Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    4 Platform Omnichannel Terbaik dalam Pengelolaan Bisnis

    Saat ini, omnichannel dinilai lebih memudahkan dalam segala hal jika dibandingkan dengan multichannel.

    Apakah kamu pernah mendengar istilah omnichannel dalam dunia bisnis? Jika belum, maka sebagai seorang pebisnis sudah sepatutnya kamu mulai berkenalan dengan hal yang satu ini karena omnichannel ternyata mampu membawa banyak kemudahan dan pengaruh baik dalam pengelolaan bisnis kamu nantinya. Singkatnya, omnichannel merupakan sebuah saluran komunikasi secara universal dalam penjualan bisnis baik online maupun offline yang menggabungkan berbagai saluran komunikasi ke dalam satu bentuk interface. Software omnichannel memudahkan para konsumen untuk mencari informasi terkait produk, selain juga memperlancar interaksi antara penjual dan pembeli.

    Penggunaan software omnichannel paling nyata saat ini bisa dilihat pada akun-akun online shop di Instagram yang menghubungkan akun mereka dengan toko di berbagai marketplace atau website mereka. Konon, kebiasaan masyarakat menjelajahi berbagai platform marketplace di internet terlebih dahulu sebelum berbelanja, memiliki pengaruh dalam hal ini. .

    Omnichannel bisa dibilang adalah pengembangan dari multichannel yang menjadi lebih luas dan real-time. Jika selama ini multichannel bekerja secara paralel atau sendiri-sendiri setiap baik dari tim, sistem dan perpesanan, tidak begitu adanya dengan omnichannel yang seluruh salurannya saling terintegrasi.

    Saluran yang terintegrasi itulah yang menjadikan semua tim support memiliki akses ke informasi yang sama untuk interaksi dengan pelanggan. Software omnichannel CRM biasanya menawarkan tampilan pelanggan terpadu, menyimpan semua informasi penting tentang pelanggan, dan perjalanan pelanggan mereka dalam satu tempat atau database. Hal-hal ini memiliki peranan dalam pengelolaan bisnis kamu, bukan? 

    Dari sejumlah software omnichannel yang sudah bisa digunakan oleh para pebisnis, ada beberapa yang ternyata memiliki performa baik dan menjadikannya pantas disebut sebagai software terbaik. Jika kamu tertarik untuk menggunakan omnichannel pada bisnis, maka rekomendasi software terbaik berikut ini layak untuk mendapatkan perhatian lebih. 

    1. NetSuite

    NetSuite adalah software berbasis cloud yang dapat digunakan dengan mudah mengakses laporan, indikator performa dan melakukan analisa data vital dalam pengelolaan bisnis. Fitur-fitur yang dimiliki oleh NetSuite antara lain: 

    • Cloud SuiteCommerce. Fitur ini memberikan pengalaman kepada pelanggan di semua perangkat dengan rangkaian solusi e-commerce.
    • SuiteCommerce InStore. Fitur yang memberikan solusi dengan menyatukan pengalaman belanja fisik dan digital dalam satu platform perdagangan berbasis cloud.
    • CRM NetSuite. Fitur yang memberikan dalam aktivitas penjelajahan dan belanja pelanggan.

    Di tahun 2022, omnichannel memiliki peran penting sebagai salah satu strategi bisnis untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada.

    2. Primaseller

    Primaseller berdiri pada tahun 2013 dan berlokasi di Walnut, California, USA. Software ini sudah terintegrasi dengan berbagai marketplace seperti eBay, Shopify, Amazon, Etsy, Magento, Woocommerce, dan BigCommerce dan sudah tersebar di lebih dari 10 Negara di dunia.

    Beberapa bidang yang dikelola oleh Primaseller adalah:

    • Produk penjualan
    • Pengawasan inventory
    • Pengelolaan inventory
    • Pengelolaan pemesanan
    • Pengelolaan pergudangan
    • Pengelolaan pembelian
    • Pengelolaan pengiriman
    • Pencatatan yang integrative
    • Sistem bisnis B2B

    3. SAP Hybris/E-Commerce

    Software SAP Hybris/E-Commerce ini diciptakan dengan penyesuaian atas kebutuhan bisnis melalui pendekatan MDA (Model Driven Architecture). Fungsinya adalah untuk menganalisis penjualan, pasar, dan produk yang dapat diakses di smartphone, laptop, maupun desktop sehingga lebih praktis dan mudah. SAP Hybris juga sudah terintegrasi dengan sosial media, kalender, email, map dan aplikasi desktop lain yang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti:

    • SAP Commerce Cloud. Fitur ini memberikan pelanggan kebebasan untuk berbelanja dan membeli produk kapan dan di mana saja sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
    • Sales Solutions Cloud. Fitur ini akan melibatkan pelanggan dengan penawaran dinamis yang mampu memaksimalkan pendapatan, sekaligus meningkatkan kecepatan transaksi.
    • Service Solutions Cloud. Fitur yang satu ini akan memberikan pengalaman layanan melalui pusat kontak dan di lapangan secara langsung.
    • SAP Marketing Cloud. Ini adalah fitur yang memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menemukan, terlibat, dan membeli produk yang kamu tawarkan.

    4. Brightpearl

    Kantor pusat Brightpearl berada di Austin, Texas, USA, sedangkan kantor globalnya ada di Bristol, Inggris. Brightpearl adalah salah satu software omnichannel yang mengelola lebih dari 10 juta transaksi dan $3 miliar bisnis per tahun. Brightpearl sudah terintegrasi dengan marketplace seperti Magento, BigCommerce, Walmart, dan Shopify. Setidaknya sudah lebih dari 1.200 bisnis di dunia ini yang menggunakan Brightpearl untuk membantu mereka dalam pengelolaan bisnis

    Brightpearl dikhususkan untuk para peritel dan wholesalers yang melakukan perdagangan sebesar $1 juta atau lebih dalam jangka waktu satu tahun. Solusi yang digunakan oleh Brightpearl untuk mengelola bisnis adalah dengan pengelolaan keuangan, pengelolaan inventory dan pesanan penjualan, CRM, POS, B2B, pengelolaan pembelian dan pemasok, dan pencatatan akuntansi.

    Software omnichannel memiliki beberapa manfaat penting bagi bisnis untuk menghubungkan seluruh saluran dalam satu platform terpadu. Dengan begitu, pemilik bisnis akan mudah dalam melakukan pemantauan dan penyimpanan data dari seluruh saluran yang dimiliki.

    Kamu tidak perlu melakukan pengecekan satu persatu dari masing-masing channel penjualan untuk melihat data konsumen dan penjualan, hal ini pastinya akan menghemat waktu. Hal ini juga memudahkan kamu untuk mengetahui karakteristik konsumen atau calon pelanggan dan tingkah lakunya selama bertransaksi. Data tersebut dapat kamu analisis untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik.

    Untuk konsumen sendiri, penggunaan software omnichannel akan memudahkan mereka mendapatkan pengalaman yang menyenangkan untuk berpindah dari satu saluran ke saluran lainnya hanya dengan satu kali klik. Semua aktivitas pelanggan di saluran sebelumnya juga akan secara otomatis tersimpan sehingga pelanggan tidak perlu mengulangi pertanyaan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

    Majoo hadir sebagai karya anak bangsa dengan konsep one stop solution untuk mendukung pelaku UMKM dalam mengadopsi strategi omnichannel ini dengan cara yang praktis, lebih mudah dan maksimal. Semuanya bisa didapatkan melalui beragam fitur yang ada di majoo, seperti fitur integrasi marketplace, Webstore (toko online), Inventory, dan Aplikasi Owner

    Integrasi marketplace adalah fitur yang sangat mendukung konsep yang disandang oleh omnichannel, selain itu fitur Webstore dan Inventory juga akan memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan pengecekan dan kontrol produk dengan cara yang lebih modern dan tidak secara manual. Sementara Aplikasi Owner akan membantu pebisnis dalam melakukan pengelolaan bisnis tanpa perlu ribet dan menghabiskan banyak waktu dan energi. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    4 Alasan Membagikan Data KTP Penting untuk Keamanan Akun majoo Kamu
    Majoo berkomitmen memberi pelayanan terbaik dan jaminan keamanan kepada setiap pengguna, dan memastikan kamu bisa mengelola bisnis dengan aman dan nyaman.
    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.