menyukai penggunaan metode pembayaran online ini. Pembayaran dengan menggunakan metode online akan memudahkan setiap transaksi yang dilakukan. Selain itu, transaksi juga akan berlangsung lebih cepat, mudah, aman, dan efisien. 


Sumber: 

  • https://finance.detik.com/solusiukm/d-6341399/10-macam-metode-pembayaran-online-yang-sering-digunakan

  • https://www.opaper.app/blog/metode-pembayaran-online-populer-di-indonesia

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo